cover
Contact Name
Erwin Musdah
Contact Email
jan.stialanmks@gmail.om
Phone
+628113157949
Journal Mail Official
jan.stialanmks@gmail.om
Editorial Address
Jl. A.P. Pettarani No.61 Makassar 90222
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Negara
ISSN : 14108399     EISSN : 26153424     DOI : -
Jurnal Administrasi Negara menyediakan media untuk mempublikasikan artikel asli berupa pengetahuan baru yang unik dalam bidang administrasi negara. Jurnal ini membuka kesempatan seluas-luasnya untuk publikasi dan berbagi penelitian serta pengembangan upaya berkelanjutan di bidang administrasi. Jurnal Administrasi Negara menerbitkan artikel di bidang admnistrasi negara dengan pendekatan antar disiplin dengan berbagai topik kajian yang meliputi tata pemerintahan, organisasi publik, kebijakan publik pelayanan publik, manajemen, etika birokrasi, serta hukum administrasi/tata pemerintahan. Artikel harus dikirim ke kantor redaksi. Informasi lengkap mengenai cara mengirimkan artikel dan petunjuk untuk penulis tersedia di setiap edisi. Semua artikel yang disampaikan akan diseleksi oleh mitra bebestari (peer reviewed) dan dapat diedit oleh redaksi. Sejak tahun 2014 jurnal ini akan dipublikasikan tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk publikasi dalam jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara" : 5 Documents clear
DUKUNGAN SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) ONLINE DALAM PENGELOLAAN KEPEGAWAIAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN BARRU Nurwina, Nurwina; Firdaus, Muhammad; Sudirman, Sudirman
Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini membahas dukungan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) online dalam pengelolaan kepegawaian pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Barru. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan mengumpulkan data melalui pengamatan, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa hal antara lain: pendataan pegawai secara keseluruhan melalui SAPK sejak diterapkannya belum pernah dilakukan, namun segala urusan kepegawaian tetap berproses secara inkremental melalui SAPK dan database yang disempurnakan melalui data PUPNS; pengolahan data belum berjalan dengan baik; prosedur dan tata kerja belum dilakukan tepat waktu; SDM pengelola SAPK belum pernah mengikuti pelatihan. Teknologi Informasi sudah cukup baik karena sudah dilengkapi komputer dan juga jaringan internet walaupun dengan bandwidth yang masih rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa Dukungan SAPK online pada BKD Kabupaten Barru belum  optimal.Kata Kunci : Pendataan Pegawai, Pengolahan Data, Prosedur, SDM, Teknologi Informasi.AbstractThe problem analyzed in the study was about supportting a Computerised Personnel Management Service System (SAPK) at the Local Personnel Board (BKD) of Barru Regency. This study applied a descriptive method with a qualitative approach. Data was gathered using observation, interview and document analysis.The results of the study revealed several findings, such as: a comprehensive employee data entry through SAPK had not been performed yet, though all personnel data transactions were performed incrementally through SAPK, and database was updated through PUPNS; data processing had not been well-executed; work procedures had not been done on time, and employees managing SAPK had not ever been trained yet. The Information Technology was adequate as it had been equipped with computers and networks, although with quite low bandwidth. This showed that support of online SAPK at BKD of Barru Regency had not been optimum.Keywords :Data entry, data processing, work procedures, human resources and information teknology.
KEBIJAKAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP DAN PENYUSUTAN BERDASARKAN PSAK NO.16 (revisi 2011) PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIV MAKASSAR (UNIT USAHA PKS LUWU) Arum, Ruki Ambar; Ibrahim, Erni Cahyani
Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBesarnya investasi yang ditanamkan dalam aktiva tetap menjadikan aktiva tetap perlu mendapatkan perhatian yang serius, tidak hanya pada penggunaan dan operasinya saja tetapi juga dalam perlakuan akuntansinya. Proses pengakuan, penyusutan, penurun, pelepasan, dan pengungkapan aktiva tetap sedianya berpedoman pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.16 (revisi 2011) yang mengatur perlakuan akuntansi aktiva tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perlakuan kebijakan akuntansi aktiva tetap dan penyusutan pada PT. Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Unit Usaha Perkebunan Kelapa Sawit LUWU I). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memberikan gambaran secara jelas tentang perlakuan kebijakan akuntansi aset tetap berdasarkan PSAK No. 16 (Revisi 2011). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan PT. Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Unit Usaha Perkebunan Kelapa Sawit LUWU I) dalam perlakuan akuntansi aset tetap masih belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK No.16 (revisi 2011). Hal ini ditunjukkan dengan tidak dilakukannya review atas nilai residu dan umur manfaat aset tetap pada setiap akhir tahun buku, dan tidak diakuinya keuntungan atau kerugian disposal aset  tetap. Oleh karena itu, guna menghasilkan laporan keuangan yang handal maka perlu dilakukan penyajian dan pengungkapan aset tetap secara terstandar sebagaimana diatur dalam PSAK No.16 (revisi 2011).Kata Kunci : Aset Tetap ,  Penyusutan, PSAK, Laporan Keuangan. AbstractThe amount invested in fixed assets made concern fixed assets, not only on the use and operation but also in the accounting treatment. The process of recognition, depreciation, disposals, and disclosure of fixed assets was due to be guided by the Statement of Financial Accounting Standard (IAS) 16 (revised 2011) which prescribes the accounting treatment of fixed assets. The research to determine the treatment of accounting policies and the depreciation of fixed assets at PT. Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Unit Usaha Perkebunan Kelapa Sawit I). The method used is descriptive qualitative approach that gives a clear picture of the treatment of fixed asset accounting policies in accordance with SFAS No. 16 (Revised 2011). The technique of collecting data through interviews, observation and study of the document. The results showed that the policy of PT. Perkebunan Nusantara XIV Makassar (Unit Usaha Perkebunan Kelapa Sawit I) in plant and equipment is still not fully in accordance with IAS 16 (revised 2011). This is shown by not doing a review of the residual value and useful life of fixed assets at the end of each financial year, and no recognition of gain or loss on disposal of fixed assets. Therefore, in order to produce reliable financial statements it is necessary to the presentation and disclosure of fixed assets are standardized as set out in IAS 16 (revised 2011).Keywords: fixed assets, depreciation, IAS, financial Statement
ANALISIS PEREKRUTAN DAN SELEKSI DOSEN DAN KOORDINATOR LAPANGAN PADA UNIVERISTAS NUSA CENDANA II BAJAWA KABUPATEN NGADA Watu, Paskalina Apriany Reba; Chairunisa, Frida; Thahier, Rohana
Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPengadaan pegawai yang baik akan membantu terwujudnya tujuan organisasi. Oleh karena itu penting melakukan perekrutan dan seleksi untuk memperoleh dosen dan koordinator lapangan (Korlap) yang sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perekrutan dan seleksi dosen dan Korlap pada Undana II Bajawa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi dengan informan sebanyak lima orang terdiri dari Ketua Pengelola, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Dosen Terbang dan Dosen Kontrak, serta Korlap yang dianggap mampu memberikan informasi seputar pengadaan dosen dan Korlap pada Undana II Bajawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aspek Perekrutan belum sesuai standar perekrutan tenaga kependidikan karena masih dipengaruhi oleh kekuatan politik dan hubungan kekerabatan. Juga, perekrutan calon dosen tetap masih mengutamakan putra daerah. Namun secara umum, proses perekrutan sudah sangat baik karena dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Selanjutnya 2 proses penyeleksian dosen/ tenaga kependidikan, sudah sesuai dengan standard dan prosedur yang ada, dimana dosen/ tenaga kependidikan tetap memasukkan syarat yang sudah ditetapkan oleh Undana dan juga mengikuti serangkaian tes, baik tertulis maupun tidak tertulis (wawancara).Kata Kunci: Perekrutan, Seleksi, Dosen, Koordinator Lapangan, Universitas Nusa Cendana II                       BajawaAbstractGood employee recruitment can contribute to the attainment of organizational goals. Therefore it is important to carry out recruitment and selection processes in an attempt to obtain lecturers and field coordinators (Korlap) based on needs in terms of quality and quantity. Therefore, the purpose of this research is to analyze the recruitment and selection of lectures and field coordinators at Undana II Bajawa. The method used is a qualitative descriptive study. Data collection employed interviews, document review and observation techniques. Five informants were involved, consisting of the Chief Manager, Chief Infrastructures, Contract and Fellow Lecturers, as well as field coordinator members who were considered able to provide information about recruitment of lecturer and field coordinator at Undana II Bajawa. The results of this study show that: 1) aspect of recruitment has not conformed to the standards of education personnel recruitment as it is influenced by political forces and kinship. Furthermore, recruitment of candidates for tenured faculty still give a positive discrimination towards “Putra Daerah” (those who were born in the disstrict) In general, however, the process of recruitment has been excellent as it is openly and transparent. Furthermore, 2 the process of selecting faculty / staff, has conformed to the standard lecturers / educators submit terms and conditions set forth by Undana, and they also take a series of tests both written and oral (interview).Keywords: Recruitment, Selection, Lecturer, Field Coordinator, University of Nusa Cendana II BajawaAbstrakPengadaan