cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI MODEL KOMPETISI DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT LOKAL DI KAMPUNG JAWI SEMARANG Bunga, Anggit
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor yang menunjang perekonomian Indonesia adalah Ekonomi Kreatif. Salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah terutama di Kota Semarang yang menerapkan model kompetisi adalah Kampung Jawi. dimana masyarakatnya masih tetap melestarikan kebudayaan Jawa. Tradisi ini merupakan budaya warisan dari nenek moyang yang penting untuk diteladani dan tetap dilesatarikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis potensi daya Tarik wisata yang ada di Kampung Jawi melalui konsep Daya Tarik Wisata 3A yang digabungkan dengan komponen model kompetisi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara 13 Narasumber, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekonomi kreatif melalui model kompetisi dapat dilakukan dari 2 aspek yanitu industri kreatif dan industri budaya. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Model Kompetisi, Meningkatkan perekonomian Masyarakat lokal
PENGARUH BUKTI FISIK, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN TRATTORIA SEMARANG Lestari Jiwandari, Gia
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di restoran Trattoria Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengaruh bukti fisik terhadap kepuasaan pelanggan di Restoran Trattoria Semarang, (2) mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan di Restoran Trattoria Semarang, (3) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan di Restoran Trattoria Semarang, (4) mengetahui pengaruh bukti fisik, kualitas produk, dan kualitas pelayanan  secara bersama-sama terhadap kepuasaan pelanggan di Restoran Trattoria Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif, sedangkan desain penelitiannya menggunakan regresi dan korelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden yang berkunjung di restoran TrattoriaSemarang. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa: (1) bukti fisik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Trattoria Semarang, (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Trattoria Semarang, (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Trattoria Semarang, (4) bukti fisik, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan di restoran Trattoria Semarang. Kata Kunci: Bukti Fisik, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pealnggan
STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA ALAM KETEP PASS SEBAGAI DESTINASI UNGGULAN DI KABUPATEN MAGELANG Chaeruna Insani, Maasyitta
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

        Ketep Pass merupakan salah satu pariwisata alam yang dapat diunggulkan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun terdapat permasalahan di Ketep Pass terkait dengan sarana prasarana yang kurang memadai, belum adanya pengadaan souvenir/tempat belanja yang bervariasi, atraksi yang perlu dikembangkan, dan belum tersedianya transportasi untuk mencapai Ketep Pass. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang terkait yaitu potensi atraksi, aksesibilitas dan amenitas dalam mengembangkan Ketep Pass. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Data dalam penulisan ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penulisan ini adalah tersusunnya strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan destinasi di Ketep Pass meliputi 1). Pengembangan atraksi yaitu wisata agro dan outbond 2). Pengembangan amenitas pariwisata berupa homestay , souvenir shop, dan pusat informasi pariwisata 3). Penambahan fasilitas pendukung berupa klinik kesehatan, pos keamanan pariwisata, money changer, ATM 4). Pengembangan aksesibilitas jalan, transportasi, petunjuk arah. Kata kunci : Pengembangan destinasi, Wisata alam, Ketep Pass
STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KOTALAMA SEBAGAI DESTINASI WISATA UNGGULAN DI KOTA SEMARANG Ramli Nafis, Muhammad
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

        Kepariwisataan merupakan salah satu aspek penting sektor yang berperan penting dalam mensukseskan pembangunan serta dalam mendukung tercapainya sasaran otonomi daerah. Oleh karena itu diperlukan pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata di daerah tersebut. Kondisi potensi pariwisata Kota Semarang yang tinggi dengan memiliki 64 daya tarik pariwisata seharusnya mampu menjadikan Kota Semarang sebagai Kota Destinasi Pariwisata dan bukan hanya menjadi Kota Transit. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang sebagai Organisasi Perangkat Daerah mempunyai tugas dan tanggung jawab melaksanakan urusan pemerintahan khususnya sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena atau keadaan sesungguhnya yang terjadi tentang bagaimana pelaksanaan strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam usaha mengembangkan pariwisata Kota Lama sebagai destinasi wisata unggulan di kota Semarang. Penelit imenggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara terhadap beberapa target responden di wilayahpenelitian, yang berasaldarikalangan yang cukup merepresentasikan kondisi obyektif di wilayah penelitian. Hal yang menjadi focus utama penelitian ini yaitu konteks dari manajemen pelaksanaan strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam upaya mengembangkan pariwisata Kota Semarang, pemasaran pariwisata Kota Semarang, termasuk peran masyarakat serta peran pihak swasta dalam pengembangan pariwisata Kota Semarang. Hal yang menjadi focus utama penelitian ini yaitu konteks dari manajemen pelaksanaan strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kota Lama Semarang, pemasaran pariwisata Kota Semarang, termasuk peran masyarakat serta peran pihak swasta dalam pengembangan pariwisata Kota Semarang.   Kata kunci :Strategi, pengembangan wisata, Kota Lama, Destinasi Unggulan
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENGRAJIN BATIK DAN KUALITAS PRODUK DALAM RANGKA MENINGKATKAN EKONOMIMASYARAKAT DI DESA WISATA DEWI MANGROVESARI DI KABUPATEN BREBES Senjani Ramadesya, Tria
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 3 (2021): Jurnal Gema Wisata Edisi September 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Wisata Dewi Mangrovesari merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Brebes yang memiliki produk ekonomi kreatif yaitu Batik Mangrove. Namun terdapat permasalahan pengembangan untuk itu dibutuhkannya strategi yang dilakukan untuk pengembangan sumber daya manusia sebagai pengrajin batik, kualitas produk batik serta ekonomi masyarakat sekitar. Startegi yang perlu dilakukan ialah melakukan pengembangan jangka panjang dan jangka pendek seperti training development, pelatihan manajemen, pelatihan kreatifitas, pelatihan teknologi kemudian pengendalian kualitas produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Data dalam penulisan ini diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penulisan ini adalah tersusunnya strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan SDM Pengrajin Batik dan Kualitas Produk Batik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Kata Kunci : Pengembangan SDM Pengrajin Batik dan Kualitas Produk Batik, Meningkatkan Ekonomi Masyarakat, Desa Wisata Dewi Mangrovesari.

Page 1 of 1 | Total Record : 5