cover
Contact Name
Wirmie Eka P
Contact Email
jaku@unja.ac.id
Phone
+6281367734945
Journal Mail Official
jaku@unja.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. A. Manaf, Kampus Unja Telanaipura – Jambi, Kode Pos 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Published by Universitas Jambi
ISSN : 27155722     EISSN : 24606235     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian Akuntansi terkait dengan berbagai aspek akuntansi dan termasuk dalam tema aretikel namun tidak terbatas pada topik Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Manajemen, Akuntansi dan Manajemen Keuangan Syariah, Auditing, Corporate Governance, Etika dan Profesionalisme, Pendidikan Akuntansi, Perpajakan, Pasar Modal, Perbankan, Sistem Informasi, Sustainability Reporting, Green Accounting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi " : 6 Documents clear
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL AUDIT EXPECTATION GAP ATAS HASIL AUDIT BPK (Studi Empiris Pada Pemerintahan Kota Jambi Tahun 2013) Dwi Febri Yandi
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.924 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris mengenai apakah terdapat audit expecation gap dari sisi pelaporan audit, akuntabilitas, independensi auditor, kompetensi auditor, materialitas, bukti audit, pendapat wajar dan audit kinerja antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan sampel dari 120 responden yang terdiri atas 30 auditor pemerintah (BPK) Provinsi Jambi, 30 anggota DPRD Kota Jambi, 30 pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Jambi, dan 30 pegawai Inspektorat Kota Jambi. Pengumpulan data menggunakan Purposive sampling. Data penelitian secara statistik dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 17.00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Kruskal-Wallis Test. Hasil penelitian adalah: 1) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi Pelaporan Audit antara auditor BPK Provinsi Jambi dan pengguna laporan keuangan daerah di Pemerintah Kota Jambi, 2) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi akuntabilitas antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 3) Terdapat Audit Expectation Gap dari sisi independensi antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 4) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi kompetensi auditor antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 5) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi materialis antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 6) Terdapat Audit Expectation Gap dari sisi bukti audit antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 7) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi pendapat wajar antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah, 8) Tidak terdapat Audit Expectation Gap dari sisi audit kinerja antara auditor BPK dan pengguna laporan keuangan daerah di Pemerintah Kota Jambi.
PENGARUH HAK LEGAL, HAK ADMINISTRATIF WAJIB PAJAK, DAN FAKTOR PENGELAKAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAK (Survei Pada UKM di Kota Jambi) Eva Setiarini Damanik
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.983 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2376

Abstract

Berdasarkan data tahun 2012, besaran proporsi Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor UKM hingga 56% serta tingkat penyerapan tenaga kerja di atas 97% menjadikan sektor UKM sebagai sektor yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia pada umumnya. UKM dianggap sangat berpotensi dalam meningkatkan pendapatan negara melalui pajak. Penelitian ini menggunakan 3 variabel eksogen yaitu Hak Legal, Hak Administrastif Wajib Pajak, dan Faktor Pengelakan serta Kepatuhan Pajak sebagai variabel endogen dengan mengambil responden sebanyak 200 unit UKM yang ada di Kota Jambi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi kepustakaan dan kuesioner (angket), sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling atau SEM. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa (1) hak legal dapat tergambar jelas oleh variabel hak pengenaan pajak ganda, (2) hak administratif dapat dijelaskan oleh variabel  penetapan kebijakan dan variabel pemberitahuan dan waktu yang cukup untuk membayar pajak, (3) faktor pengelakan pajak dapat dijelaskan oleh variabel pemeriksaan pajak, (4) Kepatuhan Pajak dapat dijelaskan oleh kepatuhan formal dan kepatuhan material, (5) terdapat pengaruh hak legal terhadap tingkat Kepatuhan Pajak UKM, (6) terdapat pengaruh hak administrasi terhadap tingkat Kepatuhan Pajak UKM, (7) terdapat pengaruh faktor pengelakan pajak terhadap tingkat Kepatuhan Pajak UKM, (8) hak legal, hak administratif, dan faktor pengelakan pajak secara bersama-sama mempengaruhi tingkat Kepatuhan Pajak dengan faktor pengelakan pajak memiliki pengaruh lebih besar terhadap Kepatuhan Pajak dibandingkan dengan hak legal dan hak administratif.
PENGARUH DESENTRALISASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH DENGAN SISTEM PENGENDALIAN AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo) Sri Wineh
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.261 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2378

