cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech" : 16 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO X6 PADA PEMBELAJARAN SISTEM REM DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO aeb wahyudi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.739 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia ulead video studio X6 terhadap siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Pembaharuan Purworejo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Pembaharuan Purworejo tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan materi sistem rem yaitu kelas XII Teknik Kendaraan Ringan yang terdiri dari 104 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XII TKR A dan TKR B. Kelas XII TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas XII TKR B sebagai kelas eksperimen cara menetukan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan mengundi menggunakan koin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisa data meliputi kriteria interprestasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata kelas kontrol ( kelas TKR A) yaitu 69,83 dan nilai rata-rata kelas eksperimen (kelas TKR B) yaitu 74,1 terdapat selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 4,3 dan telah mencapai KKM. Dari analisa di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah mengunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dilihat bahwa media pembelajaran ulead video studio sistem rem hidrolik dapat digunakan untuk menigkatkan hasil belajar siswa SMK Pembaharuan Purworejo.   Kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Rem, dan Hasil Belajar.
PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PERALATAN PRAKTIK DI BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN agus historiawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.85 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma’arif 4 Kebumen, 2) Pengaruh Fasilitas Peralatan Praktik Terhadap Prestasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma'arif 4 Kebumen, dan 3) Pengaruh Kreativitas Guru dan Fasilitas Peralatan Praktik Terhadap Preastasi Belajar Praktik Teknik Kendaraan Ringan Siswa Smk Ma’arif 4 Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 4 Kebumen Jl. Aroengbinang No. 25 Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 4 Kebumen yang berjumlah 95 siswa dan diambil 75 siswa sebagai sampel dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dan fasilitas peralatan praktik berdampak pada prestasi belajar di SMK Ma`arif 4 Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 1.174, dengan signifikan 0.031, karena signifikan = 0.031<0.05. Nilai korelasi persial antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar (rX1Y) sebesar 1.296 dan nilai signifikan 0.019, karena signifikan = 0.019<0.05. Nilai korelasi persial antara fasilitas peralatan praktik terhadap prestasi belajar (rX2Y) sebesar 2.968 dan nilai signifikan 0.33, karena signifikan = 0.033<0.05. Dari hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0.825 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (kreatifitas guru dan fasilitas peralatan praktik) dapat menerangkan variasi variabel dependen (prestasi belajar) diterangkan oleh variabel lain sebesar 20.53%.   Kata kunci: Prestasi Belajar, Fasilitas, Kreativitas.
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SISWA PADA KELAS XI SMK INSTITUT INDONESIA KUTOARJO ahmad suyudi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.332 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1281

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tingkat hubungan profesionalisme guru SMK Institut Indonesia Kutoarjo, (2) Hubungan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI SMK Institut Indonesia Kutoarjo yang berjumlah 110 siswa dan sampel penelitian 84 siswa. Pengambilan sampel secara Random Sampling. Instrumen pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket dengan skala likert. Aanalisis data menggunakan korelasi, taraf signifikan dan koefisien determinasi. Hasil uji hipotesis memberikan hasil korelasi persial antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar  ( rX1Y) sebesar 9,987, dan nilai signifikan 0,040. Karena signifikan 0,040. < 0,05. menunjukkan  nilai  R2 adalah 0,762 berarti variabel   yang  dipilih  pada  variabel  independen  dapat menerangkan variasi variabel dependen (prestasi belajar). dengan kontribusi diterangkan  oleh variabel lain sebesar 23,08%   Kata Kunci: profesionalismeguru, prestasi belajar siswa
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO Aji Budi Santoso
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.508 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 84% pada siklus II.   Kata kunci: pembelajaran berbasis tugas, motivasi belajar, hasil belajar  
STUDI KOMPARASI SEKOLAH BERFASILITAS BENGKEL LENGKAP DAN SEKOLAH BERFASILITAS BENGKEL TIDAK LENGKAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN TRANSMISI DI SMK SE-KABUPATEN KEBUMEN T/A 2014/2015 Akhmad Hanifudin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.186 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1283

