cover
Contact Name
I Wayan Widiana
Contact Email
wayanwidiana85@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Indonesia
ISSN : 2303288X     EISSN : 25417207     DOI : 10.23887
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new research findings related to education, including: the fields of educational research in teaching, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and education development. JPI publishes research articles that are comprehensive in nature by inviting reviews from the leading experts in the fields. The incoming papers will be selected based on high scientific studies, provide important new knowledge, and are very interesting for the community in the field of education. JPI has become a member of CrossRef with DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v9i1 so that all articles published by JPI will have a unique DOI number.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2013)" : 2 Documents clear
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TINGKAT MOTOR EDUCABILITY (ME) TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SMASH KEDENG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW DI SMPN 4 KUBUTAMBAHAN Semarayasa, I Ketut
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.151 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v2i1.1409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan informasi tentang guru-guru SD di kota Singaraja  memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan, setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 2) mendapatkan informasi pada bidang studi apa saja guru-guru SD di kota Singaraja telah memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 3) mengetahui bagaimana tingkat kemampuan guru-guru SD di kota Singaraja dalam memilih, atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa atau materi pelajaran yang berbasis local content. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto, yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik koleksi dokumen dan dengan cara multistage stratified random sampling. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang mengandung materi pelajaran berbasis local content berjumlah 302 buah (76,46%). RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang tidak mengandung materi yang berbasis local content adalah 93 buah (23,54%); 2) bidang studi Bahasa Bali secara keseluruhan menggunakan materi pelajaran yang berbasis local content. Bidang studi Bahasa Indonesia hanya menggunakan:77,57%, Pendidikan Kewarganegaraan: 72,55%, Ilmu Pengetahuan Alam: 65,79%, Matematika: 84,09%, Ilmu Pengetahuan Sosial: 77,27%, Seni Budaya dan Keterampilan: 90%, dan Agama Hindu: 83,33%.; 3) Jumlah RPP yang berada pada kategri sangat cocok adalah 163 buah (53,44%). Jumlah RPP yang berada pada kategori cukup cocok adalah 142 buah (46,56%). Tak satu pun RPP ada pada tingkat kategori tidak cocok. Disarankan agar, para guru SD di kota Singaraja memilih dan menggunakan materi pelajaran berbasis local content untuk mendukung pembelajaran bermakna.
PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI BINARY TREE BERBASIS CAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT MAHASISWA JURUSAN PTI UNDIKSHA Agustini, Ketut
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.625 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan produk yang dihasilkan melalui pengujian secara eksperimen, untuk mengetahui efektifitas produk terhadap tingkat penguasaan konsep mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain post test dengan kelompok eksperimen dan kontrol yang tidak diacak. Hasil penelitian diperoleh bahwa respon mahasiswa terhadap penggunaan sistem simulasi binary tree berbasis CAI dalam perkuliahan matematika diskrit adalah positif dan Motivasi belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi. Pengujian rumusan hipotesis yang dilakukan dengan uji t (student) diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI dengan mahasiswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI. Hal ini menunjukkan bahwa simulasi binary tree berbasis CAI merupakan media yang efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan matematika diskrit di jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja.

Page 1 of 1 | Total Record : 2