cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
INFOKAM
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah INFOKAM terbit setiap 6 bulan sekali ( 2 X dalam setahun, bulan Maret & September) oleh P3M AMIK “JTC” Semarang dengan maksud sebagai media informasi tentang Komputer, Akuntansi dan Manajemen bagi Sivitas Akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017" : 8 Documents clear
RANCANG BANGUN APLIKASI GO-TUTOR BERBASIS ANDROID PADA BIMBINGAN BELAJAR RUMAH PINTAR MAGELANG Kartika Imam Santoso; Mendi Sangkoyrala Hidayat; Sunarni Sunarni
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.115

Abstract

Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang masih menggunakan cara konvensional untuk siswa menentukan jadwal belajar dan memilih tutor untuk tambahan belajar di rumah. Proses reservasi yang lama dan biaya operator selular yang mahal menjadi kendala untuk pengembangan bisnis. Selain itu, siswa sangat sulit memilih tutor karena kurangnya informasi apakah tutor tersebut telah memiliki jadwal mengajar pada saat siswa akan memilih tutor tersebut. Aplikasi Go-Tutor Berbasis Android pada Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang yang dapat memudahkan siswa dalam mereservasi tutor. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah model dengan menggunakan model Waterfall. Perancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan UML (Unified Modelling Language). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Go-Tutor berbasis Android yang dapat memberikan kemudahan siswa mereservasi tutor untuk kegiatan bimbingan belajar, serta membantu Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang untuk meningkatkan bisnis di bidang pendidikan.Kata Kunci :  Aplikasi Go-Tutor, Android, Waterfall, Bimbingan Belajar Rumah Pintar Magelang, UML.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (FTIK) UNIVERSITAS SEMARANG (USM) Sri Handayani
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.116

Abstract

Belum tersedianya sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) menyebabkan kebutuhan akan data penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat yang akurat kadang terkendala. Kebutuhan data yang akurat sangat dibutuhkan saat program studi (progdi) ataupun fakultas akan diakreditasi,  ataupun saat akan melakukan pemetaan terhadap dosen-dosen yang akan memperoleh kesempatan di semester berikutnya untuk melaksanakan penelitian ataupun pengabdian. Karena perbedaan data yang dimiliki oleh progdi, fakultas, ataupun data di LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat)  USM.  Data yang berbeda dapat terjadi karena kurang disiplinnya dosen yang telah melakukan penelitian atau telah melaksanakan pengabdian untuk mengumpulkan laporan ke progdi, fakultas, ataupun ke LPPM. Perbedaan data juga dapat terjadi karena perubahan personal dalam organisasi baik di tingkat progdi, fakultas, ataupun LPPM. Peneliti mencoba menganalisa kebutuhan sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen FTIK melalui rancangan contex diagram dan dfd. Sistem informasi ini dibangun menggunakan metode pengembangan system development lyfe cycle (SDLC). Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu pengelola  progdi, fakultas, dan LPPM untuk memperoleh data yang lebih akurat. Selain itu dengan adanya sistem informasi ini pihak UP2M (Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) FTIK dapat melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan dana internal dari LPPM USM.Kata Kunci : Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian, FTIK USM, SDLC
CYBER RELIGIUS SEBAGAI PENGENDALI PRILAKU AMORAL PENGGUNA KOMPUTER Muhamad Danuri; Heru Sulistiyo
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.117

