cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pelangi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2022)" : 9 Documents clear
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN INSTITUT SENI INDONESIA PADANG PANJANG
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di Institut Seni Indonesia Padang Panjang. Dalam penelitian ini, responden yang diteliti adalah tenaga kependidikan yang bekerja di Institut Seni Indonesia Padang Panjang, sebanyak 178 orang responden. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, variabel pengembangan  karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. budaya organisasi dan pengembangan  karir secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hasil nilai R2 adalah sebesar 0,594. Hal ini dapat diartikan bahwa budaya organisasi dan pengembangan  karir berpengaruh terhadap kinerja dengan persentase sebesar 59,40%, sedangkan sisanya 40,60 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah diujikan dapat disimpulkan bahwa variabel bebas budaya organisasi dan pengembangan  karir memiliki pengaruh hubungan yang positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Institut Seni Indonesia Padang Panjang
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TAI, dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes hasil belajar dalam bentuk objektif (pilihan ganda). jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu kelas X Multimedia 1. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan paired t-test dan teknik N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan “uji paired sample t-test” diperoleh kesimpulan bahwa terdapat terbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TAI. Hasil uji n-gain dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran TAI pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 1 BATANGHARI
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.3701

Abstract

Motivasi belajar memegang peranan penting dalam memberi gairah, semangat, dan rasa senang siswa dalam belajar. Motivasi belajar berfungsi sebagai pengarah dan penggerak siswa demi pencapaian tujuan belajar. Oleh karena itu penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan motivasi belajar fisika siswa kelas XII MIPA di SMAN 1 Batanghari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA 2 dan XII MIPA 4  di SMAN 1 Batanghari.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian instrument, yaitu angket. Adapun responden dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas, yang berjumlah 64 responden, dimana responden tersebut merupakan siswa-siswi dari kelas XII MIPA 2 dan XII MIPA 4 SMAN 1 Batanghari. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII MIPA 2 dan XII MIPA 4 sudah memiliki motivasi belajar fisika  yang sangat baik
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB APLIKASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SMART CLASS PADA MATA KULIAH SISTEM KELISTRIKAN KAPAL DI POLITEKNIK PELAYARAN SUMATERA BARAT
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5811

Abstract

Based on the preliminary research conducted by the researcher, several things were found that became obstacles in the learning process, especially the media/platform used during virtual learning at Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Therefore, the researcher developed a learning management model product based on a web application. It is hoped that it can increase motivation and help the difficulties of cadets who have below average competence to catch up with their friends who have better competence than them. In addition, through this learning management model, it is expected to create an innovative learning management model that is integrated with technology. The ship electrical system learning model was developed from a factual model and adapted to the needs analysis of cadets and lecturers during online learning, then developed to increase cadets' motivation to learn while online. The feasibility level of this application web-based learning model can be seen from the results of the questionnaire given to users, namely lecturers and cadets which show that 88.5% of the ship's electrical system learning management model is feasible to be implemented at Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Learning activities in the ship's electrical system course, this is evidenced by the results of the questionnaire, the cadets’ learning motivation increased by 89%
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS XI
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis pada materi program linier dua variable siswa kelas XI IPA SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel secara purposiv sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kriteria tinggi, kriteria sedang dan kriteria rendah. Persentase kemampuan komunikasi matematis pada setiap kriteria adalah kriteria tinggi 11,11%, kriteria sedang 44,44% dan kriteria rendah 44,44%. Jumlah siswa yang tergolong dalam kriteria tinggi 2 orang, sedang 8 orang dan rendah 8 orang.
DAMPAK LAYANAN INTERNET GRATIS UNTUK PELAJAR KELAS VIII SMPN 3 MAPAT TUNGGUL SELATAN PANGIAN KABUPATEN PASAMAN
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5814

Abstract

Layanan internet gratis ini diberikan kepada masyarakat Pangian khususnya untuk pelajar di SMP Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan untuk mempermudahkan peserta didik dalam mengerjakan tugas sekolah. Tetapi kenyataannya pelajar kelas VIII di SMP Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan tidak menggunakan layanan inernet gratis untuk kebutuhan Sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak layanan interenet gratis untuk kelas VIII Di SMP Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan Jorong 3 Pangian Kabupaten Pasaman. Teori dalam penelitian ini yaitu teori belajar behavioristik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu kelompok. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun dampak positif layanan internet gratis untuk pelajar Jorong 3 Pangian Mapat Tunggul Selatan  Kabupaten Pasaman  terdiri dari: (1) Memudahkan Dalam Proses Pembelajaran, (2) Sebagai sumber belajar, dan (3) Tidak mengeluarkan biaya. Sedangkan dampak negatif  layanan internet gratis untuk kelas VIII di SMP Negeru 3 Mapat Tunggul Selatan Jorong 3 Pangian Kabupaten Pasaman terdiri dari: (1) Kecanduan game online, (2) Timbulnya sikap kurang menghargai, (3) Tidak disiplin mengantarkan tugas sekolah,  (4) Tidak ada kontrol dari orang tua.
IDENTIFIKASI MINAT BACA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.3339

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik minat baca pada siswa SMP kelas VII yang masih memiliki sifat cepat tanggap dalam menerima informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan jenis data yang diambil yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik total sampling dengan jumlah sampel 62 siswa yang terdiri dari kelas VII B dan kelas VII  F. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII B dan siswa kelas VII F memilki minat baca yang cukup tinggi, data minat baca yang cukup tinggi ini diperoleh dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS dan EXCEL yang menunjukkan persentase tertinggi yaitu pada karakteristik sikap setuju dengan nilai persentese 48,4% untuk kelas VII B dan 35,5% untuk kelas VII F.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.5821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan praktis serta layak digunakan pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Pariaman. Data validitas dan praktikalitas dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Teknik analisis data validitas menggunakan rumus Aiken’s V dan analisis uji praktikalitas menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan validitas media dengan kategori valid dari segi content dan tampilan media. Media yang dikembangkan juga dikategorikan praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
KORELASI ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DASAR
Jurnal Pelangi : Research of Education and Development Vol 13, No 2 (2022)
Publisher : STKIP PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/jp.2022.v13i2.3610

Abstract

The purpose of this research is to get information about correlation between constructivismapproach with student learning outcomes in basic mathematics lectures. This research uses a descriptive method. Participants in this study are biology education students who take the basic mathematics courses amounting to 28 people. The result of this research shows that there is a significance correlation between the constructivism approach with student learning outcomes in basic mathematics lectures.  Keywords: Constructivism Approach, Student Learning Outcomes, Basic Mathematics Lectures

Page 1 of 1 | Total Record : 9