Tipe pesawat terbang Boeing 737 seriesa dalah seri terbanyak yang dimiliki oleh perusahaan penerbangan komersil di Indonesia. PT. MNA termasuk salah satu dari 22 perusahaan penerbangan di Indonesia yang masih bertahan hingga 2015. PT. MNA memiliki 9 (sembilan) unit armada pesawat terbang tipe Boeing 737-300/400. Mulai tahun 2008 perusahaan telah melaksanakan Engineering Analysis tentang perbaikan dan penggantian komponen. Kegiatan tersebut dinamakan Component Top Ten Removal Rate (CTTRR) yang bertujuan untuk mendapatkan hasil analisa kondisi komponen. Lalu akan ditindaklanjuti oleh kebijakan perusahaan untuk pengambilan keputusan terhadap kelaikan armada yang ada. Analisa yang telah dilakukan penulis yaitu mendapatkan nilai Availability komponen. Dimulai dengan Reliability komponen pesawat terbang berdasarkan data Daily Replaced Component Record (DRCR) dengan sampling data selama 5 tahun. Dasar pembuatan klasifikasi tersebut adalah dari frequency kegagalan (1/MTBF) dengan MDT atau MTTR dan memiliki batas/range untuk nilai klasifikasi. Hasil akhirnya diperoleh Mean Time Limit( MTL) dari CTTRR dengan 3 (tiga) klasifikasi, higher, normal, dan below, dan kondisi yang diharapakan adalah normal atau higher. Hasilnya diperoleh 5 urutan komponen dengan klasifikasi below yang perlu penanganan segera untuk meningkatkan klasifikasinya. Dari 9 unit armada dalam prosentase urutannya diperoleh, 1)Oxygen Bottle 100%, 2)APU (Auxiliary Power Unit) 55.6%, 3) IRU (Inertial Reference Unit) 55.6%, 4)Cabin Pressure Control 44.4%, dan 5)Cockpit Voice Recorder 44.4%.
Kata kunci: Component Top Ten Removal Rate, Daily Replaced Component Record, Mean Time Limit
ABSTRACT
Aircraft type Boeing 737 series is a series of the most owned by a commercial airline company in Indonesia. PT. MNA is one of 22 aviation companies in Indonesia which still survive until 2015. PT. MNA has 9 (nine) units of the fleet of aircraft of type Boeing 737-300/400. Starting in 2008 the company has been carrying out the Engineering Analysis of repair and replacement of components. The author has done analysis i. e. get value the Availability of components. Starting with aircraft component Reliability based on Daily data Replaced Component Record (DRCR) with the sampling data for 5 years. The basis of the classification of failure frequency (1/MTBF) with MDT and MTTR or has limit/range for the value of classification. The end result obtained Mean Time Limit (MTL) from CTTRR with 3 (three), higher classification, normal, and below, and the expected condition is normal or higher. The results obtained 5 sequence components with the classification below that need immediate handling to increase its classification. Of the 9 units of the fleet in a percentage of the order obtained, 1) Oxygen Bottle 100%, 2) APU (Auxiliary Power Unit) 34. 5%, 3) the IRU (Inertial Reference Unit) 34. 5%, 4) Cabin Pressure Control 44. 4%, and Cockpit Voice Recorder) 5 44. 4%.
Keywords:: Component Top Ten Removal Rate, Daily Replaced Component Record, Mean Time Limit