cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
dwi.sulisworo@uad.ac.id
Phone
+62895416066361
Journal Mail Official
bfi@mpfis.uad.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161 Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
ISSN : 20850409     EISSN : 25500465     DOI : 10.12928
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor Instructional Media Learning strategies Learning Evaluation Learning model
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2008)" : 3 Documents clear
Percobaan Resonansi untuk Penentuan Indeks Adiabatik Udara dengan Regresi Kuadrat Berbotot Raden Oktova
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 1, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v1i1.259

Abstract

Telah dilakukan percobaan resonansi untuk menentukan indeks adiabatik udara 1 atm pada suhu kamar, dengan bantuan perhitungan regresi kuadrat berbobot. Resonator udara mempunyai frekuensi alam yang bergantung pada konstanta-konstanta sistem dan indeks adiabatik udara di dalam resonator. Dengan bantuan computer pribadi dilakukan regresi kuadrat berbobot untuk menentukan frekuensi alam kolom udara pada berbagai panjang kolom udara. Dengan menggunakan koreksi nonadiabatisitas, koreksi massa udara dan koreksi nonidealitas, diperoleh nilai  1,401 ± 0,004 sesuai dengan nilai-nilai acuan.
Inversi Data Gravitasi Dua Dimensi dengan Meminimumkan Momen Inersia Fatkhulloh, Fatkhulloh
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 1, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v1i1.257

Abstract

Inversi data gravitasi dua dimensi dengan meminimumkan momen inersia telah direalisasikan menggunakan program Matlab berbasis Windows. Prinsip metode inversi ini adalah menggunakan fungsi bobot momen inersia, yaitu dengan mengambil tebakan pusat gravitasi atau garis yang melalui pusat gravitasi yang sesuai dengan profil data gravitasi. Pusat gravitasi yang ditetapkan menentukan besarnya fungsi bobot. Fungsi bobot momen inersia merupakan fungsi jarak dari tiap-tiap blok. Pengujian program untuk tujuh data sintetik diperoleh model hasil inversi yang mirip dengan bentuk model yang diuji dengan ralat maksimum 4,6% dan 6,53% untuk pengujian data lapangan. Namun demikian untuk pengujian benda terpisah diperoleh model hasil inversi yang tidak menggambarkan model benda yang diuji.
Analisis Kebutuhan Pembelajaran Gelombang Bagi Calon Guru Fisik Sarwi Mahmud; Liliasari Liliasari
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 1, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v1i1.258

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah dan di perguruan tinggi sering tidak melibatkan proses berpikir bagaimana memperoleh ilmu pengetahuan. Fakta di lapangan menunjukkan pembelajar lebih banyak menerima materi ajar pada domain pengetahuan dan pemahaman, sedangkan analisis, inferensi dan evaluasi kurang mendapat perhatian. Penelitian analisis kebutuhan (need assessment) ini merupakan bagian dari penelitian tentang pengembangan program pembelajaran gelombang yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Hasil pengolahan data awal berupa hasil ujian, menyatakan bahwa persoalan gelombang yang memuat kemampuan berpikir tingkat dasar telah dikuasai mahasiswa dengan baik (skor rerata 69,8), sedangkan yang memuat kemampuan berpikir tingkat tinggi belum dikuasai dengan baik (skor rerata 46,9). Proses pembelajaran perlupendekatan yang mengaktifkan mahasiswa, menggunakan strategi dan metode yang bervariasi, agar dapat membangkitkan motivasi dan meningkatkan keterlibatan aktivitas berpikirnya dalam belajar. Teknik evaluasi secara esai saja belum dapat menampilkan kompetensi dalam materi gelombang.

Page 1 of 1 | Total Record : 3