pegawai yang baik akan membantu terwujudnya tujuan organisasi. Oleh karena itu penting melakukan perekrutan dan seleksi untuk memperoleh dosen dan koordinator lapangan (Korlap) yang sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perekrutan dan seleksi dosen dan Korlap pada Undana II Bajawa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi dengan informan sebanyak lima orang terdiri dari Ketua Pengelola, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, Dosen Terbang dan Dosen Kontrak, serta Korlap yang dianggap mampu memberikan informasi seputar pengadaan dosen dan Korlap pada Undana II Bajawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aspek Perekrutan belum sesuai standar perekrutan tenaga kependidikan karena masih dipengaruhi oleh kekuatan politik dan hubungan kekerabatan. Juga, perekrutan calon dosen tetap masih mengutamakan putra daerah. Namun secara umum, proses perekrutan sudah sangat baik karena dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Selanjutnya 2 proses penyeleksian dosen/ tenaga kependidikan, sudah sesuai dengan standard dan prosedur yang ada, dimana dosen/ tenaga kependidikan tetap memasukkan syarat yang sudah ditetapkan oleh Undana dan juga mengikuti serangkaian tes, baik tertulis maupun tidak tertulis (wawancara). Kata Kunci: Perekrutan, Seleksi, Dosen, Koordinator Lapangan, Universitas Nusa Cendana II                        Bajawa  AbstractGood employee recruitment can contribute to the attainment of organizational goals. Therefore it is important to carry out recruitment and selection processes in an attempt to obtain lecturers and field coordinators (Korlap) based on needs in terms of quality and quantity. Therefore, the purpose of this research is to analyze the recruitment and selection of lectures and field coordinators at Undana II Bajawa. The method used is a qualitative descriptive study. Data collection employed interviews, document review and observation techniques. Five informants were involved, consisting of the Chief Manager, Chief Infrastructures, Contract and Fellow Lecturers, as well as field coordinator members who were considered able to provide information about recruitment of lecturer and field coordinator at Undana II Bajawa. The results of this study show that: 1) aspect of recruitment has not conformed to the standards of education personnel recruitment as it is influenced by political forces and kinship. Furthermore, recruitment of candidates for tenured faculty still give a positive discrimination towards “Putra Daerah” (those who were born in the disstrict) In general, however, the process of recruitment has been excellent as it is openly and transparent. Furthermore, 2 the process of selecting faculty / staff, has conformed to the standard lecturers / educators submit terms and conditions set forth by Undana, and they also take a series of tests both written and oral (interview). Keywords: Recruitment, Selection, Lecturer, Field Coordinator, University of Nusa Cendana II                  Bajawa
MUTU PELAYANAN KESEHATAN POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) LANJUT USIA (LANSIA) DI KELURAHAN TAMMUA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR Ali, Muhammad Yamin; Muttaqin, Muttaqin; Syukur, Alam Tauhid
Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPermasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu pelayanan Pos Pelayaan Terpadu (Posyandu) lanjut usia (lansia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan Posyandu lansia di Kelurahan Tammua Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 23. Survei dilakukan di Kelurahan Tammua Kecamatan Tallo Kota Makassar yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Rappokalling. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.662 lansia yang telah mendapat pelayanan kesehatan di Posyandu lansia. Penetapan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, diperoleh 94 lansia yang terpilih untuk berpartisipasi sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek struktur (input) yang mencakup: kemampuan petugas, ketersediaan peralatan kesehatan, ketersediaan obat-obatan, kelengkapan sarana penunjang, akses posyandu lansia, dan kenyamanan posyandu lansia dengan nilai rata-rata 4,68 (ketegori bermutu). Aspek proses yang mencakup: hubungan interpersonal, kecepatan pelayanan, pemeriksaan kesehatan, penjelasan petugas, dan pencatatan dengan nilai rata-rata 4,69 (ketegori bermutu). Sedangkan aspek outcome yang mencakup kepuasan lansia dengan nilai rata-rata 4,83 (kategori puas) dan jumlah kunjungan sebanyak 107 (Mei 2015) meningkat menjadi 115 (Mei 2016). Namun, ketersediaan peralatan pemeriksaan gula darah dan hubungan interpersonal harus ditingkatkan. Secara keseluruhan, pelayanan kesehatan Posyandu lansia dapat memenuhi harapan lansia.Kata Kunci: Mutu Pelayanan Kesehatan, Lanjut Usia (Lansia), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).AbstractThe problem analysed in the study was about service quality integrated services point (Posyandu) for elderly. The objective of the study was to understand the quality of health care at Posyandu for elderly in Tammua village Tallo district of Makassar city. The study applied a survey method with a quantitative approach and analyzed using SPSS version 23. The survey was undertaken in Tammua village of Tallo sub-district of Makassar city, which was service area of Rappokalling public health centre (Puskesms). Population of the study was 1.662 elderly had received health care in elderly Posyandu. Using non-probably sampling with a purposive sampling technique, 94 elderly were selected to participate as respondents in the study. The results of the study showed that the structure aspect (inputs) consisting of staff ability, availability of health facilities, availability of medicines, availability of supporting facilities, access to the elderly Posyandu, and the comfort of the Posyandu scored 4.68 (categorised as qualify). The process aspect consisting of interpersonal relation, speed of service, medical check, explanations officers, and documentation scored 4,69 (categorised as quality). While the outcome aspect consisting of elderly satisfaction scored 4.83 (categorised as satisfied). The number of elderly visit was 107 (May 2015) increased to 115 (May 2016). However, the availability of facility for blood sugar and interpersonal capability of staff should be improved. In overall, the health care at elderly Posyandu could meet the elderly expectation.Keywords: Quality of Health Care, Elderly, Integrated Services Point (Posyandu).
