cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 60 Documents
Search results for , issue "Prosding PPs tanggal 26 November 2016" : 60 Documents clear
APLIKASI EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING Fitriasari, Putri
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.847 KB)

Abstract

Abstrak:  penggunaan teknologi pada proses pembelajaran mengubah pandangan kita bahwa di zaman sekarang pembelajaran berbasis IT sedang digaungkan. Pembelajaran menggunakan teknologi salah satunya adalah pembelajaran berbasis internet atau biasa kita sebut e-learning. Dalam e-learning banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu terlaksananya proses belajaran mengajar salah satunya adalah Edmodo. Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen dan siswa/mahasiswa yang menyediakan beberapa fitur untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis, penilaian, dan lain sebagainya. Melalui edmodo guru dan siswa dapat berbagi catatan dan dokumen serta dapat melajutkan diskusi secara online.  Kata kunci : e-learning, Edmodo, media pembelajaran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) PADA SISWA KELAS X SMK PELAYARAN SINAR BAHARI PALEMBANG Wahidy, Achmad; Hidaroyani, Yuli
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui strategi peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas X SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Lrg. Pasundan Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan Ilir Timur II Palembang Sumatra Selatan dengan Subjek penelitian  siswa kelas X Notik A tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pada siklus pertama kemampuan menulis karangan narasi siswa sebesar 76,67% dan setelah diberikan tes pada siklus kedua kemampuan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan mencapai 90,00% siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama sebesar 13,33% atau 13% siswa sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil mencapai indikator yang diharapkan dan hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui strategi peta konsep pada siswa kelas X SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembangtercapai dengan baik. Kata kunci: Karangan Narasi, Strategi Peta Konsep (CONCEPT MAPPING)
STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU BAHASA INDONESIA Sugiarti, Sugiarti
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Komponen penting dalam pendidikan adalah guru. Guru memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya membentuk watak bangsa dan mengembangkan potensi siswa dalam kerangka pembangunan pendidikan di Indonesia. Petugas yang profesional adalah petugas yang memiliki keahlian, tanggung jawab, dan rasa kesejawatan yang didukung oleh etika profesi yanng kuat. Rumusan Masalah dalam Makalah ini adalah (1) Apakah pengertian profesionalisme guru? (2) Bagaimanakah strategi pengembangan profesionalisme guru bahasa Indonesia? Makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan mengenai profesionalisme guru bahasa Indonesia. Guru yang profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompeten, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Jalan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Profesionalisme guru  yaitu:  (1) Peningkatan kesejahteraan, (2)  Kurangi beban guru dari tugas-tugas administrasi yang sangat menyita waktu.  (3) Penyelenggaraan pelatihan dan sarana. (4) Pembinaan perilaku kerja (5) Memahami tuntutan standar profesi yang ada, Upaya memahami tuntutan standar profesi yang ada (di Indonesia dan yang berlaku di dunia) harus ditempatkan sebagai prioritas  utama jika guru kita ingin meningkatkan profesionalismenya. Utama jika guru kita ingin meningkatkan profesionalismenya. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya.  Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia.
