cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2012)" : 4 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MICROSOFT EXCEL YANG BERORIENTASI TEORI VAN HIELE PADA BAHASAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEMADIARTHA, I KADEK SEMBAH
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA. Media pembelajaran dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima fase yaitu: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai fase tes, evaluasi, dan revisi sehingga hasilnya berupa prototipe final dari media pembelajaran yang siap diujicobakan lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran merupakan media yang memperhatikan tingkat berpikir siswa dan membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika. (2) Media pembelajaran dikembangkan melalui prosedur berikut, investigasi awal; desain;  realisasi/konstruksi; tes, evaluasi, dan revisi. (3) Media pembelajaran adalah valid, praktis, dan efektif. (4) Pengembangan media pembelajaran meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran matematika di Kelas X SMA khususnya bahasan Trigonometri menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan Microsoft Excel yang berorientasi teori Van Hiele pada Bahasan Trigonometri kelas X SMA. Selain itu, media pembelajaran yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi praktisi dan guru, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan, baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran. Kata kunci:   media pembelajaran berbasis komputer, media pembelajaran dengan Microsoft Excel, dan pembelajaran berorientasi teori Van Hiele.   ABSTRACT   This research was aimed to develope computer assisted learning by using Microsoft Excel based on Van Hiele theory in Trigonometry of Senior High School grade X. The development of this learning media followed the procedure proposed by Plomp which has five phases: (1) preliminary investigation; (2) design; (3) realization/construction; (4) test, evaluation and revision; (5) implementation. As a matter of fact, this research was conducted until phase test, evaluation and revision so that the result was until in the form of final prototype and ready to be implemented in wider area. The results showed as follows. (1) Learning Media is the media attention to the level of student thinking and help students in solving mathematical problems. (2) Media learning developed through the following phases, preliminary investigation; design; realization/construction; test, evaluation, and revision. (3) Learning media is valid, practical, and effective. (4) Development of learning media to improve achievement and student motivation to learn mathematics. Based on the result of this research, it was suggested that the teaching and learning math in Senior High School grade X, especially Trigonometry material to use assisted learning media by using Microsoft Excel based on Van Hiele theory. Moreover, the developing media in this research could be used as an example for practitioner and teacher in developing their learning media which is in line with the characteristics and the process for obtaining good quality of the media.   Key words: computer assisted learning, learning media by using Microsoft Excel, and learning based on Van Hiele theory.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH (MP3M) BERORIENTASI MASALAH TERBUKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SURYAWAN, I PUTU PASEK
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika untuk MP3M berorientasi masalah terbuka yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa SMP kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa, buku petunjuk guru, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Validitas, kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, respons guru dan siswa, dan hasil uji coba lapangan.  Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap (4) sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu perangkat pembelajaran yang siap diimplementasikan. Tahap implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan yang ada pada peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektivan yang diharapkan. Hasil uji coba pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan aktivitas siswa yang tinggi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, disarankan agar pembelajaran matematika di SMP kelas VII menggunakan perangkat pembelajaran matematika untuk MP3M berorientasi masalah terbuka. Selain itu, perangkat pembelajaran yang telah berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkannya baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk melihat kualitas perangkat pembelajaran.   Kata kunci:   perangkat pembelajaran matematika, MP3M, masalah terbuka, aktivitas belajar matematika, prestasi belajar matematika ABSTRACT   This study aimed at developing mathematics instructional materials based on reasoning and problem solving model with open ended problem oriented which valid, practical, and effective for the seventh grade student. In this study student’s handbooks, teacher’s instructional guide, and lesson plans were developed. Validity, practicality, and effectiveness of instruments were controlled based on expert’s validator, teacher’s and student’s responses, and the result of the try out. Plomp’s development procedure was applied to conduct the study which consists of five stages, namely: (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. For the purpose of the study, only the four stages were carried out. The implementation stage could not be involved because of the research limitation. The result of this study showed that the developed instructional materials have fulfilled the criteria of validation value, practicality, and effectiveness. The try out result showed that students were highly involved in teaching and learning activities that affected their high achievement in mathematics. Considering the good result of the try out, it is suggested that the mathematics instructional materials based on reasoning and problem solving model with open ended problem oriented should be implemented in teaching mathematics in the seventh grade of junior high school. Moreover, instructional materials that have been successfully developed in this study, can be used as a guidelines for teacher to develop instructional mathematics with the characteristic of the instructional both in term of developing procedures and process to see the quality of the instructional materials.   Key words: instructional materials, reasoning and problem solving model,              open ended problem, activities mathematic, achievement mathematic