Abstract

Masyarakat pengguna teknologi digital seperti internet dan berbagai fasilitiasnya seperti media social, internet, games dan berbagai aplikasi lainnya memberikan berbagai macam pengaruh baik yang positif maupun negatif. efisiensi, keamanan, kenyamanan dan efektifitas merupakan dapat postitif dari teknologi ini namun ada juga dampak negative seperti menurunnya prilaku social, kejahatan dan kerawanan moral. Walau telah ada pedoman etika berinternet seperti Cyber Ethics namun belum dapat berperan secara maksimal untuk dapat mengendalikan dampak negative tersebut. Sehingga perlu adanya sebuah model pengendalian yang lebih mengikat setiap pengguna dalam mengunakan media digital agar tidak terjerumus kedalam prilaku yang tidak baik dan merugikan. Model Cyber religius adalah sebuah model pengendalian pengguna internet yang berbasis pada kepercayaan individu terhadap Tuhannya. Dalam model ini terdapat beberapa pengendalian yang bersifat memberi peringatan tentang hukuman dan akibat dari setiap tindakan yang tidak baik yang dilakukan di Media Digital tersebut. Setiap individu akan merasa diawasi oleh Tuhannya sehingga tidak akan berbuat yang tidak baik karena akan mengakibatkan dosa dan kerugian dikemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan baru tentang pengendalian perilaku pengguna media digital terhadap prilaku-prilaku yang dapat mengakibatkan kejahatan dan kerugian terhadap orang banyak. Diharapkan model ini dapat di pakai di indonesia khususnya dan di seluruh dunia agar masyarakat digital terbebas dari pelanggaran dan kejahatan dari penggunanya.Kata Kunci: Cyber Religius, Computer, Media Digital, Internet, Prilaku Amoral, Cyber Crime
PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KINERJA GURU DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA Lie Lilianna; Suhana Suhana; Romadi Romadi
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.118

Abstract

Education has a povital role for a progress of a country. In the education process intended, teacher position holds a key role. To guarantee good quality of education, to increase the teacher performance is very important. Teachers in Elementary School in UPT Dindikbud Doro Pekalongan Regency undergoes performance decreasing in the last three years successively. The indication could be seen from the result of national exam, from 2012-2014 undergoing declining successively. Theoretically, there  are many factors being predicted to have effect on performance. From the previous studies, it is known that performance could be affected by motivation, organizational commitment and job satisfaction. The current research discusses variables linked with elementary school teacher performance in UPT Dindikbud Doro Pekalongan Regency. The population is 2019 teachers and 142 teachers are the samples. Analysis technique used in the research is regression and path analysis. Of analysis conducted, it is derived research findings, as follows: motivation has a positive effect on job satisfaction, organizational commitment has a positive effect on job satisfaction, motivation does not affect teacher performance, organizational commitment affects teacher performance, job satisfaction mediates the effect of motivation to teacher performance and organizational commitment to teacher performance. The research has a theoritical and managerial implication. From theoritical point of view, the results contributes to the model of relationship among variables. Meanwhile, from managerial point of view, the results could be input for the decision makers to increase teacher performance. Keywords: teacher performance, job satisfaction, motivation and organizational commitment
RELEVANSI RELIGIUSITAS DALAM MENGATASI ANOMALI ZAMAN (KAJIAN LITERATUR) Heru Sulistiyo
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.119

Abstract

Dunia sudah memasuki anomali yang ditunjukkan dengan gencarnya kegiatan yang baik, di sisi lain terberitakan pula kegiatan jahat setiap hari di mas media. Studi leteratur dapat diusulkan peningkatan religiusitas seseorang dapat menghadapi anomali zaman. Hasil telaah penelitian terdahulu menunjukkan bahwa agama meningkatkan pengendalian diri, pengaturan diri, mencegah perilaku menyimpang,  suasana hati yang tenang, lebih bahagia, dll.Kata kunci: religiusitas, manusia makhluk Tuhan, monitoring diri, kendali diri dan pengaturan diri
PENGARUH SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014) Agus Pitoyo; Riana Sitawati
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.120

