cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
SCAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2015)" : 8 Documents clear
REDESAIN SISTEM REKRUTMEN PEGAWAI BERBASIS PHP BOOTSTRAP Parlika, Rizky; Hakim, Arif Rahman; S. Gama, Nemicio de; Parlika, Anjaya
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.599

Abstract

Abstrak, Kebutuhan akan Aplikasi Rekrutmen Online yang handal semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk mendapatkan Calon Pelamar yang berkualitas dalam waktu yang relatif cepat. Untuk itu dikembangkanlah Aplikasi Rekrutmen Online dalam beberapa tahap. Pada makalah ini para penulis ingin menceritakan pengalaman mereka dalam mengembangakan Aplikasi rekrutmen dalam tiga tahap evolusi. Pada bagian pertama dibangunlah aplikasi rekrutmen menggunakan bahasa pemrograman PHP secara terstruktur dengan database yang belum ternormalisasi. Pada Bagian pertama yang penulis sebut sebagai RK01 memang setelah direlease, aplikasi dapat berjalan dengan baik, namun masalah muncul ketika akan dibangun Backend-nya. Karena masih beruta Tabel yang flat artinya seluruh kolom yang dibutuhkan dimasukkan dalam 1 tabel pada 1 database, sehingga selain melanggar Normalisasi 1 NF yakni terdapat atribut multivalue dan atribut composite, Susunan Tabel ini akan sangat mudah memunulkan adanya redudansi dan inkonsistensi informasi. Melihat masalah ini, beberapa waktu kemudian penulis mencoba membangun ulang sebuah Aplikasi Rekrutmen menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dikombinasi menggunakan javascript dan Jquery yang selanjutnya disebut sebagai RK02. Pada RK02 Database dipecah mengikuti Standar Normalisasi hingga 3 NF, sehingga ketika dikembangkan dari sisi Backendnya Penulis tidak mengalami kesulitan yang berarti. Masalah muncul ketika kebutuhan akan Aplikasi yang mendukung fitur mobile Responsive seiring dengan menjamurnya berbagai Jenis Telepon Pintar dan Komputer Tablet. Aplikasi dituntut mampu beradaptasi dengan berbagai ukuran layar dan browser yang digunakan oleh Client dlaam hal ini Calon Pelamar yang akan menggunakan Aplikasi rekrutmen ini. Untuk memenuhi perubahan tersebut, dilakukanlah proses Redesain dari RK02 menjadi RK03. RK03 dilengkapi dengan fitur Mobile Responsive yang dikembangkan dari Framework CSS Twitter Bootstrap. Meskipun kedepan masih bisa dikembangkan ke RK04 dengan memanfaatkan teknologi pemrograman PHP berbasis Framework, namun pada bentuk RK03 ini, Aplikasi telah mampu berjalan dengan baik dalam mendapatkan Calon Pelamar sesuai kriteria yang diinginkan Stakeholder dalam waktu yang relatif lebih cepat yakni 2 mingu bisa diperoleh hingga kurang lebih 6.000 pelamar yang telah terseleksi secara otomatis sebelum masuk dalam tahap verifikasi tahap ke-2. Keyword : Aplikasi Rekrutmen, Redesain, RK01, RK02, RK03.
PEMBUATAN APLIKASI MUSEUM GUIDE MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Museum Mulawarman Tenggarong) Fitriansyah, Jefri; Agus, Fahrul; Khairina, Dyna Marisa
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.596

Abstract

Abstrak. Salah satu  fungsi museum yaitu menyampaikan informasi mengenai benda bersejarah kepada masyarakat. Cara penyampaian informasi kepada masyarakat diantaranya dengan pembuatan folder (booklet) dan melakukan kegiatan pameran. Perkembangan teknologi dibidang multimedia dapat dijadikan alternatif sarana penyampaian informasi yang menarik dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai koleksi yang ada di museum. Salah satu teknologi multimedia yang sedang berkembang yaitu augmented reality. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan objek virtual 3 dimensi ke dalam lingkungan nyata yang ditangkap oleh kamera dan menampilkannya secara realtime sehingga seolah-olah objek tersebut berada di lingkungan nyata. Penelitian ini membuat aplikasi museum guide dengan menggunakan teknologi augmented reality yang diimplementasikan pada mobile device berbasis android dan menggunakan library AndAR. Pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik pada mobile device berbasis android dan dapat menampilkan model 3D dilayar mobile device dengan posisi yang sesuai dengan posisi marker dilayar. Aplikasi juga dapat menampilkan informasi detail sesuai dengan model 3D yang tampil dilayar. Pengujian aplikasi juga dilakukan dengan menggunakan marker yang berwarna dan dengan kondisi cahaya yang berbeda untuk mengetahui kinerja aplikasi dalam mendeteksi marker dan menampilkan model 3D. Kata Kunci : Museum, Augmented Reality, Mobile, Android
ANALISA PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY AHP (STUDI KASUS: KABUPATEN PAMEKASAN) Hidayat, Hari Toha
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.597

