cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2023): JANUARI" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT PADA KELOMPOK B TK INSAN AULIA MADANI BEKASI DIMASA PANDEMI COVID-19 Uun Suprianti; Lily Yuntina
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentangPeningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok BTk Insan Aulia Madani Bekasi Dimasa Pandemi Covid-19 .Pendekatan Penelitiandeskriptif kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas, model tindakan dari Kemmis Taggartdimana terdiri dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap Siklus terdiri dari KegiatanPerencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi , teknik pengumpulan data berupawawancara , observasi dan dokumentasi . Populasi penelitian ini seluruh peserta didik TKInsan Aulia Madani .Subjek penelitian pada kelompok B jumlah 10 peserta didik. Hasilpenelitian tindakan kelas pada kegiatan pra siklus hanya 40% kategori siswa mulaiberkembang pada siklus I sebesar 60% berkembang sesuai harapan dan setelah melakukansiklus II ada peningkatan menjadi 80% berkembang sangat baik.
DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA PENGGANTI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Siti Imas Masitoh
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini bertujuan guna ingin mengetahui serta mengamati perkembangan sosial emosional pada anak usia dini yang di asuh oleh orang tua pengganti. Yang disebabkan orang tuanya pergi keluar negeri untuk bekerja sehingga membuat orang tua menitipkan anaknya pada orang tua pengganti untuk mengasuh anak mereka. Subjek penelitiannya merupakan kakaek dan neneknya sendiri yang berfungsi sebagai orang tua pengganti yang mengasuh anak usia dini.  Pada metode penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Dalam cara pengumpulan datanya yaitu melalui sebuah observasi dan wawancara. Keikutsertaan serta intensitas pengamatan yang dilakukan peneliti merupakan salah satu cara membuktikan keabsahan data. Penemuan dari hasil penelitian dapat dirumuskan bahwa perkembangana sosial emosional anak usia dini yang di asuh oleh orang tua pengganti (kakek dan nenek) menjadikan anak lebih manja, mudah emosi dan egois. Ini menunjukan sesungguhnya dampak pola asuh yang diberikan oleh orang tua pengganti sangat berdampak dalam perkembangan sosial emosional pada anak usia dini.Kata kunci : Orang tua Pengganti, Perkembangan Sosial Emosional
PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN CIKANDE PERMAI Lidya Ayu Agustin; Luluk Asmawati; Kristiana Maryani
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial youtube terhadap kemampuan menyimakkanak usia 4-5 tahun di Perumahan Cikande Permai. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 128 orang, teknik pengambilan sampel yang digunaka Purposive Sampling yang berjumlah 30 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuisioner atau angket. Data yang didapatkan dari kuesioner lalu dikumpulkan dan di analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS. Pengujian hipotesis yang dipakai pada penelitian ini memakai uji regresi linear sederhana karena hasil data yang telah di uji berdistribusi normal. Dari hasil analisis tersebut di dapatkan  nilai koefesien korelasi sebesar 0,593 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial youtube terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahunndi perumahan cikande permai dan dapat di lihat persamaan regresi Y= 37.394 + 0.507X dan nilai koefesien detirminasi atau R squaree0,352 artinya besarnya nilai kontribusi variabel media sosial youtube dalam mempengaruhi variabel kemampuan menyimak anak sebesar 35,2%.
Pembiasaan Berdoa Dapat Mengubah Perilaku Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Kautsar Cilamaya Karawang Nurul Hasanah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

THE HABIT OF PRAYING CAN CHANGE THE BEHAVIOR OF CHILDERN AGED 4-5 YEARS IN RA AL-KAUTSAR CILAMAYA. This reseach aims to informations about the habit of praying in children aged 4-5 years at RA Al-Kautsar Cilamaya. Find out how the behavior of praying in children, theacher strategies, and evaluations carried out by teachers. This research was conducted in a descriptive qualitative from with data collection techniques in the from of interviews, observations, and documentation. The subjects in this study were children aged 4-5 years who were members of group A which collected 18 children. The result of this study indicate that habituation of praying behavior smoothly and optimally, children show good behavior in praying activities although it seems that there are still children who have not shown good behavior. The role of class teachers and accompanying teachers is very active in guiding and directing children to get used to good behavior when praying.
Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Iis Supriyatin; Astuti Darmiyanti; Nancy Riana
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih kurangnya kemampuan anak mengenal huruf – huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf – huruf hijaiyah, pada indikator sebagai berikut, kemampuan mengetahui huruf hijaiyah, membedakan huruf hijaiyah, menulis huruf hijaiyah. Subyek dari penelitian ini yaitu 15 anak kelompok A PAUD Hidayatusibyan Rawamerta dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya proses perkembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media bigbook. Hasil tersebut dapat dilihat dari kegiatan praobservasi sampai siklus II, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dengan penggunaan media Big Book, dapat dibuktikan dengan rata – rata tingkat capaian perkembangan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak pada pra tindakan memperoleh persentase sebesar 31,1%, dan mengalami peningkatan sebesar 21,1% sehingga pada siklus I persentase yang diperoleh 52,2%, dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 77,7%, sehingga peningkatannya sebesar 25,5%
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BOLA ANGKA Rina Rina Sulistyawati
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to improve the ability to count 1-20 in children aged 5-6 years through the object number ball game in group B students of Nur Alif Babelan Islamic Kindergarten Bekasi consisting of 4 boys and 8 girls. To obtain data using observation techniques. Types of Classroom Action Research (CAR) Kemmis Me Taggart model with two cycles each cycle there are 4 stages, namely observation, planning, implementation and observation/reflection. The results showed that the ability to count through the ball game of numbers in the initial observation / pre-cycle 40% category began to develop. After the first cycle, 60% of the children's categories developed as expected and after the second cycle, the average development of numeracy skills was 80%, the cognitive category developed very well.Keywords: Counting Ability, Number Ball Game
Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Kolase Media Kertas Koran Bekas Fitriyani Fitriyani
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan fisik motorik pada anak perlu dikembangkan agar anak dapat mengembangkan potensi dalam dirinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aspek perkembangan motorik halus pada kegiatan kegiatan kolase menggunakan media kertas koran bekas terhadap anak usia 4-5 tahun di PAUD Daarul Muta’alimin. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest dan  posttes. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelompok B yang berjumlah 11 orang anak yang terjumlah dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukan betapa pentingnya aspek perkembangan motorik halus anak, serta bisa berkembang dengan kegiatan kolase  menggunakan media kertas dari koran bekas. Hal ini terbukti dari treatment yang telah dilakukan pada anak kelompok B anak mampu mengkoordinasikan tangan dan mata, mengontrol otot halus dengan baik dan manipulasi gerakan.
PENGEMBANGAN PRODUKSI BATIK CIPRAT DESA GARON SECARA KREATIF, INOVATIV DAN MODEREN PADA PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA (PHP2D) Dhea Septya Sahnanda
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 10, No 2 (2023): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakBatik merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan keberadaannya dengan berkembangnya zaman batik menjadi hal yang cukup popular dengan corak yang beragam. Batik saat ini juga menjadikan identitas suatu daerah. Dengan hal ini maka, dilakukannya pelatihan membatik di desa Garon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa dengan motif pada batik yang di buat adalah hasil atau semberdaya alam yang banyak dijumpai pada des aini. Penelitian ini menggunakan metode ceramah dan melihat secara langsung perubahan yang terjadi sebelum dan setelah dilakukan kegiatan. Sehingga didpatkannya hasil bahwa masyarakat yang mengikuti pelatihan berkembang semua sebanyak 16 masyarakat saat ini mengetahui bagaimana proses membatik, bahan dan alatnya. Sehingga hal ini bisa menjadikan tambahan penghasilan masyarakat sekitar.Kata kunci : Batik, Perekonomian, motif baru

Page 1 of 1 | Total Record : 8