cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH" : 24 Documents clear
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN PENGGUNAAN SCANNER EFI Adhani Dwi Yunianto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.644 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) proses pembuatan media pembelajaran penggunaan scanner EFI dengan menggunakan macromedia flash 8 dan (2) kelayakan media pembelajaran penggunaan scanner EFI dengan menggunakan macromedia flash 8 (3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran scanner EFI. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (Research and Developmen) yang dilakukan di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Purworejo. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan macromedia flash 8 pada pokok bahasan Penggunaan Scanner EFI. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dan soal tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan cara membandingkan hasil pretest dan posttest dari dua kelompok yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flas dan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan macromedia flash pada pokok bahasan penggunaan scanner EFI, sedangkan simpulan terhadap penelitian ini adalah: (1) tahapan pembuatan media pembelajaran yang dilakukan adalah potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pemakaian produk. (2) Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan presentase total sebesar 71,43% ahli materi dengan presentase total sebesar 80% penilaian guru mata diklat dengan presentase total sebesar 80% hasil penilaian siswa dengan presentase total sebesar 87,39%. (3) Media pembelajaran dengan macromedia flash pada pokok bahasan penggunaan scanner EFI ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 75% dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash pada pokok bahasan penggunaan scanner EFI yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, dan Scanner EFI
Peningkatan Hasil Belajar Standar Kompetensi Menggunakan Alat Ukur melalui Metode Proyek Kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 Adi Setiawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.003 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun 2014/2015, dan (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 41 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKR 2. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun analisis ujicoba instrumen menggunakan analisis butir soal, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penerapan metode proyek kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 73.41, pada siklus 1 sebesar 82.2 dan pada sisklus 2 sebesar 87.32. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas X TKR 2 pada pra siklus sebanyak 17 siswa (7.02%), pada siklus 1 sebanyak 17 siswa (41,46%) dan pada sisklus 2 sebanyak 41 siswa (100%). Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Proyek Kelompok
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO Afrizal Bahri
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.436 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelejaran menggunakan media Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional Sepeda Motor dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor. Instrumen pengumpulan data untuk motivasi belajar menggunakan angket, untuk keaktifan dengan instrumen obersvasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Teknik analisis data yang digunakan dengan rumus perhitungan rata-rata dan rumus persentase. Hasil observasi dan uji statistik menunjukan perolehan persentase skor keaktifan siswa terdapat peningkatan, sebelum mendapatkan treatment yaitu 80,30%, setelah mendapatkan treatment menggunakan media pembelajaran macromedia flash keaktifan siswa menjadi meningkat yaitu 88,13%. Persentase skor motivasi siswa juga mengalami peningkatan dari persentase awal 77,97%, setelah mendapatkan treatment menggunakan media pembelajaran macromedia flash persentase motivasi belajar siswa menjadi meningkat yaitu 84,81%. Perbandingan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen juga sangat signifikan, hal ini ditunjukan pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol (Kelas XI TSM 2) yaitu 71,67 dengan ketuntasan klasikal 39% dibandingkan dengan rerata hasil belajar kelas eksperimen (XI TSM 1) yaitu 80,52 dengan ketuntasan klasikal 72,73%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka pengembangan produk media pembelajaran macromedia flash efektif dapat untuk meningkatkan keaktifan belajar dan motivasi belajar siswa maupun hasil belajar siswa kelas XI TSM 1 SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonsosobo. Kata kunci : Macromedia Flash, Keaktifan dan Motivasi Belajar
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARE (TPS) KELAS X TKR SMK YPT PURWOREJO Ahmad Rohman
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.097 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2784

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa, 2) untuk mengetahui bagaimanakah prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), 3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran sistem bahan bakar bensin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK YPT Purworejo.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas X TKR A SMK YPT Purworejo yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang gunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan persentase minat dan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa, terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 68,14% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 71,25% pada siklus II Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,42 dengan ketuntasan 19,44% meningkat menjadi rata-rata 74,44 dengan ketuntasan 66,67% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 80,42 dengan ketuntasan 86,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X TKR A SMK YPT Purworejo. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Minat, Hasil Belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN RODA DAN BAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTT SMK DWIJA BHAKTI 2 JOMBANG Ahmad Sudarshono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.798 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2785

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X OTT SMK Dwija Bhakti 2 Jombang pada mata diklat roda dan ban setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk mendiskripsikan aktifitas siswa kelas X OTT SMK Dwija Bhakti 2 Jombang dalam proses belajar mengajar pada mata diklat roda dan ban dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tahun ajaran 2014/2015; (3) untuk mendeskripsikan respon siswa kelas X OTT SMK Dwija Bhakti 2 Jombang terhadap implementasi model pembelajaran jigsaw pada mata diklat roda dan ban tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan besar persentase ketuntasan kelas dari hasil pre-test adalah 12,50% dan meningkat menjadi 91,67% dari hasil post-test. Kenaikan hasil belajar dari pre-test ke post- test dikarenakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata diklat roda dan ban dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar.Aktivitas siswa dari hasil observasi menunjukkan persentase sebesar 76,60% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 87,40% pada pertemuan 2. Peningkatan aktivitas siswa terjadi karena dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut untuk aktif dalam bekerja kelompok dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain. Hasil observasi aktivitas guru pada pertemuan 1 menunjukkan persentase sebesar 76,52% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 menjadi 86,28%. Kenaikan aktivitas guru dikarenakan dalam kegiatan belajar mengajar guru tidak hanya menerangkan materi yang sedang dipelajari tetapi juga membimbing setiap kelompok kecil. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendapat respon sangat tinggi oleh siswa, hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 82,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat roda dan ban secara signifikan. Kata kunci : model pembelajaran tipe jigsaw, roda dan ban, hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Achmad Wazim Indarwasid
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.852 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2786