Abstract

The aim of this research are (1) to examine the effect of decentralization of decision making  and perceived  environmental uncertainty  on accounting control system, (2)  to examine the effect of decentralization of decision making  and perceived  environmental uncertainty  on managerial performance, (3) to examine the effect of accounting control system on managerial performance, (4) to examine accounting control system as the intervening variable on the relationship betwen decision making decentralization and perceived  environmental uncertainty uncertainty  on managerial performance .The study population was a goverment office in Kabupaten Bungo. Sample research is heads of offices, middle managers and low managers of the goverment office. Data were collected through questionnaires, out of 110 questionnaires sent, only 84 questionnaires could be processed. Testing data using multiple regression analysis extended with the path analysis. The results of this study indicate that the effect of decentralization of decision making and perceived enviromental uncertainty on accounting control system (H1), decentralization of decision making and perceived enviromental uncertainty on accounting control system  influence on managerial performance (H2). Accounting control system influence on managerial performance (3). Decentralization of decision making and Environmental uncertainty had no effect on managerial performance through the use of accounting control systems (H4). That means, the linkage of decentralization of decision making and perceived enviromental uncertainty is indirect influence with managerial performance.  It can be concluded that of the four hypotheses only hypothesis 1, 2 and 3 are acceptable while the other hypotheses are rejected
Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Pengendalian Interen Akuntansi dan Good Corporate Governance Terhadap Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris Pada 32 Satuan Kerja di Polda Ja Aditya Rachman Prasetyo
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.373 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruuhi nilai informasi pelaporan keuangan Polda Jambi. Nilai informasi tersebut meliputi keterandalan dan ketepatwaktuan, dimana faktor yang mempengaruhi adalah kapasitas SDM, pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian intern akuntansi dan Good Corporate Governance. Responden dalam penelitian ini adalah kepala urusan keuangan dan staf bagian keuangan pada 32 Satuan Kerja di Polda Jambi. Dari 96 kuesioner yang dibagikan, diperoleh 80 responden yang dapat dimasukkan dalam pengolahan data. Analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis adalah sebagai berikut. Pertama, pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian intern akuntansi, dan Good Corporate Governance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keterandaalan pelaporan keuangan pemerintah sedangkan kapasitas SDM tidak berpengaruh. Kedua, baik kapasitas SDM, pemanfaatan teknologi informasi dan Good Corporate Governance mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan satker Polda Jambi.
PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN PENGGUNAAN NYATA TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN Tumarni .
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.186 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2380

Abstract

ABSTRAK Tuntutan masyarakat terhadap pelaksanaan transparasi dan akuntabilitas publik terhadap kegiatan pemerintahan khususnya di pemerintah daerah tidak dapat dielakkan lagi, hal ini yang mendorong kinerja pemerintah khususnya pemerintah daerah agar melakukan reformasi sistem akuntabilitas keuangan daerah. Agar pelaksanaan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dapat berjalan dengan efektif dan efisien Reformasi dibidang SIKD ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD).Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan pengguna nyata terhadap kepuasan pemakai laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi. Penelitian ini mempergunakan model Analisis Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Alat uji yang dipergunakan yaitu WarpPLs 3.0. Sampel penelitian sebesar 121 individu yang bekerja sebagai staf keuangan, dengan teknik pengambilan sampel dengan penentuan kriteria. Hasil studi memperlihatkan hubungan yang signifikan antara variabel kualitas sistem, kualitas informasi dan pengguna nyata terhadap kepuasan pemakai laporan keuangan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi.
PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Jambi) Indriani Yulia Friska
Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja
Publisher : Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.26 KB) | DOI: 10.22437/jaku.v1i1.2381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empirik apakah penerapan anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instasi pemerintah Provinsi Jambi dengan menggunakan komitmen organisasi sebagai variabel moderasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan, implementasi, pelaporan anggaran, dan evaluasi kinerja berpengaruh secara simultan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sedangkan secara parsial hanya variabel implementasi dan pelaporan saja yang berpengaruh positif. Sementara itu, komitmen organisasi hanya dapat memoderasi implementasi anggaran saja.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 7 No. 4 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 7 No. 3 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 6 No. 4 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 6 No. 3 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 5 No. 4 (2020): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 5 No. 3 (2020): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 4 No. 4 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 4 No. 3 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 6 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 5 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 4 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 3 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 3 No. 1 (2018): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 2 No. 4 (2017): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 2 No. 3 (2017): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 4 (2016): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 3 (2016): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja More Issue