cover
Contact Name
Liana Mangifera
Contact Email
lm122@ums.ac.id
Phone
+628157652484
Journal Mail Official
dayasaing@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi MAGISTER MANAJEMEN UMS Gedung Pascasarjana Lt 3 UMS Jl. A.Yani Pabelan Kartasura Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dayasaing
ISSN : 14113422     EISSN : 2541254X     DOI : https://doi.org/10.23917/dayasaing
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia management.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing" : 12 Documents clear
ANALISIS PENGEMBANGAN ORGANISASI MELALUI PROSES DIAGNOSA DENGAN MODEL WEISBORD Hardiyansyah, H; Firmansyah, Ade
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan diagnosa dan pengembangan organisasi terhadap Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Berdasarkan hasil diagnosa organisasi terhadap KP2KP Indralaya dengan menggunakan 6 variabel model Weisbord diperoleh nilai rata-rata untuk seluruh variabel sebesar 4,10, sehingga organisasi KP2KP Indralaya secara keseluruhan dapat dikatakan baik atau tidak bermasalah bahkan mendekati kondisi sangat baik. Untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan, organisasi KP2KP Indralaya memperoleh klasifikasi sangat baik. Sedangkan untuk variabel struktur organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja memperoleh klasifikasi baik atau tidak bermasalah. Dengan demikian, organisasi KP2KP Indralaya perlu melakukan restrukturisasi organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja dengan mencari solusi atas semua kendala yang menghambat kinerja organisasi KP2KP Indralaya dan tetap mempertahankan kinerja untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan sehingga secara keseluruhan organisasi KP2KP Indralaya akan memperoleh klasifikasi sangat baik
ANALISIS FRAUD DIAMOND UNTUK MENDETEKSI TERJADINYA FINANCIAL STATEMENT FRAUD DI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2015) Oktarigusta, Lutfiana
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5384

Abstract

This study aimed to analyze the influence of the four elements in Fraud Diamond to detect possible Financial Statement Fraud. Fraud diamond consists of pressure element, opportunity, rationalization and capability. The fourth element is to be divided into seven variables: financial stability by proxy assets changes (ACHANGE), financial presure by proxy Return on Assets (ROA), external presure by proxy Leverage (LEV), the nature of  industry by proxy Receivable (REC), effectiveness supervision by proxy the number of independent directors (BDOUT), rationalization of the proxy Total acrual to Total Assets (TATA), and the capability to proxy the change of directors (DCHANGE) to detect possible financial statements fraud as measured by M Score models. This study use  purposive sampling to select a representative sample. This reseach use periode 2011-2015 as an abservation periode. The collected data is analized using logistic regresion. This study show that there are two (2) variables: the effectiveness of supervision by the proxy of the number of independent commissioners (BDOUT) and rationalization by proxy Total acrual to Total Assets (TATA) that significantly influence the possibility of financial statements fraud. While five other variable whitch consists of financial stability, financial presure, external presure, nature of industry, and the capability do not have significantin influent on financial statements fraud.
PENGARUH REMUNERASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI SURAKARTA) Bima, Srigusti
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh remunerasi terhadap kinerja karyawan., 2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Data diperoleh dari 86 responden yang merupakan pegawai BEA dancukai Surakarta. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian instrument penelitian menyimpulkan bahwa semua butir pertanyaan tiap variabel valid dan reliabel. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, linier, tidak terjadi multikolinieritas dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) remunerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
DETERMINAN FINANCIAL RISK DISCLOSURE: STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM MORGAN STANLEY CAPITAL INTERNATIONAL (MSCI) INDONESIA INDEXPERIODE 2014-2016 Meilani, Sayekti Endah; Wiyadi, W
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5441

