cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Intuisi
ISSN : 25412965     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah is the scientific publication media to accommodate ideas and innovation research results of psychology academicians and other experts who are interested in the field of Psychology. Vision intuition is to encourage the development of science-based psychology, indigenous psychology.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press" : 5 Documents clear
Self-Compassion dan Stres pada Mahasiswa Magister Psikologi Profesi Klinis
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press
Publisher : Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/intuisi.v14i1.39501

Abstract

Mahasiswa Psikologi Profesi Klinis yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Profesi Psikologi (PKPP) rentan memiliki stres yang tinggi. Risiko peningkatan stres yang tinggi dapat berpengaruh negatif pada dirinya sendiri, perannya menangani klien, dan keseluruhan perkuliahan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-compassion dengan stres pada mahasiswa Magister Psikologi Profesi Klinis yang sedang melaksanakan PKPP. Pengambilan data dilakukan pada 117 mahasiswa Magister Psikologi Profesi Klinis dari 17 universitas di Indonesia dengan teknik snowball sampling. Selfcompassion diukur menggunakan alat ukur adaptasi Self-Compassion Scale, sementara stres diukur menggunakan alat ukur adaptasi Perceived Stress Scale. Kedua alat ukur tersebut memiliki nilai reliabilitas serta validitas yang memadai. Analisis data dilakukan menggunakan pearson correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara selfcompassion dengan stres (r -.522, p = .00). Ketiga komponen self-compassion: self-kindness, common humanity, dan mindfulness juga secara signifikan berkorelasi negatif dengan stres. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self-compassion mahasiswa yang sedang melaksanakan PKPP, maka semakin rendah derajat stresnya.Stress level among master’s students of clinical psychology has been found to be high. The increased risk of stress has been linked with a range of negative outcomes, with serious implications for themselves, their clients, and their studies as a whole. The aim of this study is to find out the relationship between selfcompassion and stress among master’s students of clinical psychology in clinical psychology training program. The research participants are 117 master’s students of clinical psychology from 17 universities in Indonesia that collected using snowball sampling technique. Self-compassion was measured with The Adaptation of Self Compassion Scale and stress was measured with The Adaptation of Perceived Stress Scale. All measurements had good reliability and validity. Data analysis was done using pearson correlation. The result of this study indicates that self-compassion has a significant negative correlation with stress (r -.522, p = .00). The three components of self-compassion, which are self-kindness, common humanity and mindfulness, also have a significant negative correlation with stress. Therefore, it can be concluded that the higher self-compassion level students have, the lower their stress levels will be.
Validasi Aplikasi Augmented Reality “Ajar Mandiri” dalam Peningkatan Pengetahuan Perlindungan Diri Terhadap Kekerasan Seksual Anak
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press
Publisher : Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/intuisi.v14i1.39498

Abstract

Fenomena kekerasan seksual masih marak terjadi. Kesadaran lingkungan sebenarnya semakin meningkat untuk ikut serta dalam aksi pencegahan. Namun di lapangan pengetahuan anak tentang pencegahan Kekerasan Seksual terhadap Anak (KSA) belum sepenuhnya tersampaikan. Masyarakat masih kesulitan menyampaikan pencegahan dengan cara yang tidak dianggap tabu. Peran teknologi informasi masih sangat minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan uji validasi aplikasi Augmented Reality “AJAR MANDIRI” dalam peningkatan pengetahuan perlindungan diri terhadap KSA. Validasi konten dilakukan oleh 5 orang ahli dan dianalisis menggunakan analisis Aikens, selanjutnya dilakukan uji validasi empirik melalui metode eksperimen pada subjek penelitian sejumlah 26 siswa sekolah dasar (SD) yang memenuhi kriteria. Subjek penelitian diperoleh melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Augmented Reality “AJAR MANDIRI” valid secara konten dan empirik, koefisien validitas Aikens berkisar antara 0.84-0.94, sedangkan uji beda sebelum dan setelah diberikan perlakuan atau pemberian aplikasi pada siswa menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan. Hal tersebut berarti aplikasi Augmented Reality “AJAR MANDIRI” terbukti valid.The phenomenon of sexual violence is still rife. Environmental awareness is actually increasing to take part in preventive actions. However, in the field, children's knowledge about the prevention of ASD has not been fully conveyed. People still find it difficult to convey prevention in a way that is not considered taboo. The role of information technology is still very minimal. The purpose of this study was to test the validation of the “AJAR MANDIRI” Augmented Reality application in increasing knowledge of selfprotection against KSA. Content validation was carried out by 5 experts and analyzed using Aiken’s analysis, then empirical validation tests were carried out through experimental methods on research subjects a number of 26 elementary school students who met the criteria. Research subjects were obtained through purposive sampling. The results showed that the Augmented Reality “AJAR MANDIRI” application was valid in content and empirically, the coefficient of validity of Aiken’s ranged from 0.84-0.94, while the different test before and after being given treatment or giving the application to students showed a significant increase in knowledge. This means that the “AJAR MANDIRI” Augmented Reality application is proven valid.
Gambaran Kesejahteraan Psikologis pada Akademisi Universitas: Sebuah Tinjauan dengan Pendekatan Salutogenesis Perma
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press
Publisher : Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/intuisi.v14i1.39500

