cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Fokus Bisnis
ISSN : 16935209     EISSN : 26232480     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 1 (2016)" : 14 Documents clear
PENERAPAN HARGA POKOK PROSES SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN METODE VARIABLE COSTING Suprajitno, Dwi
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.53

Abstract

Penentuan harga pokok produksi pada metode ini perusahaan menghasilkan produk yang homogeny dan jenis produk bersifat standar. Ada dua metode umum yang digunakan yaitu metode weighted average cost dan first in first out (FIFO). Dalam menghitung unsure-unsur biaya pada harga pokok proses terdapat beberapa pendekatan yaitu full costing dan variable costing. Dalam perusahaan manufaktur, penentuan harga pokok produksi sangat penting dalam suatu perusahaan karena salah satu elemen yang dapat digunakan sebagai pedoman sumber informasi bagi pimpinan dalam menentukan harga jual produk yang dibebankan pada konsumen. Dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh penulis sebaiknya tidak menerapkan mark- up terlalu tinggi, karena semakin tinggi mark-up semakin tinggi pula target harga jualnya. Sehingga produk tidak dapat bersaing dipasaran karena harga terlalu tinggi. Kata kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Proses, dan Harga Jual Produk
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN SOSIAL (DISNAKERTRANSOS )KEBUMEN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Parmin, Parmin
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.237 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.70

Abstract

This study aims to determine the effect of work motivation and job satisfaction on the performance and work discipline on employee performance . The study population was all civil servants in the department of labor and social transmigration Kebumen district . This study used census method . our data obtained by giving questioner to all respondents who totaled 47 people . the technique used in this analysis is the analysis of lane ( path analysis) with SPSS 18 for windows . Statistical methods in this study include : validity, reliability , multicolinearity test , heterocedasticity test , normality test , multiple linear regression analysis , path analysis , t-test, F and coefficient of determination. The results showed that work motivation affect the work discipline , motivation affect the performance and job satisfaction affect the performance. labor discipline effect on performance and job satisfaction affect the working discipline with a value of r² ( R square ) for structural equation I is 62.6 % means that job satisfaction and motivation influence the working discipline at 62.6 % . the remaining 37.4 % is influenced by factors beyond the research and structural equation II is 75.0 % meaning that work motivation , job satisfaction and work discipline affect the performance of the remaining 25.0 % 75.0 % is affected by factors beyond the research.
GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN DI PASAR MODERN (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen) Wibawanto, Sigit
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.514 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat fenomena dengan gaya hidup hedonisme, tidak melihat dari tidak melihat faktor pendorong yang menimbulkannya. Penelitian ini hanya membahas pola gaya hidup dengan perilaku pembelian yang ditimbulkannya. Lingkup penelitian ini dibatasi pada gaya hidup hedonisme, yang mengacu pada teori Engel, dkk (1995) yaitu (activities), (interest), (opinion). Sedang perilaku pembelian masyarakat lingkup penelitian ini dibatasi pada dimensi skala shopping addiction yang dikembangkan Elizabeth E. Edwards yang disusun berdasarkan lima dimensi yaitu tendency to spend, drive to spend, feelings about shopping, dysfunctional spending¸ post-purchase guilt. Penelitian dilakukan di kabupaten Kebumen. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan membagikan kuesioner sebanyak 100 eksemplar kepada responden. Analisis yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan alat bantu analisis SPSS versi 23.0., hasilnya gaya hidup yang terdiri dari aktivitas (X1), minat (X2) dan opini (X3) berpengaruh signifikan terhadap shopping addiction (Y). Kesimpulannya unsur-unsur yang diakibatkan aktivitas, minat, dan opini masyarakat akan mendapatkan suatu perilaku pembelian yang abnormal dan membuat masyarakat mengeluarkan biaya untuk mendapatkan produk yang belum tentu sesuai kebutuhan, melainkan keinginan dan emosional dalam pengambilan keputusan pembeliannya
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH HOTEL MELALUI INTERNET MARKETING Susetyo, Aris
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1344.761 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.73

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat keputusan konsumen dalam memilih hotel melalui internet marketing baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Candisari Karanganyar Kebumen. Penelitian ini dengan explanatory research, jumlah responden sebanyak 100 responden dan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling-insidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel Karakteristik Individu, Gaya Hidup, Persepsi, Situasi berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Melalui Internet Marketing dan secara parsial variabel X Karakteristik individu,Gaya Hidup,Persepsi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan, sedangkan Situasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Melalui Internet Marketing. Kata kunci: Tingkat Keputusan Konsumen, Internet Marketing.
ANALISIS KURVA PHILLIPS DAN HUKUM OKUN DI INDONESIA TAHUN 1986-2016 Astuti, Prihartini Budi
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.388 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.72

