cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BUNGAMPUTI
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Elektronik Prodi PG PAUD
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2014)" : 18 Documents clear
Peranan Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong Sudewiyani, Ni Luh Gede
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah apakah ada peranan pendidikan jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya peranan pendidikan jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan metode observasi, terdiri dari kegiatan pengamatan awal dan pengamatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian adalah 25 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 14 anak perempuan dengan kemampuan motorik kasar yang masih rendah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan. Kemudian, data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu dari rata-rata nilai pada pengamatan akhir terdapat 74% anak yang memiliki kemampuan motorik kasar dengan kategori Baik, 21% anak yang memiliki kemampuan motorik kasar dengan kategori Cukup, dan 5% anak yang memiliki kemampuan motorik kasar dengan kategori Kurang. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada peranan pendidikan jasmani dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, hal ini dapat dilihat setelah melakukan tes jasmani yang berunsurkan permainan seperti Berjalan Zig-zag, Berlari Membawa Bendera, Meloncat Mengambil Batu, dan Melompati Kardus terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada setiap kategori untuk masing-masing aspek yang diamati. Maka dari itu, pendidikan jasmani perlu diterapkan pada anak usia dini karena mampu memperkuat motorik kasar anak sehingga kelak anak akan lebih terampil dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.   Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, Kemampuan Motorik Kasar
Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong Murdiani, Niluh Sri
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak. Sehubungan dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 25 anak. Teknikpengumpulandatadilakukanmelalui observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak di kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong, dimana terdapat 80% anak yang memiliki kemampuan motorik halusyang baik, ada 16% anak yang memiliki kemampuan motorik halus cukup, dan ada 4%anak yang memiliki kemampuan morik haluskurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak meningkat melalui kegiatan mewarnai gambar sebagai kegiatan pembelajaran dengan cara memberikan gambar dan menugaskan anak untuk mewarnai gambar tersebut. Oleh karena itu, sesungguhnya adapengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap motorik halus anak.   Kata Kunci: Mewarnai Gambar, Motorik Halus
Peranan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Dharma Santi Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Setia, Nyoman Deni
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar anak di PAUD Darma Santi Desa Tolai Barat. Metode demonstrasi yang digunakan pada penelitian ini difokuskan pada permasalahan, yaitu apakah penggunaan metode demonstrasi di PAUD dapat meningkatkan minat belajar anak? Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian kelas (penelitian kualitatif) yang terdiri dari kegiatan pengamatan. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Darma Santi Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian adalah 25 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 16 anak perempuan dengan minat belajar yang masih rendah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan minat belajar anak di PAUD terdapat 74% anak yang memiliki minat belajar Tinggi, 21,33% anak yang memiliki minat belajar Sedang, dan 4,67% anak yang memiliki minat belajar Rendah. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, jelas sekali membuktikan bahwa penggunaan metode demonstrasi sangat berperan dalam meningkatkan minat belajar anak.   Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Minat Belajar Anak
Peranan Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong Purwasih, Epy
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peranan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peranan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi. Subyek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 14 anak perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi teknik observasi, teknik dokumentasi, dan media audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan, kemudian data diolah dengan menggunakan teknik persentase, hasil olahan tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui peranan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat belajar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui terjadi peningkatan minat belajar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu dari rata-rata nilai pada hasil pengamatan terdapat 73,33% anak yang memiliki minat belajar dalam kategori Tinggi, ada 24% anak yang memiliki minat belajar dalam kategori Sedang, dan ada 2,67% anak yang memiliki minat belajar dalam kategori Rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar anak di Kelompok B PAUD Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi.   Kata Kunci: Media Audio Visual; Minat Belajar
