cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Fokus Bisnis
ISSN : 16935209     EISSN : 26232480     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2014)" : 22 Documents clear
PERILAKU TECHNOPRENEUR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA: TINJAUAN PADA SELF-SUFFICIENCY Nurfaizal, Yusmedi
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.461 KB)

Abstract

Sebuah pendekatan pendidikan baru untuk pembangunan berkelanjutan yang muncul dalam literatur kewirausahaan. Artikel ini menyesuaikan teori perilaku yang direncanakan untuk memeriksa sikap terhadap bentuk kewirausahaanyang dilakukan mahasiswa. Artikel ini bertujuan menilai perilaku technopreneur mahasiswa teknik informatika dari self-suffiency serta untuk mengetahui korelasi antara karakteristik demografi dengan self-suffiency. Jenis kelamin mempunyai korelasi yang signifikan dengan self-suffiency, sedangkan penghasilan, status tinggal dan usia tidak mempunyai korelasi yang signifikan dengan self-suffiency. Hasil ini ada yang konsisten dengan temuan sebelumnya dan ada pula yang tidak selaras. Oleh karena itu dapat ditindaklanjuti oleh peneliti selanjutnya. Hal ini menunjukkan pentingnya menyoroti manfaat kewirausahaan yang berkelanjutan untuk merangsang minat lebih dalam pembangunan berkelanjutan. Kontribusi utama dari studi ini adalah bahwa lembaga pendidikan perlu menyediakan program keberlanjutan memberikan kesempatanuntuk mendorong pengusaha yang baru lahir.
Pengaruh Kompetensi SDM dan Peran Audit Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Variabel Intervening Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (studi empiris pada Pemkab Kebumen) Syarifudin, Akhmad
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.009 KB)

Abstract

This research is conducted the Human Resource competency Influence and Role of Internal Audit on the Quality of local Goverment Finacial Report (LKPD) either directly or mediated by SPIP (Government Internal Controling System). Common problems in this study are; 1)The demand in improving LKPD quality, transparency and public accountability. 2). Readiness of personnel competence with the change in SAP (Goverment Accounting Standards). 3). The application of SPIP and, 4). The new role of Internal Audit , it’s not only as the finance controler but also management consultant/SPIP builder. 5)There are someaudit findings that are not detected by internal auditor eiter BPKP or The Inspectorate, but it was found by the BPK (Supreme Audit Agency) later. Research variabels are elaborated operationally in several indicators. Apparatus competence variable is elaborate into five indicators namely; knowledge, skill, motives, traits, and self concept. Variable of Intrnal Audits role is elaborated into three indicators namely; The role of supervisor, coaching/ consulting and revieww of finncial report.Varianle of Government Internal Controling System is elaborated into five indicators namely; Internal control, risk assesment, controling activity, information and communication, and monitoring. The variable of local government financial report quality is elaborated into fou indicators namely;relevan, reliable, it can be compared, and easy to understand. The population in this research are all regional works unit of Kebumen regency that are involved in the process of local Government financial reporting. The data is taken by questionnaires which is ditributed to respondents. The variable in this study is independent variable Comptency (X1), Independncy (X2), while the dependent variable s the Government’s Intenal Controling System (Y1) and Quality of Local Government Financial Report/LKPD (Y2). Data were analyzed using “Amos 18.0. The reseach result show that ; 1) HR competency has unsignificant positive effect on the quality of LKPD. 2) The role of InternalAudit has unsignificant positife effect on the quality of LKPD. 3) SPIP has siginificant positifve effect on the quality LKPD. 4) HR competency has significant positive effect to SPIP. 5) The role of Internal Audit has significant positive effect on SPIP. 6) HR competency which is mediated by SPIP has unsignificant positive effect on the quality LKPD. 7) The role of Internal Audit which is mediated SPIP has unsignificant positive effect on the quality of LKPD.
ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT JENIS PRODUK TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN ROTI MEGA SARI BAKERY KEBUMEN KRISTANTI, IKA NENI
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.291 KB)

