Dinamika Pendidikan
Dinamika Pendidikan (p-ISSN 1907-3720, e-ISSN 2502-5074) is a scientific periodical published by the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang collaborate with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO), Asosiasi Profesi Pendidikan Akuntansi Indonesia (APRODIKSI), Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) with the aim to promote creativity scholarly or academic lecturers from various institutions in general and the community UNNES internal academic specifically. The article published scientific literature contains research results, conceptually as well as reviews of books in the field of economic education, accounting education, and educational administration offices.
First published in 2006, published in a year, June and December. Dinamika Pendidikan has become a CrossRef member with DOI prefix: 10.15294. Therefore, all articles published by the journal have unique DOI number.
The journal has been also accredited for five years based on The Decree of Directorate General of Research and Development Strengthening, Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia No. 48a/E/KPT/2017, dated on October 30th, 2017.
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 2 (2008): December 2008"
:
16 Documents
clear
Mengembangkan Kompetensi Personal Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Sebagai Calon Guru Melalui Soft Competency Training
Hendrayani, Rulita
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.394
Profesi kependidikan, khususnya profesi guru tugas utamanya adalah melayani masyarakat dalam dunia pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut profesionalisasi dalam bidang keguruan mengandung arti peningkatan segala daya dan usaha dalam rangka pencapaian secara optimal layanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Oleh karena itu standarisasi kompetensi guru ditetapkan bagi seorang guru dalam menguasai seperangkat kemampuan agar layak menduduki jabatan guru, sesuai bidang tugas dan jenjang pendidikannya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi personal, yaitu kompetensi nilai yang dibangun melalui perilaku yang dilakukan guru, memiliki pribadi dan penampilan menarik, mengesankan guru dambaan setiap siswa, sosok guru yang menjadi tauladan bagi siswa dan panutan masyarakat. Kompetensi personal tersebut memberi arti bahwa untuk profesi guru tidak hanya diperlukan pengetahuan yang luas tetapi juga diperlukan karakteristik tertentu secara personal. Untuk itu mahasiswa pendidikan ekonomi sebgai calon guru/pendidik perlu dibekali dengan ketrampilan-ketrampilan agar memiliki kompetensi personal yang memadai. Kata Kunci: Kompetensi Personal, Soft Competency Training
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
Haryanti, Titi;
K, Fandi Ahmad
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.390
Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan model metode pembelajaran inkuiri dengan guru mata pelajaran sebagai pengamat yang menilai pelaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pokok bahasan pasar di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dalam melaksanakan metode pembelajaran inkuiri berdasarkan perbandingan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa. diharapkan metode inkuiri dapat diterapkan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Agar pelaksanaan pembelajaran dengan metode inkuiri dapat dilaksanakan dengan baik, diharapkan guru melakukan pembimbingan dalam observasi lapangan yang dilaksanakan oleh siswa secara berkelompok. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Inkuiri
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
Husin, -
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.395
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan dan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran yang terdiri dari 77 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif pada kepemimpinan guru dan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siwa hendaknya kepemimpinan guru diterapkan pada siswa sehingga guru dapat membimbing dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar, guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasinya agar pada saat penyampaian materi dapat diterima siwa dengan baik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kepemimpinan Guru, Komunikasi Guru
PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SISWA SMA
Mahmud, Amir
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.391
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifvitas penerapan metode problem posing dalam pembelajaran akuntansi, khususnya pokok bahasan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI SMA N 1 Wanasari Brebes berjumlah 180 orang yang terbagi dalam empat kelas. Sampel penelitian diambil berdasarkan cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar dengan metode problem posing dan prestasi belajar dengan menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdaapt perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode problem dan metode konvensional. Metode problem posing terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan metode problem posing dalam pembelajaran akuntansi. Kata kunci: Prestasi Belajar, Metode Problem Posing
