cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2016)" : 30 Documents clear
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM (CBS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI KOMPONEN MEKANISME PENGEREMAN Gunawan, Leo Van; ., Suwahyo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peraga Combined Brake System (CBS) memberikan efek pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design jenis One Group Pre test-Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda SMK N 4 Semarang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/ sampling jenuh dimana anggota populasi seluruhnya dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan uji Gain untuk melihat seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan peraga Combined Brake System (CBS), sedangkan untuk melihat besarnya pengaruh peraga terhadap hasil belajar siswa digunakan uji t berpasangan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Gain menunjukan peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukan “Peraga Combined Brake System (CBS) memberikan efek positif pada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda SMK N 4 Semarang pada pembelajaran identifikasi komponen mekanisme pengereman”.
PENGARARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LAS LISTRIK KOMPETENSI KEAHLIAN PEKERJAAN LAS DASAR Wijaya, Aji Dwi; ., Basyirun
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui prestasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan media animasi  pengelasan dasar las listrik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre test-post test control group desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TP di SMK Wisudha Karya Kudus berjumlah 80 siswa pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan teknik sampling menggunakan purposive sampel, dimana variabel bebasnya yaitu penggunaan media animasi dan modul sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan rata-rata prestasi belajar post test thitung =4,828< ttabel = 1,66, karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka disimpulkan kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan prestasi belajar pada kelompok eksperimen sebanyak 40 peserta didik (94%) dan kelompok kontrol 81%. Persentase peningkatan rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 25,9% sedangkan kelompok kontrol 17,2%. Kesimpulan penelitian: 1) Rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran terhadap kedua kelompok relatif sama dan rendah; 2) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai 88,83 dan kelompok kontrol 73,06; 3) Terjadi peningkatan prestasi belajar yang signifikan terhadap kedua kelompok; 4) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN MESIN ., Miftahussurur; ., Pramono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas XI TKR1 SMK Marif NU 2 Karanglewas tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memelihara/servis system pendingin mesin. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan prosentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 34,78% menjadi 86,95% pada siklus II. Dari metode pengumpulan data dengan dokumentasi, diketahui bahwa setelah dilakukan penerapan media video pembelajaran, hal ini membuktikan bahwa penerapan media video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL Setiyadi, Imron; ., Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah perbedaan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori pada kompetensi memperbaiki sistem bahan bakar diesel. Jenis penelitian adalah true experiment design dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data  penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Palapa Semarang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 144 siswa. Sampel diambil dengan metode simple random sampling, sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Kelompok kontrol akan diberikan model pembelajaran ekspositori, sedangkan kelompok eksperimen diberikan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada nilai yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Hasil uji t menunujukan adanya peningkatan hasil belajar yang signfikan pada siswa yang menggunakan pembelajaran model inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran model ekspositori. 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM STARTER TIPE KONVENSIONAL BERBASIS BUKU DIGITAL ELECTRONIC PUBLICATION (EPUB) Aji, Mohamad; Widjanarko, Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku digital sistem starter. Metode yang digunakan adalah research and development dengan desain penelitian pretestposttest one group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Sepuluh Nopember Semarang dengan sampel adalah siswa yang mengikuti mata pelajaran perbaikan kelistrikan otomotif kelas XII TKR A dan B berjumlah 33 siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa buku digital berbasis electronic publication (epub) valid untuk digunakan. Hal tersebut terlihat dari validasi ahli yang menunjukkan rata-rata persentase sebesar 89,70% dan 86,80% yang berada pada kriteria sangat baik. Media yang diuji cobakan pada siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum menggunakan buku digital sebesar 68,84 menjadi 79,03 dan peningkatan ketuntasan sesudah menerapkan pembelajaran dengan buku digital, yaitu sebesar 63,72%. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran buku digital berbasis electronic publication (epub). 