Abstract

Abstrak. Pamekasan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Madura, dimana sebagian dari penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Petani jagung di Madura selama ini masih menemukan banyak kendala dalam penanaman jagung yang dimulai dari kendala lahan sampai dengan hasil panen yang tidak memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem informasi yang bisa digunakan untuk menganalisa layak atau tidaknya lahan penanaman jagung. Adapun sistem yang akan dibangun menggunakan metode fuzzy ahp dengan memiliki 5 kriteria yakni sifat fisik tanah, sifat kimia tanah, topografi, iklim dan bahaya. Sedangkan subkriterianya terdiri dari curah hujan, tekstur tanah, KTK, kejenuhan basa, pH, C-organik, bahaya erosi, banjir, lereng, dan kedalaman tanah Kata kunci: fuzzy ahp, kriteria, sub kriteria
PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE DENGAN SISTEM TAWAR-MENAWAR ANTARA PEMBELI DENGAN SISTEM MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO Alif Utama, Muh. Sandyoga; Swanjaya, Daniel; Subagyo, Subagyo
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.600

Abstract

Abstrak. E-commerce merupakan mekanisme bisnis yang sudah menjamur keberadaanya. Namun saat ini e-commerce hanyalah situs penjualan yang hanya merespon permintaan dari pembeli berupa membeli dan memesan produk, tanpa adanya tawar-menawar. Padahal, dalam transaksi jual beli terdapat proses yang sangat penting bagi konsumen, yaitu tawar-menawar. Tujuan penelitian ini adalah menyediakan aplikasi e-commerce yang mampu melayani proses tawar-menawar antara pembeli dengan sistem. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yang pertama adalah metode tsukamoto yang digunakan untuk menentukan nilai bobot, nilai bobot tersebut kemudian digunakan untuk menentukan batas penawaran dan harga baru yang akan ditawarkan sistem kepada kostumer. Metode kedua yang digunakan adalah bargaining zone, metode ini digunakan untuk mengetahui bagaimana proses tawar-menawar pada sistem berjalan sesuai dengan tawar-menawar secara langsung. Untuk membangun aplikasi ini, gambaran model sistem yang digunakan adalah diagram alir, diagram konteks, dan data flow diagram, serta dalam perancangan basis data menggunakan entity relationship diagram. Simpulan yang didapat dari penulisan skripsi ini adalah sebuah aplikasi penjualan online yang tidak hanya bisa digunakan untuk berbelanja perlengkapan olahraga saja, tetapi juga bisa melakukan proses tawar-menawar terhadap produk yang diinginkan dimanapun dan kapanpun. Sehingga transaksi dapat berjalan secara efektif, efisien dan diharapkan terjadi kesepakatan yang optimal. Kata kunci: bargaining zone, e-commerce, tawar-menawar.
PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK REKAM MEDIK MENGGUNAKAN WINDOWS PRESENTATION FOUNDATION YANG TERINTEGRASI DENGAN APLIKASI DAILYDRINK PADA PONSEL ANDROID MELALUI WINDOWS COMMUNICATION FOUNDATION Sarwosri, Sarwosri; Sunaryono, Dwi; Filardha, Khalifa
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.595

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi telah membawakan berbagai perubahan dalam kehidupan manusia. Perubahan tersebut meliputi dampak negatif yang salah satunya berupa malnutrisi yang disebabkan oleh perilaku yang tidak disiplin. Hal ini melatarbelakangi pengembangan aplikasi DailyDrink yang dapat membantu mengatasi perilaku tidak disiplin pada pola konsumsi air harian. DailyDrink merupakan sebuah aplikasi untuk sistem operasi Android versi 2.2. yang ditujukan untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi berfungsi sebagai pengingat waktu air minum berdasarkan kebutuhan nutrisi air yang telah dikalkulasikan oleh aplikasi. Pengguna juga dapat meminta rekomendasi dalam pola konsumsi nutrisi cairan non air murni. Fitur-fitur aplikasi berjalan dengan rumusan pola nutrisi yang berkesesuaian dengan rekam medik pengguna yang didapatkan melalui sebuah web service yang terhubung dengan aplikasi rekam medik klinik. Aplikasi dapat digunakan sebagai alat bantu dalam memperbaiki disiplin nutrisi penggunanya dengan memberikan pengingat minum air yang berkesesuaian dengan kebutuhannya. Selain itu aplikasi juga dapat membantu pengguna dalam menentukan jumlah takaran untuk minuman tertentu dengan menggunakan integrasi dengan aplikasi rekam medik klinik untuk mendapatkan data tes kesehatan tertentu. Kata Kunci: Nutrisi cairan, disiplin nutrisi, rekam medik, android,  web service.
PEMERINGKATAN PENYEDIA LAYANAN SOFTWARE AS A SERVICES DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY AHP DAN RELATIVE SERVICE RANKING VALUE S, Reza Andria; Sarwosri, Sarwosri
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.594

