cover
Contact Name
Fatmawati Nur
Contact Email
fate.nurkhalik@uin-alauddin.ac.id
Phone
+62811443002
Journal Mail Official
teknosains@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. H.M.Yasin Limpo 36 Romang-Polong, Sombaopu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. 92113
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi
ISSN : 19793154     EISSN : 2657036X     DOI : https://doi.org/10.24252/teknosains
Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi is a peer-reviewed journal that publishes three times a year (January-April, May-August, and September-December) on articles concerning all areas of science and technology in both theoretical and applied research. The below-mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science and Technology field. Chemistry and Chemical Engineering Physics, Material, and Mechanical Engineering Biology, and Biosystem Engineering Food and Agriculture Engineering Mathematics Computer Science and Engineering Earth Science and Engineering Space Engineering Electrical Engineering Architecture and Civil Engineering Environment Science and Engineering Mechanical Engineering Basic Science in Engineering Education Engineering Education Reforms New Technologies in Education Industry and Education: A Continous Collaboration Research and Development in Engineering Education Globalization in Engineering Education Computers, Internet, Multimedia in Engineering Education Organization of Laboratories
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2012): JULI" : 1 Documents clear
“STUDENT CENTERED LEARNING” BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Ridwan Andi kambau
Teknosains Vol 6 No 2 (2012): JULI
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/teknosains.v6i1.99

Abstract

Student Centered Learning disingkat SCL atau Pembelajaran yang berpusat pada Mahasiswa merupakan suatu metode  yang memacu mahasiswa untuk berperan lebih aktif, mandiri dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Disini mahasiswa diarahkan untuk melakukan personelisasi model pembelajarannya. Dibandingkan dengan metode teacher centered learning(TCL) dimana pembelajaran berpusat pada dosen, dan  dosen menjadi pusat dari pengetahuan serta pusat referensi bagi mahasiswa pada matakuliahnya. Saat ini metode TCL pelan-pelan mulai diragukan efektifitasnya dalam proses transformasi pengetahuan dari dosen ke mahasiswa, disisi lain metode SCL mulai mendapat sambutan karena dianggap dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran mahasiswa dalam menyerap pengetahuan yang diberikan dan dicari sendiri oleh mahasiswa tersebut..  Implementai SCL ini tidaklah semudah implementasi TCL, jika pada TCL dosen hanya memberikan ceramah dan sekali-kali melakukan diskusi hanya memerlukan pengetahuan bidang ilmu dengan dukungan tool seperti slide Power Point, sedangkan pada SCL dosen harus lebih kreatif menggunakan berbagai tool yang ada dalam rangka memfasilitasi mahasiswa agar dapat belajar secara mandiri, seperti tool e-learning, internet serta perangkat audio video. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang singkat TIK dalam SCL sangat membantu mahasiswa dalam melakukan proses pembelajaraan secara mandiri. Internet menyediakan referensi terlengkap yang tersedia kapan saja dan dimana saja. E-learning membantu menyediakan referensi yang lebih  fokus pada mata kuliah yang akan dipelajari. Perangkat Audio Video membantu mahasiswa dalam peningkatan pemahaman terhada suatu materi ajar. Selain itu ada beberapa lagi tool TIK yang akan sangat membantu metode SCL ini, seperti Smartboard, Video Conference, Forum Disuksi Onlline dan lain-lain.        .

Page 1 of 1 | Total Record : 1