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IKRAR BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Puspadewi, Kadek Rahayu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian post test only control group design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh model pembelajaran IKRAR berorientasi kearifan lokal dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD No. 3 Banjar Jawa pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kecerdasan logis matematis serta tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran IKRAR berorientasi kearifan lokal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.   Kata kunci : Model IKRAR, kearifan lokal, kecerdasan logis matematis, kemampuan pemecahan masalah matematika   Abstract This research was a quasi experiment with post test only control group design. The purpose of this research was to study the effect of IKRAR teaching-learning model with local-wisdom oriented and logical mathematical intelligence to students’ mathematical problem solving ability. The population of this research was the second semester of grade V of the students at SD No. 3 Banjar Jawa in academic year 2011/2012, meanwhile random sampling technique was used to determine the sample. Two packages of test namely the logical mathematical intelligence test and mathematical problem solving test were used to gathered the data. The data were analyzed by two ways of ANAVA. The research findings show that, (1) the IKRAR teaching-learning model with local-wisdom oriented has a positive influence to the students’ mathematical problem solving ability, (2) there is no interaction between teaching-learning model and logical mathematical intelligence toward the students’ mathematical problem solving ability.   Key word        : IKRAR teaching-learning model, local-wisdom, logical mathematical intelligence, mathematical problem solving ability
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII Nopiyanti, Ni Luh Putu Ayu
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Jurnal Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK   Kata kunci: perangkat pembelajaran geometri, GeoGebra, keterlibatan, prestasi belajar   Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran geometri berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa SMP kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa, buku petunjuk guru, dan media pembelajaran yang dibuat dengan software GeoGebra. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap (4) sehingga hasilnya hanya sampai mendapatkan prototipe final suatu perangkat pembelajaran yang siap diimplementasikan lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan validitas buku siswa dalam kategori valid, buku petunjuk guru dalam kategori sangat valid, dan media pembelajaran dalam kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diukur dengan dengan respons guru dan respons siswa. Berdasarkan hasilnya, perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran berkaitan dengan prestasi belajar matematika siswa dan keterlibatan siswa. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan keterlibatan siswa berada pada kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, efektivitas perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, disarankan agar pembelajaran geometri di kelas VII menggunakan perangkat pembelajaran geometri berbantuan GeoGebra. Selain itu, perangkat pembelajaran yang telah berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkannya baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk melihat kualitas perangkat pembelajaran.  ABSTRACT Key words: geometry teaching learning materials, GeoGebra, engagement, students’ achievement The aims of this study are to develop a valid, practical, and effective geometry teaching learning materials using GeoGebra for the seventh grade student. In this study student’s handbooks, teacher’s instructional guide, and teaching media were developed. Plomp’s development procedure is applied to develope teaching learning materials which consist of five stages, namely: (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. However, this development was conducted until the forth stage so that the result of the study is in the form of final prototype, which is ready to be implemented in wider area. Based on the results found during the try out, the geometry teaching learning materials being developed is found to be valid, effective, and practical to be used. The result of validation process revealed that the student’s handbooks was categorized as a valid, teacher’s instructional guide was categorized as a very valid, and media teaching was categorized as a valid. Practicality of teaching learning materials are measured using teacher and students responses. Based on the results, the material turns out to be practical. Effectiveness of teaching learning materials are measured using students’ achievement in learning math and students’ engagement in learning math. Based on the result of the test it revealed that standard score in math was achieved and students’ engagement in learning math was also high. Considering the good result of the try out, it is suggested that the geometry teaching learning materials develoved by using GeoGebra should be implemented in teaching mathematics in the seventh grade. Moreover, teaching learning materials that have been successfully developed in this study, can be used as a guidelines by teachers to develop teaching learning mathematics suitable with the characteristic of the instructional both in term of developing procedures and process to see the quality of the teaching learning materials.

Page 1 of 1 | Total Record : 4