Abstract

Abstrak. Teknologi komputasi awan telah muncul sebagai sebuah solusi alternatif untuk memberikan layanan sumber daya berbasis kebutuhan bagi pengguna. Salah satu jenis layanan pada layanan komputasi awan adalah layanan softwere as a service (SaaS) dimana perangkat lunak telah disediakan untuk dapat digunakan langsung oleh pengguna. Keberagaman perangkat lunak SaaS yang disediakan oleh penyedia layanan dengan fungsi yang sama menimbulkan permasalahan dalam pemilihan layanan oleh pengguna. Pada penelitian ini, diusulkan model pemeringkatan perangkat lunak SaaS. Model yang dihasilkan mengkombinasikan metode fuzzy AHP dengan metode relative service ranking value. Untuk melakukan proses perangkingan diperlukan matrik kualitas untuk menentukan faktor kualitas dan kriteria kualitas pada layanan SaaS,  matriks kualitas yang disusun melalui penelitian ini merupakan pengembangan dan modifikasi dari standar ISO 9126 dan penelitian yang telah dilakukan sebulumnya.  Hasil simulasi perhitungan dilakukan menunjukkan bahwa sistem pemeringkatan yang dihasilkan dapat dilakukan untuk membandingkan aspek-aspek kualitas pada layanan SaaS, dengan hasil akhir perbandingan nilai kualitas keseluruhan dari masing-masing penyedia layanan. Keyword: Matrik kualitas perangkat lunak, SaaS, Fuzzy, AHP, Relative Service Ranking Value
SISTEM PENGAMANAN WEB SERVER DENGAN WEB APPLICATION FIREWALL (WAF Suartana, I Made; Wahanani, Henni Endah; Sandy, Aditya Noor
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.598

Abstract

Abstrak. Seiring dengan perkembangan jaringan internet dan semakin banyaknya pengguna aplikasi pada platform web, ancaman terhadap keamanan data dan informasi juga semakin meningkat. Berdasarkan laporan yang dibuat oleh IBM research development, serangan pada aplikasi web yang paling populer pada retang waktu tahun 2009 sampai 2013 adalah SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS) [5]. Untuk melindungi pengguna aplikasi web dan menjamin keamanan data dan transaksi pada jaringan internet maka perlu dikembangkan suatu mekanisme keamanan untuk mencegah serangan yang mungkin muncul. Penelitian ini membahas penggunaan Wireless Apllication Firewall (WAF) dengan menggunakan ModSecurity sebagai mekanisme untuk mencegah serangan SQL Injection dan XSS.  Penggunaan WAF dilengkapi dengan mekanisme pelaporan dan audit terhadap serangan yang terjadi menggunakan Jwall Auditconsole. Berdasarkan hasil ujicoba terhadap skenario yang digunakan penerapan rule dari ModSecurity dapat mencegah serangan SQL Injection dan XSS dan Auditconsole dapat digunakan sebagai mekanisme pelaporan serangan, dan mengetahui tingkat bahaya dari serangan tersebut. Kata kunci: Keamanan Web, Web Application Firewall (WAF), Modsecurity.
APLIKASI REKOMENDASI TAG PADA SITUS BERBAGI GAMBAR FLICKR® Purbasari, Intan Yuniar; Cai, Hongyun; Lao, Angeli Diane; Al-Rawahi, Iman Mohamed
SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 10, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/scan.v10i1.593

Abstract

Abstrak. Dalam sebuah situs berbagi gambar, ketika pengguna akan mengunggah sebuah gambar, biasanya akan memberikan tag/keterangan pada gambar tersebut. Tujuannya agar gambar dapat ditemukan kembali oleh pemiliknya atau oleh pengguna lain yang memiliki minat yang sama terhadap topik gambar tersebut. Aplikasi ini menerapkan teknik Asossiation Rule Mining pada tag sebuah situs berbagi gambar untuk memberikan rekomendasi pada pengunggah gambar tentang tag lain yang dapat ditambahkan pada gambar yang akan diunggah berdasarkan pada pasangan tag yang sering muncul pada database gambar yang ada, dengan mengasumsikan tag yang digunakan adalah dalam bahasa Inggris. Dalam percobaan berskala kecil ini, diambil tag awal “animal” sebagai topik utama pencarian untuk kemudian dicari tag lain yang berasosiasi dengan tag tersebut. Aplikasi ini dapat menghasilkan rekomendasi tag lain ketika pengguna melakukan pencarian sebuah tag yang bertemakan “animal”. Kata kunci: rekomendasi tag, association rule mining, flickr

Page 1 of 1 | Total Record : 8