cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Agora
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis" : 33 Documents clear
Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan melalui Kreativitas Karyawan sebagai variabel mediasi Pada Toko Emas di Pasar Atom Surabaya Stanley Wantojo; Marcus Remiasa
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan dan menggunakan kreativitas karyawan sebagai variabel mediasi untuk mengukur kinerja karyawan di Toko Emas Pasar Atom Surabaya. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja fisik dan non fisik sebagai variabel bebas, kreativitas karyawan sebagai variabel mediasi, dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 100 responden karyawan Toko Emas di Pasar Atom Surabaya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan pendekatan persamaan model structural dengan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kerja fisik tidak mempengaruhi secara signifikan kinerja karyawan melalui kreativitas karyawan dan lingkungan kerja non fisik mempengaruhi secara signifikan kinerja karyawan melalui kreativitas karyawan.
PENGARUH ORIENTASI DAN ADAPTABILITAS IBU BEKERJA DALAM MENJALANKAN PERAN GANDA TERHADAP PRODUKTIVITASNYA Pauline Bella; Bambang Haryadi
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari orientasi dan adaptabilitas ibu bekerja dalam menjalankan peran ganda nya terhadap produktivitasnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian kuantitatif yang melibatkan 157 ibu bekerja. Dalam pengolahan datanya sendiri, peneliti menggunakan 2 aplikasi, yaitu Smart PLS untuk menjalankan uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, serta uji hipotesis; dan aplikasi SPSS untuk menjabarkan data ibu bekerja yang ikut mengambil andil dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyebutkan beberapa temuan bahwa dalam konteks peran ganda, orientasi ibu bekerja berpengaruh terhadap produktivitas ibu bekerja, orientasi ibu bekerja berpengaruh terhadap adaptabilitas ibu bekerja, adaptabilitas ibu bekerja berpengaruh terhadap produktifitas ibu bekerja, serta yang terakhir adaptabilitas ibu bekerja berperan sebagai mediasi antara orientasi ibu bekerja dan produktivitas ibu bekerja.
Pengaruh Implementation of Servant Leadership Terhadap Organizational Citizenship Behavior Melalui Job Crafting and Employee Environmental Engagement Sebagai Variabel Mediasi Kevin Jaya
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organizational citizenship behavior merupakan cara individu yang bebas, baik secara langsung maupun juga tidak secara langsung dalam upaya mencapai performa terbaik dalam suatu organisasi. Tujuan dari servant leadership adalah untuk membantu organisasi dalam menemukan potensi penuh pekerja melalui pelayanan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi job crafting yaitu dimana para pekerja melakukan perubahan dalam organisasi  dan mediasi employee environmental engagement dimana keterlibatan peran dalam menciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman dan terhindar dari pertikaian pada PT. Indomacro Prismatama / Indomaret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan 102 responden dari pekerja Indomaret. Data penelitian di analisis dengan menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementation of servant leadership melalui job crafting berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior dan implementation of servant leadership melalui employee environmental engagement tidak berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior.
PENGARUH JOB SATISFACTION TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA PT ARAYA BANGUN SARANA Erika Josceline Setiono; Thomas Santoso
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu aspek keunggulan bersaing yang menjadi fokus utama dalam perusahaan. Sumber daya manusia yang unggul dan profesional dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan, hal ini yang mendasari perlunya organizational citizenship behavior. Dalam pembentukan organizational citizenship behavior perlu didukung dengan beberapa variabel terkait yaitu Job satisfaction dan Organizational commitment. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan jumlah sampel 92 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan model analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job satisfaction berpengaruh terhadap organizational commitment, organizational commitment berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior, Job satisfaction berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Dalam penelitian ini juga didpati bahwa organizational commitment memediasi hubungan antara job satisfaction terhadap organizational citizenship behavior.
PENGARUH CONTENT MARKETING DAN INFLUENCER ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA BRAND SKINCARE SOMETHINC Yunita Purwanto; Wilma Laura Sahetapy
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gaya hidup masyarakat semakin berkembang, kebutuhan dan keinginan semakin meningkat, salah satunya adalah kebutuhan akan produk kosmetik dan skincare. Terutama dengan adanya brand- brand lokal yang bersaing untuk mengeluarkan produk- produk skincare yang bervariasi. Terdapat beberapa hal yang memengaruhi purchase intention dari masyarakat yaitu adanya content marketing dan influencer endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel content marketing dan influencer endorser terhadap purchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melibatkan 119 responden dan menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa content marketing memiliki pengaruh terhadap purchase intention sedangkan influencer endorser berpengaruh tidak signifikan terhadap purchase intention.