Peranan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Di Kelompok B PAUD Darma Santi Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Susanti, Ni Made
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada peranan  metode demonstrasi dalam meningkatkan kreativitas anak di Kelompok B PAUD Darma Santi, Desa Tolai Barat, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong. Sehubungan dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untukmengetahuiapakah ada peranan metode demonstrasi dalam meningkatkan kreativitas anak.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B PAUD Darma Santi Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 25anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwaada peranan metode demonstrasi dalam meningkatkan kreativitas anak di kelompok B  PAUD Darma Santi Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, dimana berupa penggunaan metode demonstrasi, terjadi peningkatan terhadap kreativitas, yaitu ada 83% anak yang memiliki kreativitas Baik, 14% anak mempunyai kreativitas Cukup, dan ada 3% anak yang memiliki kreativitas Kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah penggunaan metode demonstrasi sebagai metode pembelajaran dengan cara memperlihatkan dan memberikan contoh secara langsung dengan memperagakan kepada anak mengenai kegiatan-kegiatan, terkait pengembangan kreativitas anak. Oleh karena itu, sesungguhnya adaperananpenggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan kreativitas anak   Kata kunci: Metode Demonstrasi, Kreativitas Anak
Peranan Metode Pemberian Tugas Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Surasmi, Ni Nyoman Ayu
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada peranan metode pemberian tugas mewarnai gambar dalam meningkatkan kreativitas anak. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode pemberian tugas mewarnai gambar dalam meningkatkan kreativitas anak di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati yang berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan penggunaan metode pemberian tugas mewarnai gambar terhadap kreativitas anak di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati, bagaimana kreativitas anak saat pengamatan dengan menggunakan metode pemberian tugas, terdapat 84% dalam kategori Baik, ada 12% dalam kategori Cukup, dan ada 4% dalam kategori Kurang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak meningkat setelah penggunaan metode pemberian tugas mewarnai gambar  sebagai metode pembelajaran dengan cara memperlihatkan dan menjelaskan gambar kepada anak sesuai dengan fakta yang ada saat anak akan mewarnai sehingga anak dapat menuangkan pikirannya atau berkreasi melalui pemberian tugas mewarnai gambar. Oleh karena itu, sesungguhnya ada peranan penggunaan metode pemberian tugas terhadap kreativitas anak.   Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas Mewarnai Gambar, Kreativitas Anak
Peranan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Di Kelompok B2 TK Pertiwi Palu Yulianti, Mega
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Pengembangan nilai moral adalah pembentukan perilaku anak melalui pembiasaan yang terwujud dalam perilaku sehari-hari, hal tersebut untuk mempersiapkan anak sedini mungkin dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang dilandasi moral pancasila. Salah satu metode yang tepat untuk mengembangkan nilai-nilai moral pada anak usia dini, yaitu melalui metode bercerita, dianggap akan efektif bila diterapkan secara tepat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan nilai-nilai moral pada anak di TK Pertiwi, untuk mengetahui penerapan metode bercerita di TK Pertiwi, dan untuk mengetahui adakah peranan metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai moral di kelompok B2 TK Pertiwi Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui lembar pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan ada tiga aspek dalam mengembangkan nilai-nilai moral yakni menghargai teman, sopan santun, dan tanggung jawab. Dilihat dari hasil pengamatan pada aspek menghargai teman tejadi peningkatan yaitu terdapat 50% anak dalam kategori BSB, 18,75% anak dalam kategori BSH, 18,75% anak dalam kategori MB, dan 12,5% anak yang termasuk dalam kategori BB. Pada aspek sopan santun terjadi peningkatan yaitu terdapat 56,25% anak dalam kategori BSB, 18,75% anak dalam kategori BSH, 18,75% anak dalam kategori MB, dan 6,25% anak yang termasuk dalam kategori BB. Pada aspek tanggung jawab terjadi peningkatan yaitu terdapat 50% anak dalam kategori BSB, 25% anak dalam kategori BSH, 12,5% anak dalam kategori MB, dan 12,5% anak yang termasuk dalam kategori BB. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan metode bercerita dalam mengembangkan nilai-nilai moral pada anak dikelompok B2 TK Pertiwi Palu.   Kata Kunci: Metode Bercerita, Nilai Moral  
