cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Al-Fikrah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3 (2012)" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DAN PRODUK Asiah, Siti
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian literature yang menelaah kemampuan sains anak usia dini melalui pembelajaran dengan keterampilan proses dan produk. Telaah literatir yang di gunakan adalah buku-buku dan jurnal dalam dan luar luar negeri. Anak usia dini yang di maksud dalam penelitian ini adalah anak yang sudah dalam usia untuk pendidikan formal, informal dan non-formal sehingga telah bisa menerima respon sains. Keterampilan sains yang di teliti hanya sebatas sains produk dan sains proses. Kata Kunci : Kemampuan sains anak usia dini, sains produk dan sains proses.
VITALISASI TRADISI KEILMUAN (ISLAM) MENUJU PERADABAN BARU Jamaluddin, Jamaluddin
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tradisi keilmuan Islam pernah mencapai mencapai masa keemasan selama tujuh abad, namun tradisi tersebut hingga hari ini belum juga hadir kembali dalam khazanah keilmuan Islam, khususnya di Indonesia sebagai pemeluk Islam terbesar. Problem fundamentalnya diantaranya adalah disorientasi makna filosofi Iqra, symptom dikotomi, menipisnya semangat meneliti, orientasi pragamatis, dan mindset pembelajaran (orientasi hafalan). Mengembalikan kejayaan Islam guna menuju peradaban baru memerlukan pembenahan yang bersifat mendasar, mulai dari mentradisikan kembali filosofi iqra, menumbuhkan semangat rihlah ilmiah dan semangat meneliti, integrasi ilmu, dan pembenahan mindset metode pengajaran. Vitalisasi khazanah tersebut adalah pilihan sejarah bagi masyarakat Islam, khususnya di Indonesia guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat kebangkitan Islam. Kata Kunci: Islam, Tradisi Keilmuan, Peradaban Baru.
OTONOMI PENDIDIKAN (Sebuah Tinjauan Terhadap Peran Masyarakat) Mahmud My, Mahmud My
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Krisis ekonomi yang dialami bangsa Indonesia, telah berdampak terhadap system pemerintahan Indonesia. Dimana sebelum bergulirnya reformasi (1998), Indonesia dipimpin oleh Soeharto. Masa pemerintahan Soeharto system pemerintahan dikenal dengan system sentralistik, artinya semua kebijakan diambil dan dibuat oleh pusat. Lengsernya Soeharto yang ditandai dengan masa reformasi, maka system pemrintahan berubah dengan system desentralisasi atau yang dikenal dengan otonomi daerah. Otonomi daerah yang merobah pradigma pemerintahan dari pusat ke daerah juga telah mempengaruhi terhadap dunia pendidikan yang pada akhirnya telah dapat melahirkan tentang sebuah kebijakan yang berkaitan dengan otonomi pendidikan. Kata Kunci: Pendidikan, Desentralisasi (otonomi).
REFORMULASI TRADISI KEILMUAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM Jannah, Siti Raudhatul
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The article attemps to explain about scientific tradition on Islamic Higher Education. It aims to propose a solution to undertake the problems that is faced by Islamic Higher Education. Scientific dichotomy give many negative effect on Islamic Higher Education not only in the world but also in our country. So, the writer finds that reformulation on Islamic Higher Education must be done. Keywords : Tradisi keilmuan, dikotomi, pendidikan tinggi Islam.
PERENCANAAN PENDIDIKAN BERORIENTASI KEBUTUHAN MASYARAKAT (Social Demand Approach) Khumaidi, Khumaidi
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan secara umum merupakan suatu proses yang bersifat alamiah yang berlaku di dalam masyarakat berkenaan dengan sesuatu yang hendak dijalankan, walaupun dalam bentuk masih sederhana, namun dalam pelaksanaan tetap harus dipikirkan dahulu berbagai hal yang berkenaandengan subyeknya, yaitu:apa(siapa) sasaran, dimana, bagaimana, kapan, berapa dan siapa yang melakukannya? Begitu pula Perencanaan Pekdidikan berorientasi Kebutuhan Masyarakat. Perencanaan ibarat seorang arsitek membuat gambar bestek) sebuah bangunan: apakah gedung perkantoran, perumahan, jembatan dan sebagainya, masing-masing mempunyai perlakuan berbeda dan sekaligus memberikan indikasi perbedaan subtansi yang akan disiapkan. Dilatarbelakangi bahwa kondisi obyektif pendidikan di Indonesia masih mengalami kesenjangan, makahadirnya Perencanaan Pendidikan berorientasi Kebutuhan Masyarakat merupakan momen politik perencanaan dan kebijakan pendidikan yang relevan bagi pemerintah untuk rakyatnya! Kata kunci : Perencanaan, Politik dan Kebijakan, Pendidikan Masyarakat.
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN Tabroni, Tabroni
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fazlur rahman adalah seorang penulis yang mencurahkan pemikiran dan tenaganya untuk memajukan hal tersebut dapat diklsifikasikan kepada 5 (lima) bidang yaitu : Tujuan Pendidikan, dikotomi sistem pendidikan , kurikulum pendidikan, pendidik dan peralatan pendidikan. Fazlur Rahman tidak hanya berhenti pada sebatas pemahaman faktor-faktor kemunduran penmdidikan Islam namun ia juga menawarkan ide-ide membuat kebijakan demi mengantarkan pendidikan islam lebih maju.
IAIN MEMASUKI MILENIUM KE TIGA Tabroni, Tabroni
Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam Vol 3 (2012)
Publisher : Fakutlas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IAIN bila di lihat dari sudut instution of human of investiment, maka investasi yang di tanamkan haruslah dikembangkan untuk menghasilkan produk yang berguna nagi masa depan. Pendidikan IAIN ke masa depan harus di tata lebih dari sekedar berazaskan keterikatan paradigma dan kebutuhan masa depan akan tetapi investasi yang ditanamkan untuk persiapan dimasa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7