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami mengenai Akuntansi adalah faktor eksternal, seperti sarana pendidikan. Selain faktor eksternal, faktor internal yang berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman Akuntansi adalah kecerdasan. Pandangan lama menjadikan Kecerdasan Intelektual (IQ) sebagai satu-satunya alat untuk mengukur kecerdasan seseorang, kini pandangan tersebut mulai bergeser ke Kecerdasan Emosional (EQ). Salah satu faktor psikologis yang turut mempengaruhi tingkat pemahaman Akuntansi adalah Minat Belajar. Objek penelitian ini adalah mahasiswa AMIK JTC Semarang tahun angkatan 2012, 2013, dan 2014 jurusan Komputerisasi Akuntansi, yang telah selesai menempuh mata kuliah akuntansi (Pengantar Akuntansi dan Akuntansi Biaya) sebanyak 78 mahasiswa. Alat analisis yang yang digunakan untuk menguji pengaruh antar variabel adalah Path Analisys yang merupakan pengembangan dari analisis regresi linier berganda. Analisis pengaruh variabel mediator terhadap hubungan antar variabel independen dan dependen menggunakan Sobel Test. Hasil pengujian kelayakan model adalah Model 1 menghasilkan nilai adjusted R2 adalah sebesar 0,801, di mana Sarana Prasarana dan Kecerdasan Emosional memiliki kontribusi pengaruh terhadap Minat Belajar mahasiswa sebesar 80,1%, sedangkan Model 2  menghasilkan nilai adjusted R2 adalah sebesar 0,718. Hal ini berarti bahwa Sarana Prasarana, Kecerdasan Emosional, dan Minat Belajar memiliki kontribusi pengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi sebesar 71,8%. Hasil uji hipotesis 1) Sarana Pendidikan tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa, 2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa, 3) Sarana Pendidikan berpengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa,  4) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa, 5) Minat Belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa, 6) Sarana Pendidikan berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dengan Minat belajar sebagai variabel intervening, 7) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa dengan Minat belajar sebagai variabel intervening. Kata Kunci : Sarana Pendidikan, Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Pemahaman Akuntans
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PERILAKU INOVATIF TERHAHAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada LKP Alfabank Semarang) Anton Sujarwo; Wahjono Wahjono
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.121

Abstract

Artikel ini mempunyai tujuan menganalisa seberapa besar pengaruh dari motivasi kerja dan perilaku inovatif kepada kinerja karyawan dengan sebagai variabel mediasinya kepuasan kerja. Penelitian ini dengan populasi semua karyawan ALFABANK Semarang. Kesimpulan dari uji hipotesis menunjukan motivasi kerja berpengaruh baik kepada kepuasan kerja, sehingga bisa disimpulkan apabila motivasi kerja karyawan semakin meningkat, mengakibatkan kepuasan kerja semakin tinggi. Perilaku inovatif juga berpengaruh positif kepada kepuasan kerja sehingga bisa disimpulkan semakin tinggi perilaku inovatif, kepuasan kerja akan semakin tinggi. Kepuasan kerja mempunyai pengaruh positif kepada kinerja karyawan, dan bisa disimpulkan bila semakin tinggi kepuasan kerja akan semakin baik kinerja karyawan. Motivasi kerja berpengaruh positif kepada kinerja karyawan, sehingga di ambil kesimpulan bahwa semakin tinggi motivasi kerja maka semakin baik kinerja karyawan. Perilaku inovatif mempunyai pengaruh positif kepada kinerja karyawan, Jadi kesimpulannya bila perilaku inovatif semakin baik maka kinerja karyawan semakin baik. Hasil dari analisis pada variabel mediasi dengan menggunakan uji Sobel, dapat ditarik simpulan bahwa ada pengaruh mediasi kepuasan kerja antara pengaruh motivasi kerja kepada kinerja karyawan, dan kepuasan kerja, dalam penelitian ini sebagai variabel mediasi yang digunakan untuk menjembatani antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Secara empirik dapat ditemukan variabel motivasi kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan dengan variabel mediasi kepuasan kerja. Ada pengaruh mediasi kepuasan kerja dari pengaruh perilaku inovatif kepada kinerja karyawan.Kata Kunci :  Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Motivasi Kerja, Perilaku Inovatif
SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW (SLR): METODE, MANFAAT, DAN TANTANGAN LEARNING ANALYTICS DENGAN METODE DATA MINING DI DUNIA PENDIDIKAN TINGGI Entot Suhartono
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v13i1.123