Abstract

Berbagai studi terhadap akademisi selama ini lebih banyak berfokus pada pendekatan patogenesis seperti penanganan stres atau beban kerja. Sementara itu, studi melalui kerangka salutogenesis seperti well-being masih jarang dilakukan, padahal hal tersebut penting untuk penguatan ketahanan psikologis dan peningkatan batas toleransi stres. Maka dari itu, riset kali ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji kualitas well-being pada dosen dengan menggunakan konstruk PERMA: positive emotions, engagement, relationship, meaning dan accomplishment. Dalam penelitian ini, The PERMA Profiler digunakan untuk mengukur kesejahteraan psikologis 159 dosen UPI (pria= 50,31%; perempuan= 39,62%; tidak teridentifikasi= 10,06%) yang dipilih secara aksidental dari delapan fakultas. Hasil uji deskriptif menggambarkan bahwa mayoritas akademisi di UPI memiliki kualitas well-being yang cukup adekuat. Selain itu, analisis korelasional dengan menggunakan pearson pada setiap dimensi menunjukkan bahwa semua pilar PERMA dan well-being memiliki korelasi kuat dengan nilai paling signifikan ada pada relationship (r = .873; p .01). Di sisi lain, kesepian pada dosen tidak ada hubungannya dengan well-being, namun berkaitan erat dengan emosi negatif (r = .630; p .01). Dinamika well-being pada dosen serta implikasinya terhadap institusi akademik dibahas lebih lanjut.There are plenty of studies on academicians that focus on pathogenic approaches, such as work stress treatment or workload burden. Meanwhile, only a few types of research implemented salutogenic framework like well-being, whereas this kind of approach is crucial to bolster the psychological strength and escalate the line of stress tolerance. Therefore, this study aims to dive in and examine the quality of an academician’s well-being in the university using five constructs called PERMA: positive emotions, engagement, relationship, meaning, and accomplishment. The PERMA Profile was used to measure psychological well-being of 159 lecturer in UPI (man= 50, 31%; woman= 39,62%; unidentified= 10,06%) that was chosen by accidental sampling from eight faculties. The descriptive analysis depicted that most academicians in UPI have adequate well-being. Besides, correlational analysis using Pearson on each dimension showed that all pillars of PERMA and well-being had a strong correlation with the most significant value was on "relationship" (r = .873; p .01). On the other hand, loneliness in academicians did not correlate with well-being, yet had a close relation with negative emotions (r= .630; p.01). The dynamics of an academician’s well-being and its implication toward the institution are discussed.
Analisis Dampak Penggunaan Video Conference Terhadap Kemunculan Zoom Fatigue pada Mahasiswa
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press
Publisher : Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/intuisi.v14i1.41811

