cover
Contact Name
Wilda Syam Tonra
Contact Email
wildaunkhair@gmail.com
Phone
+6285146375650
Journal Mail Official
wildaunkhair@gmail.com
Editorial Address
Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Khairun
ISSN : 2089855X     EISSN : 25412906     DOI : 10.33387/dpi
Core Subject : Science, Education,
Delta pi jurnal adalah jurnal yang memuat hasil penelitian pendidikan matematika dan matematika yang dipublikasi sebanyak 2 kali dalam setahun di bulan April dan Oktober di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018)" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGITIGA Sri Lestari; Nurma Angkotasan; Hasriani Ishak
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.424 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1252

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: 1. kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Darul Ulum Sasa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share. 2. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Darul Ulum Sasa. 3.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTs Darul Ulum Sasa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pairs-Share. Desain penelitian ini adalah OneGroup Preetest-Posttest Design eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif yaitu menggunakan kriteria kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan analisis inferensial yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat karena data yang diperoleh berdistribusi normal maka digunakan uji Paired t-test sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperative tipe Think-Pairs-Share diperoleh 8 orang siswa berkualifikasi memuaskan, 2 orang siswa berkualifikasi baik, 6 orang siswa berkualifikasi cukup  dan 4 orang siswa berkualifikasi kurang serta 5 orang siswa berkualifikasi gagal. 2) model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siswa, Pengujian hipotesis digunakan Paired t-test diperoleh hitung=3,99 tabel= 1,711 karena hitung> tabel, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan uji Gain berinterprestasi sedang.  Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe tipe Think-Pairs-Share, kemampuan pemecahan masalah matematis
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INTEGRATIVE LEARNINGDESIGN FRAMEWORK (IDLF) SISWA KELAS VIIMTS AL-HIDAYAH MAKASSAR Ikrimah Rustam
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.196 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1249

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Al Hidayah, Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, dari 23 jumlah siswa, tidak yang tuntas (0%) dengan nilai rata-rata 24,93. Atas dasar inilah peneliti menerapkan model Integrative Learning Design Framework untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas 13 siswa (56,52%). Pada siklus II mengalami peningkatan hingga 20 siswa yang tuntas (87,00%). Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat dengan perolehan 63,85. Pada siklus II nilai ratarata meningkat menjadi 82,65
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICSEDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA Yusuf, Cantika N; Hairun, Yahya; Jalal, Ariyanti
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.162 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1247

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Realistic MathematicsEducation pada materi menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear DuaVariabel menggunakan metode grafik dan bagaimana peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran tersebut.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan desain penelitian OneGroup Pretest-Posttest Design.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPNegeri 7 Kota Ternate. Instrumen yang digunakan: tes hasil belajar, lembar observasi kinerja guru, dan lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Realistic Matehmatics Education mengalami peningkatan yang berada pada interpretasi sedang.   Kata Kunci: Realistic Mathematics Education,Representasi MatematisMatematis
STRATEGI MEMBELAJARKAN PENGUASAAN FAKTA DASAR MATEMATIKA (MATHEMATICS BASIC FACT FLUENCY) SISWA SEKOLAH DASAR Lukmana, Dana Arif
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.862 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1248

Abstract

Penguasaan fakta dasar matematika merupakan komponen penting perkembangan keterampilan matematika siswa yang sangat diperlukan. Penulis merekomendasikan agar dalam membelajarkan fakta dasar diawali dari fase menghitung, bernalar hingga penguasaan.Implemantasinya meliputi menyajikan masalah riil dan membiarkan siswa mengembangkan strategi alaminya secara mandiri.Terkait fakta penjumlahan, strategi penalaran dapat dilakukan dengan aktifitas tambah satu tambah dua, penjumlahan dengan 0, menggunakan 5 atau 10 sebagai acuan, kelipatan dua, hingga dekat kelipatan dua. Untuk fakta perkalian strategi penalaran dapat dilakukan  dengan perkalian 0, 2, 5, 9 dan 10, dilanjutkan memanfaatkan fakta-fakta yang sudah diketahui untuk menemukan fakta baru, dan penggunaan game sebagai latihan. Sebagai catatan, beberapa hal perlu dihindari dalam membelajarkan fakta dasar matematika seperti mengabaikan strategi yang dikembangkan sendiri oleh siswa, menghafal, tes berdurasi, dan menjadikan penguasaan fakta menjadi syarat utama belajar pengalaman matematika lebih lanjut. Kata kunci:  Penguasaan, Strategi, Fakta Dasar  Matematika
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MATEMATIS SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT Nursita Hi Mannan; Idrus Alhaddad; Ikram Hamid
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.476 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1251

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan dalammeningkatkan kreativitas matematis siswa pada materi operasi bilangan bulatpada siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Kota Ternate melalui model problem based learning.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan  teknik tes dalam bentuk soal uraian yang berjumlah  4 soal. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pedoman Tingkat Penguasan (TP) dan untuk mengatahui penigkatan hasil belajar siswa digunakan rumus N. Gain (????). Pada tes siklus I, kemampuan siswa diperoleh 5 siswa (21,73%) interpretasi tinggi dan 18 siswa (78,26%) interpretasi rendah. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 5 siswa Ketuntasan klasikal 21,73%, sedangkan 18 siswa tidak tuntas secara klasikal adalah 78,26%  diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 61,39 atau dilihat dari rumus N. Gain (????).   sama dengan 0,25. Hasil belajar siswa tes siklus I belum tuntas. Untuk hasil tes siklus II diperoleh sebanyak 12 siswa (52,17%) interpretasi tinggi, Sedangkan sebanyak 10 siswa (43,47%) interpretasi sedang, Rendah sebanyak 1 siswa (4,34%). Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 23 siswa, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 100% diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa 87,43. Hasil belajar pada siklus II meningkat sebesar 0,67dari tes siklus I.  Kata Kunci :Problem Based Learning, Kreativitas Matematis, Operasi Bilangan Bulat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI GARIS DAN SUDUT Lili Suryani A; Ikram Hamid; Ahmad Afandi
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.31 KB) | DOI: 10.33387/dpi.v7i2.1250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs Negeri Dowora Kota Tidore Kepulauan semester genap tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen. Dengan desain penelitian yaitu desain eksperimen pre-eksperimental design jenis one- shot case study.Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Dowora Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah populasi 43 siswa. Adapun yang dijadikan sebagai sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII A sebanyak 22 siswa yang akan diberi perlakuan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share (TPS), data dianalisis dengan analisis inferensial yaitu menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 20. Dengan kriteria pengujian jika nilai signifikasi lebihdari 0,05 maka H0 diterima ditolak dan jika nilai signifikasi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen TPS pada variabel kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan Df = 23 diperoleh nilai signifikansi = 0,035. Nilai signifikansi pada variabel kelas eksperimen memiliki nilai yang kurang dari tingkat alpha 0,05 dimana hal inimenunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Oleh karena diterima maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TPS dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.   Kata kunci: Think Pair Share(TPS), kemampuan pemahaman konsep matematis.

Page 1 of 1 | Total Record : 6