cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Kreatif
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2015)" : 16 Documents clear
PENGETAHUAN DAN SIKAP LANSIA TERHADAP PENURUNAN FUNGSI PENGLIHATAN DI DAERAH YAYASAN PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA AL-KAUTSAR PALU Nurhany, Andi
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.741 KB)

Abstract

Abstrak : Lanjut usia binaan Panti Sosial Tresna Werda Al-Kautsar terbagi dalam 6 wilayah Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pengawu Kecamatan Palu Selatan. RW 1 terdiri dari 12 lansia, RW 2; 42 lansia, RW 3; 18 lansia, RW 4; 23 lansia, RW 5 36 lansia, dan RW 6 30 lansia sehingga keseluruhan jumlah lansia di daerah binaan Yayasan Panti Sosial Tresna Werdha berjumlah 161 lansia. Di Panti Sosial Tresna Werdha sendiri 50% dari lansia binaan Panti Sosial tersebut memakai kacamata dan mengalami penurunan dalam penglihatan. (Yayasan Al-kautsar, 2014). Tujuan dalam penelitian yaitu diketahuinya pengetahuan dan sikap Lansia terhadap Penurunan Fungsi Penglihatan di daerah Binaan Yayasan Panti Sosial Tresna Werdha Al-Kautsar Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 50 responden yang menggunakan teknik pengambilan sampel secara konsekutif (consecutive sampling) yaitu dengan cara pengambilan sampel atau responden yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Hasil penelitian didapatkan responden yang memiliki pengetahuan baik tentang konsep penurunan fungsi penglihatan sebanyak 34%, yang berpengetahuan cukup sebanyak 50% dan yang berpengetahuan kurang sebanyak 16%. Responden yang memiliki sikap menerima terhadap penurunan fungsi penglihatan sebanyak 74% dan yang bersikap kurang menerima sebanyak 26%. Kesimpulan, Lansia yang berpengetahuan dan sikap baik lebih banyak dibandingkan Lansia yang mempunyai pengetahuan dan sikap yang kurang baik. Saran bagi panti Sosial Tresna Werdha Al-Kautsar adalah diharapkan dapat mempertahankan apa yang telah menjadi komitmen bersama untuk selalu merawat dan membina lansia sehingga dapat mewujudkan misi menciptakan Lansia bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Kata kunci : pengetahuan, Sikap, Fungsi Penglihatan
Penerapan Pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Karunadipa Palu Terhadap Konsep Volume Bangun Ruang ., Sukayasa
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.581 KB)

Abstract

Abstrak : Topik geomerti pada konsep volume bangun ruang dalam matematika SD khususnya di SD Karunadipa Palu merupakan salah satu topik yang sulit untuk dipahami siswa. Hal ini disebabkan oleh sajian bahan ajar dalam pembelajaran selama ini dilakukan guru terjadi kesenjangan dengan tahap perkembangan intelektual siswa (tahap operasi konkrit). Pada sisi lain pembelajaran yang dilakukan kurang memperhatikan aspek konstruktivis. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Oleh karena itu perlu adanya rancangan strategi pembelajaran yang berorientasi konstruktivis serta memperhatikan perkembangan intelektual siswa Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah strategi pembelajaran berdasarkan teori Bruner. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa SD Karunadipa Palu terhadap konsep volume bangun ruang (kubus, balok dan tabung). Untuk mencapai tujuan tersebut, maka rancangan penelitian ini menggunakan model Spiral Kemmis dan Taggart dengan prosedur sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi/evaluasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian terdiri dari 32 siswa yang memiliki kemampuan akademik relatif rendah dan perolehan skor tes awal di bawah 60 pada kelas 5b. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman siswa SD Karunadipa Palu dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dirancang berdasarkan pendekatan konstruktivis (teori belajar Bruner). Temuan lain menunjukan bahwa kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan turut mempengaruhi pemahaman siswa dalam mempelajari suatu konsep geometri. Kata Kunci: teori Bruner, konstruktivis, pemahaman ,konsep dan bangun ruang .
ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI PADA KUMPULAN CERPEN “BIBIR” KARYA BAKDI SOEMANTO Musyafir, Ulfah S
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.557 KB)

Abstract

Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bentuk tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat pada kumpulan cerpen Bibir karya Bakdi Soemanto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur perlokusi pada kumpulan cerpen Bibir karya Bakdi Soemanto. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca dan penulis mengenai bentuk tindak tutur perlokusi secara signifikan. Sumber data dari penelitan ini adalah naskah atau teks kumpulan cerpen Bibir Karya Bakdi Soemanto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca yaitu teknik baca SQ3R. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tindak tutur yang digunakan yaitu a) refrensentatif, b) komisif, c) direktif d) ekspresif, dan e) deklarasi. Kata kunci : Analisis; Tindak Tutur; Perlokusi; Cerpen bibir
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING Wewa, Wem
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.932 KB)