PENGARUH DISIPLIN SISWA DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI
Prasetyo, P Eko
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.392
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus menganalisis pengaruh disiplin siswa dan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui dan mengkaji lebih lanjut upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan displin siswa dan pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah. Berdasarkan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial disiplin siswa mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan t-hitung = 4,787 dengan p-value= 0,00<0,50 dan fasilitas perpustakaan sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan t-hitung= 7,860 dengan p-value=0,00>0,05. Secara simultan diketahui bahwa F-hitung sebesar 98,499 dengan harga signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Dengan demikian dapat dilihat bahwa disiplin siswa dan fasilitas perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang diambil yaitu dengan menerapkan peraturan sekolah didalam kelas dengan baik serta memberi sanksi yang tegas bagi siswa yang melanggar dan melengkapi koleksi buku-buku perpustakaan. Kata kunci: disiplin siswa, fasilitas perpustakaan sekolah, prestasi belajar siswa. ÂÂ
PENERAPAN MODEL GRUP INVESTIGASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR
Handayani, Bestari Dwi
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.388
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan secara aktif mahasiswa peserta perkuliahan Akuntansi Dasar melalui metode investigasi group hasil yang di dapat dari penelitian menunjukkan adanya pertumbuhan kemampuan belajar mandiri mahasiswa. Hal ini dikarenakan melalui penyajian model ini mahasiswa saling berinteraksi dalam kelompoknya untuk membahas tugas melalui diskusi kelompok dan diskusi kelas. Kata Kunci : Model Grup Investigasi, Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Orientasi Kepemimpinan Kepala SMU dan SMK Dalam Perubahan Terencana
Widodo, Joko
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.393
Seiring dengan era globalisasi yang mengakibatkan perubahan di segala aspek kehidupan, seorang pemimpin masa depan harus berorientasi pada perubahan terencana. Begitu pula bagi kepala sekolah baik di SMU maupun SMK. Sebagai pemimpin di sekolahnya  harus memiliki orientasi yang luas dan ke depan disertai dengan kompetensi yang tinggi. Kepemimpinan masa depan juga harus efektif serta memperhatikan prinsip-prinsip kepemimpinan. Kepemimpinan masa depan agar dapat efektif harus memiliki visi yang jelas. Visi yang jelas akan sangat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi sekolah. Rencana perubahan yang akan dilakukan oleh pemimpin masa depan juga harus dirumuskan dengan jelas. Kata kunci: Kepemimpinan, Perubahan terencana
STUDI KOMPARASI METODE KONTEKSTUAL DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI
Partono, -
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.389
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi antara pembelajaran dengan metode ceramah dengan metode kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan metode ceramah dengan metode kontekstual. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode kontekstual pada siklus I dan siklus II lebih tinggi dibandingkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah yaitu pada siklus I kelas kontekstual memperoleh rata-rata nilai 63,50 sedangkan kelas ceramah sebesar 62,83 dan pada siklus II kelas kontekstual memperoleh rata-rata nilai 72,75 sedangkan kelas ceramah sebesar 68,25. Kata Kunci: Metode Kontekstual, Metode Ceramah
PENERAPAN MODEL GRUP INVESTIGASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.388
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan secara aktif mahasiswa peserta perkuliahan Akuntansi Dasar melalui metode investigasi group hasil yang di dapat dari penelitian menunjukkan adanya pertumbuhan kemampuan belajar mandiri mahasiswa. Hal ini dikarenakan melalui penyajian model ini mahasiswa saling berinteraksi dalam kelompoknya untuk membahas tugas melalui diskusi kelompok dan diskusi kelas. Kata Kunci : Model Grup Investigasi, Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Orientasi Kepemimpinan Kepala SMU dan SMK Dalam Perubahan Terencana
Dinamika Pendidikan Vol 3, No 2 (2008): December 2008
Publisher : Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.15294/dp.v3i2.393
Seiring dengan era globalisasi yang mengakibatkan perubahan di segala aspek kehidupan, seorang pemimpin masa depan harus berorientasi pada perubahan terencana. Begitu pula bagi kepala sekolah baik di SMU maupun SMK. Sebagai pemimpin di sekolahnya  harus memiliki orientasi yang luas dan ke depan disertai dengan kompetensi yang tinggi. Kepemimpinan masa depan juga harus efektif serta memperhatikan prinsip-prinsip kepemimpinan. Kepemimpinan masa depan agar dapat efektif harus memiliki visi yang jelas. Visi yang jelas akan sangat membantu dalam pencapaian tujuan organisasi sekolah. Rencana perubahan yang akan dilakukan oleh pemimpin masa depan juga harus dirumuskan dengan jelas. Kata kunci: Kepemimpinan, Perubahan terencana