cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ISSN : 25806424     EISSN : 24772399     DOI : 10.21831
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)" : 8 Documents clear
ANALISIS SISTEM E-COMMERCE PADA PERUSAHAN JUAL-BELI ONLINE LAZADA INDONESIA Galih Setiyo Budhi
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.771 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.10880

Abstract

Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk menganalisis mengenai system e-commerce pada situs belanjan online terbesar di Indonesia yaitu Lazada.co.id. Analisis meliputi, kelebihan dan kekurangan dari lazada Indonesia serta analisis SWOT pada situs tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa lazada Indonesia mampu menjadi perusahaan belanja online terbesar di Indonesia dengan berbagai kelebihan pelayanan maupun jaminan keamanan transaksi. Namun, lazada juga masih memliki beberapa kelemahan, diantara mengenai security system, dengan masih banyaknya konsumen yang mengalami penipuan. Perusahaan lazada Indonesia menggunakan strategi iovation, bargaining power of consumer dan bargaining power of suppliers untuk menjadikan perusahaan belanja online terbesar di Indonesia.
Analisis Competitive Forces and Competitive Strategy pada Sistem Informasi “Zalora.co.id” Fitria Ekarini
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.42 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.12557

Abstract

Analisis Sistem Informasi Zalora.co.id ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuatnya strategi persaingan yang disiapkan oleh Zalora.co.id untuk menghadapi kuatnya persaingan bisnis dengan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama. Sehingga dapat dilihat kelebihan dan kekurangan dari Sistem Informasi ini. Analisis Sistem Informasi ini menggunakan model analisis competitive forces and Competitive Strategy. Dan untuk mengatasi lima kekuatan kompetitif tersebut, perusahaan dapat menerapkan competitive strategies. Pada Zalora yang merupakan situs web belanja kebutuhan fashion yang menawarkan produk-produk dari berbagai brand termuka, baik lokal maupun internasional ini dapat dikatakan sebagai online shop yang siap untuk bersaing dengan para kompetitor di bidang yang sama. Kelemahan dari Sistem Informasi Zalora ini terdapat pada lemahnya Zalora dalam mengahadapi kekuatan Ancaman Kekuatan tawar pelanggan, Ancaman produk pengganti yang mungkin menangkap mangsa pasar, Ancaman industri pendatang baru. dan kelebihan dari Sistem Infomasi Zalora terletak pada kuatnya Zalora dalam menghadapi kekuatan Ancaman Persaingan dari pesaing dalam industri dan Ancaman Kekuatan tawar pemasok . dan juga kelebihan dari Sistem Informasi Zalora terletak pada Strategi Cost Leadership, Strategi Inovasi, dan Strategi Aliansi yang sudah ada dalam Sistem Infomasi ini.Kata Kunci: Sistem Informasi, Competitive Forces, Competitive Strategy
IMPLEMANTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA PERKULIAHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING Satriyo Agung Dewanto; Slamet Slamet; Bekti Wulandari; Ponco Wali Pranoto
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.029 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.12456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta meningkatkan rasa percaya diri, kerjasama,dan tanggungjawab. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Ppenelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya. Melalui pembelajaran dengan lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan karakter kerja mahasiswa pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan di diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif..Kata kunci: lesson study, kualitas pembelajaran, Cooperative Learning
Front Matter Vol 1 No 2 editorial, tim
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.794 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.16375

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI Nugroho Wibowo
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.398 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.10621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan gaya belajar pada mata pelajaran memelihara baterai di SMK Negeri 1 Saptosari.          Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan di kelas X TKR B pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Jenis tindakan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian: lembar observasi, angket keaktifan siswa, dan checklist dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase, selain itu juga didasarkan pada refleksi tiap siklus tindakan.Hasil penelitian: 1) Pemanfaatan gaya belajar untuk pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan: pencarian data gaya belajar siswa, pengelompokan siswa, dan pemberian materi sesuai gaya belajar; 2) Pemanfaatan gaya belajar dapat meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan lima indikator yaitu: perhatian, kerjasama dan hubungan sosial, mengemukakan pendapat atau ide, pemecahan masalah, dan disiplin. 
Analisis Sistem Informasi Pada Padiciti Menggunakan Konsep Competitive Forces and Strategy Vivi Kusuma Hertantri
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.214 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.12559

Abstract

Perkembangan sistem informasi mendukung dalam menyediakan tiket secara online dan realtime. E-commerce merupakan proses bisnis yang menggunakan internet dalam menjalankannya. Padiciti merupakan salah satu e-commerse yang menyediakan aplikasi pemesanan tiket kereta api, tiket pesawat, dan hotel. Padiciti dapat diakses melalui aplikasi smartphone dan website yang terintegrasi. Tujuan paper ini adalah untuk menganalisis sistem informasi Padiciti menggunakan metode dengan konsep Competitive Forces and Strategy. Hasil analisis menunjukkan bahwa Padiciti telah dapat menjadi sistem informasi yang sesuai dengan Competitive Forces and Strategy dengan hasil yang baik dan dapat bertahan dengan kelebihan dan kekuatan yang kompetitif. Kekuatan Padiciti terdapat pada aspek Cost Leadership, Differentiation, Innovation, Growth, Alliance, Other Strategies, Threat of New Entrants, Bargaining Power of Customers, Bargaining Power of Suppliers dan kelemahan Padiciti terdapat pada aspek Rivalvy of Competitors dan Threat of Substitute.Kata kunci: Analisis Sistem, Competitive Forces and Strategy, E-Commerce, Padiciti
Analysis Porter’s Five forces Model on Airbnb Osiany Nurlansa; Handaru Jati
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2339.407 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.12457

