cover
Contact Name
Ketut Sudarma
Contact Email
jdm.unnes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jdm.unnes@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JDM (Jurnal Dinamika Manajemen)
ISSN : 20860668     EISSN : 23375434     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Dinamika Manajemen [p-ISSN: 2086-0668 | e-ISSN: 2337-5434] issued by the Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, periodically (every 6 months) in March and September with the aim of disseminating information about the study of knowledge management in the form of conceptual studies and research results.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)" : 9 Documents clear
RELASI RATING OBLIGASI DAN MARKET INDEKS PASAR MODAL INDONESIA -, Amirah
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2463

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh perubahan rating obligasi baik saat di upgrade dan downgrade pada kepekaan hubungan antara return saham dan return pasar. Selain itu, penelitian ini menguji pengaruh perubahan rating obligasi terhadap intercept dan koefisien dalam model. Purposive sampling digunakan sebagai metode sampling dengan persyaratan semua penerbitan saham dan obligasi diambil dari Bursa Efek Indonesia pada 2000-2007 dan regresi linier sederhana dengan variabel dummy digunakan sebagai metode statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan rating obligasi yang telah diupgrade yang menurunkan sensitivitas hubungan antara return saham dan return pasar. Sebaliknya, perubahan rating downgrade obligasi meningkatkan sensitivitas hubungan antara return saham dan return pasar. Dampak dari perubahan rating obligasi yang tidak signifikan karena perubahan rating obligasi telah diantisipasi oleh para investor. The purpose of this research is to examine the effect of obligation rating change both in upgrade and downgrade on the sensitivity of relationship between stock return and return market. In addition, this study examine the effect of obligation rating change to the intercept and coefficient in the model. Purposive sampling is used as sampling method with the requirement of all publishing stock and obligation taken from Indonesian Stock Exchange in 2000-2007 and simple linier regression with dummy variable is used as statistic method.  The result of this research shows that upgraded obligation rating change which decreases the sensitivity of relationship between stock return and market return. On the opposite, the downgrade obligation rating change increases the sensitivity of relationship between stock return and return market. The effect of obligation rating change which is not significant since the obligation rating change has been anticipated by the investors.
EFEK RANTAI MOTIVASI PADA KINERJA KARYAWAN Ranihusna, Desti
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2464

Abstract

Studi penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi serta kinerja karyawan PT. MNC Sky Vision (Indovision) Semarang. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja; motivasi terhadap kinerja; kepuasan kerja terhadap kinerja; motivasi terhadap komitmen organisasi; kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi; komitmen organisasi terhadap kinerja. Langkah pengujian empirisnya dengan tiga tahap. Model pertama adalah outer model, model kedua yaitu inner model dan model ketiga yaitu weight relation. Jumlah sampel dengan rumus slovin sebanyak 45 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode pengambilan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi karyawan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan, dan kepuasan kerja karyawan berpengaruh terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan, serta komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. The study purposes to analyze the effect of motivation on job satisfaction, performance organizational   commitment, the influence of job satisfaction on performance  and commitment, the effect of commitment on performance. The sampling method is purposive sampling and questionnaires are used to collect data from 45 respondents. The respondents are the employees of PT. MNC Sky Vision (Indovision) Semarang. Data analysis uses three step tests that are testing outer model, inner model and weight relation. The results show that motivation affect job satisfaction, organizational commitment and employee performance. Moreover job satisfaction influence organizational commitment and performance. Meanwhile organizational commitment affects employees’ performance.
ETOS KERJA WANITA PENGRAJIN BATIK TULIS Widigdo, Idie
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2465

