cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA" : 6 Documents clear
PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA VI PADA SDN 138 BENTENG Rohani Syamsuddin
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.7987

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam Bimbingan dan Konseling dengan menerapkan konseling kelompok.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 138 Benteng pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik konseling kelompok  dapat menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 361 LAMPULUNG TENTANG ORGAN PERNAPASAN HEWAN MELALUI IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN NHT Sanul Yakin
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.7988

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018  sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Pembelajaran NHT.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam pembelajaran IPA, khususnya materi organ pernapasan hewan.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 361 Lampulung pada siswa Kelas V semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT  dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas V pada SDN 361 Lampulung dalam materi organ pernapasan hewan. 
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SD NEGERI 23 JAPING-JAPING TENTANG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF Hj. Sitti Hadiah
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.7989

Abstract

Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Kooperatif.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  kontribusi penerapan pembelajaran kooperatif terhadap peningkatkan pemahaman, dan sikap positif siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam pembelajaran matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Japing-Japing pada siswa Kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prestasi hasil belajar, yaitu hanya terdapat 16,67 % dari 18 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II  meningkat menjadi 100 %. Demikian juga Sikap belajar siswa pada siklus I mencapai rerata  70,83 persen kemudian meningkat menjadi 97,22 persen pada siklus II dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, khususnya materi tentang penjumlahan pecahan
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG EKONOMI KREATIF MELALUI IMPLIKASI METODE INKUIRI St. Maryam
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.7990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa kelas IX semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri  dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi Ekonomi Kreatif, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 57 BELAWA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY Rahimi Rahimi
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.7986

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan dengan menerapkan model pembelajaran TS-TS.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran TS-TS terhadap peningkatkan  hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan..Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 57 Belawa  pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TS-TS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR Sadriana Ayu; Almukarramah Almukarramah
Jurnal Kependidikan Media Vol 10, No 3 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v10i3.9399

Abstract

Pembelajaran online dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan siswa dengan sumber belajar (guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang kabupaten Gowa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MTs Muhammadiyah Lempangang yang berjumlah 211 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari 50 siswa yang mengisi form, ada 32 siswa atau 64% siswa yang merasakan kebosanan mengikuti pembelajaran online dan 18 siswa masih dalam keadaan santai atau tidak mengalami kebosanan pada saat mengikuti pembelajaran online. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang. sal ini dikarenakan Siswa merasa bosan karena siswa tidak bertemu dengan teman maupun guru secara langsung dan siswa merasa cemas ketika kehilangan sinyal selama ujian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6