cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ISSN : 25806424     EISSN : 24772399     DOI : 10.21831
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles 132 Documents
¬Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta fajaryati, nuryake
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tracer study ini bertujuan untuk memperoleh gambaran lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, mendeskripsikan penilaian alumni mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan program yang ada di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY dan mendeskripsikan penilaian pengguna alumni terhadap kompetensi lulusan Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif (qualitative research) melalui pendekatan survei mencakup tiga tahapan: 1) pengembangan konsep dan instrumen; 2) pengumpulan data; dan 3) analisa data dan pelaporan. Metode sampling dengan cara random, dengan proporsi 30% secara proporsional sesuai dengan jumlah lulusan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari alumni dan pengguna alumni melalui kuesioner yang terstruktur. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google docs dan penyebaran secara langsung kepada alumni atau pengguna alumni yang diketahui dengan jelas keberadaannya. Pengumpulan data lapangan dimulai pada Mei 2015 hingga Agustus 2015.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan yaitu sebanyak 88%, sementara lainnya membutuhkan waktu selama lebih dari 18 bulan sebanyak 7%, rentang 6 - 12 bulan sebanyak 3%, dan rentang 13 - 18 bulan sebanyak 2%. Mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan, alumni memberikan penilaian baik dari persepsi semua aspek, namun dibutuhkan peningkatan dari segi SDM maupun fasilitas sarana dan prasarana. Pengguna alumni menilai bahwa kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dari segi aspek integritas, profesionalisme, penggunaan TI, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri sangat baik, namun masih kurang dalam penggunaan bahasa, khususnya bahasa Inggris.  
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD santoso, djoko
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk  meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar serta tanggapan mahasiswa terhadap implementasi  pembelajaran kooperatif model STAD.  Model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dilaksanakan  tiga bulan terhadap mahasiswa S1 reguler Jurusan Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pegumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran terkesan lebih menarik karena mahasiswa bukan lagi sebagai obyek tetapi lebih sebagai subyek dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran diwarnai dengan aktivitas diskusi kelompok, mahasiswa berperan aktif dan saling ketergantungan satu sama lain dalam penguasaan konsep, sehingga terjadi interaksi belajar multi arah, peran dosen justru sebagai fasilitator. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif STAD 10,81 % menyatakan sangat setuju dan 89,19 % menyatakan setuju.
Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study wulandari, bekti
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan Menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan  Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa  yang  aktif  semakin  banyak, perkuliahan  tidak  membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya. Melalui pembelajaran dengan lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  sekaligus  juga  dapat  menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan di diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.
Analisis Desain Website Terhadap Budaya: Pendekatan Teori Hofstede husna, amelia fauziah
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebudayaan terhadap desai suatu website dan mengetahui budaya apakah yang berkembang di daerah tersebut melalui desai websitenya. Penelitian ini membandingkan tiga website yang berasal dari tiga negara yang berbeda, bahkan benua yang berbeda. Hasilnya terdapat perbedaan desain website yang dipengaruhi oleh budayanya.
Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode FURPS djahimuddin, sarini
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi  merupakan suatu sistem  data  yang dapat memberikan informasi yang di butuhkan oleh user, informasi tersebut dapat dengan mudah diakses dan mempunyai kualitas yang baik. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari suatu sistem informasi akademik yaitu dengan menggunakan metode FURPS yaitu berupa pengujian sistem informasi dari segi Functionality, Usability, Reliability, Performance dan Supportability. Kualitas Sistem Informasi yang akan di analisis adalah  sistem informasi akademik pada kampus STMIK  Adhi Guna Palu dan sistem informasi akademik pada kampus STMIK Bina Mulia Palu.
PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS jati, handaru
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa maka pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Penelitian ini adalah mengembangkanmetodebarupenilaian efisiensi universitasLembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia denganmempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas.Penelitianinimerupakanpenelitianresearch and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputianalisis kebutuhan yaitu pengkajianvariabel yang akanmenjadifaktorpenilaianefisiensi besertamekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis.Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.
A Study on the Use of Teaching Media in the Training of Improving Teachers’ Professional Competence mashoedah, mashoedah
ELINVO Vol 1, No 1 (2015): Oktober
Publisher : ELINVO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The paper discusses a study on the use of teaching media in the teacher trainings, in terms of what media that can be to improve teachers’ professional competence.   The methods used were a literature review and online survey conducted among teachers in the teacher group in the social media network. The use online research was expected to be able to explore the teachers’ responses to the use of appropriate teaching media and other problems related to the improvement of their professional competence. The results showed that the problem mostly faced by teachers are the improvement of the teacher’s competence of expertise (42%), the minimum availability of teaching media at school (24%), curriculum (15%) and other problems (19%). The teachers expected that the teaching media used in the teacher trainings are  in the forms of  a combination of media (49%) , videos  (29%), e-learning  (15%), and  trainer kit (6%). The expected model of media used in the teacher trainings to improve the professional competence is the integration of various teaching media.  
Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Mashoedah, Mashoedah
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.647 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10875

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah mengkaji penggunaan media pembelajaran untuk pelatihan guru. Jenis Media pembelajaran yang bagaimana yang dapat digunakan dalam pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan online survei kepada guru yang berada di grup guru di jejaring sosial media. Penggunaan metode survei online di grup guru di jejaring sosial media diharapkan dapat menggali respon guru terhadap penggunaan media pembelajaran yang sesuai untuk pelatihan, serta permasalahan-permasalahan lain dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Hasil kajian dan survei yang telah dilakukan menunjukkan bahwa permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah ?Peningkatan kemampuan di bidang keahlian? (42%), ?Minimnya alat bantu mengajar disekolah? (24%), ?Kurikulum? (15%) dan permasalahan lainnya (19%). Sedangkan pendapat guru tentang penggunaan media pembelajaran pada pelatihan guru masih sangat diperlukan dan media pembelajaran yang diharapkan dalam pelatihan guru adalah dalam bentuk : gabungan media (49%) , video pembelajaran (29%), e-learning (15%); dan trainer kit (6%). Alternatif model pelatihan yang diharapkan adalah pengintegrasian media pembelajaran pada pelatihan peningkatan kompetensi guru.
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD Santoso, Djoko; Rochayati, Umi
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.203 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10876

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar serta tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif model STAD. Model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dilaksanakan tiga bulan terhadap mahasiswa S1 reguler Jurusan Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pegumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran terkesan lebih menarik karena mahasiswa bukan lagi sebagai obyek tetapi lebih sebagai subyek dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran diwarnai dengan aktivitas diskusi kelompok, mahasiswa berperan aktif dan saling ketergantungan satu sama lain dalam penguasaan konsep, sehingga terjadi interaksi belajar multi arah, peran dosen justru sebagai fasilitator. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif STAD 10,81 % menyatakan sangat setuju dan 89,19 % menyatakan setuju.
PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS Jati, Handaru
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.938 KB) | DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10877

Abstract

Seiring meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa, pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan metode baru penilaian efisiensi universitas Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia dengan mempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputi analisis kebutuhan yaitu pengkajian variabel yang akan menjadi factor penilaian efisiensi beserta mekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis. Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.

Page 1 of 14 | Total Record : 132