cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jip@unikama.ac.id
Editorial Address
Jl.S.Supriadi No.48 Malang Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inspirasi Pendidikan
ISSN : 20889704     EISSN : 25494147     DOI : 10.21067
Core Subject : Education,
The Jurnal Inspirasi Pendidikan is a publication that contains the results of critical research and studies in the fields of education and teaching. Published twice in one year by the Association of Educators of Universitas Kanjuruhan Malang. This journal is expected to be the medium of publication of the results of qualified scientific research as well as scientific disclaimers in the fields of education and teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PILIHAN GANDA UNTUK MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK KONSEP TERMODINAMIKA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.203 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1317

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan instrumen penilaian sebagai upaya untuk mengidentifikasi karakteristik konsep Termodinamika mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Kanjuruhan Malang. Instrument penilaian yang dikembangkan adalah tes pilihan ganda. Prosedur penelitian mengikuti langkah-langkah pengembangan yang dilakukan oleh Borg and Gall. Langkah tersebut telah diadopsi dan dimodifikasi oleh Sukmadinata. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, tes uraian, dan tes pilihan ganda distraktor bermakna. Berdasarkan data angket validasi oleh ahli, diketahui bahwa instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan layak dalam ranah materi, konstruksi, dan bahasa. Data dianalisis untuk mengidentifikasi karakteristik konsepsi, analisis dilakukan meliputi: analisis tiap indikator soal, analisis level tiap butir soal, analisis profil peserta didik, dan analisis profil kelas. Secara keseluruhan, analisis profil kelas menunjukkan bahwa mahasiswa yang memahami konsep dengan benar masih tergolong rendah, yaitu 29,68 %, sedangkan 70,32 % mengalami miskonsepsi.
MODEL PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BERBASIS PEMINATAN Diana Wulandari
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.524 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1318

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan konsep-konsep pembelajaran untuk menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriftif, pendekatan ini menitikberatkan pada pemahaman, pemikiran, dan persepsi peneliti. Hasil dari persepsi peneliti terhadap berbagai materi mengenai model pembelajaran yang menyenangkan berbasis peminatan, bahwa seorang siswa memiliki minat yang berbeda pada materi pelajaran tertentu di sekolah. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari model pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa tersebut memiliki minat untuk terus mempelajari materi tersebut pada jenjang pendidikan selanjutnya. Kata kunci : Model Pembelajaran, Minat, Bakat
PENGGUNAAN SOAL TERBUKA DENGAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BILANGAN BULAT BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG I Ketut Swastika; Maya Safrina
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.59 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1319

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran penggunaan soal terbuka dengan Scaffolding untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa calon guru SD di Universitas Kanjuruhan Malang pada materi Bilangan Bulat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar pada setiap tindakan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan soal terbuka dengan Scaffolding dapat meningkatkan pemahaman materi pengoperasian bilangan bulat bagi mahasiswa PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada dosen yang hendak menggunakan soal terbuka dengan Scaffolding perlu meningkatkan motivasi dengan memberikan wacana yang membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas. Kata Kunci: Pembelajaran, Soal Terbuka, Scaffolding, Pemahaman
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DILIHAT DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA Muhammad Sayyadi; Arif Hidayat; Muhardjito Muhardjito
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.302 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor dilihat dari kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas eksperimen belajar menggunakan Inkuiri terbimbing dan kelas kontrol belajar menggunakan Pembelajaran Konvensional. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan Analisis varian dua Jalur. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah serta kemampuan memecahkan masalah Fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, kemampuan pemecahan masalah Fisika, materi Suhu dan kalor, kemampuan awal
PENGGUNAAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA PEMBUKTIAN MAHASISWA Vivi Suwanti
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.295 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1326

Abstract

Dalam pembelajaran Struktur Aljabar 1 mahasiswa seringkali menemui kesulitan dalam mengkonstruksi bukti. Salah satu alasan yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah kurangnya kemampuan logika pembuktian mahasiswa sehingga tidak dapat membuat keputusan langkah yang tepat untuk mengkonstruksi bukti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan logika pembuktian mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 31 mahasiswa kelas 2014 D tahun ajaran 2015/2016 Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Dari hasil penelitian didapatkan, terjadi peningkatan nilai rata-rata pada siklus 1 dari 58.96 menjadi 60.5. Mahasiswa dengan nilai di atas 70 juga meningkat dari 32% menjadi 38%. Pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat dari 60.5 menjadi 70.1. Mahasiswa yang mendapatkan nilai di atas 70 juga meningkat menjadi 58%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep sebagai bantuan visualisasi alur logika pembuktian dapat meningkatkan kemampuan logika pembuktian mahasiswa dan memberikan respon positif dalam kegiatan belajar. Kata kunci : pembuktian, logika, peta konsep
PENGEMBANGAN MODUL BARISAN DAN DERET BERBASIS KONSTEKSTUAL Tri Candra Wulandari
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.227 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul barisan deret untuk siswa SMK program pariwisata. Pengembangan modul matematika pada materi Barisan dan Deret ini ditujukan pada siswa dan guru dengan harapan siswa dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kecepatan belajar siswa (mastery learning). Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan masalah-masalah yang sering dihadapi di dunia pariwisata. Penelitian pengembangan dilakukan dalam tiga fase yaitu: (1) penelitian awal (preliminary research), (2) fase pengembangan (prototyping phase), dan (3) fase penilaian (assessment phase). Berdasarkan hasil validasi, modul yang dikembangkan merupakan modul yang telah di validasi sebanyak 2 (dua) tahap. Perolehan skor rata-rata keseluruhan aspek adalah 3,58. Menurut kriteria kevalidan yang telah ditetapkan, maka modul dapat dikatakan valid yang berarti modul tersebut layak digunakan. Kata kunci: pengembangan modul, kontekstual, barisan dan deret
OPTIMALISASI PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MATAKULIAH MIKROBIOLOGI OPTIMIZATION DEVELOPMENT BASED BLENDED LEARNING MOODLE COURSE FOR MICROBIOLOGY Permata Ika Hidayati
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.51 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1328

