cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 174 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis" : 174 Documents clear
ANALISA FAKTOR INDIVIDU DAN ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP PADA PENGUSAHA MIKRO DAN KECIL DI JAWA TIMUR Tan, Katherine
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan faktor individu dari pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur, menggambarkan entrepreneurial leadership pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur, menggambarkan faktor individu dan entrepreneurial leadership pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur. Pada 148 responden pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan faktor individu dapat menggambarkan demografi dan economic perspective serta menunjukan pengusaha mikro dan kecil memiliki entrepreneurial leadership yang tinggi. Ini menunjukan bahwa responden memiliki pemahaman yang baik tentang aspek-aspek entrepreneurial leadership. Pada item entrepreneurial leadership tinggi terdapat pada presepsi bahwa mereka akan terus bertahan pada pekerjaan meski penuh tantangan, sedangkan entrepreneurial leadership rendah yaitu yang berhubungan dengan kecenderungan responden mengajak orang lain bersama-sama berpikir guna menemukan produk atau proses bisnis yang baru. Pada indikator  entrepreneurial leadership tinggi rata-rata terdapat pada persistence dan rendah pada innovativeness.
PENGEMBANGAN FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PT AGELESS AESTHETIC CLINIC Luila, Vika
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Semakin berkembang dan kompleks sebuah bisnis, menuntut kesiapan  orang-orang yang makin kompeten dan loyal kepada perusahaan. Kadang fungsi SDM yang ada diperusahaan tertinggal oleh perkembangan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dari fungsi MSDM dan merumuskan alternatif strategi pengembangan fungsi MSDM pada usaha klinik perawatan kecantikan di PT Ageless Aesthetic Clinic di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara medalam, observasi dan memeriksa dokumen-dokumen perusahaan sebagai cara pengumpulan data. Adapun untuk melakukan validasi data digunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa fungsi manajemen sumber daya manusia pada PT Ageless Aesthetic Clinic belum semuanya diterapkan dengan baik, bahkan ada dua aspek fungsi manajemen sumber daya manusia yang belum ada dalam perusahaan ini yaitu fungsi pengintegrasian karyawan  serta pemeliharaan karyawan bahkan fungsi pemberhentian karyawan. Pengembangan fungsi manajemen sumber daya manusia dari aspek pengintegrasian dan pemeliharaaan karyawan dan pemberhentian karyawan disarankan dapat menjadi alternatif dalam membantu mengembangkan perusahaan.
PENGARUH KEPUASAN AKAN GAJI, TARGET PENJUALAN TERHADAP VOLUNTARY TURNOVER KARYAWAN KING KOIL, SURABAYA DENGAN USIA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR Soejanto, Christian Pranata
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Sumber daya manusia pada saat ini merupakan sebuah faktor yang penting dalam setiap usaha. Meskipun jaman sekarang sudah tercipta banyak alat-alat yang canggih untuk membantu proses kerja, faktor sumber daya manusia tetap tidak boleh hilang. Setiap sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan merupakan aset perusahaan yang harus dipelihara dan dipertahankan. Perusahaan akan mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja yang baik guna menunjang proses usaha. Dalam mempertahankannya, perusahaan memberikan gaji sebagai ganti jasa atas apa yang telah dilakukan oleh karyawan. Perusahaan juga mengharapkan karyawannya untuk memiliki standar kerja yang tinggi pula. Oleh karena itu, perusahaan juga menetapkan sebuah target penjualan pada karyawannya. Karyawan yang merasa puas akan gaji dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan akan memiliki niat untuk bertahan pada perusahaan. Perbedaan usia karyawan juga dinilai ikut memiliki pengaruh terhadap minat karyawan untuk tetap bekerja pada perusahaan itu atau tidak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan akan gaji, target penjualan, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap voluntary turnover karyawan. Usia memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap voluntary turnover. Usia memperlemah namun tidak signifikan pada hubungan antara kepuasan akan gaji terhadap voluntary turnover karyawan. Usia memperkuat namun tidak signifikan pada hubungan antara kepuasan akan target penjualan terhadap voluntary turnover karyawan. Kepuasan akan gaji, target penjualan, dan usia secara bersama-sama berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap voluntary turnover.
PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS RITEL MODERN PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DI CV. HOKKY FAMILY SURABAYA Suryanto, Silvia
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Abstrak—Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskirpsikan proses pengelolaan dan pengembangan bisnis ritel modern pada fungsi sumber daya manusia di CV. Hokky Family. CV. Hokky Family merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri retail modern, dengan bentuk usaha adalah supermarket. Fungsi sumber daya manusia yang diteliti pada perusahaan yaitu perekrutan dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi dan hubungan karyawan. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Analisa lingkungan eksternal dilakukan dengan model lima kekuatan Porter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah menjalankan fungsi sumber daya manusianya dengan baik, namun masih ada bagian yang kurang efektif pelaksanaannya. Perusahaan disarankan untuk lebih memaksimalkan kegiatan promosi, memanfaatkan sumber perekrutan yang ada secara lebih meluas, serta melakukan proses penyeleksian dan penilaian kinerja yang lebih valid hasilnya.
DESAIN ORGANISASI PADA USAHA BAUT, MUR, DAN PENGENCANG DI SURABAYA Brilliando, Okky
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Dalam sebuah perusahaan, organisasi merupakan sebuah entitas sosial yang mengarahkan tujuan, merancang struktur dan koordinasi aktifitas, serta menghubungkannya dengan kondisi lingkungan luar. Kompleksitas dalam organisasi merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari sebab dalam setiap rutinitas perusahaan selalu terdapat beberapa masalah yang tidak dapat diprediksi. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan pembentukan desain organisasi yang tepat sebagai sebuah tatanan dalam mengatur beberapa aspek di lingkungan organisasi.  Penulisan ini bertujuan untuk menganalisa desain organisasi yang ada dalam PT. Sepanjang Baut Sejahtera dengan menggunakan pendekatan Five Star Model. Pendekatan Five Star Model ini digunakan untuk melihat keselarasan antara kelima dimensi yaitu strategy, structure, processes, reward, dan people. Untuk mendeskripsikan dimensi desain organisasi pada PT. Sepanjang Baut Sejahtera penulis menggunakan metode penulisan kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi dan melakukan pengumpulan data dengan wawancara secara langsung kepada manajer personalia dan manajer produksi, observasi langsung ke perusahaan, serta pengumpulan dokumentasi perusahaan. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa dari desain organisasi PT.SBS masih memiliki beberapa kekurangan baik dari segi keselarasan antara struktur dengan desain strategik perusahaan, koordinasi dan integrasi pekerjaan antar unit bisnis yang ada, maupun sistem pengukuran dan pemberian reward. Perusahan perlu melakukan penyesuaian struktur yang lebih fungsional, tegas, dan adil dalam pembagian wewenang dan tanggung jawab sebagai salah satu alternatif desain organisasi untuk dapat menciptakan sebuah kinerja yang efektif dalam lingkungan perusahaan.
ANALISA KARAKTERISTIK ORGANISASI SEBAGAI DETERMINAN CORPORATE ENTREPRENEURSHIP PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DI JAWA TIMUR Tjahyono, Lie Benly
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meng-gambarkan tingkat corporate entrepreneurship, mendeskripsikan karakteristik organisasi, yaitu management support, work discretion, reward / reinforcement, time availability, organizational boundaries, dan mengetahui pengaruh karakteristik organisasi terhadap corporate entrepreneurship pada industri manufaktur di Jawa Timur. Pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner kepada para supervisor dan manajer pada industri manufaktur di Jawa Timur. Teknik analisa data menggunakan analisa faktor dan regresi sederhana. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan bersikap netral dalam memberikan support, keleluasaan dalam bekerja dan ketersediaan waktu. Lebih lanjut, pihak manajerial memiliki persepsi bahwa perusahan telah menjalankan reward/ reinforcement dengan baik dan memiliki batasan-batasan organisasional yang jelas, lalu perusahaan menilai bahwa perusahaan telah menjalankan corporate entrepreneurship. Lebih lanjut,  dapat di simpulkan bahwa karakteristik organisasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap corporate entrepreneurship.
