cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin" : 7 Documents clear
Evaluasi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin dalam Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi COVID-19
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.40638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi form penilaian pembelajaran teori maupun praktik secara daring dan luring, serta mengetahui kompetensi yang dikembangkan Pendidikan Vokasional di era pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden pada penelitian ini seluruh populasi yaitu 41 pendidik dari berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan hasil diperoleh yaitu: pertama, form penilaian pembelajaran teori ranah kognitif menggunakan kuis dan penugasan, ranah psikomotorik penilaian melalui penugasan, dan ranah afektif dengan observasi. Sedangkan, form penilaian pembelajaran praktik ranah kognitif melalui penugasan, penilaian psikomotorik menggunakan penugasan dan form penilaian laporan, untuk ranah afektif dengan observasi. Kedua, Kompetensi yang cendrung di kembangkan: kompetensi kognitif yaitu tingkat pemahaman peserta didik, kompetensi psikomotorik pada praktikum pemesinan, dan kompetensi afektif lebih mengutamakan kerjasama.
GAMBARAN FAKTOR RISIKO GEJALA DEPRESI PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO Dwi Purwanto Nurdin; Fatiha Sri Utami Tamad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.42149

Abstract

Depresi merupakan gangguan paling umum ditemukan pada remaja dan dewasa muda terutama pada mahasiswa perguruan tinggi. Hal tersebut mempengaruhi proses pembelajaran termasuk menyebabkan penurunan performa akademik. Mengetahui faktor risiko gejala depresi pada mahasiswa teknik mesin Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Studi observasional deskriptif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan 2020-2022 diambil secara total sampling dengan beberapa kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel yang memenuhi kriteria adalah 86 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner umum dan Beck Depression Inventory II (BDI II). Kejadian depresi pada mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Purwokerto adalah 61,7% dengan dominasi minimal depresi. Faktor risiko depresi tersering yang muncul berupa mahasiswa semester 2 (58,5%), pria (100%), rerata usia 19,35, jalur masuk CBT/Reguler (54,7%), tempat tinggal kos (50,9 %), dan kondisi finansial cukup (84,9%). Sebanyak 61,7% mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengalami depresi dengan dominasi minimal depresi. Faktor risiko depresi tersering yang muncul berupa mahasiswa semester 2, pria, rerata usia 19,35, jalur masuk CBT/Reguler, tempat tinggal kos, dan kondisi finansial cukup.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINGKING DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK Nadia Ayu Kumalasari; Marsono Marsono; Agus Suyetno
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.43097

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan creative thingking dan motivasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas x teknik pemesinan SMK Turen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, lembar observasi, pengisian soal tes creative thingking dan penyebaran kuesioner motivasi belajar. Pengumpulan data tersebut digunakan untuk mendapatkan data yang relevan dengan permasalahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan creative thingking dan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif oleh peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.Kata kunci: kooperatif tipe jigsaw, creative thingking, motivasi belajar
PENGARUH TEMPERATUR TUANG PADA PROSES PENGECORAN SAND CASTING TERHADAP KEKUATAN IMPAK DAN CACAT CORAN RUNNER TURBIN CROSS-FLOW SUDU 24 Aditya Lutfi Sulistyawan; Kriswanto Kriswanto; Rahmat Doni Widodo; Rusiyanto Rusiyanto; Suyitno Suyitno; Rachael Andika; Zaidan Priya Harsandi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.47374

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi temperatur tuang terhadap kekuatan impak dan cacat coran runner turbin cross-flow sudu 24 metode sand casting. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, karena dalam penelitian ini akan dilakukan pengecoran runner turbin cross-flow. Variasi temperatur tuang yang digunakan adalah 650℃, 700℃, 750℃. Data hasil penelitian dianailis secara langsung, dibuat grafik, foto makro dan in-finity analyz kemudian ditarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Nilai kekuatan impak pada temperatur 600℃ sebesar 0,6247 J/mm2, temperatur tuang 700℃ sebesar 0,9778 J/mm2, dan pada temperatur tuang 750℃ sebesar 0,7290 J/mm2. Terdapat beberapa jenis cacat coran yang terjadi pada pengecoran runner turbin cros-flow sudu 24 yaitu salah alir dan sumbat dingin, penyusutan luar, retakan, sirip, kekasaran erosi, dan rontokan cetakan
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM PADA BIDANG MANUFAKTUR Bowo Supriadi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.43823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran teknik pengelasan berbasis web menggunakan content management system pada bidang manufaktur dan menguji tingkat kelayakan serta kepraktisan dari media pembelajaran berbasis web tersebut. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan (RD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE ( Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket untuk ahli media, ahli materi, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian pada uji coba lapangan yaitu siswa SMK Negeri 3 Singaraja.Tingkat kelayakan diperoleh berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, dengan proporsi (1) Ahli media memperoleh nilai sebesar 97,50%, (2) Ahli materi dengan proporsi 92,50%. Tingkat kepraktisan berdasarkan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dengan proporsi (1) Uji coba kelompok kecil memperoleh proporsi sebesar 92,80%, (2) Uji coba kelompok besar memperoleh proporsi sebesar 86,60%. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut dapat dinyatakan media ini sangat layak serta praktis untuk digunakan berdasarkan tanggapan dari responden, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis Teknik Pengelasan web menggunakan Content Management System pada bidang manufaktur layak digunakan sebagai media pembelajaran.Kata kunci: Media Pembelajaran, Content Management System (Wordpress) , Teknik Pengelasan.
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK MESIN yadi hikmah setiana; Inu Hardi Kusuma
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.34629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi yangmengharuskan pembelajaran praktik dilakukan tanpa tatap muka. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode kualitatif yang sifatnya deskriptif dengan penyebaran kuisioner melalui memalui google form kepada27 responden guru pemesinan yang ada di Jawa dan Sumatra. Hasil yang didapatkan diantaranya tingkat kefektifanpelaksanaan pembelajaran jarak jauh khususnya pembelajaran produktif praktik belum efektif diangka 85%.Tingkat partisipasi pesertadidik dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh diangka 34%. Penggunaan metodepembelajaran yang digunakan 71% menggunakan metode tugas resitasi. Penggunaan media pembelajaran melaluimedia aplikasi zoom meet, whatsapp dan google classroom. Pendidik kebanyakan masih kesulitan dalam penguasaanteknologi dan pemilihan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pesertadidikkhususnya pada pembelajaran yang mengharuskan pesertadidik untuk melaksanakan praktik lapangan, sehinggaini menjadi tugas para pendidik untuk bisa meningkatkan tingkat efektivitas pembelajaran jarak jauh denganmemilih metode dan media pembelajaran yang tepat.
HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR DENGAN KECEPATAN MENGGAMBAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR KELAS XII Ambar Isna Azizah; Didin Zakariya Lubis; Wiwik Mardiana
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 22, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jptm.v22i1.41244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca gambar dengan kecepatan menggambar 3D siswa kelas XII SMKN 1 Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah 136 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Dalam proses pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah teknik tes. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca gambar dengan kecepatan menggambar 3D kelas XII TPM di SMKN 1 Blitar. Taraf signifikansi di dapatkan sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0.05. Selain itu, hubungan keduanya memiliki derajat korelasi sebesar 0.931 yang berarti sangat tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7