cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan
ISSN : 14103133     EISSN : 28291778     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal online Paradigma mengundang peneliti dan akademisi untuk menuliskan hasil penelitiannya untuk dipublikasikan sesuai dengan tema-tema di bawah ini kebijakan di bidang : (1) Ilmu Administrasi Bisnis; (2) Ilmu Hubungan Internasional dan (3) Ilmu Komunikasi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER" : 5 Documents clear
ANALISIS MAKNA DENOTASI DAN KONOTASI DALAM IKLAN BUKALAPAK PADA SERIAL YOUTUBE “MEDOK PENDEKAR JARI SAKTI” Rikat Priambodo
Jurnal Paradigma Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/paradigma.v21i2.2765

Abstract

Iklan adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengiklan kepada target audiensnya. Salah satu media beriklan yang efektif digunakan adalah Youtube. Youtube mampu mengambil peran dengan informasi detil mengenai suatu produk. Kelebihan ini dimanfaatkan oleh perusahaan e-commerce sebagai media periklanan, salah satunya adalah Bukalapak.Penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif yang berfokus pada makna yang disampaikan dalam iklan Bukalapak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 episode serial iklan Youtube Bukalapak ‘Medok Pendekar Jari Sakti. Serial ini terkenal dengan metode penyampaian iklan yang sederhana tapi mengandung banyak makna. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam bentuk bagan tanda. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui makna iklan yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut Penelitian ini menggunakan teori semiotika menurut perspektif Roland Barthes. Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda, fungsi tanda dan produksi makna. Penelitian ini juga menggunakan 7 dari 9 formula keabsahan data yang dikemukakan oleh Andrik Purwasito untuk menguatkan proses pemaknaan.Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna iklan yang disampaikan Bukalapak memuat pesan moral. Bukalapak sebagai komunikator berusaha memberikan pemaknaan kepada konsumennya tanpa memunculkan sikap konsumerisme. Selain itu, Bukalapak juga membangun kesan bahwa dirinya merupakan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat yang ditunjukkan dari makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam serial iklan ini.
SELEKTIVITAS KERJA, PERSEPSI PEKERJAAN FORMAL TERHADAP PEROLEHAN KESEMPATAN KERJA Hari Walujo Sedjati
Jurnal Paradigma Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/paradigma.v21i2.2766

Abstract

In general functional proverty was found to be related to unployment in Kangannyar subdistrict; Purbalingga district; Central Java Province. The research analyses two antecedent (Independet variables) : Selectivity work ; Perseption formal work and one main consequent (Dependent variable) : a getting work. The reseach find out selectivity work positive correlation and significant (0,262), to getting work. The perseption formal work positive corelation and significant ( 0,238) with getting work. Coefisient Of Determinant find out, R 3.12= 0,6051. All together degree selectivity work, and perseption formal work influences dificult get work 60,51 %, so that mosf of work force unployment. In spite of great heterogeneity among the less developed countries, they have certain common characteristics and problems, Less developed countries are generally typified by a relatively low per capita income, low productivity per son, and high birth influence large unemployment
KONSTRUKSI BERITA PANAMA PAPERS DI TEMPO.CO Bambang Gustiawan; Subhan Afifi; M. Edy Susilo
Jurnal Paradigma Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/paradigma.v21i2.2762

Abstract

Lackage of financial data case in Panama or populary called Panama Papers is being a serious issue in the world, as well as in indonesia, because it impicates many important people of indonesia. All of mass media that report about this issue with a their own perspectives and constructed it into a news frame. This research reveals how Panama Papers are framed into the Tempo.co news. Data Collection technique and data analysis used in this research is framing analysis model developed by Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki which is divided into four structures, that is syntax (how journalists make facts), scripts (how journalists tell the facts), thematic (the way journalists write facts) and rhetorical (the way journalists emphasize facts). Objects studied in this study are news from the news portal Tempo.co from April to October 2016 edition which write about Panama Papers. The results of the study obtained three important conclusions, First, Tempo.co has a view to the public and the public interest, seen from the tendency of news that criticizes the government. Second, the construction has built by the Tempo.co indentified by the position of source of the news. The source of the news who representing media frames are placed more dominant in the opening of paragraphs and vice versa. Third, as an independent media and free from all pressure, Tempo.co consistently constructs Panama Papers with a point of view criticizing the government’s performance for the better. It is in line with the mission of Tempo.co as a free and responsible press
KOMUNIKASI PEMASARAN SANGGAR BATIK KALPIKA DALAM MENJUAL KARYA SENI KAOS LUKIS BATIK YOGYAKARTA Lukman Prayoga; Christina Rochayanti
Jurnal Paradigma Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/paradigma.v21i2.2763

Abstract

Sanggar Batik Kalpika is one of business is producing batik craft has been since 1970. To sell batik artwork and shirts of painting that are getting eroded about there enthusiasts, there need to be the communications marketing strategy good to reach the desired target. The purpose of this research is to know the communication marketing strategy the applied Sanggar Batik Kalpika to sell shirts of painting artwork Yogyakarta. This research use the theory planning as thinking base of knew about the process or steps communication marketing strategy to sell shirts of painting artwork. The kind of research used is descriptive qualitative research. Tecnique data collection is by in-depth interview, observation, and study dokumentation. This research result indicates there are two marketing done in Sanggar Batik Kalpika that is directly and indirectly. Marketing communications directly to build a partnership with several parties, In the form of personal selling. As for marketing communications that indirectly covering publication, and conducted direct marketing. In the implementation of marketing comunikation, Sanggar Batik Kalpika already have marketing departments, but in manage not yet optimal. With the analysis of the advantages and disadvantages of marketing comunication conducted by research, is expected to provide contribution so that the product of shirts painting artwork Sanggar Batik Kalpika can continue increase sales.
PERILAKU KONSUMEN DAN TREND CLOTHING (Studi Kasus Pada Perilaku Konsumen Remaja di SMPN 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta) Nanda Laras Parahita; Reny Triwardani; Yenni Sri Utami
Jurnal Paradigma Vol 21, No 2 (2017): JULI-DESEMBER
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/paradigma.v21i2.2764

Abstract

Perilaku konsumen merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam pemerolehan, pengonsumsian dan penghabisan produk atau jasa, termasuk proses proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Trend berpakaian semakin kesini semakin modern, kalangan anak muda sudah mulai mengenal dan mengerti akan produk clothingan. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial dan konsep perilaku konsumen dan trend clothing. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja SMPN 1 Jetis kecamatn Jetis, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perilaku konsumen trend clothing dan untuk mengetahui faktor keputusan pembelian pada remaja di SMPN 1 Jetis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah tentang Perilaku Konsumen dan Trend Clothing (Studi Kasus Perilaku Konsumen Pada Remaja SMPN 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta) perilaku konsumen pada mengalami perubahan dalam budaya konsumen, seperti anak remaja SMPN 1 Jetis menyukai produk brand clothing karena di tentukan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan, gaya hidup dan jarak. Sehingga menimbulkan budaya konsumen pada anak remaja SMP menjadi konsumtif akan produk brand clothing, tetapi pada remaja anak SMPN 1 Jetis ini tidak ditentukan dengan gaya berpakaian anak kota Yogyakarta Kata kunci: Perilaku konsumen, trend clothing, remaja SMPN 1 Jetis

Page 1 of 1 | Total Record : 5