cover
Contact Name
Diana Rozelin
Contact Email
dianarozelin@uinjambi.ac.id
Phone
+6285266557357
Journal Mail Official
dianarozelin@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jurnal NAZHARAT Universitas Islam Negeru Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jurnal milik Fakultas Adab dan Humaniora Jalan Lintas Jambi-Muaro Bulian KM. 16 Simpang Sungai Duren Kab. Muaro Jambi 36363 Telp/Fax : (0741) 583183 - 584118 website : www.fah.iainjambi.ac.id
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Nazharat: Jurnal Kebudayaan
ISSN : 14124386     EISSN : 25412183     DOI : https://doi.org/10.30631/nazharat
Core Subject : Humanities, Social,
Focus and Scope Jurnal Nazharat memuat tulisan-tulisan yang terkait dengan ilmu-ilmu yang dikembangan oleh Fakultas Adab dan Humaniora, yang meliputi kajian bahasa, sejarah, dan pustaka. Fokus Fokus tulisan adalah memberikan wawasan dan informasi baru yang terkait dengan ilmu-ilmu kebahasaan, kesejarahan, dan perpustakaan. Skop Tulisan-tulisan yang ditampilkan di dalam jurnal ini sangat menekankan pada hasil-hasil penelitian yang orisinial dan refleksi yang mengungkap perkembangan kebahasaan, kesejarahan, dan perpustakaan masyarakat Islam di Indonesia pada khususnya dan di Asia Tenggara secara luas.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan" : 7 Documents clear
JEMBATAN PENYEBERANGAN PERADABAN ISLAM KE EROPA Mami Nofrianti
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.43

Abstract

Penyeberangan peradaban Islam ke Eropa terjadi melalui Andalusia/ Spanyol, Sisilia dan melalui Perang Salib. Lebih dari delapan abad Umat Islam berkuasa di Spanyol dan telah mencapai masa kejayaannya di sana. Walaupun dalam bidang politik terjadi gelombang turun naik, dinasti silih berganti dan perebutan kekuasaan sering terjadi, namun dalam bidang intelektual dan peradaban mencapai prestasi yang gemilang. Sangat banyak prestasi yang dicapai bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan Dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks. Yang paling berpengaruh di Eropa adalah pemikiran Ibn Rusyd yang melepaskan belenggu Taklid dan menganjurkan kebebasan berfikir. Pengaruh pemikiran Ibn Rusyd sangat besar di Eropa, sehingga muncul gerakan Averroeisme (Ibn Rusyd-isme). Walaupun pihak gereja menolak pemikiran rasional tersebut namun berawal dari gerakan inilah pada abad ke 16 M lahirlah reformasi dan pada abad ke 17 M lahir pula rasionalisme di Eropa. Begitu juga dengan Pulau Sisilia di masa Dinasti Kalbiyah mengalami kemajuan dalam segala bidang. Sarjana-sarjana muncul dari berbagai bidang ilmu. Perang Salib yang berlangsung lebih kurang dua abad juga telah membawa Eropa ke dalam kontak langsung dengan Dunia Islam. Kemajuan orang-orang Timur menjadi daya dorong yang besar bagi pertumbuhan intelektual Eropa Barat dan menambah pentingnya posisi Eropa termasuk di lapangan perniagaan, perdagangan dan perindustrian. Difusi kebudayaan Barat dan Timur pada masa Perang Salib inilah pada akhirnya juga menjadi landasan bagi terjadinya renaissance (kebangkitan kembali) di Eropa, reformasi, rasionalisme dan Pencerahan (Aufklarung) yang pada akhirnya membawa Eropa kepada zaman kemajuan.
THE QUR’ANIC LEARNING SOFTWARE IN DIGITAL ERA: A THREAT TOWARDS THE VALUE OF QUR’ANIC ORTODOXY IN INDONESIA Hamdi Putra Ahmad
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.46