Abstract

Pendidikan tinggi pada abad ke-21 ini terus mempromosikan penemuan di bidang learning analytics (LA). Masalahnya adalah bahwa jangkauan LA yang begitu cepat sehingga secara nyata telah mengalihkan perhatian para pendidik dari identifikasi kebutuhan dan implikasi dari penggunaan LA dalam pendidikan tinggi. LA adalah bidang ilmu yang sangat menjanjikan, namun para pemangku kepentingan pendidikan tinggi harus menjadi lebih familiar dengan isu-isu yang berkaitan dengan penggunaan LA dalam pendidikan tinggi. Beberapa penelitian telah disintesis dengan penelitian sebelumnya untuk memberikan gambaran isu LA dalam pendidikan tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Systematic Literature Reviews dilakukan untuk memberikan gambaran tentang metode, manfaat, dan tantangan dari menggunakan LA dalam pendidikan tinggi. Tinjauan literatur mengungkap-kan bahwa LA menggunakan berbagai metode termasuk teknik analisis data visual, analisis jaringan sosial, semantik, dan data mining pendidikan termasuk prediksi, clustering, relationship mining, penemuan dengan model, dan pemisahan data untuk penilaian manusia dalam menganalisis data. Manfaat LA pada pembahasan ini adalah termasuk penawaran kuliah yang telah ditargetkan, pengembangan kurikulum, hasil belajar mahasiswa (outcomes), perilaku dan proses, personalisasi pembelajaran, peningkatan kinerja pengajar/pendidik, waktu diterima kerja setelah lulus, dan meningkatkan penelitian di bidang pendidikan. Tantangan mencakup isu-isu yang berkaitan dengan pelacakan data, pengumpulan data, evaluasi data, analisis data; kurangnya koneksi ke ilmu kependidikan; mengoptimalkan lingkungan belajar, serta masalah etika dan privasi. Kajian secara komprehensif memberikan laporan secara terintegrasi bagi fakultas, pihak penyusun mata kuliah, dan pengelola perguruan tinggi mengenai metode, manfaat, dan tantangan dari LA sehingga mereka mungkin menerapkan LA lebih efektif untuk meningkatkan kegiatan pengajaran dan pembelajaran di pendidikan tinggi.Kata Kunci : Systematic Literature Review, Learning Analytics, Data Mining, Pendidikan Tinggi

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 1 (2023): Nomor 1/Th. XIX/Maret 2023 Vol 18, No 2 (2022): Nomor 2/Th. XVIII/September 2022 Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022 Vol 17, No 2 (2021): Nomor 2/Th. XVII/September 2021 Vol 17, No 1 (2021): Nomor I/Th. XVII/Maret 2021 Vol 16, No 2 (2020): Nomor II/Th. XVI/September 2020 Vol 16, No 1 (2020): Nomor I/Th. XVI/Maret 2020 Vol 15, No 2 (2019): Nomor II/Th. XV /September 2019 Vol 15, No 1 (2019): Nomor I / Th. XV / Maret 2019 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 1 (2018): Nomor I / Th. XIV / Maret 2018 Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017 Vol 13, No 2 (2017): INFOKAM No.2/September/Thn. 2017 Vol 12, No 2 (2016): INFOKAM No. II/Th. XII/September/2016 Vol 12, No 1 (2016): INFOKAM No. I/Th. XII/Maret/2016 Vol 11, No 4 (2015): INFOKAM EDISI I Tahun 10 2015 (Maret) Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 7, No 1 (2011): INFOKAM Edisi 1 Tahun 7 2011 (Mar) Vol 5, No 1 (2009): INFOKAM Edisi 1 Tahun 5 2009 (Mar) Vol 4, No 2 (2008): INFOKAM Edisi 2 Tahun 4 2008 (Sept) Vol 3, No 2 (2007): INFOKAM Edisi 1 Tahun 3 2007 (Sept) Vol 2, No 1 (2006): INFOKAM Edisi 1 Tahun 2 2006 (Maret) Vol 1, No 1 (2005): INFOKAM Edisi 1 Tahun 1 2005 (Maret) More Issue