Abstract

Achmad Wazim Indarwasid. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X di SMK Pancasila 1 Kutoarjo Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash, (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash, dan (3) Mengetahui perbedaan keaktifan alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo.Dengan subjek berjumlah 64 siswa. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas X TOKR A dan X TOKR B. Kelas X TOKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas X TOKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Macromedia Flash pada mata pelajaran alat ukur jangka sorong. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakan koin.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase minat belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode ceramah atau ppt dan diperoleh nilai rata-rata 63,09 dengan presentase kelulusan adalah 52,17%, sedangkan data nilai kelas eksperimen (X TOKR A) dengan macromedia flash dan diperoleh nilai rata-rata 80,03 dengan ketuntasn klasikal adalah 82,76%. Hasil observasi keaktifan, persentase keaktifan belajar siswa adalah 80,99% dari hasil tersebut, menunukan bahwa kektifan beajar siswa sudah masuk criteria baik dan memuaskan, karena sudah mencapai indicator keberhasilan, yaitu mencapai 70%. Hasil observasi motivasi, presentase motivasi belajar siswa adalah 89,31%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sudah masuk criteria baik dan memuaska, karena sudah mencapai indicator keberhasilan yaitu 70%. Perbandingan hasil belajar antara kelas control dan kelas eksperimen juga sangat signifikan. Hal ini ditunjukan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas control (X TOKR A) dengan ketuntasan klasikal 52,17%, dibandingkan dengan kelas eksperimen (X TOKR B) dengan rata-rata 80,03 dengan ketuntasan klasikal 82,76. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran media macromedia flash efektif untuk 28 Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo ISSN.2303-3738 Vol/07/No.01/Januari 2016 meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Kata Kunci : Media, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Keaktifan, dan Motivasi
PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TKR SMK NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN 2014/2015 Ali Wardani
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.271 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2787

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa dari SMK Nawa Bhakti Kebumen. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 48 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Nomogram Hary King. Data bersumber dari dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin kelas XI di SMK Negeri 4 Puworejo. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12.296>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (0,0011,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,002, yang berarti kurang dari 0,05 (0,002 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000
PENGARUH KREATIFITAS DAN FASILITAS PRAKTIK PENGUKURAN TEKNIK DI BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS X SMK N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Angestu Dwijoseno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.031 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2788

Abstract

Angestu Dwijoseno. Pengaruh Kreatifitas dan Fasilitas Praktik Pengukuran Teknik di Bengkel Otomotif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Program studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh antara kreatifitas terhadap prestasi belajar praktik pengukuran teknik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. (2) apakah ada pengaruh antara fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015.(3) apakah ada pengaruh antara kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, karena penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis kegiatan penelitian yang sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitian, baik tentang tujuan penelitian, subjek penelitian, objek penelitian, sampel data, sumber data, maupun metodologinya. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel kreatifitas, fasilitas prakik, dan prestasi belajar. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan Uji Simultan (uji F) dan Uji Parsial (uji T ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yang sangat kuat antara kreatifitas siswa terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t signifikansi (probability) sebesar 0,001 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan sebesar 12.296 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan tingkat hitung tabel signifikan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar yang dibuktikan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t tingkat signifikansi (probability) sebesar 0,002 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang positif sebesar 11.469 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan hitung tabel dan signifikan kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Purworejo yang dibuktikan dengan Hasil analisis nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO OVER HAUL (OH) SEPEDA MOTOR MATIC KELAS XI TSM DI SMK PN 2 PURWOREJO Arief Yuli Kurniawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.375 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2789

Abstract

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM A SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 73,67 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,00. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video over haul sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK PN 2 Purworejo. Kata Kunci : Media pembelajaran, audio video, sepeda motor.
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL UNTUK MATERI OVERHAUL SEPEDA MOTOR MATIC Widiyatmoko Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 1 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.727 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v7i1.2790

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan media pembelajaran audio visualyang tepat untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Teknologi Sepeda Motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda Motor Matic. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pembuatan (Research and Development) yang bertempat di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam waktu satu tahun. Obyek penelitian ini berupa pembuatan media pembelajaran interaktif dalam mata kuliah Teknologi Sepeda Motor khususnya pada materi Overhaul Sepeda Motor Matic. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis Eksperimen. Hasil penelitian ini 1).Proses pembuatan media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda motor matic dilakukan melalui beberapa tahab, yaitu: rancangan dan pengembangan yang meliputi : analisis kebutuhan, desain pembelajaran, dan desain produk media, evaluasi formatif produk awal dan implementasi produk akhir; 2) Media pembelajaran audio-video visual materi overhaul sepeda motor matic secara efektif dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan materi overhaul sepeda motor matic. Data nilai kelas kontrol (III/B) yang disampaikan menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran audio-video diperoleh nilai rata-rata 73,67. Sedangkan data nilai kelas eksperimen (III/A) dengan menggunakan media pembelajaran audio-video Overhaul yang dikembangkan dalam multimedia diperoleh nilai rata-rata 77. Kata Kunci : media, pembelajaran, audio,dan visual

Page 1 of 3 | Total Record : 24