cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TAMTAMA KROYA TAHUN AJARAN 2017/2018 Aji Prasetya; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.636 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membuat produk pengembangan media pembelajaran alat praga stand diferential untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pemindah tenaga siswa kelas XI Tkr 1 dan Tkr 4. 2) Untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran alat praga stand diferential untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sistem pemindah tenaga siswa kelas XI Tkr 1 dan Tkr 4. dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat pragaa stand diferential dalam pembelajaran sistem pemindah tenaga.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian siswa kelas XI Tkr SMK TAMTAMA Kroya Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket). Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem Differential meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran sistem Differential layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 78,57. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 90. Media pembelajaran sistem Differential juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 85,5 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 95,1 yang meliputi 30 siswa. 3) Pada Hasil belajar siswa menunjukkan Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media sistem Differential dan yang menggunakan media sistem Differential. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.168, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,446 dengan p = 0.123, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 4,988 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 70,91 dan nilai rata – rata kelas kontrol 79,17. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran sistem Differential dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, sistem Differential, Hasil Belajar
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SISTEM KEMUDI KELAS XI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN AJARAN 2017/2018 Galuh Suryo Kesumo; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.214 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi kompetensi Kemudi kelas XI TKR di SMK Patriot Pituruh setelah penerapan metode demostrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek penelitian kelas XI TKR SMK Patriot Pituruh Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Patriot Pituruh dalam kompetensi Kemudi. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci: Penerapan Metode Demonstrasi, Penerapan Media, Hasil belajar.
PENGARUH KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 PURWOREJO Arif Sugianto; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.86 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4863

Abstract

Pengaruh Kegiatan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Purworejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran kegiatan praktik kerja industri, (2) kesiapan kerja, dan (3) pengaruh antara kegiatan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 8 Purworejo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII (siswa yang telah melaksanakan prakerin) jurusan Tata Busana, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik sepeda motor SMK Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 188 siswa yang terbagi menjadi 6 kelas. Penelitian ini termasuk penelitian sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu sampel diambil secara acak sebesar 40% dari jumlah populasi ditambah 10% dari sampel untuk keperluan missing data dan non response. Jadi, jumlah sampel keseluruhan adalah 83 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 respoden di luar anggota sampel tetapi masih dalam satu populasi. Data yang masuk kemudian diuji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi praktik kerja industri dalam kategori cukup dengan frekuensi relatif 59,14% dan kesiapan kerja dalam kategori tinggi dengan frekuensi relatif 72,04%. Berdasarkan hasil uji korelasi Product Moment, diperoleh rhitung = 0,538. Nilai rtabel pada taraf signifikan 5% untuk N = 93 adalah 0,204 (rxy 0,538 > rtabel 0,204). Berdasarkan hasil tersebut, ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa di SMK N 8 Purworejo. Koefisien determinan (R2) sebesar 0,289, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 28,9%, sedangakan sisanya 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.Kata Kunci: kegiatan praktek kerja industri, kesiapan kerja
SISWA KELAS X MATA DIKLAT OTOMOTIF DASAR MELALUI METODE PRODUCTION BASED TRAINING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP Ahmad Ghufron Muzaki; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.485 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4864

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada Mata diklat otomotif dasar Siswa Kelas X-A SMK Muhammadiyah Purworejo.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X -A yang berjumlah 30 orang.Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pertemuan pertama dan pertemuan kedua pada siklus I dan siklus II adalah pembelajaran sekaligus tes praktik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Aspek yang diteliti meliputi hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran praktik menggunakan metode Production Based Training.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Mata Diklat Otomotif Dasar Melalui Metode Production Based Training. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 82,56%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,00, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 84,68, dengan kriteria sangat baik.Kata-kata kunci: hasil, aktivitas, metode, Production Based Training
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP Kuswanto Kuswanto; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.494 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi pembelajaran pada praktik pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). 2) mendapatkan bukti peningkatan prestasi pembelajaran praktik pengelasan setelah diterapkan model Project Based Learning (PBL).Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) A di SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap dengan Subyek penelitian adalah siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desai Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) penerapan pemberalajaran menggunakan Project Based Learning di kelas TKR Smk Muhammadiyah Majenang Cilacap dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sesuai dengan KKM ( Kriteria ketuntasan minimum ) yaitu 75 dengan presentase siswa mencapai 80% atau lebih. 2) Peningkatan prestasi tersebut dapat terlihat dari nilai prestasi yang didapat, dimana sebelum penelitian nilai yang didapat sebesar 65,8 dengan tingkat kelulusan sebesa3 13,89%, siklus I 73,8 dengan tingkat kelulusan sebesar 71,22% dan siklus 2 sebesar 82,0 dengan tingkat kelulusan siswa 100%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pembelarjaran praktik pengelasan.Kata kunci : Model Projeect Based Learning, Prestasi Pembelajaran, Praktik Pengelasan
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS XI TKR SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG CILACAP. Eka Rini Widiastuti; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.75 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4866

