cover
Contact Name
Erlangga, S.Kom., M.Kom
Contact Email
jurnalfik@ubl.ac.id
Phone
+628978957357
Journal Mail Official
jurnalfik@ubl.ac.id
Editorial Address
Pusat Studi Teknologi Informasi - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung Gedung Business Center Lt.2 Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26 Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi
Core Subject : Science,
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknolologi menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di bidang sistem informasi yaitu: Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan, Multimedia, Security, Teknologi Web dan Mobile serta Kecerdasan Buatan dan Game, serta tidak membatasi terhadap kajian-kajian sistem informasi lainnya meliputi: Information System, Business Intelligence, Logistic and Supply Chain Management, Customer Relationship Management, Human Resource Management, Intelligent Decision Support Systems, Enterprise Systems, Business Process Modelling, System Modelling, Management Information Systems, Economic Models for Information Systems, Mobile e-Business, Web Services for e-Business, Knowledge Management, Strategic Information Systems, Artificial Intelligence and Expert Systems, Balanced Scorecard, e-Commerce, Business Forecasting Process, Information Systems Change Management, Innovation in Information Systems and Change Management, Total Quality Management, Six Sigma for Performance Improvement, General Information Systems Related to Business Competitiveness.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017): Juni" : 6 Documents clear
Implementasi Unified Software Development Process (USDP) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Kegiatan Berbasis Sms Gateway pada Yayasan Pendidikan Bandar Lampung Melda Agarina; Titin Fitri
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.874

Abstract

Yayasan Pendidikan membawahi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolahan memiliki kegiatan Ekstrakulikuler (Pramuka,Voli,Paskibra) dan intrakulikuler (OSIS). Sistem yayasan dapat berjalan dengan baik apabila Orang tua/ Wali murid dapat mengetahui semua masalah yang ada pada yayasan guna kelancaran sekolah anaknya. Proses informasi dari yayasan diberitahukan melalui pihak sekolah lalu pihak sekolah menyampaikan kepada Orang tua/ Wali murid dengan surat undangan, namun selalu ada surat yang tidak tersampaikan kepada Orang tua/ Wali murid siswa. Untuk itu diperlukan sistem komunikasi melalui media telepon selular (SMS Gateway) guna menginformasikan kegiatan yayasan kepada Orang tua/Wali dengan cepat, tepat,  dan efektif. Dengan pengembangan sistem ini mampu mempermudah yayasan untuk mengirimkan informasi kegiatan terbaru, mempercepat tersampaikannya informasi kepada para Wali Murid Yayasan Pendidikan Bandar Lampung, meningkatkan kinerja Operator Yayasan (Tenaga IT) dalam kelancaran proses penyebaran informasi kegiatan serta meningkatkan hubungan komunikasi antara Yayasan Pendidikan Bandar Lampung dengan  Wali Murid secara continue. Bahasa pemrograman HTML, PHP, Gammu,  dengan bantuan aplikasi XAMPP Metode pengembangan sistem yang dipilih dalam penelitian ini adalah Unified Software Development Process (USDP).
Implementasi Sistem Aplikasi Data Bimbingan dan Pelanggaran Siswa pada Sekolah Menengah Atas di Lampung Tengah dengan Metode Analisis dan Desain Sistem Terdistribusi (SSAD) Ochi Marshella Febriani; Andi Bayu Permadi
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.875

Abstract

SMA merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah yayasan pembina lembaga pendidikan persatuan guru republik indonesia (YPLP-PGRI) yang saat ini sedang berkembang. Agar tujuan tercapai, maka diperlukanlah bimbingan dan konseling (BK) sebagai salah satu sarana yang akan membimbing individu (siswa) di dalam memperoleh penyesuaian diri yang baik dan berakhlak mulia sesuai dengan tingkat perkembangannya. Guru Bimbingan Konseling (BK) sebagai orang yang melakukan bimbingan ataupun pengawasan dan mempunyai kewajiban menindak setiap siswanya dalam lingkungan sekolah yang melakukan pelanggaran baik itu pelanggaran ringan, sedang ataupun berat. Hasil dari bimbingan ataupun pengawasan pelanggaran tersebut dicatat sebagai bahan evaluasi yang nantinya diberikan kepada wali kelas, dan kepada orang tua disaat akhir tahun pelajaran. Pencatatan tersebut pada SMA Lampung Tengah masih bersifat manual yaitu dicatat pada kertas. Hal ini mengakibatkan pada setiap akhir tahun pelajaran menghambat guru BK dalam  pencarian data yang kurang cepat dan tepat memerlukan waktu yang lama dan sering terjadi kesalahan. Sehingga diperlukan sebuah aplikasi sederhana yaitu java netbeans 6.0 yang dapat membantu meningkatkan kualitas dalam pelaporan yang cepat guna di sekolah,serta menggunakan metodologi analisis dan desain sistem terstruktur SSAD (Structured Systems Analysis and Design) untuk proses pengembangan sistem.
Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Bibit Pala Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Suyono SUYONO; Rina Wati; Yoga Pratama
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.871