Abstract

Marketing costs include all costs incurred since the finished product until the product produced is converted back to cash. Thus marketing costs include the costs of warehousing, advertisement, sale, packaging and packing, credit and billing, accounting and marketing. Therefore, the cost of marketing the company became an important part of the overall costs incurred by the company, because of the importance of marketing costs for the company, the author helps the company to know which products are higher marketing costs and remedy know which product is better in improving the companys net profit according to types of products. Authors conducted a study on company Mega Sari Bakery Kebumen. The company sells ten bakery products with different prices. therefore great to find a great marketing costs and profits of each product cost analysis by type of product marketing at the company Mega Sari Bakery Kebumen, so that the product is known to have the highest marketing costs of ten products are bales while the highest profit on a cream product jumbo cheese because of high levels of sales proceeds.
Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada PD. BPR BKK Kebumen Parmin, Parmin
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.563 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan pada pegawai PD BPR BKK Kebumen. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh antara (1), Kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (2) Kompetensi terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (3) Disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (4) Kualitas kehidupan kerja, Kompetensi dan Disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PD BPR BKK Kebumen yang berjumlah 251 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 72 responden. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey dengan teknik regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan memakai skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu hasil uji persamaan regresi memperlihatkan kinerja pegawai = 32,575 + 0,126 X1 + 0,329 X2 + 0,319 X3 sehingga nilai kinerja pegawai terdapat hubungan dengan kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja adalah 32,575 yang tergolong berkinerja baik, variabel kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen, hal ini dibuktikan dengan nilai R = 0,666 pada tingkat keyakinan 95%. Hasil uji korelasi variabel kualitas kehidupan kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,504, hasil uji korelasi variabel kompetensi dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,619, sedangkan, hasil uji korelasi variabel disiplin kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,610 yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 pada alpha 0,05 pada tingkat keyakinan 95%. Nilai r tabel ini dengan jumlah n sebanyak 72 adalah 0,195. Sehingga jika dibandingkan r tabel 0,195 < r hitung 0,504, 0,619 dan 0,610 hal ini berarti variabel kuualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja pegawai memiliki hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, memberikan implikasi penelitian bahwa kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja mampu mempengaruhi kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen secara bersama-sama. Peneliti menyarankan kepada pimpinan PD BPR BKK Kebumen untuk memperhatikan faktor yang berkaitan kehidupan kerja pegawai, konsisten dalam menerapkan aturan-aturan yang berlaku untuk membentuk perilaku dalam disiplin kerja pegawainya. Untuk para pegawai diharapkan untuk selalu meningkatkan kemampuan kompetensinya, karena dengan kompetensi yang baik dapat meningkatkan kinerjanya. Kata Kunci: Kualitas Kehidupan Kerja, Kompetensi, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai
PERILAKU TECHNOPRENEUR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA: TINJAUAN PADA SELF-SUFFICIENCY Nurfaizal, Yusmedi
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.461 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.21

Abstract

Sebuah pendekatan pendidikan baru untuk pembangunan berkelanjutan yang muncul dalam literatur kewirausahaan. Artikel ini menyesuaikan teori perilaku yang direncanakan untuk memeriksa sikap terhadap bentuk kewirausahaanyang dilakukan mahasiswa. Artikel ini bertujuan menilai perilaku technopreneur mahasiswa teknik informatika dari self-suffiency serta untuk mengetahui korelasi antara karakteristik demografi dengan self-suffiency. Jenis kelamin mempunyai korelasi yang signifikan dengan self-suffiency, sedangkan penghasilan, status tinggal dan usia tidak mempunyai korelasi yang signifikan dengan self-suffiency. Hasil ini ada yang konsisten dengan temuan sebelumnya dan ada pula yang tidak selaras. Oleh karena itu dapat ditindaklanjuti oleh peneliti selanjutnya. Hal ini menunjukkan pentingnya menyoroti manfaat kewirausahaan yang berkelanjutan untuk merangsang minat lebih dalam pembangunan berkelanjutan. Kontribusi utama dari studi ini adalah bahwa lembaga pendidikan perlu menyediakan program keberlanjutan memberikan kesempatanuntuk mendorong pengusaha yang baru lahir.
Pengaruh Kompetensi SDM dan Peran Audit Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Variabel Intervening Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (studi empiris pada Pemkab Kebumen) Syarifudin, Akhmad
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.009 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.22