Abstract

The gadget’s software applications nowadays appear to be highly popular and its use has been elevating among gadget users. This kind of technological advance also touched the Qur’anic learning process in Indonesia. On the one hand, not only does the emergence of Qur’anic learning software stimulate children’s interest, but it also provides a lot of features that will make children quickly understand and practice the Qur’anic reciting. On the other hand, this kind of learning method can threat the value of Qur’anic orthodoxy which had been applied among traditional Muslim societies since the emergence of Islam in Indonesia. Some resources have noted that there were some sacred values and courtesies perpetuated by traditional Muslims while teaching Qur’anic reciting. This article will track the historical journey of Qur’anic learnings in Indonesia and discuss how the emergence of Qur’anic Learning software (as the logical consequence of technological improvement) can threat the existence of some ancient orthodoxies toward the Qur’an.
STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DESA PANDAN BAIDURI” DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI MASYARAKAT Rori Damayanti
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan perpustakaan Desa Pandan Baiduri dalam meningkatkan literasi informasi masyarakat. Hal ini di latar belakangi oleh pentingnya penyelenggaraan perpustakaan desa pada saat ini sebagai upaya untuk membentuk masyakat pembelajar dan sebagai sarana belajar sepanjang hayat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. setelah data di peroleh maka di analisis dengan menggunakan teori pengembangan perpustakaan desa dan teori literasi informasi oleh SCONUL. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa strategi dalam pengembangan perpustakaan desa Pandan Baiduri berupa dukungan sarana prasarana, pengadaan koleksi, Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Perpustakaan dan promosi perpustakaan. Usaha dalam meningkatkan literasi informasi berupa menyediakan sumber informasi berupa koleksi, menyediakan akses terhadap sumber informasi serta bimbingan penggunaan informasi
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 MUARO JAMBI Lia Apriani
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.52

Abstract

Gerakan literasi merupakan salah satu Gerakan literet untuk mengajak siswa membaca. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Dengan membaca diharapkan dapat membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi, selain itu untuk mengetahui kendala apasaja yang dihadapi dalam pelaksanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa implementasi gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 1 Muaro Jambi sudah dilaksanakan, yaitu tahap pembiasaan siswa dituntut untuk gemar membaca, mandiri dan disiplin. Pada tahap pengembangan yaitu siswa dituntut untuk mengikuti perlombaan menulis artikel, debat, puisi, menulis cerpen, dan sebagainya. Sedangkan tahap pembelajaran siswa dituntut untuk disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil dari bacaan. Kendala yang dihadapi bahan bacaan yang terbatas, minat baca siswa rendah, serta pengawasan guru kurang maksimal. Dan untuk upaya yang dilakukan oleh sekolah tersebut melakukan pendataan koleksi bacaan, memotiivasi siswa, serta melakukan Kerjasama dengan guru dalam mendukung Gerakan literasi sekolah.
THE IDIOMATIC EXPRESSIONS USED BY THE CHARACTERS AS FOUND IN MEGAMIND MOVIE Bielqis Elfath
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.53

Abstract

The researcher discussed about The Idiomatic Expressions Used by The Characters as Found in Megamind movie. The movie has theme of heroic stories, in the dialogue it is found that the contain of idiomatic expressions, the movie storyline was good, has a good language structure and the movie contain the message that "anyone can be a hero". The purpose of this study is to determine the types of idiomatic expressions, the meaning of idiomatic expressions, and the types of idiomatic expressions that are the most dominant in used by characters such as those found in the Megamind movie. The theory used was Adam Makkai theory to look for types of idiomatic expressions, and the theory of Abdul Chaer to look for the meaning of idiomatic expressions. Characters are people which are represented in a dramatic or narrative work. Idioms are complex expressions whose meaning does not logically follow the individual meanings of their constituents. Idioms are divided into 2 parts, namely idioms of encoding and idioms of decoding. Idioms of decoding are divided into 2, namely sememic idioms and lexemic idioms. Lexemic Idioms are divided into 5 types, namely phrasal verbs idioms, tournure idioms, irreversible binomial idioms, phrasal compound idioms, and incorporating idioms verbs. This research is qualitative research and used descriptive method. Based on the formulation of the problem, this study has revealed three findings. Consists of; First, there are 175 idiomatic types found, contained in 3 character characters in the Megamind movie which are divided into 5 types, namely, phrasal verb idioms found 54 idioms, tournure idioms found 5 idioms, irreversible binomial idioms there is no found idioms that used by each character in Megamind movie, phrasal compound idiom found 93 idioms and incorporating verbs idiom found 23 idioms. Second, there are 9 types of idiomatic meanings used by the characters in the Megamind movie, 3 lexical meanings, 4 contextual meanings, 4 grammatical meanings, 8 conceptual meanings found, 44 associative meanings found, 35 referential meanings found, 2 non-referential meanings were found, 33 denotative meanings, and 42 connotative meanings. Third, the most dominant types of idiomatic expressions used are in the main character in the movie, namely the Megamind character totaling 63 types of Phrasal Compound Idioms and as many as 33 types of Phrasal Verb Idioms.
TAHLIL AL MUFRODATI AL 'ARABIYYATI AL DAKHILATI ILA AL LUGHATI AL URDIYYATI anisa Octaviani
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.55

