cover
Contact Name
Erlangga, S.Kom., M.Kom
Contact Email
jurnalfik@ubl.ac.id
Phone
+628978957357
Journal Mail Official
jurnalfik@ubl.ac.id
Editorial Address
Pusat Studi Teknologi Informasi - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung Gedung Business Center Lt.2 Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26 Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi
Core Subject : Science,
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknolologi menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di bidang sistem informasi yaitu: Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan, Multimedia, Security, Teknologi Web dan Mobile serta Kecerdasan Buatan dan Game, serta tidak membatasi terhadap kajian-kajian sistem informasi lainnya meliputi: Information System, Business Intelligence, Logistic and Supply Chain Management, Customer Relationship Management, Human Resource Management, Intelligent Decision Support Systems, Enterprise Systems, Business Process Modelling, System Modelling, Management Information Systems, Economic Models for Information Systems, Mobile e-Business, Web Services for e-Business, Knowledge Management, Strategic Information Systems, Artificial Intelligence and Expert Systems, Balanced Scorecard, e-Commerce, Business Forecasting Process, Information Systems Change Management, Innovation in Information Systems and Change Management, Total Quality Management, Six Sigma for Performance Improvement, General Information Systems Related to Business Competitiveness.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Juni" : 6 Documents clear
PEMILIHAN CAFE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP) Sri Ipnuwati; Khusnul Khotimah; Keni Puspita Sari
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1049

Abstract

Bisnis Cafe di tanah Air terus tumbuh pesat sehingga patut diperhitungkan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan di era modern ini. Pemilihan Cafe terbaik dibutuhkan beberapa kriteria yang cocok dengan selera konsumen. Salah satu cafe yang diharapkan oleh konsumen adalah Cafe yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia mulai dari orang tua, dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun, sehingga masyarakat yang ingin pergi ke Cafe bersama keluarga bisa saling mendapatkan kenyamanan dalam satu tempat yang sama.  Penelitian ini mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan memanfaatkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai proses dalam pemilihan Cafe terbaik. Untuk menentukan Cafe terbaik, cafe harus memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan, yaitu rasa, harga, suasana, pelayanan, fasilitas dan kebersihan. Peneliti melakukan wawancara kepada para pengunjung Cafe, melakukan pengamatan secara langsung di Cafe yang diteliti dan memanfaatkan teori yang ada yang menyangkut ilmu-ilmu sistem informasi dan teknologi informasi. Dari hasil pengujian tersebut rengking dan bobot dari Cafe 3 atau P3 mendapatkan nilai tertinggi yaitu 0,31 bobot kategori penilaian dengan nilai bobot yang sudah ditentukan.
PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI LOKASI RUMAH KOST KABUPATEN PRINGSEWU BERBASIS WEB MOBILE Elisabet Yunaeti Anggareni; Elieser Rudi HCN; Mad Muhaidi
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1045

Abstract

Boarding house today is a promising business, this is because more and more people need a place to live. But in determining the location of boarding house is very difficult so that the need for an application system to solve the problem. This is what makes the author wants to design an application system location of boarding house Pringsewu District. Number of choice of location of boarding house in Pritsewu District then made an application that serves to determine the location of the right board for easier and faster. This system is a system that can help the community in determining the location of the boarding house as desired. With this application is expected to help the community in finding the location of suitable boarding house, especially in Pringsewu District. The method used in making this application is the method of observation.
PEMETAAN COBIT 4.1 UNTUK PENILAIAN KEMATANGAN TATA KELOLA TI Yuthsi Aprilinda; Ayu Kartika Puspa
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1050

