cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PARADIGMA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014" : 7 Documents clear
PENGARUH PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN, KESADARAN , PERSEPSI TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS UNIBA Surakarta, Siti Nurlaela
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pengetahuan pan pemahaman, kesadaran, persepsi terhadap kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan terhadap kemauan membayar pajak dan menganalisis pengaruh kesadaran membayar pajak terhadap kemauan membayar pajak serta untuk menganalisis pengaruh persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak, dari penelitian tersebut menunjukan pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan tidak terlalu berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang menunjukan nilai signifikansi 001 sehingga hanya berpengaruh pada tingkat alpha 10%. poin-poin yang tidak berpengaruh signifikan berkaitan dengan kewajiban mendaftarkan NPWP, sosialisasi peraturan melalui training dan pengenaan sanksi pajak. Kesadaran akan pentingnya membayar pajak tidak mempengaruhi kemauan membayar pajak oleh wajib pajak. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi variabel ini sebesar 111. Hal ini membuktikan bahwa responden belum sadar bahwa pembayaran pajak merupakan suatu hal yang sangat penting bagi Negara. Persepsi yang baik terhadap sistem perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak oleh wajib pajak. Penggunaan atau perubahan/penggantian sistem perpajakan memberikan dampak positif terhadap kemauan membayar pajak. Hal ini membuktikan bahwa modernisasi sistem perpajakan sudah memberikan hasil yang positif. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel independen bersama-sama terhadap kemauan membayar pajak. Hal ini membuktikan bahwa 3 (tiga) variabel independen kalau tidak dipisah-pisahkan mempengaruhi variabel dependen sangat signifikan. Kata Kunci : Pengetahuan, Pemahaman, Kesadaran, Wajib Pajak
PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA TEMPAT PARIWISATA DI SURAKARATA (Study Kasus Pada Taman Satwa Taru Jurug) ENY KUSTIYAH, ARI BUDI UTOMO
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Taman Satwa Taru Jurug merupakan tempat pariwisata Kebudayaan Kota Solo, dari perkembangan pariwisata pengunjung yang kurang puas dengan kondisi TSTJ yang sekarang, untuk itu perlu menciptakan kepuasan pengunjung. Guna memasarkan TSTJ menjadi tempat pariwisata yang diminati pengunjung maka diperlukan suatu pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan dapat berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) dari karyawan serta jasa-jasa yang diberikan dan dikombinasikan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kesan simpatik kepada para pengunjung dan akhirnya kepuasan pengunjung terpenuhi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas pelayanan yang berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)? 2) Apakah kualitas pelayanan yang berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) secara bersama sama berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)? 3) Di antara kelima variable kualitas pelayanan tersebut, Manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)?Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t serta Koefisien Determinasi (R2).Dari Uji Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan Y = 2,857 + 0,019 X1+ 0,045 X2 + 0,413 X3 + 0,259 X4 + 0,235 X5 +e Dari hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung 46,386 > F tabel 2,467, membuktikan ada pengaruh secara signifikan antara variabel bebas (Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles)) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan pengunjung TSTJ (Y)). Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung Kehandalan (Reliability) sebesar (0,231) < t tabel (1,986), berarti Kehandalan (Reliability) tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). Daya Tangkap (Responsiveness) sebesar (-0,419) < t tabel (-1,986), berarti Daya Tangkap (Responsiveness) tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Jaminan (Assurance) sebesar (4,313) > t tabel (1,986), berarti Jaminan ( Assurance ) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Empati (Emphaty) sebesar (2,267) > t tabel (1,986), berarti Empati (Emphaty) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Bukti Langsung (Tangibles) sebesar (3,979) > t tabel (1,986) maka H0 ditolak, berarti Bukti Langsung (Tangibles) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung ( Y ). Dari hasil perhitungan koefisisen determinasi diperoleh nilai R2 = 0,712 hal ini berarti variabel Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) mempunyai sumbangan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 71,2% sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh faktor yang lain di luar model yang menjadi penelitian ini, antara lain (kurang banyaknya jenis flora dan fauna di TSTJ, kurangnya hiburan atau pertunjukan yang di suguhkan untuk pengunjung TSTJ, nilai kebudayaan di TSTJ yang sedikit berkurang dan lain-lain). Saran untuk TSTJ yaitu Selain variabel Kehandalan (Reliability), Daya tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) (X3), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles), hendaknya pihak TSTJ juga lebih memperhatikan sumberdaya manusia yang ada seperti petugas kebersihan, keamanan, kesehatan dan petugas-petugas yang lainnya.Kata Kunci : Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) dan Kepuasan. 
ANTECEDENT KINERJA MANAJERIAL Chomsatu, Yuli
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

