cover
Contact Name
FRANSISKUS XAVERIUS MANGGAU
Contact Email
fransiskus@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fransiskus@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL
Published by Universitas Musamus
ISSN : 20858779     EISSN : 23547723     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Imu Ekonomi & Sosial (p-ISSN: 2085-8779; e-ISSN: 2354-7723 diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Musamus Mersauke. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober yang memuat artikel ilmiah hasil pemikiran kritis atau hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan, dan sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi " : 5 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) BENSIN ECERAN DI KABUPATEN MERAUKE Marthen Adrian Izak Nahumury; Agustinus Fangohoy
EKONOMI & SOSIAL Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v4i2.145

Abstract

This study aimed to determine the effect of income trader gasoline fuel dilution in this study merauke.Lokasi districts in Merauke regency in Papua province. This study uses a quantitative approach. The data used are primary data sourced directly from gasoline retailers Merauke district area and analyzed with qualitative analysis which is a referral from a reference quantitative analysis of the problem and analyze the factors that mempengharui income variation gasoline retailers using descriptive analysis through the analysis table. which is used as fuel gasoline retailers population of 15, whereas samples taken 10 gasoline fuel retailers. The results showed that the variation in the selling price and the level of gasoline dilution sitas real path to revenue berpengharuh gasoline fuel dilution in Merauke district
PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN INFORMASI ASIMETRIS TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN PADA TELKOM DI KOTA MERAUKE Caecilia Henny Setya Wati
EKONOMI & SOSIAL Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v4i2.136

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran di Telkom Merauke, untuk mengetahui informasi asimetris  terhadap senjangan anggaran di Telkom Merauke dan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran dan informasi asimetris secara bersama-sama berpengaruh terhadap senjangan anggaran di Telkom Merauke.Sampel penelitian adalah para manajer dan staf yang terlibat dalam penyusunan anggaran pada Telkom di kota Merauke. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan diukur dengan skala Likert, Responden berjumlah 31 orang. Analisis data menggunakan program SPSS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) partisipasi anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap senjangan anggaran, (2) informasi asimetris berpengaruh secara signifikan terhadap senjangan anggaran dan (3) partisipasi anggaran dan informasi asimetris secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap senjangan anggaran.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PNPM MANDIRI RESPEK DI DISTRIK SOTA KABUPATEN MERAUKE Alexander Phuk Tjilen
EKONOMI & SOSIAL Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v4i2.139

Abstract

Banyak program pemerintah hanya menyadi program yang dijalankan oleh aparat pemerintah, tetapi masyarakat yang seharus menjadi subyek pelaksana tetapi yang terjadi adalah masyarakat menjadi obyek dadi kegiatan tersebut sebab masyarakat tidak ikut berpartisipasi dan tidak terlibat dalam program tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu studi kasus dengan focus penelitian pada partisipasi masyarakat pada tahapan program RESPEK yang mana  fenomena secara spesifik yang memperhatikan unsur waktu, tempat dan situasi yang terjadi pada Distrik Sota Kabupaten Merauke.Hasil Penelitian menunjukkan semua faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dapat dikatakan masih rendah, untuk itu  sebaiknya dioptimalkanPerencanaan pembangunan partisipatif yang  konsisten dan serius dari semua pihak dalam pelaksaan Program Respek yang meliputi pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat miskin dalam organisasi,  faktor internal yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pada adalah faktor umur, faktor status,dan jenis kelamin, faktor jenis pekerjaan, dan faktor pendidikan, sedang faktor eksternal juga turut mempengaruhi seluruhbentuk dan tingkat partisipasi masyarakat kecuali pada partisipasi dalampertemuan dan keaktifan berdiskusi dalam pertemuan.
FAKTOR PENENTU KEPUASAN LAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN JASA PENERBANGAN PT. LION AIR DI MAKASSAR Noce Fredy Maspaitella
EKONOMI & SOSIAL Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v4i2.141

Abstract

Determinants of Satisfaction and Customer Loyalty PT Lion Air Flight Services This study aims to identify and analyze 1) Effect of service quality, reasonable price, psychology, and the image of the company directly have a positive and significant impact on customer service satisfaction and loyalty PT Lion Air in Makassar, 2) the direct effect of service satisfaction has positive and significant on customer loyalty PT Lion Air in Makassar, 3) effect of service quality, reasonable price, psychology, and the company's image indirectly have a positive and significant impact on customer loyalty through service satisfaction PT Lion Air in Makassar.This study aims to identify and analyze 1) Effect of service quality, reasonable price, psychology, and the image of the company directly have a positive and significant impact on customer service satisfaction and loyalty PT Lion Air in Makassar, 2) the direct effect of service satisfaction has positive and significant on customer loyalty PT Lion Air in Makassar, 3) effect of service quality, reasonable price, psychology, and the company's image indirectly have a positive and significant impact on customer loyalty through service satisfaction PT Lion Air in Makassar.The population in this study were all domestic airline Lion Air passengers with a destination and departure Makassar. The number of samples as many as 100 people. Sampling technique using accidental sampling. Methods of analysis using path analysis. Research results indicate that the quality of service, the reasonableness of the price, psychology, and the image of the company directly have a positive and significant impact on service satisfaction and customer loyalty. Satisfaction is positive and significant direct effect on customer loyalty. Quality service, reasonable prices, psychology, and the company's image indirectly have a positive and significant impact on customer loyalty through service satisfaction PT Lion Air in Makassar.
PENGARUH TENAGA PENJUAL, PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV TIRTA ALAM JAYA RAYA Marlyn Eleida Alfons
EKONOMI & SOSIAL Vol 4 No 2 (2013): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v4i2.144

Abstract

Permasalahan yang  dirumuskan dalam penelitian ini adalah a) apakah tenaga penjual berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. b) apakah Produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. c) apakah Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tenaga Penjual, Produk dan harga terhadap kepuasan konsumen pada CV Tirta Alam Jaya di Merauke.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Tirta Alam Jaya Merauke. Karena populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang tidak dapat diketahui jumlahnya maka peneliti menggunakan teknik accidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan. Ada pengaruh yang signifikan tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 12,618 atau 12,618 %. Disimpulkan jika tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3)  tinggi maka mengakibatkan kepuasan konsumen semakin tinggi, begitu juga sebaliknya jika tenaga penjual (X1), produk (X2) dan harga (X3) semakin rendah maka mengakibatkan kepuasan konsumen juga rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5