cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jrma@ukwms.ac.id
Editorial Address
Jl. Manggis 15-17 MADIUN
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : -     EISSN : 23386576     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JRMA) dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. JRMA mempublikasikan artikel-artikel di bidang Manajemen dan Akuntansi, penulis (author) terbuka untuk umum. JRMA terindeks dalam: Google Scholar, IPI, Indonesia OneSearch.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)" : 6 Documents clear
PENGARUH KUALITAS AUDIT, DEBT RATIO, UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT LAG, DAN AUDIT CLIENT TENURE TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN Siti Rinawati; Sri Rustiyaningsih
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1127

Abstract

Keraguan akan kelangsungan hidup (going concern) perusahaan harus diketahui oleh semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan sedini mungkin untuk menghindari terjadinya hal buruk yang tidak diinginkan di masa mendatang. Auditor akan memberikan opini audit going concern pada perusahaan yang kelangsungan hidupnya diragukan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas audit, debt ratio, ukuran perusahaan, audit lag, dan audit client tenure terhadap penerimaan opini audit going concern. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 perusahaan manufaktur. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan auditan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi logistik dengan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas audit, ukuran perusahaan dan audit client tenure tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel debt ratio dan audit lag berpengaruh positif terhadap penerimaan opini audit going concern.Doubts about the company’s going concern must be known by all parties related to the company as early as possible to avoid unwanted bad things in the future. The auditor will provide a going concern audit opinion on companies whose survival is in doubt. This quantitative study aims to prove the effect of audit quality, debt ratio, firm size, audit lag, and audit client tenure on the acceptance of going concern audit opinions. The object of this research is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2019. The sampling technique used is purposive sampling and the sample used in this study is 98 manufacturing companies. Sources of data obtained from audited financial statement. Hypothesis testing using logistic regression analysis with the help of SPSS 24 program. The result of this study indicate that the variables of audit quality, compani size and audit client tenure have no effect on the acceptance of going concern audit opinions. Meanwhile, the debt ratio and audit lag variables have a positive effect on the going concern audit opinion acceptance.
EFEK CUSTOMER BONDING DAN KEPUASAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SCARLETT DI TONDANO Gloria Kereh; Wilson Bogar; Aditya Pandowo
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pengaruh dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, dan ketiga untuk mengatahui pengaruh Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan secara bersama - sama Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti adalah 110 orang. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Customer Bonding meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Kepuasan Pelanggan meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara Simultan dari Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, yang berarti jika Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan ditingkatkan, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat.The purpose of this study, namely first to determine the effect of Customer Bonding on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. Second, to determine the effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, and thirdly to determine the effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction together on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. This study uses quantitative methods and the number of samples to be studied is 110 people. The results of this study, namely that there is a partially significant influence of Customer Bonding on Customer Loyalty, that is, if Customer Bonding increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a partially significant effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty, that is, if Customer Satisfaction increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a simultaneous significant effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, which means that if Customer Bonding and Customer Satisfaction are increased, then Customer Loyalty will also increase.
PENGARUH PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI, MODAL USAHA, DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KOTA MADIUN Robica Aucia Penuh Reza; Intan Immanuela
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1123

Abstract

Penelitian ini untuk membuktikan pengaruh penggunaan informasi akuntansi, modal usaha, dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden yaitu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang menggunakan laporan keuangan di Kota Madiun dengan menggunakan metode convenience sampling dan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel penggunaan informasi akuntansi, modal usaha, dan karakteristik wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.This study aims to prove the effect of using accounting information, business capital, and entrepreneurial characteristics on business susccess. This research was conducted on 100 respondents, namely micro, small, and medium business owners who use financial statements in Madiun City using convenience sampling methods and purposive sampling. The analysis technique used is multiple linear regression with the help of the SPSS version 22 program. The results of this study prove that use of accounting information, business capital, and entrepreneurial characteristics have a positive and significant effect on business success.
ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BEBICARE BUBUR BAYI ORGANIK OUTLET MADIUN Munir Sukma Pamungkas; Dyah Kurniawati
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1134

