cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Otopro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 1 (2015): Otopro November 2015" : 2 Documents clear
PENGARUH VARIASI DEBIT AIR PENDINGIN TERHADAP SUHU KONDENSASI AIR DALAM MENARA PENDINGIN
Otopro Vol 11, No 1 (2015): Otopro November 2015
Publisher : Otopro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendingin dengan menara pendingin telah banyak digunakan dalam dunia industri salah satunya adalah pembangkit daya uap. Inti dari menara pendingin adalah melepas panas dari fluida kerja ke atmosfer dengan bantuan kipas. Keoptimalan perpindahan panas antara fluida kerja dengan atmosfer bergantung pada debit fluida kerja yang dialirkan dan debit udara yang mendinginkan. Besar debit fluida kerja dengan debit udara perlu ditemukan pada titik tertentu sehingga didapatkan perpindahan panas maksimum. Pada penelitian ini dilakukan variasi debit air sebagai pendingin radiator dari debit 0,5 LPM hingga 18 LPM dan debit udara dibiarkan tetap pada putaran poros kipas sebesar 1500 rpm. Dari perhitungan data pengukuran didapat fenomena daya pompa, input panas, dan ouput panas semakin menurun dengan makin bertambahnya suhu kondensasi namun COP siklus semakin meningkat dengan semakin bertambahnya suhu kondensasi. Hal serupa juga terjadi pada fenomena menara pendingin yaitu input panas dan ouput panas menara pendingin semakin menurun dengan makin bertambahnya suhu kondensasi namun efisiensi menara pendingin makin meningkat dengan makin bertambahnya suhu kondensasi.   Kata Kunci: Menara pendingin, debit air, debit udara.   ABSTRACT   Refrigeration system with cooling tower have been many used in industrial, one of them was in steam power generation. The main of the cooling tower is to release heat from working fluid to atmosphere with the help of fan. The optimization of heat transfer between working fluid to atmosphere depend on the working fluid capacity which through in the chamber and the air capacity which cooling down. The amount of working fluid capacity and air capacity need to be met on a define spot so that it got the maximum heat transfer. In this research has been did variation of water capacity as radiator cooling from capacity of 0,5 LPM to 18 LPM and the air capacity has been released constant to fan axis rotation as 1500 rpm. From the count of measured data we got phenomenon of pump power, heat input, and heat output that are the value of thatmore diminishly with the increasing of condensation temperature but the cycle COP more increasingly with the increasing of condensation temperature. The same things also happen in the cooling tower phenomenon that are the value of cooling tower heat input and heat output more diminishly with the increasing of condensation temperature but the cooling tower COP more increasingly with the increasing of condensation temperature.   Keywords: cooling tower, water capacity, air capacity.
ANALISA COMPONENT TOP TEN REMOVAL RATE PADA PERAWATAN PESAWAT TERBANG BOEING 737 SERIES 300/400 DI PT. MNA
Otopro Vol 11, No 1 (2015): Otopro November 2015
Publisher : Otopro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tipe pesawat terbang Boeing 737 seriesa dalah seri terbanyak yang dimiliki oleh perusahaan penerbangan komersil di Indonesia. PT. MNA termasuk salah satu dari 22 perusahaan penerbangan di Indonesia yang masih bertahan hingga 2015. PT. MNA memiliki 9 (sembilan) unit armada pesawat terbang tipe Boeing 737-300/400. Mulai tahun 2008 perusahaan telah melaksanakan Engineering Analysis tentang perbaikan dan penggantian komponen. Kegiatan tersebut dinamakan Component Top Ten Removal Rate (CTTRR) yang bertujuan untuk mendapatkan hasil analisa kondisi komponen. Lalu akan ditindaklanjuti oleh kebijakan perusahaan untuk pengambilan keputusan terhadap kelaikan armada yang ada. Analisa yang telah dilakukan penulis yaitu mendapatkan nilai Availability komponen. Dimulai dengan Reliability komponen pesawat terbang berdasarkan data Daily Replaced Component Record (DRCR) dengan sampling data selama 5 tahun. Dasar pembuatan klasifikasi tersebut adalah dari frequency kegagalan (1/MTBF) dengan MDT atau MTTR dan memiliki batas/range untuk nilai klasifikasi. Hasil akhirnya diperoleh Mean Time Limit( MTL) dari CTTRR dengan 3 (tiga) klasifikasi, higher, normal, dan below, dan kondisi yang diharapakan adalah normal atau higher. Hasilnya diperoleh 5 urutan komponen dengan klasifikasi below yang perlu penanganan segera untuk meningkatkan klasifikasinya. Dari 9 unit armada dalam prosentase urutannya diperoleh, 1)Oxygen Bottle 100%, 2)APU (Auxiliary Power Unit) 55.6%, 3) IRU (Inertial Reference Unit) 55.6%, 4)Cabin Pressure Control 44.4%, dan 5)Cockpit Voice Recorder 44.4%.   Kata kunci: Component Top Ten Removal Rate, Daily Replaced Component Record, Mean Time Limit   ABSTRACT   Aircraft type Boeing 737 series is a series of the most owned by a commercial airline company in Indonesia. PT. MNA is one of 22 aviation companies in Indonesia which still survive until 2015. PT. MNA has 9 (nine) units of the fleet of aircraft of type Boeing 737-300/400. Starting in 2008 the company has been carrying out the Engineering Analysis of repair and replacement of components. The author has done analysis i. e. get value the Availability of components. Starting with aircraft component Reliability based on Daily data Replaced Component Record (DRCR) with the sampling data for 5 years. The basis of the classification of failure frequency (1/MTBF) with MDT and MTTR or has limit/range for the value of classification. The end result obtained Mean Time Limit (MTL) from CTTRR with 3 (three), higher classification, normal, and below, and the expected condition is normal or higher. The results obtained 5 sequence components with the classification below that need immediate handling to increase its classification. Of the 9 units of the fleet in a percentage of the order obtained, 1) Oxygen Bottle 100%, 2) APU (Auxiliary Power Unit) 34. 5%, 3) the IRU (Inertial Reference Unit) 34. 5%, 4) Cabin Pressure Control 44. 4%, and Cockpit Voice Recorder) 5 44. 4%.   Keywords:: Component Top Ten Removal Rate, Daily Replaced Component Record, Mean Time Limit

Page 1 of 1 | Total Record : 2