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah melakukan pengukuran sejauh mana fasilitas bengkel yang dimiliki dan mengetahui: (1) Bagaimanakah pengaruh Sekolah Berfasilitas Bengkel Lengkap dan Sekolah Berfasilitas Bengkel Tidak lengkap Terhadap Hasil belajar ; (2) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar antara Sekolah Berfasilitas Bengkel Lengkap dan Sekolah Berfasilitas Bengkel Tidak lengkap Terhadap Hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini di SMK se-Kabupaten Kebumen yang memiliki jurusan otomotif. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMK  se-kabupaten kebumen yang memiliki program teknik mekanik otomotif 38 SMK dan sebagai sampel 12 SMK dengan  mengunakan sampling sistematis menentukan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Pengambilan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil perhitungan analisis data kuantitatif dapat disimpulkan bahwa Sekolah Berfasilitas Bengkel Lengkap dan Sekolah Berfasilitas Bengkel Tidak lengkap  memberi pengaruh dan perbedaan pada hasil belajar kompetensi pemeliharaan transmisi di SMK se-Kabupaten Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan kuantitatif diketahui bahwa perhitungan nilai rata-rata sekolah berfalitas bengkel lengkap sebesar 87.61% dengan nilai rata rata hasil belajar sebesar 82.71 dan sekolah berfasilitas bengkel tidak lengkap dalam pemeliharaan transmisi perhitungan nilai rata-rata bengkel sebesar 20.37% dengan nilai rata rata hasil belajar sebesar 73.35, dengan hasil yang didapat kuat bukti bahwa ada pengaruh bengkel lengkap dengan pengaruh nilai hasil belajar lebih baik begitu sebaliknya faslitas bengkel tidak lengkap nilai hasil belajar transmisinya akan rendah dan perbedaan prestasi hasil belajar sebesar 82.71 diatas KKM banding 73.35 dibawah KKM pada SMK otomotif se Kabupaten Kebumen.   Kata Kunci: Komparasi, Fasilitas, Bengkel lengkap, Bengkel tidak lengkap, Hasil belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS(SDM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X DI SMK MA’ARIF 9 KLIRONG apriaji apriaji
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.092 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar siswa pada materi mengunakan alat ukur dasar otomotif kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 9 Klirong dengan penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa hasil presentase siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 53,84% sebanyak 21 siswa dengan nilai rata-rata adalah 72,71. Presentase siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 100% sebanyak 39 siswa dengan nilai rata-rata 84,41. Terjadipeningkatansiswa yang tuntasdarisiklus I kesiklus II sebesar 46,16%. Terjadipeningkatannilai rata-rata post testsiklus I kepost testsiklus II sebesar 11,70.   Kata Kunci: Model Structured Dyadic Methods (SDM), PrestasiBelajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MACRO MEDIA FLASH 8 PADA PEMBELAJARAN TUNE UP SEPEDA MOTOR DI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO ari zulmi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.384 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran untuk kompetensi Tune Up Sepeda Motor dengan menggunakan media video pembelajaran dan  mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk kompetensi Tune Up Sepeda Motor di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research&development). Penelitian pengembangan ini adalah pengembangan dengan 3 langkah yaitu: planning : menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan sumber, dan menghasilkan gagasan. design : membuat flowchart, membuat storyboard, dan mempersiapkan skrip. development : memproduksi video dan audio, memprogram materi, meyiapkan komponen pendukung, mengevaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Dihasilkannya media video pembelajaran Tune Up Sepeda Motor dengan kelayakan berdasarkan dari ahli materi diperoleh hasil valid dan layak dengan persentase 100%, penilaian dari Guru materi pembelajaran diperoleh hasil valid dan layak dengan persentase 100% sehingga dapat digunakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil pengujian kelayakan dari peserta didik kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo meliputi aspek materi pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 61,1% dan kategori layak sebesar 38,9%. Aspek media pembelajaran pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 50% dan kategori layak sebesar 50%. Aspek luaran/output pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 63,8% dan kategori layak sebesar 36,2%. Sedangkan penilaian kelayakan media secara keseluruhan pada kategori sangat layak dengan frekuensi relatif sebesar 58,3% dan kategori layak sebesar 41,7%. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran Tune Up Sepeda Motor sangat layak dan sesuai untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi guru dan peserta didik di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.   Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Pembelajaran Tune Up.  
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK PUSPAJATI KABUPATEN KEBUMEN bambang sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.426 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1286

Abstract

Tujuan dari penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas XA SMK Puspajati Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa TKR XA SMK Puspajati Buluspesantren yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Analisis data diolah dengan menghitung rerata dan menggunakan presentasi rerata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah siklus I dan Siklus II. Ketika siklus I yang hanya mencapai KKM sebanyak 46,66% dengan rata-rata 69,54 dan meningkat pada siklus II, KKM 76,67% dengan rata-rata 73,03.   Kata kunci: pembelajaran tutor sebaya, hasil belajar
KORELASI ANTARA KONDISI EDUKATIF GURU DENGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS PADA SMK NURUSSALAF KEMIRI PURWOREJO hangga permana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.277 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan kondisi edukatif guru yang berupa: jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan pelatihan yang diikuti terhadap kemampuan pengelolaan kelas oleh guru SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 .Penelitian ini dilakukan di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar dikelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo dengan jumlah 5 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mencari data kondisi edukatif guru yang berupa jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan pelatihan yang diikuti, sedangkan angket diberikan ke siswa untuk mengetahui kemampuan pengelolaan kelas oleh tiap- tiap guru. Penelitian ini menggunakan teknik product moment. Berdasarkan hasil penelitian, Kondisi edukatif guru dalam penelitian ini mempunyai hubungan dengan penguasaan atau pengelolaan kelas. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,648 dan r tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan N = 20 sebesar 0,444.  Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan ada hubungan kondisi edukatif guru dengan pengelolaan kelas di SMK Nurussalaf Kemiri Purworejo dapat diterima.   Kata Kunci: Kondisi Edukatif, Pengelolaan Kelas, Guru SMK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TRAINER PENGAPIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GOMBONG edi purnomo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.185 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.1288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran menggunakan trainer pada kompetensi sistem pengapian (mata pelajaran kelistrikan mesin) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gombong. Penelitian ini termasuk jenis  Penelitian Tindakan Kelas dan merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan metode statistik dengan Korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil analisis data pada uji normalitas dapat disimpulkan data pada siklus 1 (Pre-test) normal karena Chi hitung (9,00) lebih rendah dari Chi-Square (11,07); dan data yang diperoleh pada siklus 2 (Post-test) diperoleh data normal, karena Chi hitung (10,00) lebih rendah dari Chi-Square (11,07).Kemudian pada uji homogenitas didapatkan F = 2,01 dan disimpulkan data ini homogen, karena F-Nilai (1,80) lebih rendah dari F-Tabel (1,82). Dan pada uji signifikasi dapat disimpulkan dalam penelitian ini adanya perubahan yang signifikan dengan tingkat kesalahan 5% (0,05) karena F tabel signifikan 5% à 1,82. Berdasarkan perhitungan rata-rata nilai pre-test  66,56 dan post-test 85,75, maka terlihat jelas bahwa nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test, sehingga diperoleh nilai T-hitung lebih tinggi daripada T-tabel (9,63 > 2,04), hal ini dapat mengindikasikan bahwa penggunaan trainer pengapian dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Gombong. Kata Kunci :  penggunaan media trainer pengapian, meningkatkan hasil belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 16