MODEL-MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU Pratiwi, Nova
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sebagai sebuah profesi, guru dituntut mampu memberikan pelayanan terbaik dan senantiasa mengembangkan keahlian dibidangnya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), maka guru perlu dikenalkan berbagai model pengembangan profesionalisme. Makalah ini berisikan kajian tentang model pengembangan profesionalisme guru yang telah dikaji dan dikembangkan oleh beberapa teoritis dan praktisi, dengan tujuan memberikan masukan dan pilihan kepada para guru dalam upaya meningkatkan profesionalisme. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pengembangan profesionalisme guru antara lain: (1) program studi lanjut, (2) program penyetaraan dan sertifikasi, (3) program pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, (4) program supervisi pendidikan, (5) Program pemberdayaan MGMP, (6) simposium guru, (7) program pelatihan pembelajaran aktif (8) membaca dan menulis karya ilmiah, (9) berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah, (10) melakukan penelitian, (11) magang, (12) mengikuti berita aktual dari media massa, (13) berpartisipasi dalam organisasi profesi, (14) melakukan kerjasama dengan teman sejawat, (15) observasi dan penilaian, (16) pemberian penghargaan. Disarankan bagi para guru untuk memilih dan melakukan beberapa model pengembangan profesionalisme yang mungkin dapat dilakukan, sebagai salah satu upaya mengembangkan diri dan menjawab tantangan perkembangan IPTEK untuk memberikan pelayanan terbaik bagi siswa.Kata Kunci: Model Pengembangan, Profesionalisme Guru
MENDIDIK ALA NABI MUHAMMAD SAW Sulaiman, Ahmad
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kajian ini berjudul “MENDIDIK ALA NABI MUHAMMAD SAW”, dan memiliki latar belakang bahwa Nabi Muhammad SAW (guru) telah berhasil membina kaum kafir Quraisy (siswa) menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa dalam waktu singkat. Tujuan dilakukannya analisis ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mendidik dengan profesional ala Nabi Muhammad SAW. Kajian ini menghasilkan temuan, yaitu bahwa metode yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam mendidik para sahabatnya, dengan menggunakan berbagai metode, tergantung jenjangnya. Adapun jenjang pendidikan di masa Nabi Muhammad SAW ada tiga jenjang, yaitu pendidikan anak, pendidikan remaja, dan pendidikan dewasa. Pendidikan anak, maka metode yang digunakan adalah metode kasih sayang, sedang pendidikan remaja menggunakan metode membangkitkan rasa percaya diri terhadap siswa yang remaja sambil berdo’a kepada Allah SWT. Adapun pendidikan dewasa digunakan metode menghormati, memuliakan dan menghargai siswa yang dewasa. Kemudian kaifiyat Nabi Muhammad SAW dalam mendidik para sahabatnya adalah dengan menggunakan cara sesuai kemampuan kadar pola pikir atau akal siswanya. Dari berkat pendidikan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya, maka lahirlah ‘Khairul Ummah’. Kata Kunci: Mendidik, Nabi Muhammad SAW
ANALISIS HASIL UJI KINERJA GURU EKONOMI DAN AKUNTANSI PESERTA PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) 2016 TAHAP II PADA SUBRAYON 106 UNIVERSITAS SRIWIJAYA Hodsay, Zahruddin
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Penelitian ini berjudul Analisis Hasil Uji Kinerja Guru Ekonomi dan Akuntansi Peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016 Tahap II pada Subrayon 106 Universitas Sriwijaya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil Uji Kinerja Guru Ekonomi dan Akuntansi Peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016 Tahap II pada Subrayon 106 Universitas Sriwijaya ?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hasil Uji Kinerja Guru Ekonomi dan Akuntansi Peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016 Tahap II pada Subrayon 106 Universitas Sriwijaya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi dan akuntansi yang menjadi peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016 Tahap II pada Subrayon 106 Universitas Sriwijaya yang berjumlah 32 orang.Penelitian ini penelitian polulasi, oleh karena  populasi sekaligus menjadi sampel. Adapun instrument penelitian (pengumpulan data) dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket atau kuesioner.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptikf kualitatif dengan cara persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Uji Kinerja Guru Ekonomi dan Akuntansi Peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016 Tahap II pada Subrayon 106 Universitas Sriwijayaselama kegiatan PLPG antara lain dalam hal kedisiplinan, komunikasi, kerjasama, motivasi dan tanggungjawab rata-rata 36,91 % pada kategori baik dan rata-rata 62,96 % pada kategori sangat baik. Namun dalam hal inisiatif sebanyak 0,13 % pada kategori kurang baik. Sedangkan uji kinerja pada kegiatan peer teaching menunjukkan sebanyak 50,79 % pada katergori sangat baik, sebanyak 48,29 % pada katergori baik dan 0,92 pada kategori kurang baik. Kata Kunci : Uji Kinerja, Ekonomi Akuntansi, PLPG