Abstract

This study discusses the analysis of Arabic vocabulary into Urdu. Urdu is one of the languages in India and is the official language in Pakistan and Bangladesh. Urdu language with its development is heavily influenced by Arabic because during the Islamic era, its expansion was very rapid in the Indian Subcontinent.The purpose of this study is to: ) Knowing what Arabic vocabulary is used by Urdu in the Google Play Store application ) Knowing the changes in writing Arabic vocabulary into Urdu. ) Knowing the sound changes in Arabic vocabulary into Urdu. ) Knowing the changes in the meaning of Arabic vocabulary into Urdu. The type of research used is qualitative research. It can be concluded from the results of this study: ) There are Arabic vocabulary that goes into Urdu on the Google Play Store application ) There is a change in writing Arabic vocabulary that goes into Urdu ) There is a change in the sound of Arabic vocabulary that goes into Urdu. in urdu ) There is a change in the meaning of arabic vocabulary into urdu.
ISTROTIJIYYATI TADRISI AL LARASATI FI TA'LIMI AL LUGHATI AL ARABIYYATI FI AL JAMI'ATI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN AL ISLAMIYYATI AL HUKUMIYATI JAMBI Zakaria prihartini
Nazharat: Jurnal Kebudayaan Vol 27 No 1 (2021): NAZHARAT: Jurnal kebudayaan
Publisher : Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/nazharat.v27i1.56

Abstract

عمالية التدريس اللغة العربية توجيه لتشجيع وتوجيه وتطوير وتعزيز مهارات اللغة العربية للطلاب، ومهارات اللغة العربية أيضا دعم الطلاب في إطا فهم مصادر التدريس الإسلامية، مثل القرآن والحديث، وكذلك الكتب الأخرى التي تستخدم اللغة العربية. في عملية التدريس اللغة العربية في المرجوة أن الطلاب يمكن أن يكون لها كفاءة جيدة في المحادثة مع اللغة العربية. لتحقيق اغراض المرجوة، استراتيجية تدريس المحادثة هو تستخدم طريقة الكلام (المحادثة). تتكون المادة الدروس مكوّن من الطلاقة في المحادثة استخدام اللغة العربية. وقد تم تنفيذ عملية التدريس اللغة العربية في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية كيمنتان وفقا للمنهج القائم، استنادا إلى معايير المحتوى (SI) والمعايير أهليّة متخرّج (SKL)، وهو ما يفسر أن تدريس اللغة العربية في المدرسة العالية هى عملية الأنشطة الموجهة للتشجيع والتوجيه، والتطوير والحفاظ على كفاءة اللغة العربية الفصحى، مع إعطاء الأولوية إلى الكفاءة على القراءة وفهم الأدب. الكفاءة على الكلام ويؤلف جمل تهدف إلى تعزيز مهارات القراءة، واغراض الرئيسي من التدريس هو الكفاءة على التواصل مع أيضا تمهيدا لفهم دروس الإسلام من منبعه الأصلي، وهما القرآن والحديث. هذا البحث هو البحث الميداني بشكل البحث الكيفي موصوف وصفي. وقد تم جمع البيانات من خلال المقابلات، ومراقبة، والوثائق. تحليل البيانات المستخدمة موصوف وصفي بشكل بيانات الثانوية والبيانات الأولية. في تحليل البيانات يبدأ من خلال دراسة البيانات، وبمجرد أن يتم جمع البيانات وتحليلها وتوضيحها ثم عليه، ثم تفسير والاستدلال. وبعد القيام ببعض الأبحاث تبين الطالب لا يزال غير كفاءة على المحادثة باللغة العربية بشكل جيد، ولا يمكن استخدامها في المحادثة اليومية، لأنه استراتيجية التدريس المستخدمة لم يتم تكبير نظرا لعدم وجود وسائل الإعلام والبنية التحتية الداعمة التي تدعم العملية تدريس المحادثة. حتى لا تحصل على نتائج قصوى. كلمات المفتاحية: استراتيجية، تدريس المحادثة

Page 1 of 1 | Total Record : 7