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENIGKATKANHASIL BELAJAR STANDAR KOMPETENSI SHIELD METAL ARC WELDING MATA DIKLAT TEKNIK PENGELASAN Sunaryo, Joko; ., Rusiyanto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembeljaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pre test – post test control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI TP SMK Bhina Tunas Bangsa berjumlah 97 peserta didik pada tahun pelajaran 2014/2015 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive rndom sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar post test t hitung =3.67< t tabel = 1.67. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar pre test kelas eksperimen 62.23 dan kelas kontrol 64.31. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 82.19, sedangkan kelas kontrol 75.73. Kesimpulan penelitian sebagi berikut 1) Rata-rata hasil belajar pre test pada kedua kelas relatif sama; 2) Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen 84.20 sedangkan kelas kontrol 77.31; 3) Kedua kelas terjadi peningkatan yang signifikan; 4) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN SOLIDWORKS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBUAT MODEL 3D Fajri, Saian Nur; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain modul pembelajaran SolidWorks berdasarkan penilaian ahli dan menganalisis dampak penerapan modul pembelajaran terhadap capaian kompetensi membuat model 3D berbasis CAD. Penelitian yang digunakan adalah true experimental design menggunakan desain randomized control group pretest-postest design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penilaian ahli, modul pembelajaran SolidWorks termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa nilai rata-rata kompetensi siswa menggunakan modul pembelajaran SolidWorks lebih tinggi daripada yang tidak menerapkan modul pembelajaran SolidWorks. Peningkatan kelas eksperimen dalam kategori sedang (46.6%) dibandingkan kelas kontrol dalam kategori rendah (32.8%). Hal ini diperkuat dari hasil uji t yang menunujukan adanya peningkatan hasil belajar yang signfikan pada siswa yang menggunakan modul pembelajaran SolidWorks.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN Purwantoro, Kartestio Jati; ., Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan model pembeljaran direct instruction terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR kelas XI TKR di SMK Panca Bhakti Rakit sebanyak 61 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Berdasarkan hasil uji-t terhadap data hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model direct instruction pada kelompok eksperimen dan metode konvensional pada kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 5,002 > ttabel = 2.00 pada 1-α dengan dk = 59. Berdasarkan hasil analisis pada post-test menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dan ini diperkuat dari hasil analisis statistik yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada materi sistem pendingin setelah menggunakan model pembelajaran direct instruction
PENGEMBANGAN PERAGA TRAINER ELEKTROMAGNETIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP KELISTRIKAN DASAR Wirawan, Yuris Bahadur; ., Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan peraga trainer elektromagnetik dijadikan media pembelajaran kompetensi memahami dasar-dasar listrik. Penelitian ini menggunakan metode research and development model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket untuk penilaian kelayakan peraga dan instrumen tes menggunakan desain pretest-posttest control grup design untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Analisis terhadap instrumen tes yang dilakukan adalah dengan membandingkan hasil tes awal/pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan tes akhir/post-test (setelah diberikan perlakuan). Hasil penelitian didapatkan bahwa peraga trainer elektromagnetik memenuhi kriteria sangat valid dari penilaian ahli dan tanggapan siswa, sehingga dapat digunakan sebagai media peraga untuk pembelajaran. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa setelah diberikan pembelajaran menggunakan peraga trainer elektromagnetik terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen. Peningkatan menggunakan peraga trainer elektromagnetik sebesar 38,01%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang telah dikembangkan valid dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan tanpa menggunakan alat peraga
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI SWANSOFT BERBASIS SOFTWARE AUTOCAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC Hilmawan, Afthon; ., Murdani
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 1 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan perbedaan hasil belajar siswa dengan  menggunakan media simulasi Swansoft berbasis Software Autocad. Desain eksperimennya adalah pre test – post test control group design. Sampel penelitian adalah kelas XII TP 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XII TP 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan hasil rata-rata 81,63 dan hasil rata-rata 72,50; (2) ada perbedaan yang signifikan dari peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini didapatkan dengan nilai uji t sebesar t hitung = 4,080 > ttabel = 2,29, karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar rata-rata post test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas control. 

Page 1 of 3 | Total Record : 30