Abstract

Abstrak : Telah dilakukan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika untuk materi trigonometri di kelas X, melalui pendekatan “ Penerapan metode penemuan terbimbing . Penelitian ini mengikuti pola penelitian tindakan kelas ( Classroom Aktion Research ) dan dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan ( Obserwasi). 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palu kelas X6 semester genap tahun pelajaran 2012 / 2013, dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS), dengan indikator keberhasilan untuk aktifitas belajar yang ditetapkan adalah aktifitas Tanya jawab, mengerjakan dan mendiskusikan LKS dalam kelompok, mempraktekan langkah-langkah penemuan terbimbing dan menyimpulkan materi bersama-sama. Aktifitas lainnya yang dilihat dalam menyajikan hasil kerja kelompok didepan kelas dan mengemukakan pendapat dalam diskusi dengan kelompok lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ( 1 ) Rata-rata terjadi peningkatan dari siklus I pada aktivitas Tanya jawab 47,4 % menjadi 64,17 % pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 16,77 %. ( 2 ) Aktifitas mengerjakan dan mendiskusikan LKS dari Siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,5 % Yaitu dari 75 % pada siklus I dan 86.5 % pada siklus II. (3) Aktivitas siswa dalam mempraktekan langkah-langkah metode penemuan terbimbing sesuai petunjuk LKS terjadi peningkatan 6,66 % dari 71,67 % pada siklus I menjadi 78,33 % pada siklus II. (4) Pada aktivitas penyajian hasil kerja kelompok didepan kelas hanya terjadi peningkatan 0,13% yaitu dari 20 % pada siklus I menjadi 21,13 % pada siklus II.(5) Mengemukakan pendapat dalam diskusi dengan kelompok lain meningkat 2,5 % dari 14,17 % pada siklus I menjadi 16,67 % pada siklus II. (6) Aktivitas menyimpulkan materi pelajaran meningkat 42,5 % dari 33,33 % pada siklus I menjadi 75,83 % pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan metode penemua terbimbing meningkat dari siklus I ke siklus II, dengan meningkatnya aktivitas tersebut membawa peningkatan pula pada hasil belajarnya untuk materi Trigonometri di Kelas X, oleh karenanya sangat diperlukan kajian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inovatif terus digalakkan agar ditemukan satu pola yang representatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar yang lebih baik. Kata Kunci : Aktivitas , Pembelajaran Matematika.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA ATURAN SINUS DAN ATURAN COSINUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU Astuti, Wiwik
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.526 KB)

Abstract

Abstrak : Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu pada materi aturan sinus dan cosinus, sehingga untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, maka peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam mengajarkan aturan sinus dan cosinus. Penelitian ini mengikuti pola penelitian tindakan kelas ( Classroom Aktion Research ) dan dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan (Obserwasi). 4) Refleksi .Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1Palu Kelas X R5, pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 41 orang. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes individu kepada siswa pada setiap akhir siklus. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil belajar siswa pada siklus I, menunjukkan bahwa dari 41 siswa yang mengkuti tes terdapat 21 orang yang tidak tuntas belajar dengan persentase ketuntasan klasikal 51,3 %. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa dari 41 siswa terdapat 38 orang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan klasikal 92,7 %. Selain itu, diperoleh peningkatan akivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada aturan sinus dan cosinus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X R5 SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci: Kooperatif, NHT, Hasil Belajar, Sinus, Cosinus, SMA Negeri
STUDI PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG GIZI PADA BALITA DI DESA KOTARAYA BARAT Rante, Bernadeth
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.931 KB)

Abstract

Abstrak : Masalah gizi semula dianggap sebagai masalah kesehatan yang hanya dapat ditanggulangi dengan pengobatan medis atau kedokteran. Saat ini telah diketahui bahwa gejala klinis gizi kurang adalah akibat ketidakseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Lingkungan ini mencakup lingkungan alam, biologis, sosial budaya maupun ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi pada balita di Desa Kotaraya Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendapatkan pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi pada balita di Desa Kotaraya Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak dengan status gizi kurang dan gizi buruk, yaitu 29 Ibu. Cara pengambilan sampel menggunakan tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan accidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah sama ibu-ibu yang memilki anak dengan status gizi kurang dan gizi buruk yaitu sebanyak 29 orang. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 27 orang (93,10%) sedangkan yang cukup baik sebanyak 2 orang (6,90%) dan yang memiliki sikap baik sebanyak 15 orang (61.74%) sedangkan yang kurang baik sebanyak 14 orang (48,27%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpengetahuan baik dan memiliki sikap yang baik. Bagi pihak petugas kesehatan khususnya di Puskesmas Mepanga agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan dengan seringnya melakukan penyuluhan tentang gizi balita khususnya di Desa Kotaraya Barat. Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, dan Gizi Balita
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENULISANKARYA ILMIAH (PKI) MELALUI SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PG PAUD Mursanib, Muraeni Mursanib; Zuama, Hj. Shofiyanti Nur
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.675 KB)