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etos kerja wanita pengrajin Batik Tulis di Kampung Batik Laweyan Surakarta. Angkatan kerja di Indonesia pada umumnya masih berpenghasilan rendah dan sebagian besar berada di tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan. Sebagian besar dari angkatan kerja bekerja di sektor pertanian, sedangkan menyempitnya lahan pertanian menuntut mereka pindah ke kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak perempuan pekerja memberikan kontribusi terhadap ekonomi rumah tangga. Namun, tidak banyak  yang melihat etika pekerjaannya pada kesejahteraan keluarganya. Jam kerja pada perempuan yang lebih tua mendapat beban berat. Mereka tidak hanya melakukan pekerjaan dasar rumah tangga tetapi mereka juga bekerja mencari nafkah untuk kesejahteraan keluarganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita umumnya bekerja lebih lama, tetapi tidak ada perbedaan signifikan bahwa wanita lebih baik daripada laki-laki, karena pengelolaan pendapatan rumah tangga umumnya menjadi satu. Ukuran istri sejahtera muncul saat suami mereka mampu memenuhi rumahtangganya, ini yang nantinya akan berdampak pada turunnya etos kerja wanita dalam sebuah rumah tangga. The research aimed to examine work ethos of woman handicraftsman batik in Batik Village, Laweyan, Surakarta. Labor force in Indonesia in general is still low income, and mostly located in rural welfare levels are very low. Therefore, many of the labor force still working in the countryside, especially in the agricultural sector. However, along with the narrowing of agricultural land lost in the labor force that eventually move into the city. Research has claimed woman workers contribute to the household economy. Not many who saw her work ethos on the welfare of her family. Outpouring of working hours of workers older women. They’re not just doing basic household work but they’re also often required to work for his family welfare. Research has shown that women generally work longer hours, but no significant was that the woman herself as an individual better off than husbands. Because management of household income is generally the one. The size of the more prosperous women appear just when their husbands are better able to provide for his household. However, instead of this woman’s work ethos tends to be low compared to the work ethos in her husband’s household.
KONTRIBUTOR KINERJA PEMASARAN DARI ASPEK REWARD, INDIVIDU DAN KREATIFITAS STRATEGI PEMASARAN Tanoko, Hendro
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2466

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris tentang pengaruh reward, pengaruh kinerja individu, dan kreatifitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran KJKS BMT BUS Lasem Kabupaten Rembang. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan pemasaran disemua cabang KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 170 responden yang 78 responden wanita dan 92 responden pria. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program AMOS karena memungkinkan kombinasi antara analisis faktor dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel reward dan kinerja individu berpengaruh secara signifkan terhadap kreatifitas strategi pemasaran dan kinerja pemasaran. The aim of this study are to analyze and to prove empirically the influence of reward, individual, and creative marketing strategies toward marketing performance KJKS BMT BUS Lasem Rembang District. The research was conducted on marketing employees in all branches of Ummah Welfare Bina KJKS BMT. Data was collected through a questionnaire with a sample of 170 respondents which there were 78 female respondents and 92 male respondents. Structural Equation Model (SEM) is used  as data analysis technique with the combination of factor analysis and multiple regression analysis. The results showed that the variables and the reward of individual performance are significantly influential toward the creativity of the marketing strategy and marketing performance.
EFEK MODERASI KERJA CERDAS PADA PENGARUH KOMPETENSI, REWARD, MOTIVASI TERHADAP KINERJA -, Widodo
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2467