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL SEBAGAI DETERMINAN CORPORATE ENTREPRENEURSHIP PADA PERUSAHAAN KELUARGA DI JAWA TIMUR Caesar, Rama Andrianas
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tingkat corporate entrepreneurship pada perusahaan keluarga di Jawa Timur, mendeskripsikan faktor-faktor individual terkait dengan corporate entrepreneurship, meneliti pengaruh faktor individual terhadap corporate entrepreneurship, Pada penelitian ini yang dipakai adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan keluarga di Jawa Timur telah sering melaksanakan praktek corporate  entrepreneurship,Hasil penelitian ini juga menujukan bahwa faktor-faktor individualberpengaruh signifikan terhadap corporate  entrepreneurship.
ANALISA MODAL SOSIAL DAN INOVASI PRODUK PADA PENGUSAHA MIKRO DAN KECIL DI JAWA TIMUR Suriatna, Danny
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaranmodal sosial ,pengeloloaan inovasi produk yang diterapkan dan mendeskripsikan kaitan antara modal sosial pengusaha dengan inovasi produk pada pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan jugmental sampling dan diperoleh 141 responden dari penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya dukungan modal sosial kepada pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur,terbesar adalah dukungan dari orang tua , anggota keluarga dan pasangan hidup. Kemudian penelitian ini juga menunjukan bahwa pengusaha mikro dan kecil di Jawa Timur melakukan inovasi produk. Dan hasil berikutnya dari penelitian ini adalah bahwa ternyata modal sosial pengusaha mikro dan kecil dengan inovasi produk pengusaha saling memiliki keterkaitan satu sama lain, keterkaitan yang terbesar adalah dukungan finansial,jaringan,dan moril dari orang tua,anggota keluarga dan pasangan hidup terhadap inovasi pada perubahan pengendalian/kontrol kualitas produk, dan perubahan standar kualitas produk.
ANALISA INOVASI PRODUK PADA SEKTOR USAHA FORMAL DAN INFORMAL DI JAWA TIMUR Cahyo, Roberto Junianto
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yang ditentukan adalah untuk mendeskripsikan inovasi produk pada usaha sektor formal dan informal dan untuk mengetahui perbandingan inovasi produk pada sektor usaha formal dan informal. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengambilan sampel judgemental sampel. Penelitian ini menggunakan 141 sampel UMK di Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah statistik deskriptif, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Alat analisa yang digunakan adalah uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan inovasi produk pada indikator fungsi desain produk, penambahan varian produk, fitur varian produk, kontrol kualitas dan standar kualitas, sedangkan pada indikator packaging desain produk dan pengembangan kualitas menunjukkan perbedaan
PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS JASA KEBUGARAN PADA ARTHARAGA FITNESS CENTER Hartanto, Edwin
Agora Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.005 KB)

Abstract

Saat ini banyak tempat-tempat fitness yang saling bersaing mendapatkan anggota, hal tersebut karena bagi kebanyakan masyarakat kota, fitness merupakan wahana baru sebagai sarana olah raga yang nyaman dan praktis disela-sela kesibukan serta rutinitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengelolaan bisnis jasa kebugaran, menganalisis situasi dan kondisi lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan analisis SWOT dan menyusun rencana model alternatif strategi pengembangan pada bisnis jasa kebugaran pada Artharaga Fitness Center di Jalan Siwalankerto No. 77 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan dari faktor internal kelebihan Artharaga fitness center harga harga sangat besaing kelemahannya adalah promosi yang dilakukan masih kurang sedangkan dari faktor eksternal adalah minat konsumen yang tinggi sedangkan ancamannya adalah tingkat persaingan antar perusahaan Fitness Center yang tinggi, oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut penulis menyarankan perusahaan untuk menggunakan strategi generik differentiation dan rencana strategi untuk pengembangan bisnis pada usaha Artharaga fitness center sebagai perusahaan kebugaran adalah dengan menggunakan teknik perluasan cakupan bisnis (economic of scope).

Page 1 of 18 | Total Record : 174


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 1 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 2 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 2 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 1 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 2 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 1 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 2 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis More Issue