Abstract

This research is conducted the Human Resource competency Influence and Role of Internal Audit on the Quality of local Goverment Finacial Report (LKPD) either directly or mediated by SPIP (Government Internal Controling System). Common problems in this study are; 1)The demand in improving LKPD quality, transparency and public accountability. 2). Readiness of personnel competence with the change in SAP (Goverment Accounting Standards). 3). The application of SPIP and, 4). The new role of Internal Audit , it’s not only as the finance controler but also management consultant/SPIP builder. 5)There are someaudit findings that are not detected by internal auditor eiter BPKP or The Inspectorate, but it was found by the BPK (Supreme Audit Agency) later. Research variabels are elaborated operationally in several indicators. Apparatus competence variable is elaborate into five indicators namely; knowledge, skill, motives, traits, and self concept. Variable of Intrnal Audits role is elaborated into three indicators namely; The role of supervisor, coaching/ consulting and revieww of finncial report.Varianle of Government Internal Controling System is elaborated into five indicators namely; Internal control, risk assesment, controling activity, information and communication, and monitoring. The variable of local government financial report quality is elaborated into fou indicators namely;relevan, reliable, it can be compared, and easy to understand. The population in this research are all regional works unit of Kebumen regency that are involved in the process of local Government financial reporting. The data is taken by questionnaires which is ditributed to respondents. The variable in this study is independent variable Comptency (X1), Independncy (X2), while the dependent variable s the Government’s Intenal Controling System (Y1) and Quality of Local Government Financial Report/LKPD (Y2). Data were analyzed using “Amos 18.0. The reseach result show that ; 1) HR competency has unsignificant positive effect on the quality of LKPD. 2) The role of InternalAudit has unsignificant positife effect on the quality of LKPD. 3) SPIP has siginificant positifve effect on the quality LKPD. 4) HR competency has significant positive effect to SPIP. 5) The role of Internal Audit has significant positive effect on SPIP. 6) HR competency which is mediated by SPIP has unsignificant positive effect on the quality LKPD. 7) The role of Internal Audit which is mediated SPIP has unsignificant positive effect on the quality of LKPD.
ANALISIS BIAYA PEMASARAN MENURUT JENIS PRODUK TERHADAP LABA PADA PERUSAHAAN ROTI MEGA SARI BAKERY KEBUMEN Kristanti, Ika Neni
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.291 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.23