This study aims to examine the antecedent variables of managerial performance. As for the antecedent variable in this studi are the variables of leadership style and budget participation. Object of this study is middle- managers in Function Finance / Accounting / Budgeting / Budget that works on Ministry in Boyolali . Respondent in this research employees biro of finance, budgeting, planning in the ministry. The results of this study indicate that leadership style influence on managerial performance . While the budget participation not affect the managerial performance . Then the next result shows that the leadership style and budgetary participation jointly affect managerial performance .Keywords : leadership,budgetary participation , managerial performance
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS PROGRAM PELAYANAN GARUDA FREQUENT FLYER ( GFF ) TINA HARTIWI, Eny Kustiyah
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Penelitian ini tentang kepuasan pelanggan dilakukan di Frequent Flyer (GFF) Garuda Indonesia kantor cabang Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh afeksi, fairness dan diskonfirmasi mempengaruhi kepuasan pelanggan baik secara individu maupun secara bersama-sama. Dimana salah satu faktor tersebut dapat memberikan pengaruh lebih besar daripada faktor yang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode penelitian eksplanatory.Sampel yang diambil adalah 100 responden.Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling.Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi, metode analisis regresi berganda dengan uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diperoleh Koefisien regresi yang bertanda positif, maka berarti bahwa setiap perubahan variabel independen (afeksi positif, fairness dan diskonfirmasi) akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang sama. Sedangkan koefisien regresi yang bertanda negatif, maka berarti bahwa setiap perubahan variabel independen (afeksi negatif) akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang berlawanan. Dari uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel afeksi negatif sebesar 3,502, afeksi negatif sebesar 2,506, fairness sebesar 2,679 dan diskonfirmasi sebesar 2,090. Keseluruhan nilai thitung masing-masing variabel independen lebih besar dari ttabel (1,985) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen (afeksi positif, afeksi negatif, fairnessdan diskonfirmasi) secara parsial terhadap kepuasan pelanggan program layanan Garuda Frequent Flyer (GFF) PT. Garuda Indonesia kantor cabang Surakarta. Pada Uji F nilai Fhitung (14,793) > Ftabel (2,470) artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama afeksi positif, afeksi negatif, fairness dan diskonfirmasi program layanan Garuda Frequent Flyer (GFF) sebagai variabel independen terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan. Nilai thitung tertinggi adalah variabel afeksi positif, artinya bahwa afeksi positif merupakan variabel independen yang paling berpengaruh dibandingkan dengan variabel independen lain yang diujikan dalam penelitian ini. Hasil perhitungan untuk nilai R2 dalam regresi berganda diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,358 artinya bahwa 35,8% variabel dependen kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel independen afeksi positif, afeksi negatif, fairness dan diskonfirmasi, sedangkan sisanya 64,2% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Afeksi, Fairness, Diskonfirmasi dan Kepuasan Pelanggan
PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DISHUB KOMINFO KABUPATEN KARANGANYAR Sudarwati, Mami Suparyatmi
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

