cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM DI SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN Taufiq Yudhi Permadi; Dwi Jatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1071.367 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran alat peraga guna meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem starter di SMK Taruna Abdi Bangsa Kebumen, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem starter di SMK Taruna Abdi Bangsa Kebumen, 3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran alat peraga pada kompetensi sistem starter di SMK Taruna Abdi Bangsa Kebumen.Penelitian ini merupakan research & development. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Proses pembuatan media pembelajaran sistem starter berupa stand dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem starter pada siswa kelas XI TKR SMK PN 2 Purworejo telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk, 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, 3) Hasil uji t dengan taraf kesalahaan 5% membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 5,226 >ttabel=1.708) siswa kelas XI TSM SMK Taruna Abdi Bangsa Kebumen. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 25 orang berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem starter, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN CDI SEPEDA MOTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Amir Ma’ruf; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.561 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor, 2) bagaimana kelayakan media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor terhadap kegiatan pembelajaran mahasiswa Pendidikan Teknik otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan 3) pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang bejumlah 20 mahasiswa, dengan sampel dua kelompok, yaitu kelompok A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 10 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 10 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 2,86. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,3. Media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,43 yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,13 yang meliputi 20 mahasiswa. 3) Pada motivasi belajar mahasiswa menunjukkan motivas belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor dan yang menggunakan media sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0,200, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,116 dengan p = 0,736, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2,522 dengan p = 0,016 > 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan motivasi belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 83,00 dan nilai rata – rata kelas kontrol 77,50. Berdasarkanhasil tersebut maka media pembelajaran sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, sistem pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition) sepeda motor, Motivasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN PADA MOBIL TRAINER KIJANG 3K TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018 Bondan Catur Brojo Seto; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.079 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap:(1) mendeskripsikan prosedur pengembangkan media pembelajaran dengan media sistem pengapian pada mobil trainer kijang 3K yang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran mata kuliah Listrik Otomotif;(2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan media sistem pengapian mobil trainer kijang 3K untuk pembelajaran mata kuliah Listrik Otomotif dan;(3) mengetahui efektivitas media pembelajaran sistem pengapian pada mobil trainer kijang 3K pada mata kuliah Listrik Otomotif.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa :(1) prosedur pengembangan media pembelajaran sistem pengapian meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal;(2) media pembelajaran sistem pengapian yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium;(3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan minat belajar (thitung = -5,247 dan p = 0,000) mahasiswa semester 3 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 86.50% yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 88.00% yang meliputi 35 mahasiswa. Pada minat belajar mahasiswa menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media sistem pengapian dan yang menggunakan media sistem pengapian. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.142, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0.665 dengan p = 0.894, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih kecil yaitu -5.24 < 0. Sehingga H1 terdapat perbedaan antara kelompok pre tes dan post test. Dengan demikian media pembelajaran sistem pengapian telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Trainer
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PRAKTEK MEMBUBUT SISWA JURUSAN MESIN DI SMK MUHAMMADIYAH I SALAM Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.938 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam praktek membubut, minat dan kesiapan guru menghadapai perkembangan media serta mensosialisasikan penggunaan media Power Point kepada guru.Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Pada penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas XI TPB Jurusan Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Salam.Multimedia powerpoint Peran multimedia powerpoint dalam pembelajaran dapat meningkatkan daya paham siswa terhadap materi yang disampaikan. Dari 40,63 % (13 responden) memberikan persepsi dalam kategori sangat baik dan 46,86 % (15 responden) memberikan persepsi dalam kategori baik. Dengan demikian penguasaan teori praktek membubut siswa kelas 2 jurusan Teknik Mesin SMK N 2 Depok Yogyakarta setelah digunakan multimedia pembelajaran dalam kategori baik.Kata Kunci: Multimedia, Power Point, Membubut
KORELASI PRESTASI PRAKTIK INDUSTRI DAN WAWASAN WIRAUSAHA DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII TKR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK YPT PURWOREJO Haris Setiyanto; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.344 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui korelasi antara prestasi praktik industri dengan minat berwirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK YPT Purworejo tahun pelajaran 2017/2018, (2) mengetahui korelasi antara wawasan wirausah dengan minat berwirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK YPT Purworejo tahun pelajaran 2017/2018, (3) mengetahui korelasi antara prestasi praktik industri dan wawasan wirausaha dengan minat berwirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK YPT Purworejo tahun pelajaran 2017/2018.Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan sampling total. Jenis penelitian tergolong jenis penelitian expost facto. Variable yang digunakan dalam penelitian variable bebas dan variabel terikat.Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya korelasi positif dan signifikan antara prestasi praktik industri (X1) terhadap minat berwirausaha (Y) dengan mengendalikan X2, berdasarkan hasil uji korelasi parsial diperoleh nilai koefisien korelasi r hitung sebesar 0,338 dengan nilai signifikasi 0,014 < 0,05. (2) adanya korelasi positif dan signifikan antara wawasan wirausaha (X2) terhadap minat berwirausaha (Y) dengan mengendalikan X1, uji korelasi parsial diperoleh nilai koefisien korelasi r hitung sebesar 0,351 denan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. (3) adanya korelasi positif antara prestasi praktik industri dan wawasan wirausaha secara bersama dengan minat berwirausaha, hasil uji korelasi ganda diperoleh harga rx1x2y sebesar 0,483 dengan nilai signifikansi = 0,000 di bawah taraf signifikansi 0,05.Kata Kunci: Korelasi, Praktik Industri, Wawasan Wirausaha
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL/GARDAN PADA KELAS XI TKR SMK KARYA MANDIRI NUSAWUNGU Puji Priya Handayani; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.717 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pembuatan media pembelajaran system gardan siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Karya Mandiri Nusawungu, 2) Mengetahui efektifitas pembelajaran pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Karya Mandiri Nusawungu setelah menggunakan media pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR 2. Kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini dibuktikan perhitungan statistik perbandingan rata – rata indeks gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,765 denga p = 0,000 < 0,05 yang berarti menunjukkan terdapat peningkatan nilai pretest ke postest (indeks gain) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kata-kata kunci : Efektifitas, Media Pembelajaran, System Gardan
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN KOMPETENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI TKR 7 DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN TAHUN AJARAN 2017/2018 Vendy akhmad setyadi; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.427 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4879