Abstract

Marketing costs include all costs incurred since the finished product until the product produced is converted back to cash. Thus marketing costs include the costs of warehousing, advertisement, sale, packaging and packing, credit and billing, accounting and marketing. Therefore, the cost of marketing the company became an important part of the overall costs incurred by the company, because of the importance of marketing costs for the company, the author helps the company to know which products are higher marketing costs and remedy know which product is better in improving the company's net profit according to types of products. Authors conducted a study on company Mega Sari Bakery Kebumen. The company sells ten bakery products with different prices. therefore great to find a great marketing costs and profits of each product cost analysis by type of product marketing at the company Mega Sari Bakery Kebumen, so that the product is known to have the highest marketing costs of ten products are bales while the highest profit on a cream product jumbo cheese because of high levels of sales proceeds.
Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Disiplin Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai pada PD. BPR BKK Kebumen Parmin, Parmin
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.563 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai baik secara parsial maupun secara simultan pada pegawai PD BPR BKK Kebumen. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh antara (1), Kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (2) Kompetensi terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (3) Disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. (4) Kualitas kehidupan kerja, Kompetensi dan Disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada PD BPR BKK Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di PD BPR BKK Kebumen yang berjumlah 251 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan rumus Slovin yaitu 72 responden. Metodologi dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey dengan teknik regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan memakai skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu hasil uji persamaan regresi memperlihatkan kinerja pegawai = 32,575 + 0,126 X1 + 0,329 X2 + 0,319 X3 sehingga nilai kinerja pegawai terdapat hubungan dengan kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja adalah 32,575 yang tergolong berkinerja baik, variabel kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen, hal ini dibuktikan dengan nilai R = 0,666 pada tingkat keyakinan 95%. Hasil uji korelasi variabel kualitas kehidupan kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,504, hasil uji korelasi variabel kompetensi dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,619, sedangkan, hasil uji korelasi variabel disiplin kerja dengan kinerja pegawai adalah sebesar r hitung = 0,610 yang memiliki tingkat signifikansi 0,000 pada alpha 0,05 pada tingkat keyakinan 95%. Nilai r tabel ini dengan jumlah n sebanyak 72 adalah 0,195. Sehingga jika dibandingkan r tabel 0,195 < r hitung 0,504, 0,619 dan 0,610 hal ini berarti variabel kuualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja pegawai memiliki hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, memberikan implikasi penelitian bahwa kualitas kehidupan kerja, kompetensi dan disiplin kerja mampu mempengaruhi kinerja pegawai PD BPR BKK Kebumen secara bersama-sama. Peneliti menyarankan kepada pimpinan PD BPR BKK Kebumen untuk memperhatikan faktor yang berkaitan kehidupan kerja pegawai, konsisten dalam menerapkan aturan-aturan yang berlaku untuk membentuk perilaku dalam disiplin kerja pegawainya. Untuk para pegawai diharapkan untuk selalu meningkatkan kemampuan kompetensinya, karena dengan kompetensi yang baik dapat meningkatkan kinerjanya. Kata Kunci: Kualitas Kehidupan Kerja, Kompetensi, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai
PENGARUH PELATIHAN, KEMAMPUAN ADAPTASI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA MEDICAL REPRESENTATIVE DI PURWOKERTO Helmy, Irfan
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.559 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.103

Abstract

Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisi pengaruh pelatihan, kemampuan adaptasi dan self efficacy terhadap kinerja medical representative diKota Purwokerto.Populasi untuk metode kuantitatif adalah medical representative di Purwokerto. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data kuantitiatif yang digunakan adalah analisis regrsi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan pelatihan, kemampuan adaptasi dan self efficacy berpengaruh positif terhadap kinerja medical representative. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 57,2%, sedangkan sisanya 42,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
ANALISIS PENGARUH PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAITUL MAAL WATTAMWIL DI KABUPATEN KEBUMEN Wibawanto, Sigit
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 13 No 2 (2014)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.92 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v13i2.150

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan, disiplin terhadap pekerjaan padadasarnya adalah peningkatan kinerja pegawai yang mencerminkan kemampuan anggotaorganisasi dalam bekerja, artinya bahwa prestasi masing-masing pegawai dinilai dan diukurmenurut kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya oleh organisasi. Pada sisi inilah prestasiindividu menjadi jaminan bagi organisasi bahwa organisasi mampu menjawab setiap tantanganperubahan dan bahkan menjangkau setiap kemungkinan perubahan pada masa yang akan datang.Dengan adanya pelaksanaan pelatihan pada karyawan BMT, dilakukannya disiplin kerja yangtinggi mampu meningkatkan kinerja karyawan BMT dikabupaten Kebumen yang dapat dilihatdari kualitas kerja, kuantitas kerja, prestasi maupun produktifitas kerja karyawan dalammelaksanakan pekerjaannya.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, disiplinkerja terhadap kinerja karyawan BMT dikabupaten Kebumen.Analisis data dilakukan terhadapidentitas responden yang meliputi umur, status, pendidikan dan masa kerja Metode penelitianyang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif.Data diperoleh dengan menyebarkankuesioner kepada 50 responden sebagai sampel.Selanjutnya data yang diperoleh diolah denganmenggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadapvariabel terikat.Uji hipotesis melalui uji F dan Uji t. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapatpengaruh secara bersama-sama kedua variabel bebas terhadap variabel terikat.Hasil analisis regresi linear berganda di peroleh koefisien determinasi R square yangmenjelaskan ada kontribusi dari variabel penelitian yaitu pelatihan, disiplin kerja terhadapkinerja karyawan.Kata kunci: Pelatihan, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.

Page 1 of 3 | Total Record : 22