Pengaruh Permainan Modifikasi Bola Basket Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B2 TK Al-Khairaat III Palu Wati, Dewi Rahma
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Masalah yang berkaitan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan motorik kasar sebelum dan sesudah menggunakan permainan modifikasi bola basket dan adakah pengaruh permainan modifikasi bola basket terhadap kemampuan motorik kasar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebelum dan sesudah diberikan modifikasi permainan bola basket dan adakah pengaruh modifikasi permainan bola basket terhadap kemampuan motorik kasar kelompok B2 TK Alkhairat III Palu. Hasil penelitian sebelum perolehan dari rekapitulasi untuk kategori berkembang sangat baik(BSB) terdapat 0%, untuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 23%, mulai berkembang (MB) 31%,  dan belum berkembang (BB) 46%. Sedangkan sesudah diberikan perolehan dari rekapitulasi untuk kategori berkembang sangat baik (BSB) terjadi peningkatan 51%, berkembang sesuai harapan (BSH) 39%, mulai berkembang (MB) 10%, belum berkembang (BB) terdapat 0%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh modifikasi permainan bola basket terhadap kemampuan motorik kasar anak hal ini dapat dilihat dari sebelum dan sesudah diberikan modifikasi permainan bola basket yang berunsurkan permainan seperti Menangkap Bola, Mendribbling Bola, dan Memasukan Bola, Jadi modifikasi permainan bola basket  menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kemampuan motorik kasar sebelum dan sesudah modifikasi permainan bola basket di kelompok B2 TK Alkhairat III Palu. Kata kunci: Permainan Modifikasi Bola Basket, Kemampuan Motorik Kasar
Peranan Media Audio Visual Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Melati Tondo Kecamatan Mantikulore Fitriana, Fitriana
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah apakah media audio visual dapat berperan terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelompok B TK Melati Tondo Kecematan Mantikulore, Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya peranan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris anak usia dini di Kelompok B TK Melati Tondo Kecematan Mantikulere. Observasi dilakukan selama 1 (satu) bulan sebanyak 4 (empat) kali pertemuan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua anak di TK Melati Tondo Kelompok B1 berjumlah 18 orang dan Kelompok B2 berjumlah 18 orang, sehingga total populasi 36 anak. Metode  penarikan sampel adalah Random sampling yaitu 18 orang anak. Data dikumpulkan melalui observasi, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan perhitungan skala Likert (skala sikap) agar dapat mengetahui gambaran dari pelaksanaan penelitian ini yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Dari hasil akhir penelitian ini didapatkan pada aspek tingkat respon anak dengan nilai rata-rata 90%, aspek tingkat perhatian anak dengan nilai rata-rata 92%, aspek kemampuan mengucapkan/pronounciation dalam Bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 94%, aspek kemampuan membentuk kata/Vokabulary dengan nilai rata-rata 89%. Dengan perolehan nilai tersebut, menggambarkan media audio visual memiliki peran sebagai media yang mampu mengarahkan perhatian anak untuk berkonsentrasi sehingga mendorong kemudahan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.   Kata Kunci : Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Inggris
Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong Murdiani, Niluh Sri
Bungamputi Vol 2, No 3 (2014)
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak. Sehubungan dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan sesungguhnya, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 25 anak. Teknikpengumpulandatadilakukanmelalui observasi, dokumentasi, dan pemberian tugas. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar dalam meningkatkan motorik halus anak di kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong, dimana terdapat 80% anak yang memiliki kemampuan motorik halusyang baik, ada 16% anak yang memiliki kemampuan motorik halus cukup, dan ada 4%anak yang memiliki kemampuan morik haluskurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak meningkat melalui kegiatan mewarnai gambar sebagai kegiatan pembelajaran dengan cara memberikan gambar dan menugaskan anak untuk mewarnai gambar tersebut. Oleh karena itu, sesungguhnya adapengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap motorik halus anak.   Kata Kunci: Mewarnai Gambar, Motorik Halus

Page 1 of 2 | Total Record : 18