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh positif brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang membeli produk Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan program SPSS 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa brand awareness dan brand image berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Semakin baik brand awareness dan brand image yang diberikan kepada pelanggan, maka akan dapat meningkatkan keputusan pembelian produk Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun.The purpose of this study was to examine the significance of the positive influence of brand awareness and brand image on purchasing decisions. The population in this study were mothers who bought Bebicare products from Madiun Outlet Organic Baby Porridge. The sample used was 100 respondents using non-probability sampling technique. Collecting respondent data using a questionnaire. The data analysis technique used multiple linear regression which was processed with the SPSS 17 program. The results of hypothesis testing showed that brand awareness and brand image had a significant and positive effect on purchasing decisions. The better brand awareness and brand image given to customers, the better the decision to purchase Bebicare Bubur Bayi Organik Outlet Madiun products.
PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERCATAT DI BEI 2015-2019 Vivi Ariyani; Y. Djoko Sukoco
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1135

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan secara empiris bahwa mekanisme pelaksanaan mekanisme Good Corporate Governance yaitu konsentrasi kepemilikan berpengaruh, kepemilikan institusi, ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen jumlah rapat dewan komisaris berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Penelitian kuantitatif menggunakan alat analisis uji hipotesis menggunakan uji regresi berganda terhadap sampel Perusahaan asuransi, menyimpulkan bahwa Good Corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan asuransi di Indonesia. Pengujian parsial menunjukkan bahwa konsentasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan asuransi. Saham Institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Jumlah Komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dan jumlah rapat dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.The research aims to empirically prove that the mechanism for implementing the Good Corporate Governance mechanism, namely the concentration of influential ownership, institutional ownership, the size of the board of commissioners, the proportion of independent commissioners, the number of board meetings has an effect on the financial performance of insurance companies listed on the IDX in 2015-2019. Quantitative research using hypothesis testing analysis tools using multiple regression tests on a sample of insurance companies, concluded that good corporate governance has a positive effect on the financial performance of insurance companies in Indonesia. Partial testing shows that the percentage of ownership does not affect the financial performance of insurance companies. Institutional shares have a significant negative effect on the company's financial performance. The number of Commissioners has no effect on the company's financial performance. The proportion of independent commissioners has no effect on the company's financial performance and the number of board of commissioner’s meetings has a positive effect on the company's financial performance.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PEGAWAI BAKORWIL I MADIUN Ardhita Christalita Eugenia; F. Anif Farida
JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi) Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)
Publisher : Fakultas Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jrma.v10i3.1143

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor yang sangat penting, bahkan tidak dapat dipisahkan dari suatu organisasi, baik organisasi, perusahaan maupun instansi pemerintah. OCB sebagai perilaku individu yang bebas memilih, tidak diatur secara langsung atau eksplisit oleh sistem penghargaan formal, dan secara bertingkat mempromosikan fungsi organisasi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap OCB pada pegawai Bakorwil I Madiun. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Sampel yang digunakan sejumlah 50 responden, dengan menggunakan sampling jenuh. Alat yang digunakan untuk menganalisis dengan software SPSS 22. Metode analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, pengujian asumsi klasik dengan uji normalitas, heteroskedastisitas, uji multikoliniearita. Uji hipotesis dengan regresi berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB dan variabel kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB.Human Resources (HR) is a very important factor, even inseparable from an organization, both organizations, companies and government agencies. OCB as individual behavior that is free to choose, not regulated directly or explicitly by a formal reward system, and gradually promotes the effective functioning of the organization. The purpose of this study was to examine the influence of Organizational Commitment and Job Satisfaction on OCB in Bakorwil I Madiun employees. The research method used is quantitative research. The data collection method uses a questionnaire with a Likert scale measurement. The sample used was 50 respondents, using saturated sampling. The tools used to analyze with SPSS 22 software. Methods of data analysis using validity, reliability, classical assumption testing with normality test, heteroscedasticity, multicollinearity test. Test the hypothesis with multiple regression, test the coefficient of determination (R2), and t test. The results showed that the organizational commitment variable had a positive and significant effect on OCB and the job satisfaction variable had no significant effect on OCB

Page 1 of 1 | Total Record : 6