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Tata Kelola teknologi informasi (IT Governance), Perlu diketahuinya nilai absolut perusahaan berdasarkan level maturity, perlu diketahuinya cara meningkatkan level model maturity, dan mengontrol kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan hasil tingkat pencapaian model kematangan (level maturity) dari Domain Planning and Organization (PO) dan Acquire and Implement (AI) dan juga memberikan solusi dari masing-masing level maturity yang ada berdasarkan kerangka Cobit 4.1 menggunakan aplikasi tata kelola teknologi informasi menggunakan framework Cobit 4.1. Penelitian ini tidak membahas domain Deliver and Support dan Monitor and Evaluate. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Aplikasi yang dibuat dalam penulisan ini yaitu aplikasi berbasis dekstop. Pada proses pembuatannya dibutuhkan rancangan awal pembuatan aplikasi yang disajikan melalui bentuk rancangan antarmuka. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam mengontrol infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia yang ada dan manajemen dapat mengevaluasi posisi maturity level organisasi di masa sekarang (as-is) dan harapan dimasa yang akan datang (to-be).
KONSULTASI AKADEMIK BERBASIS ONLINE PROCESSING Fenty Ariani; Robby Yuli Endra
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1046

Abstract

Sistem Informasi   bertujuan untuk mempermudah administrasi akademik khususnya pada kegiatan konsultasi proposal dan skripsi sampai dengan administrasi wisuda, yang awalnya semua kegiatan tersebut di lakukan secara manual,  sekaligus untuk mengurangi penggunaan kertas (paperless) dan mendukung perkembangan yang sedang berjalan di Universitas Bandar Lampung yaitu UBL menuju digital kampus. Pembuatan Sistem Informasi ini menggunakan pemrograman Web.Adobe Dreamweaver 2014 yang digunakan sebagai tools untuk membangun aplikasi. Metode yang digunakan yaitu Online Processing dimana Sistem Informasi   ini hanya dapat dijalankan dalam keadaan Online atau terhubung dengan internet. Sistem Informasi  ini dibuat berdasarkan hasil kuesioner dan pengambilan sampel acak berdasar area (Cluster Random Sampling) yang telah disebar ke beberapa responden (mahasiswa yang tengah menjalani proses konsultasi proposal dan skripsi). Dari hasil kuesioner tersebut maka dibuatlah aplikasi  ini.
PERENCANAAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) di DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM POLDA Hilda Dwi Yunita
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1047

Abstract

Lampung Police is primary implementer unit under Republic of Indonesian Police. It has some work units, one of them is General Crime Reserse  Directory (Direskrimum) as unit of General Crime. Ditreskrimum doesn't has the exist planning for its development of information system, so its development just based on the current necessity that uncertain and it doesn't reach the optimal benefit. Based on that case, Direskrimum needs a blueprint about organization information like enterprise architecture. Enterprise  Architecture  Planning  (EAP) is a method or concept to build an information architecture. EAP explains about datas architecture, application and technology for support the organizational business. Enterprise architecture form reffers to business function used to business with Police Report Revenue, Research and Investigation.
DECISION SUPPORT SYSTEMMENGGUNAKAN METODE SAW DALAM MENENTUKAN KINERJA APARATUR PEMERINTAH KECAMATAN M. Islam Mahdi; Rinawati Rinawati; Tri Susilowati; Zul Kirom
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 8, No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v8i1.1048

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat dalam beberapa tahun terakhir banyak menyita perhatian berbagaipihak, yangmenyorotimasihlemahnya kinerjapelayanan yangdiberikan aparaturkecamatan.Pelayanan yang baik tidak lepas dengan kinerja aparatur yang baik, begitupula sebaliknya. Hal ini perlu adanya suatu sistem yang dapat membantu Aparatur pemerintah Daerah Kabupaten  untukmenentukan kinerja aparatur kecamatan agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada kantor kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanggamus. Saat ini kinerja aparatur Kecamatan masih sangat kurang hal ini disebabkan beberapa masalah seperti kedisiplinan, pendidikan, tanggung jawab, loyalitas dan fasilitas yang kurang memadai.Sehingga perlu adanya sistem penilaian kinerja aparatur kecamatan untuk menumbuhkan rasa semangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.Dengan adanya sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW dapat dengan lebih mudah dalam menentukan pegawai aparatur kecamatan terbaik yang ada di Kabupaten Tanggamus.Dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan memudahkan dalam penilaian kinerja aparatur kecamatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6