PENGARUH CUSTOMER SERVICE DAN ONLINE RETURN POLICY LENIENCY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA Temy, Michael Christian; Jaolis, Ferry
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Customer Service dan Online Return Policy Leniency terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Kristen Petra Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan dengan instrumen angket. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan lima dari tujuh hipotesis diterima.
ANALISIS PENGARUH KESADARAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN PADA PELANGGAN SOMETHINC Laurencia Sheren Yunanto
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas konsumen pada seluruh pelanggan somethinc. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya diolah menggunakan PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kesadaran harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas konsumen pelanggan Somethinc.
PENGARUH REPUTASI DAN KUALITAS INFORMASI MELALUI PROMOSI YANG DIBERIKAN OLEH KOKOBUNCIT TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN FOOD BLOGGER KOKOBUNCIT YANG BERADA DI INSTAGRAM PADA MASA COVID 19 Jonathan Setyawan
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi dan kualitas informasi melalui promosi yang diberikan oleh kokobuncit terhadap minat beli pelanggan food blogger kokobuncit yang berada di Instagram pada masa covid 19. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala pengukuran skala likert. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 100 responden yang telah melalui penyaringan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan jalur path analisis dengan menggunakan Smart PLS. Data diolah dengan menggunakan pendekatan persamaan model struktural dengan teknik Partial Least Squeare. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa reputasi berpengaruh signifikan terhadap promosi, kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap promosi, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli.
PENGARUH ETHICAL LEADERSHIP TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE MELALUI EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN DI BANK SWASTA Jessline Gunawan; Roy Setiawan
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Employee performance adalah hasil penilaian kerja mengenai seberapa baik seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya yang mana hal tersebut berkaitan dengan produktivitas serta pertumbuhan perusahaan.  Employee performance di suatu perusahaan dapat meningkat disebabkan dari adanya pengaruh ethical leadership dengan didukung employee engagement dan job satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh ethical leadership terhadap employee performance dengan employee engagement dan job sastisfaction sebagai mediasi pada karyawan di bank swasta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling, yaitu purposive sampling, khususnya judgment sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner penelitian yang disebarkan secara online. Teknik pengolahan serta analisis data akan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ethical leadership tidak berpengaruh terhadap employee performance, ethical leadership berpengaruh terhadap employee engagement dan job satisfaction, dan employee engagement maupun job satisfaction berpengaruh terhadap employee performance secara langsung maupun sebagai mediasi.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DAGANG ALAT ELEKTRONIK UD. BINTANG TERANG Anita Gunawan; Augustinus Simanjuntak
Agora Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis
Publisher : Agora

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan usaha dagang alat elektronik yang tepat bagi UD. Bintang Terang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini, peneliti menetapkan lima informan utama. Tiga informan berasal dari internal UD. Bintang Terang yaitu pemilik, asisten pemilik, serta karyawan bagian penjual. Dua informan berasal dari eksternal UD. Bintang Terang yaitu pelanggan tetap dan pelanggan retail dari UD. Bintang Terang. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu reduksi data. Dalam pengujian validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal UD. Bintang Terang menggunakan matriks Internal Factor Evaluations (IFE) serta menganalisis lingkungan eksternal usaha dagang dengan matriks External Factor Evaluations (EFE). Kemudian dilakukan analisis Strength Weakness Opportunities Threat (SWOT) serta dimatrikskan ke dalam matriks SWOT sehingga dapat menghasilkan beberapa strategi pengembangan usaha dagang alat elektronik untuk UD. Bintang Terang. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pengembangan usaha dagang alat elektronik yang tepat bagi UD. Bintang Terang guna untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat yaitu strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar. Dengan strategi tersebut, diharapkan usaha dagang dapat mencapai tujuan yang diinginkan serta menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Page 1 of 4 | Total Record : 33


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Business Management Vol 10, No 1 (2022): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 9, No 1 (2021): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 2 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 8, No 1 (2020): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 2 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 7, No 1 (2019): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 2 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 6, No 1 (2018): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 2 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 5, No 1 (2017): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4 (2016): Vol 4, No 1 (2016) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 4, No 2 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 4, No 1 (2016): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3 (2015): Vol 3, No 2 (2015) Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3, No 2 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 3, No 1 (2015): Agora, Jurnal Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 2 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 2, No 1 (2014): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 3 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 2 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis Vol 1, No 1 (2013): Agora, Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis More Issue