Abstract

This paper discusses about Airbnb. Airbnb is a company website that allows ordinary people to rent their residence as tourist accommodation. Anyone can rent rooms to suit their budget. The company established in 2008, and eight years later by a very rapid growth, the company reaches a turnover of millions of rooms per year. Airbnb analyzed using Porter's Five Forces Model. According to Porter, the competitive nature of the industry could be seen as a combination of top five strengths, namely Rivalry Among Existing Competitors, Threat of New Entrants, Threat of substitude Products or Services, Bargaining Power of Suppliers, Bargaining Power of Buyers. Data were processed using descriptive analysis. Analysis Airbnb terms of Porter's Five Forces Model concluded that from the fifth models of Porter, Rivalry Among Existing Competitors system, Threat of New Entrants, Threat of substitude Products or Services, Bargaining Power of Buyers robust system and one student Bargaining Power of Suppliers found to be very weakKeywords: porter's five forces model, airbnb, ecommerce
ANALISIS COMPETITIVE FORCE DAN COMPETITIVE STRATEGY SISTEM INFORMASI KULINER DI INDONESIA (STUDI KASUS : Kulina.id) Damar Purba Pamungkas
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2016): May 2016 (Consist of 7 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.648 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i2.10760

Abstract

Tujuan dari penulisan paper ini untuk menganalisis Competitive Force yang di hadapi oleh Kulina dan Competitive Strategy apakah yang dilakukan Kulina dalam mengatasi adanya competitive forces dalam menjalankan bisnisnya. Penulisan paper ini dilakukan untuk menganalisis Sistem Informasi Kulina dengan menggunakan Model Porter. Michael A. Porter menjelaskan lima kekuatan (five forces module) sebagai alat untuk menganalisis lingkungan persaingan industri. Keadaan persaingan perusahaan dalam suatu industri tergantung pada lima kekuatan persaingan dasar yaitu : Rivalry of Competitors, Threat of New Entrants, Threat of substitutes, Bargaining Power of Customers, dan Bargaining Power of Suppliers. Michael A. Porter juga menjelaskan 5 jenis strategi kompetitif, yaitu: Cost Leadership, Differentiation, Innovation, Growth dan Alliance. Hasil analisis ini berupa pernyataan yang menilai keunggulan dan kelemahan sistem informasi yang digunakan perusahaan dalam menghadapi Competitive Force dan Competitive Strategi yang digunakan perusahaan dalam menghadapi pesaingan. Hasilnya dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat beberapa Competitive force yang dihadapi oleh perusahaan Kulina dalam menjalankan bisnisnya yaitu (a). Rivalry of Competitors yaitu diantaranya Berry Kitchen, Go-Food, Klik-Eat, Food Panda dan Raja Makan. (b) Threat of New Entrants yaitu diantaranya Greenapronmeal, Owl-Kitchen dan Makan diantar. (c) Threat of substitutes yaitu ssistem informasi kuliner khas dari masing-masing daerah. (d) Bargaining Power of Customers yaitu harga makanan yang terjangkau dan pengiriman yang tepat waktu, dan (e) Bargaining Power of Suppliers yaitu home-chef, restoran dan para pengusaha Catering. Dimana ancaman besar dalam bisnis ini yaitu Rivalry of Competitors, Threat of New Entrants, Bargaining Power of Customers dan Threat of substitutes. Karena banyaknya startup dan developer yang memberikan inovasi baru dalam menciptakan sistem informasi yang tidak kalah baik dalam bisnis kuliner. (2) Strategi kompetitif yang dilakukan Kulina guna menghadapi persaingan dalam bisnis kuliner antara lain yaitu : Beberapa strategi kompetitif yang paling menonjol diterapkan dalam ssistem informasi Kulina, yaitu : Strategi Cost Leadership yaitu dengan memberikan banyak diskon dan potongan harga dalam bentuk voucher, Differentiation yaitu Kulina menyediakan berbagai pilihan paket menu, diantaranya paket hemat, paket diet, paket ekonomis dan kulina juga memberikan garansi penuh. Innovation yaitu Kulina sebagai marketplace antara chef-home, pengusaha sistemg dan restoran dan memberikan innovasi dalam meal-plan dimana user dapat merencanakan menu makan dan program diet untuk beberapa hari kedepan. Dalam Hal ini strategi Alliance dan Growh masih belum terlihat karena Kulina baru menjalani bisnisnya selama dua tahun.  

Page 1 of 1 | Total Record : 8