EFEKTIVITAS E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS KASSI KASSI KOTA MAKASSAR Ganing, Anwar; Firdaus, Muhammad; Chaerunisa, Frida
Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDi era globalisasi teknologi menjadi kebutuhan utama dalam memenangkan persaingan. Khususnya di bidang kesehatan menurut World Health Organization (WHO) salah satu building blocks pembangunan adalah sistem informasi kesehatan merupakan poin kelima dari kerangka kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, tanggap, proteksi resiko keuangan, serta meningkatkan efisiensi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas e-Puskesmas sebagai sarana peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja pada Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan yaitu: Pegawai bidang Perencanaan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Kepala Puskesmas, Pegawai yang melakukan penginputan data serta pelayanan kepada Pasien, Admin, dan Masyarakat Pengguna e-Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas e-Puskesmas ditinjau dari segi input sumber daya manusia masih belum maksimal, baik dari SDM (Sumber Daya Manusia) Petugas maupun Masyarakat yang menggunakan e-Puskesmas. Namun dari segi sarana prasarana serta dana sudah cukup efektif. Ditinjau efektivitas dari segi proses, penggunaan fitur dalam e-Puskesmas belum efektif karena belum semua fasilitas digunakan hanya fitur seperti loket pendaftaran, poli rawat jalan, apotik, laboratorium. Belum adanya sistem pelaporan online ke Dinas Kesehatan Kota Makassar pada e-Puskesmas oleh karena itu disarankan untuk mengkoneksikan e-Puskesmas kepada pihak penerima laporan yang ada di Dinas Kesehatan Kota Makassar. Pada aspek output, belum adanya pemanfaatan e-Puskesmas oleh masyarakat, oleh karena itu disarankan untuk melakukan sosialisasi dan pembelajaran kepada Masyarakat yang lebih gencar tentang cara pemanfaatan e-Puskesmas.Kata kunci: e-Puskesmas, input, proses, dan output, Puskesmas Kassi-Kassi.Abstract In the era of globalization, technology becomes a prime need in order to lead the competition. Particularly in health, according to the World Health Organization (WHO) one of the building blocks health development is the health information system is the fifth point of the health framework that aims to improve health, responsiveness, financial risk protection, and improve efficiency. Therefore, this study aims to determine the effectiveness of e-Puskesmas as a means of improving service quality and performance at Kassi Kassi Puskesmas Makassar. This research uses qualitative description method with informants that are: Planning Officers of Health Office of Makassar City, Head of Puskesmas, Officers that performing data entry and service to Patient, Admin Officers, and Community of e-Puskesmas Kassi Kassi Makassar. The results showed that the effectiveness of e-Puskesmas, in terms of human resource input, is still not fully applied, both from Officers as well as the Community that use e-Puskesmas, but in terms of infrastructure and funds are quite effective. In terms of process effectiveness, the use of features in e-Puskesmas has not been effective because not all facilities are used, only several features such as registration booths, outpatient, pharmacies, laboratories. The absence of an online reporting system to the Health Office of Makassar City in e-Puskesmas is therefore recommended to connect e-Puskesmas to the report recipients in the Health Office of Makassar. In the aspect of output, the lack of utilization of e-Puskesmas by the community, therefore it is advisable to socialize and to inform the Community more vigorous about how to use e-Puskesmas.Keywords: e-Puskesmas, input, process, and output, Kassi-Kassi Puskesmas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 29 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Negara Vol 29 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 3 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 3 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 3 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 2 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 2 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 1 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 1 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 3 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 3 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 1 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 1 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 3 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 3 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 2 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 1 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 1 (2014): Jurnal Administrasi Negara More Issue