Abstract

This study aims to determine the fit between Phillips Curve theory and Okun's law with the economic conditions that occurred in Indonesia in 1986-2016. This research is a descriptive quantitative research. Data used in the study is rate of economic growth, the unemployment rate and the inflation rate in Indonesia in 1986-2016. The data was taken from the website of Bank Indonesia and Badan Pusat Statistik. Quantitative analysis method used is correlation analysis. The analysis showed that there was no agreement between Phillips Curve theory and Okun's law with the economic conditions that occurred in Indonesia in 1986-2016. Phillip curves for compliance with the conditions of the Indonesian economy in 1986-2016, from data analysis obtained correlation coefficient of -0.16 with significance value of 0.931. From these figures, it can be concluded that there is a negative relationship but not significant between inflation and unemployment in Indonesia in 1986 - 2016. For Okun legal compliance with the conditions of the Indonesian economy in 1986 to 2016, from data analysis obtained correlation coefficient of - 0.110 with a significance value of 0,556. From these figures, it can be concluded that there is a negative relationship but not significant between economic growth and unemployment in Indonesia in 1986-2016
PERANAN ETIKA PROFESI DALAM PERILAKU AKUNTAN Mispiyanti, Mispiyanti
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.346 KB) | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.69

Abstract

The aim of the research is to present the development of behavioral accounting research related to the ethical individuals who manage information. The research is literature review from the results of of the research done by other researchers. The research result showed each individual in the execution of professional duties should consider the ethics of professions such as in the use of authority ownership, establish connections with politicians, character building manager, and in the preparation of the company's budget. Professional ethics is very important to be applied in order to support the implementation of behavioral accounting that may affect the smooth operation of the company both on the policy side or the other. Key Words : Accounting Behavioral, Professional ethics, Possession, Character
PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP SWITCHING BARRIERS DAN CUSTOMER LOYALTY Wiwoho, Gunarso
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari customer satisfaction dan perceived value terhadap customer loyalty melalui switching barrier sebagai variabel intervening. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan menggunakan teknik non probability sampling, penelitian dan diterapkan teknik sampling purposive, penelitian ini mengami sampel 100 responden konsumen Bakery Kebumen sebagai konsumen akhir dengan waktu pembelian minimal dua kali dalam satu minggu. Pengaruh customer satisfaction terhadap switching barrier menunjukkan bahwa customer satisfaction tidak signifikan terhadap switching barrier. Pengaruh perceived value terhadap switching barrier menunjukkan bahwa perceived value tidak berpengaruh signifikan terhadap switching barriers. Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Pengaruh perceived value terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa perceived value tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Pengaruh switching barrier terhadap customer loyalty menunjukkan bahwa switching barrier berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Switching barrier dapat dijelaskan oleh customer satisfaction dan perceived value sebesar 3,1% sedangkan sisanya 96,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Customer loyalty dapat di jelaskan oleh customer satisfaction, perceived value dan switching barriers sebesar 16,9% sedangkan 83,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
PENERAPAN HARGA POKOK PROSES SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN METODE VARIABLE COSTING Dwi Suprajitno
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.53

Abstract

Penentuan harga pokok produksi pada metode ini perusahaan menghasilkan produk yang homogeny dan jenis produk bersifat standar. Ada dua metode umum yang digunakan yaitu metode weighted average cost dan first in first out (FIFO). Dalam menghitung unsure-unsur biaya pada harga pokok proses terdapat beberapa pendekatan yaitu full costing dan variable costing. Dalam perusahaan manufaktur, penentuan harga pokok produksi sangat penting dalam suatu perusahaan karena salah satu elemen yang dapat digunakan sebagai pedoman sumber informasi bagi pimpinan dalam menentukan harga jual produk yang dibebankan pada konsumen. Dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh penulis sebaiknya tidak menerapkan mark- up terlalu tinggi, karena semakin tinggi mark-up semakin tinggi pula target harga jualnya. Sehingga produk tidak dapat bersaing dipasaran karena harga terlalu tinggi. Kata kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Proses, dan Harga Jual Produk
PERANAN ETIKA PROFESI DALAM PERILAKU AKUNTAN Mispiyanti Mispiyanti
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.69

Abstract

The aim of the research is to present the development of behavioral accounting research related to the ethical individuals who manage information. The research is literature review from the results of of the research done by other researchers. The research result showed each individual in the execution of professional duties should consider the ethics of professions such as in the use of authority ownership, establish connections with politicians, character building manager, and in the preparation of the company's budget. Professional ethics is very important to be applied in order to support the implementation of behavioral accounting that may affect the smooth operation of the company both on the policy side or the other. Key Words : Accounting Behavioral, Professional ethics, Possession, Character
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN SOSIAL (DISNAKERTRANSOS )KEBUMEN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Parmin Parmin
Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 15 No 1 (2016)
Publisher : P4M STIE Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/fokusbisnis.v15i1.70

Abstract

This study aims to determine the effect of work motivation and job satisfaction on the performance and work discipline on employee performance . The study population was all civil servants in the department of labor and social transmigration Kebumen district . This study used census method . our data obtained by giving questioner to all respondents who totaled 47 people . the technique used in this analysis is the analysis of lane ( path analysis) with SPSS 18 for windows . Statistical methods in this study include : validity, reliability , multicolinearity test , heterocedasticity test , normality test , multiple linear regression analysis , path analysis , t-test, F and coefficient of determination. The results showed that work motivation affect the work discipline , motivation affect the performance and job satisfaction affect the performance. labor discipline effect on performance and job satisfaction affect the working discipline with a value of r² ( R square ) for structural equation I is 62.6 % means that job satisfaction and motivation influence the working discipline at 62.6 % . the remaining 37.4 % is influenced by factors beyond the research and structural equation II is 75.0 % meaning that work motivation , job satisfaction and work discipline affect the performance of the remaining 25.0 % 75.0 % is affected by factors beyond the research.

Page 1 of 2 | Total Record : 14