cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita" : 1 Documents clear
PENDIDIKAN DINIYAH PADA SEKOLAH UMUM DI BANDA ACEH (SUATU TINJAUAN ULANG) Mumtazul Fikri, Mumtazul Fikri
Intelektualita Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini dinamika perilaku remaja di kota Banda Aceh terlihat cukup fluktuatif dan meresahkan. Diantaranya temuan kasus penyebaran aliran sesat Millata Abraham dan kasus munculnya anak punk di kota Banda Aceh. Kasus pertama menunjukkan penyimpangan pada akidah dan keimanan dalam memahami ajaran Islam yang benar, sedangkan kasus kedua menunjukkan penyimpangan perilaku dan akhlak pada remaja di Banda Aceh. Muara dari kedua kasus ini adalah dicanangkannya Program Pendidikan Diniyah pada sekolah-sekolah sebagai wadah pengawal akidah dan pembimbing perilaku remaja di Banda Aceh. Tulisan ini adalah hasil penelitian penulis tentang evaluasi program pendidikan diniyah pada sekolah umum di kota Banda Aceh. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian evaluasi program yang bertujuan untuk melihat ketercapaian dan efektifitas pelaksanaan program untuk menjadi landasan kebijakan di masa mendatang. Pilihan lokasi penelitian dilakulan secara purposive sampling, yaitu SMU 1 Banda Aceh, SMU 8 Banda Aceh dan SMU Labschool Unsyiah. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, implementasi Program Pendidikan Diniyah pada Sekeloh Menengah Umum di kota Banda Aceh secara umum telah berjalan baik. Hal ini terlihat dari beberapa aspek yaitu, adanya mekanisme perekrutan formal dan sistematis, adanya pemerataan program di seluruh jenjang pendidikan, adanya reward dan punishment, penggunaan media pembelajaran, sumber belajar yang sesuai dengan tujuan program, dan adanya kerjasama pengelola sekolah dengan guru pengajar. Kedua, Program Pendidikan Diniyah pada Sekolah Menengah Umum di kota Banda Aceh telah berjalan sesuai dengan visi dan misi program. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa misi program adalah penguatan akidah dan pembinaan akhlak. Ketiga, beberapa kendala pelaksanaan Program Pendidikan Diniyah pada Sekolah Menengah Umum di kota Banda Aceh, diantaranya: (1) kurangnya kerjasama antara guru diniyah dan pihak sekolah; (2) minimnya sumber daya guru yang mumpuni; (3) lemahnya keterlibatan keluarga dan masyarakat; (4) belum adanya kebijakan tentang kelanjutan program di perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 1