Abstract

ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran alat peraga, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga pada kompetensi sistem penerangan di SMK Cipta Karya Prembun. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 7 TKR SMK Cipta Karya Prembun yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan tes untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitatif.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran alat peraga sistem penerangan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Listrik Otomotif, di SMK Cipta Karya Prembun hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 88.33% dari skor kriterium. Validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85% dari skor kriterium. Media pembelajaran alat peraga sistem penerangan juga telah memenuhi kriteria pada media pembelajaran dengan skor 82,71% dan uji tes praktek pada lembar work sheet dengan kelulusan mencapai 85,7%, sehingga terjadi kenaikan siswa yang lulus kompetensi 42,8%.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem penerangan
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VIDEO SISTEM REM SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK PUSPA JATI BULUSPESANTREN KEBUMEN Mukhamad Arif Susilo; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.306 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4880

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran sistem rem sepeda motor dangan menggunakan media audio video pada siswa kelas XI teknik sepeda motor SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen tahun ajaran 2017 / 2018. 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pebelajaran audio video sistem rem sepeda motor pada siswa kelas XI teknik sepeda motor SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen yang berjumlah 50 siswa. Dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian.Uji analisis data hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test.Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran audio video meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran audio video layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,25. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,12. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,12 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,27 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 81,4 dan nilai rata – rata kelas kontrol 77,4.Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar pada siswa SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, MinatBelajar
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ALAT BERAT DENGAN METODE PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1070.814 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4881

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Merancang desain metode PBL dalam Mata Kuliah Alat Berat; dan (2) Meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dengan metode PBL pada Mata Kuliah Alat Berat.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo semester 5 yang dilaksanakan pada bulan September 2017-Januari 2018.Metode PBL yang diterapkan pada mata kuliah alat berat dapat meningkatkan aktivitas belajar PBL bagi mahasiswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya skor aktivitas belajar yang merupakan penjabaran dari langkah-langkah PBL pada setiap siklusnya. Skor aktivitas belajar mahasiswa pada siklus pertama sebesar 57%, siklus kedua 75%, siklus ketiga 85,7% dan siklus keempat 92,8% dari jumlah skor maksimal 28. Siklus kedua terjadi peningkatan skor aktivitas sebesar 18% dari siklus pertama, pada siklus ketiga terjadi peningkatan 10,7% dan pada siklus keempat terjadi peningkatan skor aktivitas belajar sebesar 7,1%.Kata kunci: Aktivitas belajar dan metode pembelajaran, Problem Based Learning
UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING PADA SISWA KELAS XI TKR B SMK NEGERI 4 PURWOREJO Yusuf Sutrisno; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 12, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.034 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v12i02.4882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran PROBING-PROMPTING. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif. Hasil penelitian pada kemandirian belajar siklus I sebesar 50% siswa masuk kategori baik, kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Sedangkan dari prestasi belajar diperoleh rerata persentase mencapai 70% lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% dengan adanya alat peraga dan kumpulan soal dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Sehingga, dapat di simpulkan pembelajaran PROBING-PROMPTING dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan prestasi belajar pada siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian, metode pembelajaran PROBING-PROMPTING dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.Kata kunci: Kemandirian Belajar, Prestasil Belajar, Probing-Prompting

Page 1 of 2 | Total Record : 11