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat 2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa; 3) untuk mengetahui bagaimanakah prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS); 4) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran sistem bahan bakar bensin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Majenang yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang gunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan persentase minat dan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 68,14% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 71,25% pada siklus II Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,42 dengan ketuntasan 19,44% meningkat menjadi rata-rata 74,44 dengan ketuntasan 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 80,42 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Majenang Cilacap.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Minat, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PANCASILA 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ahmad Agil Algal
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.578 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4867

Abstract

ini bertujuan untuk 1). meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam bidang sistem stater. 2.) memudahkan guru untuk memberi penjelasan terhadap siwa agar mudah dipahami. 3.) Meningkatkan motivasi pembelajaran dan hasil belajar khususnya mata pelajaran sistem stater.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 6,955 dengan p=0,000) dan hasil belajar (thitung = 3,389 dengan p=0,001) siswa Kelas XI TKR SMK Pancasila 1 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 35 orang telah berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar.Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Starter
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KEMUDI TIPE RACK AND PINION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS KELAS XI TKR SMKN 6 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Rohmanato Rohmanato; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.334 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion yang diaplikasikan pada kopetensi mata pelajaran chassis serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI TKR I dan kelas XI TKR II SMKN 6 Purworejo sebanyak 63 siswa yaitu kelas XI TKR I sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI TKR I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kopetensi mata pelajaran chassis, hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi oleh dosen ahli media dengan hasil 71.66% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi dengan hasil 90,00% dari skor kriterium. Media pembelajaran sistem kemudi tipe rack and pinion juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh 88,00% yang meliputi 5 siswa , dan uju coba klompok besar memperoleh81,12% dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 77,74% sedangkan pada kelas kontrol hanya 71,09%. Prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dan yang menggunakan media cutting sistem kemudi tipe rack and pinion . Melalui uji normalitas diperoleh p=0.142, karena p>0,05 maka kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung =6,948 dengan p=0.850, karena p>0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 3,310 dengan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran cutting sistem kemudi tipe rack and pinion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKR SMKN 6 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem kemudi, prestasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET MENGGUNAKAN AUTOCAD SERIES TERHADAP PRESTASI PADA SISWA SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO Eko Sulistyanto Prabowo; Widiyatmoko Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (911.171 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). menerapkan penelitian Quasy eksperiman dengan metode pengembangan media pembelajaran Jobsheet menggunakan Autocad series terhadap pretasi pada siswa SMK institut indonesia kutoarjo, dan 2). mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran Jobsheet terhadap prestasi pada siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasy eksperimen. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK institut indonesia tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 65 siswa dalam 2 kelas XI A dan XI B. Aspek ini meliputi pemahaman icon, pemahaman garis gambar, dan pemahaman gambar pada program Autocad siswa yang menunjukan hasil belajar siswa dan tindakan pembalajaran yang ditunjukan oleh Guru sebagai indikator keterlaksaan pembelajaran program Autocad.Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik penilaian dan persentase. Analisis data untuk mencari persentase rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa meningkat dari 2 kelas. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa dari persentase kelas kontrol 67,69% kategori cukup, dan meninggat menjadi 68,73% dikelas ekperimen.Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggambar berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi. 1). Hasil uji normalitas perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh p = 0,060 karena p = 0.05 menunjukan kedua kelompok berdistribusi normal. 2). Hasil uji t perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 1,324 dengan p = 0,191 > 0,05 menunjukan ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 3). Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol 67,69 dan nilai rata-rata eksperimen 68,73. Dari data tersebut maka hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, berarti membuktikan prestasi belajar kelas XI telah meningkat daripada sebelumnya.Kata kunci : metode pembelajaran program Autocad , hasil belajar
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POMPA BAHAN BAKAR TIPE DISTRIBUTOR DI SMK N 4 PURWOREJO Faried Kurnia; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.877 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i01.4870

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMKNegeri 4 Purworejo dengan media pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipedistributordan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Purworejo denganmedia pembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributor.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahap penelitian terdiridari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalahsiswa SMK N 4 Purworejo kelas XI TKR B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan dengan mediapembelajaran pompa bahan bakar diesel tipe distributordapat meningkatkan 1) keaktifanbelajar siswa yaitu siswa mampu bertanggungjawab dengan mengerjakan soal sendiri danaktif dalam pembelajaran dengan perolehan rerata persentase siklus I yaitu 60,50% dengankategori cukup . Pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 79,00% pada siklus II dengankategori Baik. 2) kemampuan siswa menyelesaiakan soal tes dengan perolehan reratapersentase yaitu 66,30% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus IImenjadi 79,10% dengan kategori Baik. Penelitian dilakukan hanya 2 siklus karena siklus Ibelum memenuhi kriteria peniaian, sedangkan pada siklus II sudah memenuhi kriteriapenilaian.Kata-kata Kunci : Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 12