cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan" : 9 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI TERAPI UNTUK MELATIH GERAK MOTORIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN KINECT , Tedy Rismawan, Stella Putri P.S. , Ikhwan Ruslianto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.344 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22115

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Karakteristik dan hambatan yang dimiliki menyebabkan mereka memerlukan bentuk pelayanan pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensinya. Salah satu metode yang digunakan dalam proses belajar ABK yaitu menggunakan media permainan yang menarik sehingga dapat meningkatkan aktifitas belajar mereka. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membangun aplikasi untuk ABK menggunakan teknologi Kinect sebagai media terapi motorik yang interaktif. Kinect adalah produk dari Microsoft yang awalnya dibuat khusus untuk perangkat game Xbox 360 yang memperkenalkan teknologi motion gaming sebagai fitur utamanya. Dengan motion gaming pemain dapat berinteraksi ketika bermain tanpa menggunakan game controller sehingga pemain dapat bermain dengan menggunakan gerakan tangan atau gerakan tubuh lainnya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software utama game engine Unity3D dan Kinect SDK dengan bahasa pemrograman C#. Aplikasi diujicoba terhadap ABK yang menderita autisme dan tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Asih Pontianak. Berdasarkan hasil pengujian dapat dinyatakan bahwa sebanyak 100% ABK menyatakan bahwa aplikasi yang dibuat memiliki tampilan yang bagus, 93,3% mudah dimainkan, 96,7% aplikasi merangsang untuk melatih gerak motorik dan 100% ABK menyatakan bahwa aplikasi menarik untuk digunakan sebagai sarana melatih gerak motorik. Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, motorik, motion gaming, Kinect, Unity3D
IMPLEMENTASI CASE BASED REASONING SISTEM DIAGNOSA PENYAKIT ANAK BERBASIS WEB , Syamsul Bahri, Tri Rezki Maulidia , Tedy Rismawan
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.393 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22572

Abstract

Gejala penyakit merupakan awal atau tanda dari sebuah penyakit yang dapat mengancam kesehatan seseorang, khususnya pada anak-anak. Namun pada kenyataanya gejala dari penyakit tersebut dianggap sebagai hal yang remeh bagi sebagian orang. Sudah banyak sistem yang dikembangkan untuk melakukan diagnosis penyakit dengan berbasiskan sistem pakar. Salah satu metode yang dapat mengatasi kesulitan dalam merepresentasikan pengetahuan pakar adalah Case-Based Reasoning / CBR (penalaran berbasis kasus). CBR adalah suatu pendekatan untuk menyelesaikan suatu permasalahan berdasarkan solusi dari permasalahan sebelumnya. CBR terdapat empat tahapan proses yaitu Retrieve, Reuse, Revise dan Retain. Aplikasi yang akan dibuat pada penelitian ini adalah aplikasi berbasis web dengan menggunakan  metode case-based reasoning sebagai penalarannya.Untuk studi kasus dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Rubini Kabupaten Mempawah. Pada proses retrieve dilakukan perhitungan untuk membandingkan data uji dengan data latih yang didapat dari rekam medis rumah sakit. Berdasarkan proses pengujian terhadap 30 kasus baru ,diperoleh hasil bahwa sistem memiliki nilai rata-rata sebesar 86%. Setelah itu sistem mulai menambahkan aturan dengan masukkan data uji yang telah memiliki masalah yang  mirip dan disebut dengan proses retain. Kata Kunci : Penyakit anak, Case Based Reasoning, Nilai kemiripan (similarity), Bobot parameter
PROTOTIPE KARTU BEROBAT PASIEN PUSKESMAS MENGGUNAKAN TAG RFID , Tedy Rismawan, Rezha Fitriono , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.835 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem prototipe dari kartu berobat pasien dan penyimpanan data rekam medis pasien yang berjalan secara realtime dengan memanfaatkan RFID reader dan kartu RFID sebagai kartu pasien. Sistem ini menggabungkan antara perangkat keras yang digunakan sebagai identifikasi RFID dan perangkat lunak yang digunakan sebagai aplikasi antarmuka prototipe kartu berobat pasien puskesmas yang berjalan secara realtime. Perangkat identifikasi RFID dibangun dengan menggunakan Raspberry Pi dan modul RFID RC522 dan kartu RFID yang memiliki frekuensi 13.56 MHz, sedangkan aplikasi antarmuka dibangun berbasis web dengan menggunakan Javascript AJAX sebagai dasar pemrograman realtime dan MySQL sebagai database. Hasil penelitian ini adalah sistem dapat mengolah, mengelola, dan menyimpan data pasien dan data rekam medis pasien, dimulai dari tahap login, pendaftaran pasien, isi data rekam medis pasien dan penyimpanan data pasien beserta data rekam medis pasien. Pembacaan kode unik yang didapat setelah identifikasi kartu RFID akan digunakan sebagai identitas ID dari pasien.Kata kunci : RFID, data rekam medis, realtime, puskesmas, AJAX
DIAGNOSIS PENYAKIT TROPIS BERBASIS WEB DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR , Tedy Rismawan, Meiwarti Kurniasih , Tursina
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.185 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22574

