cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
husnaina.mailisa@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh - Lueng Bata Kota Banda Aceh Tel / fax : 0651-21024 / 0651-21024
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
ISSN : 20880588     EISSN : 27165094     DOI : http://dx.doi.org/10.37598/
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021" : 14 Documents clear
PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI GERAI PUSAT AKSESORIS SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH Said Firdaus; Amelia Rahmi; Rizatul Ummi
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh, untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepercayaan merek secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh dan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan merek secara simultan terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini yaitu kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan desain asosiatif kausal. Model analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dengan perhitungan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang konsumen pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepuasan konsumen dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepada pihak pengelola Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh disarankan agar meningkatkan kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen dalam upaya mempengaruhi minat beli ulang produk yang ditawarkan oleh perusahaan
PENGARUH KOMUNIKASI, LINGKUNGAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PARIWISATA KOTA BANDA ACEH Husnaina Mailisa Safitri; Budiawan Budiawan
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah data mengenai Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir. Populasi penelitian seluruh pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 43 pegawai. Jumlah sampel penelitian ditetapkan sebanyak 43 pegawai. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus. Hasil penelitian menjelaskan komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Pengembangan karir  berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai  pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Peran komunikasi, lingkungan kerja dan pengembangan karir  dalam mempengaruhi kinerja pegawai  pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh masih kurang dominan sehingga masih banyak variabel lainnya yang ikut mempengaruhi kinerja pegawai  pada instansi ini
PENGARUH IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI SITUS ONLINE TRAVELOKA Nara Pristiwa; Muhajir Muhajir
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1204

Abstract

Saat ini teknologi semakin berkembang, kemunculan tren digital membawa perubahan dan peningkatan terhadap pengguna internet, penjualan tiket secara online merupakan salah satu dari bisnis e-commerce yang dapat membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Penelitian dengan judul “pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online Traveloka “memiliki rumusan masalah bagaimana pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis asosiatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak nya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, adapun sumber data yang data yang digunakan adalah data-data yang langsung di peroleh dari responden dengan cara pemberian kuisioner dan data akan dianalisa dengan metode analisis linier berganda dengan program SPSS. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variable iklan dan variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka dikarenakan semakin tinggi iklan maka akan membawa pengaruh terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian pada tiket pesawat di situs online Traveloka.
PENGARUH KOMUNIKASI, LINGKUNGAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PARIWISATA KOTA BANDA ACEH Husnaina Mailisa Safitri; Budiawan Budiawan
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah data mengenai Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir. Populasi penelitian seluruh pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 43 pegawai. Jumlah sampel penelitian ditetapkan sebanyak 43 pegawai. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus. Hasil penelitian menjelaskan komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Pengembangan karir  berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai  pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Peran komunikasi, lingkungan kerja dan pengembangan karir  dalam mempengaruhi kinerja pegawai  pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh masih kurang dominan sehingga masih banyak variabel lainnya yang ikut mempengaruhi kinerja pegawai  pada instansi ini
PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP MINAT BELI YANG DIMEDIASI CITRA MEREK PADA BUTIK DIAN PELANGI DI BANDA ACEH Erlinda Erlinda; Said Firdaus; Julinda Dwi Siska
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1587

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorrsement terhadap minat beli yang dmediasi oleh cita merek pada Butik Dian Pelangi di Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Aceh yang pernah mengunjungi butik Dian Pelangi Banda Aceh. Sampel penelitian ini sebanyak 96 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh terhadap citra merek butik Dian Pelangi. Citra merek juga berpengaruh terhadap minat beli di butik Dian Pelangi Banda Aceh. Secara keseluruhan, citra merek berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh celebrity endorsement terhadap minat beli
PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERBASIS ISO 9001:2015 TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU UNIVERSITAS SYIAH KUALA Yuslaidar Yusuf; Ewi Mauliza
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1582