Abstract

Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah (PKI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Program Studi PG PAUD. Jenis penelitian yang dilakukan ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester tujuh Program Studi PG PAUD yang berjumlah 55 mahasiswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa memanfaatkan berbagai sumber lingkungan yang ada di Program Studi PG PAUD maupun lingkungan yang ada di Universitas Tadulako, dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah (PKI) pada mahasiswa Program Studi PG PAUD. Hal itu terbukti dari peningkatan hasil belajar mahasiswa dari Siklus I ke Siklus II, untuk kategori Sangat Baik dari 12 mahasiswa meningkat menjadi 15 mahasiswa. Kategori Baik, ada 20 mahasiswa menjadi 32 mahasiswa. Kategori Cukup, ada 16 mahasiswa menjadi sisa 6 mahasiswa. Kategori Kurang, dari 5 mahasiswa menjadi 2 mahasiswa dan kategori Sangat Kurang, dari 2 mahasiswa pada Siklus I menjadi tidak ada mahasiswa di Siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi PG PAUD. Kata Kunci: Sumber Belajar Lingkungan, Hasil Belajar
GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA ANGKATAN 2007 YANG SEDANG SKRIPSI DI PROGRAM STUDI PG PAUD Zuama, Hj. Shofiyanti Nur
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.541 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa Angkatan 2007 yang sedang skripsi di Program Studi PG PAUD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang dilibatkan berjumlah lima responden penelitian angkatan 2007 yang mengalami prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran prokrastinasi pada mahasiswa Angkatan 2007 yang sedang skripsi di Program Studi PG PAUD cukup beragam dan berbagai alasan melakukan prokrastinasi tiap responden penelitian berbeda-beda tingkatannya, meliputi: 1) Penyebab utama adalah rasa malas dan bosan; 2) Ketidakmampuan mengelola stres dan mengontrol waktu; 3) Perasaan cemas, khawatir, dan takut saat mengambil mata kuliah skripsi; 4) Ketidakpahaman mengenai proses penyusunan proposal penelitisan hingga skripsi 5) Ketidakpahaman mengenai panduan penulisan karya ilmiah; 6) Perasaan cemas dan takut bertemu Dosen Pembimbing; 7) Ketidaksabaran dalam proses bimbingan; serta 8) Kurang aktif mengumpulkan bahan-bahan referensi.   Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa yang Skripsi
ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI PADA KUMPULAN CERPEN “BIBIR” KARYA BAKDI SOEMANTO Musyafir, Ulfah S
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.557 KB)

Abstract

Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bentuk tindak tutur perlokusi apa saja yang terdapat pada kumpulan cerpen Bibir karya Bakdi Soemanto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur perlokusi pada kumpulan cerpen Bibir karya Bakdi Soemanto. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca dan penulis mengenai bentuk tindak tutur perlokusi secara signifikan. Sumber data dari penelitan ini adalah naskah atau teks kumpulan cerpen Bibir Karya Bakdi Soemanto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca yaitu teknik baca SQ3R. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tindak tutur yang digunakan yaitu a) refrensentatif, b) komisif, c) direktif d) ekspresif, dan e) deklarasi. Kata kunci : Analisis; Tindak Tutur; Perlokusi; Cerpen bibir
GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA ANGKATAN 2007 YANG SEDANG SKRIPSI DI PROGRAM STUDI PG PAUD Zuama, Hj. Shofiyanti Nur
Kreatif Vol 18, No 1 (2015)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.541 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa Angkatan 2007 yang sedang skripsi di Program Studi PG PAUD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang dilibatkan berjumlah lima responden penelitian angkatan 2007 yang mengalami prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran prokrastinasi pada mahasiswa Angkatan 2007 yang sedang skripsi di Program Studi PG PAUD cukup beragam dan berbagai alasan melakukan prokrastinasi tiap responden penelitian berbeda-beda tingkatannya, meliputi: 1) Penyebab utama adalah rasa malas dan bosan; 2) Ketidakmampuan mengelola stres dan mengontrol waktu; 3) Perasaan cemas, khawatir, dan takut saat mengambil mata kuliah skripsi; 4) Ketidakpahaman mengenai proses penyusunan proposal penelitisan hingga skripsi 5) Ketidakpahaman mengenai panduan penulisan karya ilmiah; 6) Perasaan cemas dan takut bertemu Dosen Pembimbing; 7) Ketidaksabaran dalam proses bimbingan; serta 8) Kurang aktif mengumpulkan bahan-bahan referensi.   Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa yang Skripsi

Page 1 of 2 | Total Record : 16