Keselarasan dan keharmonisan hubungan antar manusia didalam organisasi akan menciptakan kondisi yang positif. Hubungan timbal balik yang harmonis antar manusia dan didukung dengan lingkungan kerja yang nyaman akan berpengaruh pada peningkatan motivasi, produktivitas serta kreativitas karyawan sehingga tujuan perusahaan akan semakin mudah tercapai. Rumusan masalah yang diambil dlm penelitian ini : 1) Apakah komunikasi berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan Dishub Kominfo Kabupaten Karanganyar ? 2) Apakah lingkungan kerja berpengaruh tehadap motivasi kerja karyawan Dishub Kominfo Kabupaten Karanganyar ? 3) Apakah komunikasi dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh simultan terhadap motivasi kerja karyawan Dishub Kominfo Kabupaten Karanganyar?Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan koefisien regresi linier berganda yaitu Y = 7,317 + 0,414 X1 + 0,315 X2 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja karyawan Dishub Kominfo Kabupaten Karanganyar terbukti kebenarannya.Dengan Uji t diperoleh hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara parsial terhadap motivasi kerja (Y). Dan uji F diperoleh bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi, dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja karyawan. Dengan menggunakan olah data SPSS, maka dapat diperoleh uji determinasi sebesar 0,556 atau 55,6 %. Jadi motivasi kerja dipengaruhi oleh komunikasi dan lingkungan kerja sebesar 55,6 %, sedangkan sisanya 44,4 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.Kata kunci : Komunikasi, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH SIMPEDES DI BANK BRI UNIT BAKI Sudarwati, Hafit Prasetyo,
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap usaha yang menginginkan untuk tetap eksis di pasar harus senantiasa memperhatikan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas bukan hanya akan melakukan pembelian secara berulang namun juga mampu mendatangkan pelanggan baru, sehingga diperlukan peningkatan kualitas layanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikan pengaruh : (1) dimensi kualitas pelayanan (tangible) terhadap kepuasan konsumen; (2) dimensi kualitas pelayanan (reliability) terhadap kepuasan konsumen; (3) dimensi kualitas pelayanan (responsiveness) terhadap kepuasan konsumen; (4) dimensi kualitas pelayanan pada (assurance) terhadap kepuasan konsumen; (5) dimensi kualitas pelayanan (empathy) terhadap kepuasan konsumen; dan (6) dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen.Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari penyebaran kuesioner kepada responden. Semua variabel diambil melalui kuesioner. Hasil uji asumsi klasik terakhir menunjukkan semua variabel lolos uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan uji normalitas dengan data (n) sebanyak 100 orang.Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan pada responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Simpedes di Bank BRI Unit Baki, tidak terbukti kebenarannya. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan konsumen,Kata Kunci : Kualitas pelayanan, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, kepuasan konsumen.
PENGARUH PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA SURAKARTA Anita Wijayanti, Eka Arif Rustanto Siti Nurlaela
PARADIGMA Vol 11, No 02 (2014): Paradigma Vol. 11, No. 02, Agustus 2013 – Januari 2014
Publisher : PARADIGMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.618 KB)

Abstract

This research aims to determine the influence of partial and simultaneous hotel tax and restaurant tax on district own source revenue Surakarta. This type of research is quantitative research. Secondary data sources. The research instrument is a data collection technique that takes the data from the documentation. Population as well as the sample in this research is the realization of hotel tax, restaurant tax, and district own source revenue Surakarta years 2009-2012 were taken by using the method of census of the Department of Revenue, Finance and Asset Management Surakarta. Methods of data analysis using the classical assumption includes normality test, multicollinearity, heteroscedasticity test and autocorrelation test. Hypothesis testing using multiple linear regression t test, F test and the coefficient of determination. First hypothesis t count > t table (4.024> 2.014) and significance 0.000 < 0.05 then Ha is accepted, H1 is partially the result of hotel tax influence on district own source Surakarta. Second hypothesis, - table t ≤ t ≤ t table (-2.014 ≤ 0.568 ≤ 2.014) and a significance of 0.573 > 0.05 then Ha is rejected, H2 partially restaurant tax result does not influence on district own source revenue Surakarta. Third hypothesis, F count > F table (42,786 > 3,204) and significance < 0.05 (0.000 < 0.05), the Ha accepted that H3 outcome hotel tax and restaurant tax simultaneously influence on district own source revenue Surakarta.Keywords : District Own Source Revenue

Page 1 of 1 | Total Record : 7