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kompetensi Sumber Daya Manusia pada motivasi pengelola, menganalisis pengaruh kompetensi Sumber Daya Manusia pada kinerja pengelola, menganalisis pengaruh reward pada motivasi pengelola, menganalisis pengaruh reward pada kinerja pengelola, menganalisis pengaruh motivasi pada kinerja pengelola serta menguji peran moderasi variabel kerja cerdas. Sampel penelitian ini adalah 148 pengelola KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem. Data didapatkan dengan menyebar kuesioner kemudian diolah menggunakan SEM yang dioperasikan melalui program AMOS. Hasil penelitian menemukan, bahwa semua hipotesis didukung dan sesuai dengan penelitian terdahulu. Kesimpulan penelitian ini menyatakan, bahwa kompetensi SDM berpengaruh signifikan dan positif pada motivasi pengelola, reward berpengaruh positif dan signfikan pada motivasi pengelola, reward berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pengelola, motivasi berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pengelola, selain itu variabel kerja cerdas ditemukan bisa menjadi variabel moderating yang melemahkan pengaruh motivasi pada kinerja. The purpose of this study is to analyze the influence of human resource competency on manager’s motivation and performance, to investigate the effect of reward on manager’s motivation and performance, to examine the impact of motivation on manager’s performance and to test smart work as moderating variable. Sample of the study is 148 managers of KJKS BMT Bina Umat Sejahtera Lasem.  Questionnaires are used to collect data. Data analysis use Structural Equation Model (SEM). The results show that human resource competency has positive and significant effect on managers’ motivation. Reward and motivation have positive and significant influence on managers’ performance. Moreover work smart variable as moderating variable weaken the effect of motivation on performance.
EFEKTIVITAS PELATIHAN BAGI PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN Rustiana, Ade
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan yang telah dilaksanakan dengan melakukan analisis pengaruh tingkat reaksi, tingkat pembelajaran dan tingkat perubahan perilaku pasca pelatihan terhadap tingkat kinerja, bagi pegawai Direktorat Jendral Bina Marga Semarang. Sampel 54 orang pegawai yang telah mengikuti pelatihan. Teknik analisis menggunakan regresi berganda Hasil penelitian menemukan tiga variabel independen (tingkat reaksi, tingkat pembelajaran, tingkat perubahan perilaku) yang diduga mempengaruhi tingkat kinerja pegawai sesudah mengikuti pelatihan ternyata secara simultan berpengaruh signifikan, walaupun hanya tingkat perubahan perilaku yang signifikan. Hal tersebut  mengisyaratkan bahwa pelatihan yang selama ini diadakan mampu mengubah perilaku, sehingga tingkat kinerjanya meningkat. Untuk itu disarankan bahwa Direktorat Jenderal Bina Marga Semarang harus lebih teliti dalam memilih peserta pelatihan sehinga pelatihan yang diadakan menjadi lebih efektif. The Study is aimed to investigate training effectiveness which has been done by doing analysis of reaction level, learning level, and behaviour change after training. Samples are taken from 54 employee of Bina Marga Directorate General Semarang branch. Multiple regression is used to analyse the data. The result found three independent variables, they are: reaction level, learning level, dan behaviour change level, which are predicted affecting employee performance level after training. It shows that behaviour change is the only variable that is affected simultaniously. In addition, the training is able to change behaviour of the partisipant in order to increase performance level. This study suggests General Directorate Bina Marga Semarang has to be more prudence of choosing participant to gain more effective results.
FAKTOR PENENTU STRUKTUR MODAL: STUDI EMPIRIK PADA PERUSAHAAN MULTIFINANSIAL Ridloah, Siti
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel struktur aktiva, ukuran perusahaan, operating leverage, profitabilitas, likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap Struktur Modal perusahaan sektor keuangan serta mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap stuktur modal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan sektor keuangan multifinansial yang terdaftar di BEI yang memiliki laporan keuangan dalam ICMD tahun 2008. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan variabel independen terhadap Struktur Modal. Hanya ada tiga variabel independen yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel dependen yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas. Dari variabel-variabel tersebut, variabel yang paling berpengaruh terhadap stuktur modal adalah ukuran perusahaan. Saran yang penulis sampaikan dalam penelitian ini, bahwa untuk mencapai Struktur Modal yang optimal, perusahaan perlu meningkatkan profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan dengan cara meningkatkan profit margin dan meningkatkan asset yang dimiliki perusahaan. This study aims to determine the effect of asset structure variables, firm Size, operating leverage, profitability, liquidity and growth in sales of corporate capital structure of the financial sector as well as knowing which variables most affect the capital structure. The populations of this study were all multifinansial financial sector companies have been listed on the Stock Exchange which has ICMD financial statements in 2008. Purposive sampling method is used to analyse the samples of this study. The results of multiple regression analysis showed that there is a simultaneous effect of independent variables of corporate capital structure of the financial sector. There are only three independent variables that significantly influence the dependent variable that is partially on the variables of firm Size, profitability and liquidity. Of explanatory variables, the variable that most influence on capital structure is a variable Size. This study suggests that to achieve the optimal capital structure, companies need to improve profitability, liquidity and company Size by increasing profit margins and increasing company-owned assets.
ANALISIS MONDAY EFFECT DAN ROGALSKI EFFECT DI BURSA EFEK JAKARTA Cahyaningdyah, Dwi; Witiastuti, Rini Setyo
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hari perdagangan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan 70 saham yang aktif di perdagangkan selama periode penelitian 2004-2006. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampel adalah saham-saham yang aktif diperdagangkan selama periode penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan regresi dengan variable dummy. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ada pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Return tertinggi terjadi pada hari Jumat dan return terendah pada hari Senin. Dengan hasil tersebut, dapat dikatakan penelitian ini berhasil mengidentifikasi adanya Monday effect dan weekend effect. Pengujian Rogalski effect menunjukkan bahwa Rogalski effect terjadi pada bulan April. The paper investigates the day of the week effect in Indonesia Stock Exchange by using 70 active stocks during the period of 2004-2006. Sampling technique uses purposive sampling and the criteria of the sample is stocks which are trading actively during the period of study. Regression with dummy variables are use to test the hypothesis.  The findings indicate that there is a day of the week effect in Indonesia  Stock exchange, the highest returns are observed on Friday and the lowest returns are observed on Monday. It can be said that this study can identify Monday effect and weekend effect in Jakarta Stock Exchange. The Investigation about Rogalski effect  in JSX find that Rogalski effect presents in April.  Monday’s return being positive in April and remain negative in the other months, so Monday effect disappeared in April.
MASIH RELEVANKAH STRATEGI MARKETING MIX MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN Ohy, Tondano (Jalan kampus UNIMA), Manado, In Juliana
Jurnal Dinamika Manajemen Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed)
Publisher : Department of Management, Faculty of Economics, Semarang State University, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jdm.v1i2.2473

