cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Sultan Alauddin No 259
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : -
Core Subject : Education,
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium adalah bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu mutakhir sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, penelitian tindakan kelas, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan skripsi / tesis / disertasi / hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Equilibrium Jurnal Pendidikan telah melakukan kerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan. Jurnal equilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi, Gedung FKIP Lantai 3, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN" : 1 Documents clear
Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil Sulfasyah, Sulfasyah; Nur, Hanis
EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.448 KB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Diskriminasi pendidikan masyarakat terpencil (Study kasus masyarakat desa Buntu Mondong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang” ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya diskriminasi pendidikan masyarakat terpencil di desa Buntu Mondong Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang, dengan metode penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati Kondisi Sekolah yang meliputi keadaan siswa, guru dan sarana prasarana serta keadaan di lingkungan sekitar yang turut mempengaruhi kualitas pendidikan. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisa secara deskriftif. Hasil penelitian menggambarkan tentang terjadinya diskriminasi pendidikan di SDN NO. 79 Gura, yaitu diskriminasi tenaga pendidik dan sarana prasaran yang menyebabkan Pendidikan di daerah tersebut tidak maksimal. Tenaga pendidik yang tersedia kurang memiliki keunggulan di bidannya dan memiliki kualitas yang rendah sehingga apa yang diberikan untuk anak didiknya juga pas-pasan. Selain Tenaga Pendidik yang kurang berkualitas, Sarana Prasarana yang menunjang proses belajar mengajar sangat sedikit, sehingga proses belajar mengajar seringkali mengalami hambatan. Olehnya itu, Khusunya bagi pemerintah dan pelaksana pendidikan harus lebih meningkatkan perhatian terhadap Pendidikan di daerah Terpencil, khusunya di SDN NO 79 Gura. Kata Kunci : Diskriminasi, Pendidikan, Masyarakat Terpencil          

Page 1 of 1 | Total Record : 1