Jurnal Ilmu Komunikasi
urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Articles
8 Documents
Search results for
, issue
"Vol 17, No 1 (2020)"
:
8 Documents
clear
Penggambaran Perempuan di Majalah Popular 1988-2018
Lase, Formas Juitan
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2638.246 KB)
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1725
Artikel ini bertujuan untuk melihat penggambaran perempuan di sampul majalah Popular dari tahun 1988 hingga 2018. Penelitian ini menggunakan konsep pascafeminisme dan metode semiotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan direpresentasikan dalam dua cara, yaitu objek seksual dan subjek seksual. Objek seksual ditandai melalui tubuh perempuan dengan pose seksual pasif, sedangkan subjek seksual ditandai melalui pose seksual aktif. Penggambaran perempuan sebagai subjek seksual tidak lebih baik daripada objek seksual yang diobjektifikasi. Bentuk-bentuk penggambaran secara provokatif dan seksual aktif dengan pretensi “girl power†sebenarnya adalah eksploitasi.
Wacana Komunikasi Lingkungan dalam Iklan Properti Meikarta
Lestari, Christina Arsi
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (322.426 KB)
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1631
Studi ini membahas wacana komunikasi lingkungan dalam iklan Meikarta dengan menggunakan konsep komunikasi lingkungan yang berfokus pada kajian terhadap iklan. Metode yang dipakai adalah analisis wacana kritis. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan Meikarta masih dalam tahap agenda setting. Iklan tersebut mampu memersuasi khalayak dengan gambaran fakta-fakta lingkungan Jakarta yang kumuh, serta memiliki beragam polusi dan kriminalitas. Tinjauan terhadap fungsi komunikasi lingkungan menggolongkan iklan Meikarta dalam fungsi teknis yang memberikan informasi dampak kerusakan lingkungan alam dan sosial Jakarta.
Spasialisasi Sony Music Entertainment Indonesia
Nuzuli, Ahmad Khairul
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (321.878 KB)
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1539
Perubahan dalam proses produksi dilakukan agar sejalan dengan pendekatan ekonomi politik dan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik ekonomi politik, khususnya spasialisasi di Sony Music Entertainment Indonesia. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi pustaka, dan media. Hasilnya menunjukkan bahwa Sony Music Entertainment Indonesia melakukan praktik spasialisasi yang didukung oleh digitalisasi, sehingga hal tersebut mempermudah integrasi perusahaan secara horizontal dan vertikal agar produk musiknya mendominasi pasar Indonesia.
Tinjauan Konstruksi Sosial Atas Nasionalisme Net Generation
Abrar, Ana Nadhya
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (326.129 KB)
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1586
Net generation adalah generasi yang akrab dengan teknologi dan aktif menggunakannya. Generasi ini dipandang sebagai generasi yang diragukan rasa nasionalismenya. Tulisan ini bertujuan untuk menilai nasionalisme yang dianut oleh net generation. Pengambilan data dilakukan sebagai hasil studi evaluatif terhadap lima orang mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, angkatan 2014 yang aktif mengakses internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mereka tentang nasionalisme berbeda dengan pemahaman yang ditularkan oleh para sejarawan. Mereka mencintai Indonesia dengan cara yang unik, terutama jika dibandingkan dengan ekspresi cinta tanah air yang ditunjukkan oleh generasi tua.
Analisis Semiotika Kritik Sosial dalam Balutan Humor pada Komik Faktap
Luthfi, Alifia Hanifah
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1968
Komik Faktap merupakan komik strip yang mengangkat cerita mengenai isu sosial yang terjadi di masyarakat dan dikemas menggunakan cerita humor. Penelitian ini memakai metode analisis semiotika Roland Barthes dan menggunakan teori kritik sosial dan humor dalam media, serta bertujuan untuk mengetahui humor sebagai kritik sosial terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Komik yang menjadi objek penelitian terdiri atas enam episode yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu: kritik terhadap anggota DPR RI dan kritik terhadap kebijakan DPR RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor disampaikan dengan teknik allusion, satire, parodi kejadian, analogi, dan apologisme.
Literasi Privasi dan Perilaku Proteksi Konsumen Belanja Daring Generasi Y
Yuniar, Ananda Dwitha;
Fibrianto, Alan Sigit
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1686
Kondisi yang terbatas dalam proses komunikasi belanja daring memunculkan perdebatan mengenai isu privasi. Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa kekhawatiran konsumen terhadap privasi tidak memiliki konsistensi terhadap perilaku (paradoks privasi). Pengukuran literasi privasi memiliki peran yang cukup penting untuk mengisi gap paradoks privasi tersebut. Pengukuran kausalitas antarvariabel ini menggunakan moderated regression analysis (MRA) dengan pengalaman pelanggaran privasi sebagai variabel moderasi. Total responden yang berpartisipasi berjumlah 283 orang. Temuan penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat literasi daring pengguna, semakin sadar pula pengguna tersebut terhadap pelanggaran privasi dan memiliki kemampuan bersikap protektif. Namun, pelanggaran privasi tidak bisa dianggap sebagai pemicu tindakan protektif konsumen.
Perlawanan Perempuan terhadap Kekerasan dalam Berpacaran di Video Musik K-Pop
Sadewo, Koko;
Kusuma, Rina Sari
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.1775
Perempuan sering menjadi korban kekerasan dalam berpacaran dan cenderung menerima begitu saja kekerasan tersebut. Namun demikian, perempuan yang digambarkan menjadi korban berani bertindak melawan pelaku dalam beberapa video klip musik. Penelitian ini menggunakan analisis isi kualitatif dan bertujuan untuk mengetahui bentuk kekerasan serta perlawanan perempuan terhadap kekerasan dalam berpacaran di video klip musik K-pop. Hasilpenelitian menunjukkan terdapat dua bentuk kekerasan yang diterima perempuan, yaitu kekerasan fisik dan psikis. Selain itu, korban dapat mendobrak stereotip yang menyatakan bahwa perempuan itu lemah. Hal tersebut ditunjukkan dengan sikap perempuan yang berani melawan dengan cara membalas dendam, melukai, hingga membunuh pelaku.Â
Komunikasi Partisipatif Panda CLICK! di Bunut Hilir
Birowo, Mario Antonius
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (3177.763 KB)
|
DOI: 10.24002/jik.v17i1.2560
Sering kali masyarakat di tingkat akar rumput sulit mendapatkan akses ke ruangpublik karena akses yang terbatas bagi partisipasi masyarakat bawah. Komunikasi partisipatifmenempatkan masyarakat sebagai subjek dalam proses komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan tujuan memahami komunikasi partisipatif dengan menggunakan photovoice yang bernama Panda CLICK!. WWF Kalimantan Barat memberdayakan masyarakat Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, dengan photovoice. Kabupaten Kapuas Hulu dikenal sebagai wilayah konservasi lingkungan. Photovoice bertujuan agar masyarakat memiliki akses untuk menyatakan gagasan atau pikirannya, khususnya tentang isu lingkungan. Masyarakat difasilitasi kamera saku digital sederhana untuk berekspresi.