Abstract

Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan. Salah satu implementasinya adalah dalam bidang kesehatan untuk mendiagnosis penyakit tropis. Indonesia merupakan negara beriklim tropis, hal itu menyebabkan masyarakatnya rentan terkena penyakit tropis. Jenis penyakit tropis antara lain demam typoid, DBD, malaria, gastroenteritis akut, pneumonia, ISPA dan hepatitis. Penelitian ini membangun aplikasi sistem pakar diagnosis penyakit tropis yang akan membantu pengguna dalam mendeteksi dini penyakit tropis. Aplikasi sistem pakar ini dibangun berbasis web dengan menggunakan metode CF (Certainty Factor). Metode CF akan menghitung nilai MB (Measure of Belief) dan MD (Measure of Disbelief) yang diberikan oleh pakar pada tiap gejala penyakit hingga diperoleh hasil diagnosis penyakit. Keluaran yang dihasilkan berupa informasi tentang jenis penyakit yang diderita pengguna. Pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan data hasil rekam medis dengan hasil diagnosis sistem yang dibangun. Keberhasilan sistem pakar yang dibangun dihitung berdasarkan hasil pengujian sistem dengan hasil pengujian data rekam medis yang yang bersumber dari dr. Rosita dan RSUD Sultan Syarif Muhamad Alkadrie. Adapun nilai akurasi pengujian terhadap sistem diperoleh sebesar 86.65%. Kata Kunci: Sistem Pakar, Penyakit Tropis, Certainty Factor (CF), Web
SISTEM MANAJEMEN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) , Suhardi, Angga Primadhasa , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.948 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi perpustakaan berbasis Radio Frequency Identification (RFID) yang dapat membantu mempermudah proses yang ada di perpustakaan.  RFID adalah sistem identifikasi yang menggunakan gelombang radio sehingga memungkinkan pengambilan data tanpa harus melakukan kontak antara tag RFID dan reader RFID.  Komponen utama RFID yaitu tag yang akan menyimpan setiap kode unik sebagai identitas dan pembaca yang digunakan untuk membaca kode unik dalam tag RFID. RFID digunakan sebagai identitas kartu admin, kartu anggota dan juga identitas setiap buku. Aplikasi perpustakaan terdiri dari 4 bagian yaitu menu admin, buku tamu, menu transaksi, dan alarm. Sistem yang dirancang pada penelitian ini dapat melakukan proses login tanpa perlu lagi mengisi username dan password, cukup memindai kartu anggota yang menggunakan RFID. Proses peminjaman juga hanya memindai buku yang akan dipinjam ke pembaca RFID. RFID juga digunakan sebagai sistem keamanan di perpustakaan, dengan meletakkan pembaca RFID di pintu keluar perpustakaan untuk memeriksa apakah ada buku yang dibawa keluar tanpa melalui proses transaksi peminjaman.Kata kunci : perpustakaan, RFID, tag RFID, reader RFID
SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN GAMBUT BERBASIS ARDUINO DENGAN ANTARMUKA WEBSITE DAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) , Irma Nirmala, Tito Suhendra Leven , Tedy Rismawan
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.169 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22575

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berdampak secara nyata terhadap kondisi lingkungan. Hal tersebut mengakibatkan ribuan hektar hutan dan lahan gambut rusak, terganggunya kelestarian flora, fauna dan munculnya berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu diperlukan sebuah alat untuk memantau kebakaran dini hutan dan lahan gambut dengan mengukur suhu, kelembaban, dan asap yang terjadi. Untuk mengukur tingginya suhu dan kelembaban udara, menggunakan sensor DHT11, sedangkan untuk mengukur ada atau tidak ada asap menggunakan sensor MQ7. Sensor asap MQ7 akan membaca data 0 bila tidak mendeteksi asap dan membaca data 1 bila mendeteksi adanya asap. Pengujian alat dilakukan dengan mengukur suhu, kelembaban, dan asap yang hasilnya akan ditampilkan pada antarmuka website dan SMS. Berdasarkan pengujian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem monitoring  sudah dapat bekerja. Suhu rata-rata yang terdeteksi adalah 31,80°C dan kelembaban rata-rata yang terdeteksi adalah 66,46%. Untuk persentasi perhitungan error pengukuran suhu sebesar ±0,17%, dan untuk persentasi perhitungan error pengukuran kelembaban sebesar ±2,94%.Kata Kunci : Kebakaran Hutan, DHT11, MQ7, SMS, Website.
SISTEM KENDALI LAMPU DAN STEKER TERINTEGRASI MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER BERBASIS WEB SERVICE , Tedy Rismawan, Heldi Ardian , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.276 KB)