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 terhadap kinerja manajerial pada perguruan tinggi. Tujuan studi ini ingin mengetahui penerapan sistem manajemen mutunya. Siapa saja aktor yang terlibat, seta faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem penjaminan mutu berbasis ISO 9001:2015 yang dikembangkan dilembaga LP3M Unsyiah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem jaminan mutu berbasis ISO:2015 menerapkan manajemen mutu terpadu dibidang pendidikan melalui penerapan prinsip transparasi, partisipatif, efesien, inovatif dan produktif dengan melibatkan semua aktor manajerial terkait seperti struktur dalam LP3M Unsyiah, (Ketua dan sekretaris), para ketua pusat pengembangan sistem manajemen mutu dan anggotanya dengan didukung oleh tim sekretariat, dan setiap tahunnya melakukan evaluasi dan monitoring terhadap 9 penilaian analisa resiko. Faktor pendukung penerapan sistem jaminan mutu berbasis ISO 9001:2015 yang diterapkan oleh LP3M Unsyiah dalam penguatan institusi adalah pimpinan yang mampu mempraktikkan prinsip dasar leadersip dan manajemen perguruan tinggi berupa: basic value, key ideas, essensial skill, self-awareness, dan kepemimpinan di level institusi (rektor dan wakilnya), ketua LP3M Unsyiah hingga struktur kebawah termasuk ketua sekretariat. Sedangkan faktor penghambat adalah masih ditemukan komunikasi non teknis yang belum terintegrasi antara pelaksana antara dari LP3M dengan pengalokasikan anggaran institusi dan masih belum maksimalnya sosialisasi kedalam dengan sivitas akademika ( mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan alumni serta pengguna lulusan) dalam menjawab survey rekap pelayanan penjamin mutu berbasis ISO 9001:2015 mempunyai implikasi pada sistem manajerial yang baik terhadap upaya hasil capaian yang diharapkan perguruan tinggi bukan perolehan standarisasi ISO 9001:2015 dapat memperkuat layanan jaminan mutu dalam mempertahankan perolehan Akredtasi A Yang didapat Unsyiah.
PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI ULANG DI GERAI PUSAT AKSESORIS SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH Said Firdaus; Amelia Rahmi; Rizatul Ummi
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh, untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepercayaan merek secara parsial terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh dan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan merek secara simultan terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini yaitu kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan desain asosiatif kausal. Model analisis yang digunakan adalah persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dengan perhitungan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang konsumen pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap minat beli ulang Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepuasan konsumen dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen Pada Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh. Kepada pihak pengelola Gerai Pusat Aksesoris Simpang Surabaya Banda Aceh disarankan agar meningkatkan kepuasan konsumen dan kepercayaan merek konsumen dalam upaya mempengaruhi minat beli ulang produk yang ditawarkan oleh perusahaan
PENGARUH UPAH, INSETIF, JAMINAN SOSIAL DAN TUNJANGAN KESEHJATERAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL PROVINSI ACEH Febyolla Presilawati; Riska Umaira
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai dan untuk mengetahui kombinasi dari upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas pegawai. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Sosial Provinsi Aceh yaitu berjumlah sebanyak 35 pegawai.Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan simple random sampling sebagai teknik pengambilannya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi (R2).Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara variabel independen yaitu upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan terhadap variabel idependen yaitu produktivitas pegawai. Nilai uji hipotesis (ttest) diperoleh bahwa variabel upah mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, kemudian variabel insentif mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, jaminan sosial mempunyai pengaruh terhadap produktivitas, dan terakhir variabel tunjangan kesejahteraan mempunyai pengaruh terhadap produktivitas.Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa upah, insentif, jaminan sosial dan tunjangan kesejahteraan memiliki peran yang lebih besar dalam meningkatkan produktivitas pegawai.
PENGARUH KOMUNIKASI, LINGKUNGAN KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PARIWISATA KOTA BANDA ACEH Husnaina Mailisa Safitri; Budiawan Budiawan
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah data mengenai Komunikasi, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir. Populasi penelitian seluruh pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 43 pegawai. Jumlah sampel penelitian ditetapkan sebanyak 43 pegawai. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode sensus. Hasil penelitian menjelaskan komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Pengembangan karir berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh. Peran komunikasi, lingkungan kerja dan pengembangan karir dalam mempengaruhi kinerja pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh masih kurang dominan sehingga masih banyak variabel lainnya yang ikut mempengaruhi kinerja pegawai pada instansi ini
PENGARUH IKLAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT DI SITUS ONLINE TRAVELOKA Nara Pristiwa; Muhajir Muhajir
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v11i1.1204

Abstract

Saat ini teknologi semakin berkembang, kemunculan tren digital membawa perubahan dan peningkatan terhadap pengguna internet, penjualan tiket secara online merupakan salah satu dari bisnis e-commerce yang dapat membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Penelitian dengan judul pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online Traveloka memiliki rumusan masalah bagaimana pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis asosiatif yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak nya pengaruh atau hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, adapun sumber data yang data yang digunakan adalah data-data yang langsung di peroleh dari responden dengan cara pemberian kuisioner dan data akan dianalisa dengan metode analisis linier berganda dengan program SPSS. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa variable iklan dan variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat di situs online traveloka dikarenakan semakin tinggi iklan maka akan membawa pengaruh terhadap keputusan pembelian dan harga merupakan salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian pada tiket pesawat di situs online Traveloka.

Page 1 of 2 | Total Record : 14