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah berdasarkan Microbiology Learning Management System, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, memotivasi mahasiswa, dan meningkatkan fleksibilitas pembelajaran. Metode penelitian ini ialah mengunakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang dirancang untuk mengembangkan sebuah media interaktif yang dapat digunakan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan. Dalam pengembangan media ini digunakan dua model pengembangan yakni model waterfall dan prototype pfleeger. Dari hasil uji validasi dan uji coba produk diketahui bahwa LMS berbasis moodle yang dikembangkan telah memenuhi standard performa yang dibutuhkan agar moodle bisa berjalan dengan layak sehingga, tidak membuat pengguna bosan karena terlalu lambat atau terlalu banyak fitur-fitur yang tidak diperlukan. Kata Kunci: Blended Learning, Moodle, Mikrobiologi
BANTUAN AWAL KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI INTERVENSI POLA DAN STRUKTUR Timbul Yuwono; Tatik Retno Murniasih
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.472 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perolehan kesadaran pola dan struktur matematika pada anak usia dini. Subyek penelitian adalah siswa kelas B TK Permata Iman 2 Malang yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan perempuan berusia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, menggunakan strategi studi kasus. Studi kasus diarahkan pada intervensi pola dan struktur anak usia dini selama proses pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa untuk berbagai tugas bisa andal dikategorikan sesuai dengan fitur struktur matematika. Empat kategori perkembangan struktural meliputi: tahap pra-struktural, tahap emergent, tahap struktural parsial, dan tahap perkembangan struktural. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: a) siswa dapat menggunakan representasi numerik dalam bentuk gambar berpola, dan b) hasil pekerjaan siswa terdistribusi pada 5 anak kategori tahap pre-structural, 4 anak kategori tahap emergent, 5 anak kategori tahap partial, dan 7 anak kategori tahap structural. Kata-kata Kunci: intervensi, pola dan struktur, representasi numerik
PENERAPAN METODE BERMAIN GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SPEAKING 2 Siane Herawati; Muhammad Suharto; Maria Cholifah
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.756 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1346

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Menguji pengaruh penerapan metode bermain game terhadap sikap mahasiswa pada mata kuliah speaking 2, 2) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris 3) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap penguasaan kalimat bahasa Inggris 4) Menguji pengaruh penerapan bermain game terhadap kemampuan komunikasi menggunakan bahasa Inggris.Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kanjuruhan Malang, pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dukumen dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan Constant Comparative Method: membandingkan kejadian yang berlaku untuk setiap kategori, integrating categories and their properties, delimiting the theory, dan speaking the theory. Data kuantitatif dianalisis deskriptif dengan statistik Korelasi Product Moment untuk mencari nilai akhir. Peneliti mendapatkan banyak kemajuan setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode bermain game. Adapun dilihat pada kemampuan dan keberanian berbicara bahasa Inggris yang spontanitas serta penambahan kosa kata pada mahasiswa semester 2 tersebut.Hasil dari variabel X ( Strategi bermain game) dari 80 orang mahasiswa adalah 5831, sedangkan variabel Y (kemampuan berbicara bahasa Inggris) adalah 7189. Setelah dihitung dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment r hitung adalah 0.8090. Dengan nilai 0.8090, jika diinterpretasikan sesuai dengan Interpretasi Koefisien Korelasi nilai r. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi variabel X (bermain game) mempunyai pengaruh tingkat hubungan yang sangat tinggi terhadap variabel Y (kemampuan berbicara bahasa Inggris. Kata-kata kunci: metode, bermain, game
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLIM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X-1 SMA Ibnu Mualam
Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.16 KB) | DOI: 10.21067/jip.v6i2.1349

Abstract

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model Problim Based Learning diharapkan prestasi belajar peserta didik meningkat, Dari ketiga siklus menunnjukkan prestasi belajar peserta didik . Dapat disimpulkan metode problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dari 32 peserta didik didapatkan data nilai pada akhir pelaksanaan tindakan pada setiap siklus tampak ada peningkatan pembelajaran dan hasil pembelajaran disetiap siklus meningkat pula yaitu nilai rata-rata sebelum diadakan penelitian 42,8, pada siklus I 69,4 dan pada siklus II 74,4 dengan prosentase kenaikan nilai rata-rata ulangan harian sebelum diadakan PTK ke siklus I naik 62,15% dari siklus I ke siklus II naik 7,20 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem-Based Learning dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan logika matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Kata kunci: Logika, Problem-Based Learning

Page 1 of 2 | Total Record : 11