Abstract

Meningkatnya penggunaan energi listrik oleh masyarakat dipengaruhi oleh peningkatan penggunaan perangkat elektronik pada rumah tangga. Penggunaan listrik yang berlebihan akan menghabiskan energi minyak dunia serta menyebabkan meningkatkan jumlah tagihan listrik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian sistem kendali lampu dan steker terintegrasi menggunakan miktokontroler berbasis web service. Penelitian ini menggunakan Arduino Yun sebagai kendali utama sistem, Node MCU, steker, lampu, dan aplikasi antarmuka. Arduino Yun berfungsi server kendali yang menyediakan jalur komunikasi serial dan memproses sinyal masukkan dari Node MCU melalui aplikasi antarmuka dan memberikan feedback berupa aksi pada perangkat lampu dan steker. Pada Arduino diterapkan inisialisasi program dan konfigurasi perangkat keras yang menghubungkan perangkat ke server menggunakan Node MCU, kemudian menginstruksi sebuah kondisi sehingga menghasilkan keluaran. Hasil penelitian berupa sistem kendali lampu dan steker terintegrasi yang menerapkan arsitektur REST pada web service dan memonitor kondisi perangkat menggunakan aplikasi antarmuka berbasis web dengan kondisi request transmisi data pada server tidak melebihi 120 data/detik. Tingkat kuat atau lemahnya sinyal server tergantung pada hambatan jarak ≤ 20 meter dan ketebalan tembok. Setiap perangkat diatur pada kondisi menyala atau mati, relay akan merespon instruksi yang diberikan oleh Node MCU jika diatur melalui aplikasi antarmuka. Kata Kunci :     Lampu, Steker, Arduino Yun, Node MCU, Aplikasi Antarmuka.
RANCANG BANGUN SISTEM PELACAK KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN GPS DENGAN ANTARMUKA WEBSITE , Suhardi, Rian Affrilianto , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.894 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22114

Abstract

Pada penelitian ini telah dibuat sebuah sistem pelacak kendaraan bermotor menggunakan GPS dengan antarmuka website, yang berfungsi untuk mematikan mesin kendaraan bermotor dari jarak jauh dan memonitoring keberadaan posisi kendaraan bermotor menggunakan website, untuk mengetahui posisi kendaraan bermotor tersebut. Sistem yang dibuat ini menggunakan arduino sebagai modul pengendali utama. Pada penelitian ini menggunakan dua arduino, yaitu arduino bagian client dan arduino bagian server. Arduino bagian client berfungsi untuk mengambil data yang diterima oleh GPS untuk dikirimkan ke arduino bagian server kemudian di tampilkan ke website. Komunikasi data antara server dan client ini menggunakan sim800l. Arduino bagian server berfungsi untuk memberikan perintah pada arduino client, perintah ini berupa meminta lokasi on atau off dan status motor on atau off. Perintah yang dikirimkan oleh arduino bagian server adalah perintah untuk meminta data lokasi kendaraan bermotor dan perintah untuk mematikan mesin kendaraan bermotor. Hal ini dibuat untuk mempermudah pemilik kendaraan bermotor mengetahui lokasi kendaraan dan mematikan kendaraan bermotor saat terjadi kehilangan. Di dalam penelitian ini GPS yang digunakan adalah GPS VK2828U7G5LF yang menghasilkan berupa data titik-titik koordinat yang di kirimkan ke server dan ditampilkan ke website dalam bentuk maps yang auto reload.Kata Kunci : Arduino Mega 2560, GPS VK2828U7G5LF, Pelacakan Kendaraan.
PENDETEKSI TEMPAT PARKIR MOBIL KOSONG MENGGUNAKAN METODE CANNY , Ikhwan Ruslianto, Minati Yulianti , Cucu Suhery
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.055 KB) | DOI: 10.26418/coding.v5i3.22571

Abstract

Semakin terbatasnya lahan parkir menyebabkan pemilik kendaraan mengalami kesulitan untuk mencari tempat parkir kosong. Untuk itu, diperlukan suatu sistem yang dapat mendeteksi tempat parkir kosong untuk mempermudah pencarian tempat parkir. Penelitian ini membangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi tempat parkir kosong menggunakan kamera (webcam) berbasis pengolahan citra dengan menggunakan metode canny. Hasil deteksi canny dapat menentukan tempat parkir yang kosong atau terisi. Keluaran yang dihasilkan berupa informasi jumlah dan posisi tempat parkir kosong yang ditampilkan di layar komputer dan layar display, sehingga pengelola dan pengguna dapat mengetahui informasi tempat parkir yang kosong. Pengujian dilakukan dengan 2 cara, cara pertama menggunakan 3 tempat parkir mobil dan 1 buah kendaraan yang diparkir dengan posisi berpindah-pindah. Pengujian ini dilakukan sebanyak 30 kali dan hasil pengujian menunjukan keberhasilan sistem sebesar 93,33%. Cara kedua menggunakan 3 tempat parkir mobil dan 2 buah kendaraan yang diparkir dengan posisi berpindah-pindah. Pengujian ini dilakukan sebanyak 21 kali dan hasil pengujian menunjukan keberhasilan sistem sebesar 85,71%. Kata kunci : deteksi area parkir, pengolahan citra, Canny, webcam.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue