cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Saintifika
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 141 Documents
FUNGSI GELOMBANG DAN RAPAT PROBABILITAS PARTIKEL BEBAS 1D DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRANK-NICOLSON
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.691 KB)

Abstract

Suatu partikel yang bergerak dengan momentum p, menurut hipotesa De-Broglie akan memiliki panjang gelombang λ, yang memiliki hubungan dengan bilangan gelombang k. Hipotesa De-Broglie juga berlaku untuk partikel bebas. Dalam hal ini partikel bebas merupakan suatu partikel yang bebas bergerak tanpa dipengaruhi oleh gaya apapun dalam suatu bagian ruang, F=0,V=0. Metode Crank-Nicolson merupakan salah satu dari beberapa metode beda hingga yang memiliki kestabilan tanpa syarat dan nilai errornya paling kecil dibandingkan dengan metode lainnya. Hasil simulasi dengan menggunakan metode Crank-Nicolson menunjukkan hasil yang cukup sesuai dengan teori. Dalam hal ini Partikel bebas merupakan representasi dari gelombang paket yang berosilasi di sekitar x=0 dalam suatu ruang yang berukuran ∆x, dimana probabilitas terbesar terletak di sekitar x = 0, dikarenakan pada daerah tersebutlah amplitude maksimum terjadi.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN IPA DENGAN METODE GAME PARASUT ILMU PLUS DI KELAS IIIB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG Setiawan, .
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.798 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan metode Game Parasut Ilmu Plus di kelas III B SDLBN Kedungkandang Malang, pada semester II tahun pelajaran 2012-20013 dengan jumlah siswa 4 orang dimana prestasi belajar siswa perlu ditingkatkan. Metode belajar yang digunakan adalah Metode Game Parasut Ilmu Plus. Metode Game Parasut Ilmu Plus adalah metode kegiatan belajar mengajar dengan mengajak siswa bermain dengan game yang berbentuk parasut ilmu plus. Metode Game Parasut Ilmu Plus diambil dari parasut ilmu yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logika/ matematika dalam buku Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif. Metode Parasut Ilmu Plus ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berlangsung 3 siklus dengan mengobservasi prestasi belajar siswa dengan memberikan tes dan observasi praktek game parasut ilmu ditiap siklusnya. Data yang dikumpulkan dengan tehnik observasi,catatan lapangan berupa nilai tes, observasi dan dokumentasi. Adapun Indikator untuk siswa yang dinyatakan memiliki prestasi belajar adalah siswa yang mendapat nilai diatas nilai rata-rata sebelumnya pada setiap observasi dan tes formatif. Prestasi belajar siswa dikatakan meningkat jika presentase masing-masing kegiatan mencapai nilai rata-rata 75 atau lebih dan sebaliknya dinyatakan tidak meningkat jika kurang dari 75. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan Metode Game Parasut Ilmu Plus, hal ini dibuktikan dengan presentase rata-rata hasil observasi prestasi belajar siswa dengan hasil tes formatif dan observasi rata-rata hasilnya 84 (ada peningkatan sebelumnya).
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PIPI CODIA DI KELAS IVB SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013 Sulistiyani, Sunar
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.102 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk untuk mengetahui prestasi belajar dan karakter siswa dengan Model Pembelajaran Pipi Codia di Kelas IVB SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IVB SDLBN Kedungkandang Malang pada semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 pada Kelas IVB yang berjumlah 4 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Guru menggunakan predikat Amat baik (A), Baik (B), Cukup (C), Kurang (K), Sangat Kurang (SK) untuk penilaian karakter siswa. Dalam penelitian ini pelajaran IPA yang diberikan pada kelas IV B semester I tentang Makhluk hidup dan proses kehidupan pada Stadar Kopetensi : Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya. Model Pembelajaran Pipi Codia adalah singkatan dari Picture and picture with Colour Diagaram model pembelajaran yang memadukan model pembelajaran Picture and picture dengan Colour Diagaram diharapkan metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis dan gambar-gambar tersebut dapat memperlihatkan atau menerangkan sesuatu dengan diagram venn berwarna. Peningkatan Prestasi belajar diperoleh dengan ketuntasan belajar secara individu rata-rata 85 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100%. Peningkatan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pipi Codia mencapai predikat B.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN DENGAN CARA PENJUMLAHAN DAN MEMAKAI ALAT BANTU SEMPOA BAGI ANAK TUNA RUNGUKELAS III SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG Nurwati, Hersi
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.045 KB)

Abstract

Di dalam proses pembelajaran peranan guru sangatlah penting, guru dituntut kemampuannya untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam menciptakan dan menumbuhkan minat belajar dan kreatif siswa. Dalam pembelajaran matematika agar siswa cepat menangkap pembelajaran dengan mudah dan dapat mengerjakan tugas dengan cepat selesai, maka guru perlu memberikan cara-cara dan memakai alat bantu yang dapat memudahkan siswa di dalam mengerjakan tugas. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membutuhkan perhitungan-perhitungan yang melibatkan angka-angka. Perhitungan itu dapat berupa perkalian, penjumlahan, pengurangan atau pembagian. Maka dari itu pemberian mata pelajaran matematika hendaknya dapat untuk memberikan bekal bagi siswa dalam kehidupannya di masyarakat kelak. Dengan pengetahuan matematika yang baik, maka akan dapat melaksanakan pekerjaan yang menyangkut dengan perdagangan atau ekonomi. Karena begitu pentingnya kegunaan perhitungan maka yang perlu kita berikan kepada siswa antara lain tentang system perkalian dengan menggunakan cara penjumlahan dangan alat bantu sempoa. Dari hasil PTK dengan 3 siklus didapat, bahwa metode penjumlahan dan alat sempoa dapat meningkatkan prestasi belajar perkalian anak Tuna Rungu kelas III SDLBN Kedungkandang.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATAKULIAH ASTRONOMI Bachtiar, Rayendra Wahyu
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.289 KB)

Abstract

Learning for this course is done either face to face or self-employment . Activities undertaken to deliver face- recognition theory and observation of the sky how to use the software as well as the results of previous observations , while self-employment activities are used as a standalone or in groups on the observation of celestial bodies . In addition to face- to-face , students get the material being taught or additional material in the medium of e -learning . Observation of celestial bodies without face to face , then the student gets a sheet works of e -learning and faculty supervision on the activities of student activities with an interactive way directly through the medium of e -learning. Instructional media used is a module , telescope , Stellarium software , video observations of celestial bodies . Always learning activities are integrated with the LMS media e -learning which has been used in university muddy . The presence of media e -learning is needed to study astronomy . In the media provided services for students and for faculty . Lecturers can mengaupload additional material either written or video as an enrichment of students , assignments , worksheets observations of celestial bodies , and quizzes . Students and faculty can interact with the chat service when the observation of celestial bodies independently so that teachers can supervise student activities and student can immediately respond in the event of problems when the observation took place . The method used is the method of research and development ( research and development ) so that this research will generate astronomical lecture material products based e -learning and test the effectiveness of these products . Based on the test results and analysis of data , the conclusions of this study are astronomical learning design can be designed with problem-based learning approach is by way of celestial observation project method . Product astronomy lectures designed teaching materials based e -learning so effective after hours face to face lectures , students can still make access learning through the medium of e -learning .
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI KEDUNGKANDANG KOTA MALANG PADA MATERI SUMBER ENERGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012 kuswidodo, .
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.235 KB)

Abstract

Usaha meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA bagi siswa tuna grahita memerlukan suatu terobosan dan pengembangan atau metode pembelajaran yang berfariasi. Perkembangan teknologi dalam pembelajaran siswa tuna grahita sangat diharapkan guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran di kelas. Namun peralatan dan metode pembelajarannya masih sangat terbatas cenderung stagnan tanpa perkembangan. Kendala utama yang dihadapi guru dalam pembelajaran IPA di sekolah adalah sulitnya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar, akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa juga belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penerapan metode eksperimen merupakan salah satu metode yang perlu diuji dan diteliti pemanfaatan dan kegunaannya dalam proses pembelajaran IPA pada siswa tuna grahita. Metode tersebut dapat melibatkan semua indera yang ia miliki (penglihatan, perabaan, pendengaran, penciuman dan pencecap). Dengan mengoptimalkan semua indera yang ada dapat mempermudah anak dalam mengingat dan menghafal. Semakin banyak faktor yang dilibatkan dalam proses pembelajaran akan semakin lengkap dan sempurna tanggapan anak terhadap suatu obyek pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis menekankan pada penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber energi dengan obyek penelitian siswa kelas IV tuna grahita SDLB Negeri Kedungkandang kota Malang tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 10 anak, Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , sedangkan masing – masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, (1). Penyusunan Rencana Tindakan. (2). Pelaksanaan Tindakan, (3). Observasi. (4). Refleksi. Analisa data dilaksanakan dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif Kualitatif. Kesimpulan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tuna grahita SDLB Negeri Kedungkandang Kota Malang pada materi sumber energi tahun pelajaran 2011-2012.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG DI KELAS III TUNA GRAHITA SDLBN KEDUNGKANDANG MALANG Sulistyawati, Lilik
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.523 KB)

Abstract

Banyak pembelajaran yang monoton. Hal itu disebabkan oleh motode yang digunakan tidak variatif. Padahal metode merupakan cara yang dipakai guru untuk memberi kesempatan siswanya agar memahami materi yang diajarkan. Salah satu metode yang memakai pembelajaran yang menyenangkan, tetapi tanpa harus mengorbankan tujuan yang ingin dicapai. Dengan memakai dasar tersebut, dirumuskan sebuah masalah yaitu bagaimana efektivitas metode permainan bentuk teka-teki silang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III Tuna Grahita SDLB Kedungkandang Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Permainan Teka Teki Silang di Kelas III Tuna Grahita SDLB Kedungkandang Malang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas karena mencoba mencari metode yang tepat sebagai solusi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia aspek Kesastraan. Dalam melakukan penelitian, peneliti memakai langkah penelitian yaitu (1) refleksi awal, (2) merumuskan masalah, (3) melakukan tindakan (acting), (4) melakukan Observasi (Observasing), (5) melakukan refleksi data (reflecting), dan (6) merancang daur ulang. Penelitian ini menggunakan tiga siklus. Instrument yang dipakai yaitu tes. Teknik pengumpulan datanya memakai (1) observasi, (2) angket, dan (3) analisis tugas siswa. yang menjadi subjek penelitian yaitu enam siswa kelas III tuna grahita SDLB Kedungkandang Malang dan seorang guru SDLB Kedungkandang Malang. Hasil yang didapat setelah dilakukan penelitian yaitu metode permainan bentuk teka-teki silang sangat efektif diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek kesastraan pada siswa kelas III tuna grahita SDLB Kedungkandang Malang. Hal ini terlihat pada hasil refleksi setiap siklus yang selalu mengalami peningkatan hasil belajarnya.
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM TEKNIK LABORATORIUM II UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN Wahyuni, Sri
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.188 KB)

Abstract

Praktikum Teknik Laboratorium II merupakan mata kuliah yang terintegrasi dengan mata kuliah Teknik Laboratorium II. Tujuan diselenggarakan mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan-keterampilan bereksperimen dengan alat-alat laboratorium yang berhubungan dengan alat-alat praktikum di sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan buku panduan praktikum pada mata kuliah Teknik Laboratorium II untuk mengetahui kemampuan bereksperimen mahasiswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development/ R & D) dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang direduksi menjadi model 3-D. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian ini telah berhasil mengembangkan buku panduan praktikum pada mata kuliah Teknik Laboratorium II, dan secara umum kemampuan bereksperimen mahasiswa fisika masih tergolong kurang, terutama dalam hal merumuskan hipotesis, bekerja sesuai langkah-langkah eksperimen, dan mengidentifikasi variabel, sedangkan keterampilan menggunakan alat dan membuat kesimpulan berada dalam kategori baik.
PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN AUTHENTIC ASSESMENT BERBASIS WEB BERPROGRAM MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH MAHASISWA FISIKA Putra, Pramudya Dwi Aristya
Saintifika Vol 15, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.958 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan authentic assessment berbasis web dengan program moodle dan menerapkannya dalam pembelajaran mata kuliah IPA terpadu sehingga meningkatkan hasil belajar mahasiswa. authentic assessment yang dikembangkan meliputi paper asisgment, portofolio dan written test. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika kelas x berjumlah 25 mahasiswa. penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan alur studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi. Studi lapangan meliputi analisis kurikulum, analisis mahasiswa, analisis tugas, perumusan indikator dan sarana prasana. Setelah semua perangkat dirancang maka dilakukan validasi. setelah divalidasi maka dilakukan pengunggahan perangkat beserta dengan tugas-tugas pada program e-learning. Hasil dari penelitian ini authentic assement yang dikembangkan mampu meningkatkan hasilbelajar siswa yang miliputi segi kognitif, psikomotor dan afektif. Ketiga unsur yang telah dikembangkan dalam penelitian ini adalah penggambaran dari kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan fisika.
ANALYSIS OF STUDENTS’ READINESS IN FACING NATIONAL EXAMINATION 2014 AFTER ADDITIONAL LEARNING GIVEN AT SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH BANYUWANGI Santoso, Sunyoto Edy
Saintifika Vol 16, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.418 KB)

Abstract

Ujian Nasional adalah sistem penilaian umumnya dianggap sebagai beban bagi siswa, dan begitu juga orang tua dan guru karena mereka merasa begitu khawatir jika mereka tidak bisa lulus ujian atau mendapatkan nilai buruk dalam beberapa kasus. Hasil Ujian Nasional 2013 di SMAN Darussholah Singojuruh menegaskan bahwa sekitar 40% dari siswa yang mendapat skor 5,5 - 6,0. Dengan demikian, komite SMAN Darussholah Singojuruh, sebagai wakil orang tua mereka diminta untuk memiliki belajar tambahan di sekolah dalam bentuk bimbingan belajar yang didukung oleh salah satu Pusat Kursus untuk meningkatkan kualitas kelulusan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional 2014. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk semua siswa kelas 3 SMAN Darussholah Singojuruh di tahun akademik 2013/2014 dari. Ada 194 siswa yang terdiri dari 3 kelas sains (93 siswa) dan 3 kelas sosial. Belajar atau kursus tambahan pusat telah diberikan setelah sekolah selama sekitar 90 menit dengan menargetkan semacam pelajaran Ujian Nasional. Data dari simulasi ujian nasional digunakan sebagai indikator kelulusan mencerminkan siswa siswa kesiapan akademis dalam menghadapi ujian. Hasil pengamatan selama menjalankan simulasi didukung oleh kuesioner untuk menunjukkan kesiapan siswa dalam menghadapi itu secara psikologis. Berdasarkan hasil analisis, data dari skor simulasi menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai lebih dari 6,0 dari kedua kelas ilmu pengetahuan dan kelas sosial lebih dari 90%. Selain itu, hasil pengamatan selama simulasi dikonfirmasi tingkat independen sekitar 95%. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa SMAN Darussholah Singojuruh secara psikologis siap dalam menghadapi Ujian Nasional 2014. Ini menegaskan bahwa siswa yang secara akademis dan psikologis siap, bahkan lebih, mereka dianggap sangat siap untuk menghadapi ujian.

Page 1 of 15 | Total Record : 141