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of corporate characteristics on financial risk disclosure in Indonesia at 2014-2016. The characteristics of the company in this study include firm size, industry type, auditor reputation, ownership concentration, profitability and leverage. Disclosure of financial risk refers to the research of Wibowo and Probohudono (2017) adapted from research by Atanasovski et al (2015), Oorschot (2010), and International Financial Reporting Standard (IFRS) No. 7 on financial instrument: disclosure. The introduction of IFRS 7 by the International Accounting Standards Board can improve the quality of financial risk disclosure practices that all financial reporting authors should undertake. The sample of this study is a company listed on MSCI (Morgan Stanley Capital International) Indonesia Index 2014-2016. The results of this study indicate that information about credit risk and liquidity is the most information disclosed by the company, while information on market risk is not much disclosed. In addition, the results of the study also concluded that firm size, type of industry and profitability variables influence the disclosure of financial risk. Other independent variables such as ownership and leverage concentration have no effect on the level of financial risk disclosure.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PT. ASURANSI JASINDO (PERSERO) KANTOR CABANG KORPORASI DAN RITEL BANDUNG Haris, Henry
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kualitas layanan serta untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kualitas layanan. Objek penelitian ini adalah PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis path (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan kualitas layanan berada pada kategori cukup baik. Kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 18,93% terhadap kualitas layanan, komitmen organisasional memiliki pengaruh sebesar 29,79% terhadap kualitas layanan secara keseluruhan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kualitas layanan sebesar 48,72% sedangkan sisanya sebesar 51,28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit
PENGARUH E-COMMERCE KNOWLEDGE, RISIKO, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN NIAT BELI ONLINE Suciana, Sanda Kharoma
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) e-commerce knowledge, risiko dan teknologi terhadap kepercayaan. 2) persepsi teknologi terhadap niat pembelian. 3) kepercayaan terhadap niat pembelian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 148 responden dengan metode incidental sampling. Alat analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) e-commerce knowledge tidak mempengaruhi kepercayaan. 2) Persepsi Risiko berpegaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. 3) Persepsi teknologi tidak mempengaruhi kepercayaan. 4) Persepsi teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. 5) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI PT. ASURANSI JASINDO (PERSERO) KANTOR CABANG KORPORASI DAN RITEL BANDUNG Henry Haris
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja, komitmen organisasional dan kualitas layanan serta untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kualitas layanan. Objek penelitian ini adalah PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis path (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan kualitas layanan berada pada kategori cukup baik. Kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 18,93% terhadap kualitas layanan, komitmen organisasional memiliki pengaruh sebesar 29,79% terhadap kualitas layanan secara keseluruhan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kualitas layanan sebesar 48,72% sedangkan sisanya sebesar 51,28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelit
PENGARUH E-COMMERCE KNOWLEDGE, RISIKO, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN NIAT BELI ONLINE Sanda Kharoma Suciana
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) e-commerce knowledge, risiko dan teknologi terhadap kepercayaan. 2) persepsi teknologi terhadap niat pembelian. 3) kepercayaan terhadap niat pembelian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 148 responden dengan metode incidental sampling. Alat analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) e-commerce knowledge tidak mempengaruhi kepercayaan. 2) Persepsi Risiko berpegaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. 3) Persepsi teknologi tidak mempengaruhi kepercayaan. 4) Persepsi teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. 5) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli.
ANALISIS PENGEMBANGAN ORGANISASI MELALUI PROSES DIAGNOSA DENGAN MODEL WEISBORD H Hardiyansyah; Ade Firmansyah
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan diagnosa dan pengembangan organisasi terhadap Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Berdasarkan hasil diagnosa organisasi terhadap KP2KP Indralaya dengan menggunakan 6 variabel model Weisbord diperoleh nilai rata-rata untuk seluruh variabel sebesar 4,10, sehingga organisasi KP2KP Indralaya secara keseluruhan dapat dikatakan baik atau tidak bermasalah bahkan mendekati kondisi sangat baik. Untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan, organisasi KP2KP Indralaya memperoleh klasifikasi sangat baik. Sedangkan untuk variabel struktur organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja memperoleh klasifikasi baik atau tidak bermasalah. Dengan demikian, organisasi KP2KP Indralaya perlu melakukan restrukturisasi organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja dengan mencari solusi atas semua kendala yang menghambat kinerja organisasi KP2KP Indralaya dan tetap mempertahankan kinerja untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan sehingga secara keseluruhan organisasi KP2KP Indralaya akan memperoleh klasifikasi sangat baik
ANALISIS FRAUD DIAMOND UNTUK MENDETEKSI TERJADINYA FINANCIAL STATEMENT FRAUD DI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2015) Lutfiana Oktarigusta
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 19, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5384

Abstract

This study aimed to analyze the influence of the four elements in Fraud Diamond to detect possible Financial Statement Fraud. Fraud diamond consists of pressure element, opportunity, rationalization and capability. The fourth element is to be divided into seven variables: financial stability by proxy assets changes (ACHANGE), financial presure by proxy Return on Assets (ROA), external presure by proxy Leverage (LEV), the nature of  industry by proxy Receivable (REC), effectiveness supervision by proxy the number of independent directors (BDOUT), rationalization of the proxy Total acrual to Total Assets (TATA), and the capability to proxy the change of directors (DCHANGE) to detect possible financial statements fraud as measured by M Score models. This study use  purposive sampling to select a representative sample. This reseach use periode 2011-2015 as an abservation periode. The collected data is analized using logistic regresion. This study show that there are two (2) variables: the effectiveness of supervision by the proxy of the number of independent commissioners (BDOUT) and rationalization by proxy Total acrual to Total Assets (TATA) that significantly influence the possibility of financial statements fraud. While five other variable whitch consists of financial stability, financial presure, external presure, nature of industry, and the capability do not have significantin influent on financial statements fraud.

Page 1 of 2 | Total Record : 12