Abstract

Pala (Myristica fragrans Houtt) adalah tanaman daerah tropik yang memiliki 200 species, dan seluruhnya tersebar di daerah tropis. Dalam keadaan pertumbuhan yang normal, tanaman pala memiliki mahkota yang rindang, dengan tinggi batang 10 - 18 m. Mahkota pohonnya meruncing ke atas, dengan bagian paling atasnya agak bulat serta ditumbuhi daun yang rapat. Menurut pendapat para ahli, pala adalah tanaman asli Indonesia yang berasal dari Malaise Archipel yaitu gugusan kepulauan Banda dan Maluku. Namun untuk menghasilkan pala yang berkualitas harus dari bibit yang berkualitas pula, dalam penentuan bibit pala berkualitas dilihat dari beberapa kriteria yaitu kadar air, bentuk biji pala, warna biji pala, warna kulit buah pala. Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan dapat membantu petani dalam menentukan pala yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode SAW dan diperoleh hasil perhitungan SAW berdasarkan perankingan tertinggi ke rendah yaitu Pala Meraya dengan nilai 10, pala Holland dengan nilai 8.5, pala Bui dengan nilai 7, pala Raja dengan nilai 0.65 dan peringkat terakhir pala Pencuri dengan nilai 6.25. Dengan adanya sistem ini dapat menghasilkan pemilihan bibit dengan kualitas baik dan dapat membantu petani pala dalam pemilihan bibit.
Sistem Pendukung Keputusan Penyakit Gizi Buruk Menggunakan Metode Simple Addictive Wheighting (SAW) Ayu Kartika Puspa; Reni Nursyanti
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.876

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan jumlah balita penderita gizi buruk yang semakin meningkat setiap tahunnya. Saat ini sistem pengolahan data dan perhitungan status gizi pada balita masih menggunakan system manual. Pelaporan status gizi balita masih menggunakan media kertas yang mengakibatkan sering terjadinya kerangkapan data balita serta sering terjadi kehilangan data balita.  Untuk itu penulis melakukan penelitian yang mendalam yang berfokus terhadap bagaimana cara melakukan pelaporan serta penentuan status gizi pada balita yang lebih efektif dan efisien utuk selalu memonitoring perkembangan balita. Maka dalam penelitian ilmiah ini penulis membuat suatu aplikasi penentu gizi pada balita untuk membantu puskesmas Gunung labuhan dalam pelaporan dan monitoring. Aplikasi inimetode yang  digunakan untuk mendukung penilaian status gizi balita pada puskesmas Gunung Labuhan adalah SimpleAdditiveWeighting (SAW). metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut (Fishburn, 1967)(MacCrimmon, 1968). Metode ini merupakan metode yang paling terkenal dan paling banyak digunakan dalam menghadapi situasi Multiple Attribute Decision Making (MADM). MADM itu sendiri merupakan suatu metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu.
Implementasi Sistem Invetori Hotel Marcopolo Lusia Septia Eka Esti Rahayu; Sintong Prima Sinaga
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.872

Abstract

Inventory information system is a system that is used to enter data into the inventory database, the error does not occur in the input, the output data and the creation of reports based on the data that you want. At Marcopolo Hotels Bandar Lampung, obtained information that the existing systems in the warehouses of Marcopolo Hotels still manual. Therefore, the system will be made by the author are the result of observation of the system that already exists in the warehouse Marcopolo Hotels Bandar Lampung. On information systems also include the features of reporting data, input, and output of goods, and the goods data search based on the name of the goods. By implementing this system at the warehouse Marcopolo Hotel, Bandar Lampung.Then it can reduce errors that often occur. This system is also more accelerate the process of input, output, and the making of the report helps shed part of the Marcopolo Hotels Bandar Lampung.
Aplikasi Kepma untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android Fenty Ariani; Saida Sinaga; Taqwan Thamrin
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 7, No 1 (2017): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v7i1.873

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepuasan mahasiswa terhadap suatu layanan yang ada di Universitas. Universitas Bandar Lampung merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa jenjang Strata-I Universitas Bandar Lampung terhadap pelayanan Akademik. Peningkatan kualitas layanan terhadap mahasiswa sangat penting dan berpengaruh besar pada Universitas, dengan adanya permasalahan tersebut Layanan Akademik Universitas Bandar Lampung berupaya untuk memperbaiki tingkat kualitas pelayanannya dan berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan demi mencapai kepuasan mahasiswa. Pengukuran kualitas layanan menggunakan metode Servqual. Metode ini mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, diantaranya Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy sehingga akan diperoleh nilai gap yang merupakan selisih antara persepsi mahasiswa terhadap layanan yang diterima dengan harapan mahasiswa terhadap layanan yang akan diterima.

Page 1 of 1 | Total Record : 6