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh marketing mix strategy terhadap kepuasan pelanggan Pasar Swalayan Jumbo di Manado. Sampel diambil secara acak sebanyak 100 pelanggan dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan studi dokumen. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa keseluruhan unsur-unsur marketing mix yaitu produk, harga, tempat/lokasi dan promosi secara simultan maupun secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pasar swalayan Jumbo di Manado. Implikasi manajerialnya adalah bauran pemasaran yang dilakukan oleh pasar swalayan Jumbo penting untuk ditingkatkan dan dimantapkan perannya untuk mengurangi gap antara harapan dan kinerja pasar swalayan Jumbo. Swalayan Jumbo perlu melakukan perbaikan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil penjualan. Perbaikan yang dapat dilakukan antara lain dengan melaksanakan Retensi Pelanggan- berupa loyality program, yang terbukti secara signifikan mampu meningkatkan retensi pelanggan dan jumlah pembelian. This study aims to analyze the influence of marketing mix strategy toward customer satisfaction of Jumbo Supermarket in Manado. Samples were taken randomly from 100 customers. Meanwhile, questionnaire and study of documents are the method that is used to collect the data. Furthermore, the data were analyzed using path analysis. The results indicate that the overall marketing mix’s elements which are consist of product, price, place and promotion, simultaneously and partially has a significant effect toward customer satisfaction of Jumbo Supermarket in Manado. In addition, managerial implications of marketing mix which is made by Jumbo supermarket is important to be improved and to be strengthened in its role to reduce the gap between expectations and performance of the Jumbo Supermarket. The improvements of customer satisfaction is also necessary to increase sales, such as by implementing customer retention form of loyalty program, which is proved to able to improve customer retention and purchase amount.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): September 2023 (DOAJ Indexed) Vol 14, No 1 (2023): Maret 2023 (DOAJ Indexed) Vol 13, No 2 (2022): September 2022 (DOAJ Indexed) Vol 13, No 1 (2022): Maret 2022 (DOAJ Indexed) Vol 12, No 2 (2021): September 2021 (DOAJ Indexed) Vol 12, No 1 (2021): March 2021 (DOAJ Indexed) Vol 11, No 2 (2020): September 2020 (DOAJ Indexed) Vol 11, No 1 (2020): March 2020 (DOAJ Indexed) Vol 10, No 2 (2019): September 2019 (DOAJ Indexed) Vol 10, No 1 (2019): March 2019 (DOAJ Indexed) Vol 9, No 2 (2018): September 2018 (DOAJ Indexed) Vol 9, No 1 (2018): March 2018 (DOAJ Indexed) Vol 8, No 2 (2017): September 2017 (DOAJ Indexed) Vol 8, No 1 (2017): March 2017 (DOAJ Indexed) Vol 7, No 2 (2016): September 2016 (DOAJ Indexed) Vol 7, No 2 (2016): September 2016 (DOAJ Indexed) Vol 7, No 1 (2016): March 2016 (DOAJ Indexed) Vol 7, No 1 (2016): March 2016 (DOAJ Indexed) Vol 6, No 2 (2015): September 2015 (DOAJ Indexed) Vol 6, No 2 (2015): September 2015 (DOAJ Indexed) Vol 6, No 1 (2015): March 2015 (DOAJ Indexed) Vol 6, No 1 (2015): March 2015 (DOAJ Indexed) Proceeding Madic 2015 Vol 5, No 2 (2014): September 2014 (DOAJ Indexed) Vol 5, No 2 (2014): September 2014 (DOAJ Indexed) Vol 5, No 1 (2014): March 2014 (DOAJ Indexed) Vol 5, No 1 (2014): March 2014 (DOAJ Indexed) Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed) Vol 4, No 2 (2013): September 2013 (DOAJ Indexed) Vol 4, No 1 (2013): March 2013 (DOAJ Indexed) Vol 4, No 1 (2013): March 2013 (DOAJ Indexed) Vol 4, No 2 (2013) Vol 3, No 2 (2012): September 2012 (DOAJ Indexed) Vol 3, No 2 (2012): September 2012 (DOAJ Indexed) Vol 3, No 1 (2012): March 2012 (DOAJ Indexed) Vol 3, No 1 (2012): March 2012 (DOAJ Indexed) Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed) Vol 2, No 2 (2011): September 2011 (DOAJ Indexed) Vol 2, No 1 (2011): March 2011 (DOAJ Indexed) Vol 2, No 1 (2011): March 2011 (DOAJ Indexed) Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed) Vol 1, No 2 (2010): September 2010 (DOAJ Indexed) Vol 1, No 1 (2010): March 2010 (DOAJ Indexed) Vol 1, No 1 (2010): March 2010 (DOAJ Indexed) Vol 1, No 2 (2010) More Issue