ALUMNI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI PERGURUAN TINGGI Ardiansyah, Arif
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Perguruan Tinggi belum secara maksimal memanfaakan  alumni mereka di dalam peningkatan mutu pendidikkan dan strategi pemasaran di Perguruan Tinggi. Sejauh ini pertemuan alumni hanya untuk ajang silahturahmi yang dikemas dalam acara temu kangen dan arisan. Di sisi lain  alumni perguruan tinggi sendiri terkesan tidak peduli setelah lulus dari perguruan tinggi. Salah satu penyebabnya belum adanya wadah sebagai alat komunikasi antar alumni dan  perguruan tinggi yang permanent. Artikel ini ingin menjawab permasalahan tersebut dengan harapan perguruan tinggi dan alumni dapat bersinergi terkait dengan peningkatan mutu peguruan tinggi sekaligus sebagai strategi pemasaran perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian  ini diambil melalui teknik interview atau wawancara dan observasi.Kata kunci : Alumni, Perguruan Tinggi, dan Pemasaran
MENUMBUHKAN KEBERANIAN MAHASISWA MAJU KE DEPAN MENGERJAKAN SOAL AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 MELALUI OPTIMALISASI SATUAN PEMBELAJARAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akunatnsi Semester 4 Universitas PGRI Palembang) Lestari, Neta Dian
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini peneliti buat berlatar belakang dari pengalaman penelitian mengajar Mahasiswa. Jumlah Mahasiswa yang berani maju kedepan untuk mengerjakan soal atau kasus akuntansi cenderung sedikit dibawah 15%. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah peningkatan jumlah Mahasiswa program studi pendidikan akuntansi semester 4 Universitas PGRI Palembang, berani maju kedepan kelas dalam pengerjaan soal atau kasus Akuntansi Keuangan Menengah 1 (AKM 1). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat langkah yaitu: (1) perencanaan masalah tindakan perbaikan (planning), yang meliputi kegiatan analisis faktor penyebab dan penetapan aksi, (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data (observing), dan (4) analisis efektivitas tindakan (reflekting). Empat tahap tersebut dilakukan dengan lima siklus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama lima siklus menunjukan, adanya peningkatan keberanian Mahasiswa maju ke depan kelas menyelesikan soal atau kasus yang diberikan oleh dosen, tanpa paksaan tapi atas inisiatif dan kemauan diri sendiri. hasil analisis data selama siklus I, II, dan III, IV dan V dapat disimpulkan: (1) jumlah Mahasiswa yang berani maju ke depan  kelas pengerjaan soal atau kasus meningkat (20% - 87%), (2) jumlah Mahasiswa yang berani membenarkan jawaban teman nya yang salah dari 20% menjadi 70%, dan (3) hasil belajar Mahasiswa pun menjadi meningkat yaitu 85% terbukti hampir rata-rata Mahasiswa mendapat nilai A mata kuliah AKM 1. Kata Kunci : Keberanian Mahasiswa Maju Ke Depan, Optimalisasi Satuan Pembelajar 
PENDIDIKAN KARAKTER PENGEMBANGAN NILAI BUDAYA AKADEMIK DAN ETIKA MAHASISWA DALAM BERPRILAKU DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN A.R., Aisyah
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Dinamika kehidupan kampus dan sistem nilai serta etika yang hidup di kampus perguruan tinggi sebagai jati diri mahasiswa yang mengakibatkan perubahan budaya di dalam kampus. Perubahan itu merupakan keniscayaan diri dan peribadi dari proses penyesuaian diri dengan kemajuan, daya saing dan perkembangan zaman. Perubahan dari bentuk-bentuk budaya yang merupakan hasilan budaya baik disadari ataupun tidak disadari akan mempengaruhi nilai dan etika mahasiswa dan etika akademik dalam kampus perguruan tinggi, khususnya lembaga pendidikan tenaga kependidikan.Budaya kehidupan mahasiswa dan kehidupan kampus dicerminkan oleh pendidikan yang berkarakter/beretika. Budaya kampus berfungsi sebagai penggerak untuk meningkatkan karakter dan kreativitas serta perubahan yang memungkinkan pencapian kualitas mahasiswa dan sekaligus kuwalitas kampus yang tinggi dan akhirnya akan muncul sebagai budaya dan etika akademik yang beretika. Kata kunci: Nilai budaya akademik, etika mahasiswa
STRATEGI PENDIDIK PROFESIONAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI KOMPETISI GLOBAL Retta, Allen Marga
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Prosding PPs tanggal 26 November 2016
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Era globalisasi sangat mempengaruhi tingkat kompetensi yang dimiliki setiap individu khususnya bagi para pendidik dan peserta didik.  Pada dasarnya strategi yang dapat digunakan pendidik yang profesional untuk menghadapi kompetisi global yaitu dengan berperan maksimal sebagai sumber belajar, fasilitator, demonstrator, pembimbing, mediator dan evaluator. Tidak hanya itu pendidik yang profesional juga harus dapat menerapkan empat pilar pendidikan yaitu yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together, sehingga akan melahirkan peserta didik yang dapat bersaing di dunia global dengan kualitas yang baik.Kata kunci: Globalisasi, strategi, empat pilar.

Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Jurnal Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang More Issue