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menyerang hampir seluruh belahan dunia memunculkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran yang awalnya berlangsung secara tatap muka beralih menjadi daring. Salah satu media pembelajaran daring yang banyak digunakan adalah video conference. Akan tetapi, penggunaan video conference memunculkan fenomena baru bagi penggunanya, yaitu zoom fatigue atau kelelahan akibat penggunaan video conference. Meski telah cukup banyak diulas, fenomena zoom fatigue masih belum banyak dikaji secara ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dan penyebab zoom fatigue pada mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen pendukung. Partisipan yang terlibat adalah lima orang mahasiswa, lima orang anggota keluarga mahasiswa, dan dua orang dosen. Hasil penelitian ini menemukan dampak zoom fatigue berupa dampak fisiologis, psikologis, perilaku, hubungan dengan orang sekitar dan tanda-tanda kemunculan zoom fatigue. Faktor-faktor penyebab zoom fatigue terdiri atas, faktor internal dan faktor eksternal, kendala, serta hambatan penggunaan video conference.The COVID-19 pandemic has spread worldwide and affected many life aspects. One of the aspects that have been affected significantly by the pandemic is education. Offline educational systems need to adapt to the situation by shifting to online educational systems. Video conferences have gained popularity as one of the methods schools can use to conduct online classes. However, the rise of video conferences has brought out a new problem to solve, i.e., the zoom fatigue phenomenon. Zoom fatigue is a condition characterized by fatigue from video conferences. Despite the trending discussion about Zoom fatigue, the scientific study is still limited. This study aims to explore the impacts and causes of zoom fatigue among university students in Semarang, Central Java. This study is a qualitative study with a case study approach. Data were collected through interviews, observation, and complimentary document artifacts. Participants comprised five university students, five family members, and two lecturers. This study finds that the impacts of zoom fatigue consist of physical, physiological, behavioral, interpersonal connection, and zoom fatigue symptoms. Meanwhile, the cause factors include internal and external factors, obstacles, and hindrances.
Peranan Keterlibatan Ayah terhadap Self-Esteem pada Pria Emerging Adulthood
Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah Vol 14, No 1 (2022): Mei 2022 : in press
Publisher : Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/intuisi.v14i1.41812

Abstract

Tahap perkembangan emerging adulthood merupakan masa seorang bertransisi dari remaja ke dewasa. Pada tahap perkembangan ini, eksplorasi identitas kembali dilakukan dalam tiga aspek spesifik yaitu cinta, pekerjaan, dan pandangan akan hidup. Ekplorasi identitas ini perlu dilakukan dengan menjaga rasa optimisme dan harapan para emerging adults bagi masa depan karena eksplorasi yang menyimpang seperti perilaku-perilaku beresiko dapat terjadi juga. Rasa optimisme dan harapan sendiri berkorelasi secara positif dengan self-esteem. Sebaliknya, perilaku-perilaku beresiko berkorelasi secara negatif dengan self-esteem. Salah satu faktor self-esteem sendiri menurut literatur adalah dukungan dan keterlibatan orang tua. Menurut salah satu penelitian, seorang emerging adult pria akan lebih melihat dirinya dari bagaimana hubungannya dengan ayahnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh keterlibatan ayah terhadap self-esteem pada pria di tahap perkembangan emerging adulthood. Penelitian ini dilakukan pada 104 partisipan berkarakteristik pria berusia 18-25 tahun yang masih memiliki ayah kandung. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat ukur Skala Keterlibatan Ayah (SKA) dan Rosenberg’s Self-Esteem Scale (RSES). Uji hipotesis dilakukan dengan melakukan uji regresi linear sederhana terhadap kedua variabel. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan di antara kedua variabel (R2=.049, b= .051, p= .02; p.05). Maka, dapat disimpulkan bahwa keterlibatan ayah memiliki pengaruh terhadap self-esteem pria di tahap perkembangan emerging adulthood.Emerging adulthood is a stage where an individual is transitioning from adolescence to adulthood. On this stage of development, the exploration if identity is again carried out in three specific aspects that are love, work, and worldview. The identity explorations need to be done by maintaining a sense of optimism and hope of emerging adult’s future because, deviant exploration such as risk behaviors can also occur. Sense of optimism and hope correlates positively with self-esteem, on the contrary, risk behaviors correlate negatively with self-esteem. One of the factors of self-esteem itself, according to the literature is the support and the involvement of parents. According to one study, an emerging adult male will see himself more on how he relates with his father. Therefore, this study aims to look at how father involvement can influence self-esteem on men in emerging adulthood stage. This research was conducted to 104 participants characterized by men aged 18-25, who still have biological father. The design of this research is quantitative with Skala Keterlibatan Ayah (SKA) and Rosenberg’s Self-Esteem Scale (RSES) as the survey instruments. Hypothesis testing is done by performing a simple linear regression test on the two variables. The results of the hypothesis test showed that there was a significant effect between the two variables (R2=.049, b= .051, p= .02; p.05). Thus, it can be concluded that father involvement has an influence on male self-esteem in the developmental stage of emerging adulthood.

Page 1 of 1 | Total Record : 5