cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA" : 8 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PANDAWAI Surianti Sulaiman
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2628

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pandawai.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 Laki-laki dan 10 Perempuan dan IX.C sebanyak 22 orang yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 12 Perempuan SMP Negeri 2 Pandawai. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 bagian yaitu wawancara pengambilan data. Wawancara melibatkan semua elemen sekolah dengan 5 poin pertanyaan sedangkan pengambilan data melibatan masing-masing guru mata pelajaran dengan mengambil nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) saat penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis tersebut adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada saat penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) berada pada kategori sedang yaitu nilai rata-rata 65,20 dengan nilai tertinggi 89,00 dan nilai terendah 37,00. (2) Hasil belajar siswa pada saat penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi yaitu nilai rata-rata 74,07 dengan nilai tertinggi 93,00 dan nilai terendah 48,00. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa penerapan kurikulum 2013 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hasil belajar siswa (mengalami peningkatan). Kata kunci:  Kurikulum 2013, Kualitas Hasil Belajar
HUBUNGAN DAYA SERAP DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN NO 01 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR Utari Rahayu
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2633

Abstract

ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan Daya Serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dari 3 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 15 butir pertanyaan untuk penggunaan Daya Serap maupun prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Daya Serap dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasil r hitung 0,635 yang berarti penggunaan Daya Serap sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 40,32%. Artinya hubungan penggunaan daya serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 40,32% dan 59,68% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: penggunaan daya serap, peningkatan prestasi belajar
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL WEB ENHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK GUNUNG SARI 1 MAKASSAR Susanti Susanti
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2629

Abstract

ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Nonequevalent control Group Design artinya eksperimen dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen kelompok control diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diberikan perlakuan Pembelajaran dengan sebuah Treatmen. Dengan menerapkan Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar yang berjumlah 30 siswa dengan sampel total sampling.Hasil analisis data pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel , thitung ( 2,65) dan ttabel (2,048) sehingga disimpulkan t hitung t tabel , ini membuktikan hipotesis “Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar” diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended learning Model Web Enhanced Course lebih efektif terhadap pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Kata Kunci : Blended Learning Model Web Enhanced Course, Hasil Belajar.
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MURID SDN BIRINGKALORO KABUPATEN GOWA Yozzy Yus Warita
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2634

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar murid SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa.Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Adapun pendekatan yang di  gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menekankan pada data-data nemerikal (angka-angka) yang diolah dalam metode dengan metode statistika.Populasi adalah semua guru dan murid di SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas IV yang berjumlah 20 orang.Teknik analisis Data yang sudah diperoleh dari hasil penelitian ini kemudian diolah dengan menggunakan uji t.Hasil analisis nilai “t” hitung yang diperoleh adalah 4,8. Untuk menentukan apakah hipotesis nihil dan hipotesis kerja diterima atau ditolak, maka perlu diketahui derajat bebas atau “t”tabel. Rumus untuk mencari “t”tabel = (Nx+N)-2=(30+30)-2=58, maka hasilnya adalah 4,8. Sehingga dapat disimpulkan nilai “t”hitung yang diperoleh lebih besar (4,8) dari nilai “t”tabel yaitu 2,008 atas dasar tariff signifikan 5% dan atas dasar tariff signifikan 15%.Kesimpulan penulis menemukan problem based learning sangat efektif dalam upaya meningkatkan minat belajar murid pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial kelas IV.a dan Kelas IV.b SDN Biringkaloro Kabupaten Gowa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 6 BULUKUMBA Syahrul Efendi
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2630

Abstract

ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada penerapan pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 6 Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 6 Bulukumba.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara cermat tentang penerapan pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 6 Bulukumba. Pengumpulan data di lakukan dengan penggunaan teknik observasi dan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru SMA Negeri 6 Bulukumba sebanyak 53 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 6 Bulukumba. Pada umumnya penerapan pembelajaran berbasis komputer dilakukan pada sebagian besar guru dan dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis komputer berdampak positif bagi dunia pendidikan terutama pada guru karena dapat meningkatkan profesionalismenya sebagai tenaga pendidik. Kata kunci : Pembelajaran berbasis komputer, profesionalisme guru.
PENGARUH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS. NEGERI REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR syarifuddin anwar
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2631

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa MTs. Negeri Reok Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur tahun ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian regresi linier sederhana yang melibatkan dua variabel yaitu Variabel bebas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan variabel terikat hasil belajar siswa di MTs.Negeri Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket (kuesioner) untuk mengumpulkan data tentang penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dicari nilai dalam rapor siswa. dengan jumlah soal untuk tes angket sebanyak 20 item soal pernyataan. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis inferensial, untuk hasil analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis product moment diperoleh rhitung = 0,0013 lebih besar dari rtabel = 0,312 dan dengan cara regresi linier sederhana diperoleh thitung = 0,008 lebih kecil dari ttabel= 0,320 dengan taraf kesalahan α = 0,05 berarti pengujian signifikan, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima.Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “tidak terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendikan (KTSP) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Negari Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur”. Kata Kunci : Penerapan KTSP dan hasil belajar siswa
PENGARUH LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN PANGKEP Shafirah Kairina
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2627

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran di dalam laboratorium computer terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa kelas XI MAN Pangkep, (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran computer di laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desain. Instrument yang menggunakan adalah tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap pengaruh pembelajaran di Dalam laboratorium computer berada pada kategori baik.Hasil posstest bahwa perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran di dalam laboratorium computer dan siswa kelas control yang diajarkan dengan model konvensional. Penerapan pembelajaran di dalam laboratorium computer mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI MAN Pangkep. Kata Kunci: Pembelajaran di dalam Laboratorium Komputer, Hasil belajar.
PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 21 MAKASSAR Usman Usman
Jurnal Kependidikan Media Vol 5, No 2 (2016): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkm.v5i2.2632

Abstract

ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 350 orang dan sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.D dan VIII.F yang berjumlah 67 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket atau quisioner yang terdiri dari 25 pernyataan tentang bimbingan dan konseling, 25 pernyataan tentang motivasi belajar siswa dan wawancara yang dilakukan dengan guru bimbingan dan konseling untuk melengkapi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bimbingan dan konseling yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMPN 21 Makassar Kecamatan Rappocini memperoleh hasil yaitu menghasilkan nilai rxy sebesar 0,33 dan nilai db = 65 dimana df sebesar 65 diperoleh r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,244 sedangkan paba taraf signifikan 1% sebesar 0,317 dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,33 atau koefisien determinasi (R) sebesar 0,332 x 100 = 10,89. Jadi, terdapat 89,11% lainnya ditentukan oleh faktor lain. Kategori hubungan sebesar 0,33 berada pada korelasi dengan interpretasi “rendah”. Kata kunci : Bimbingan dan konseling, motivasi belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 8