cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN" : 5 Documents clear
Penerapan Modifikasi Alat Bantu terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Tolak Peluru Sobarna, Akhmad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modifikasi alat bantu terhadap minat siswa dalam pembelajaran tolak peluru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsJama’atturahmah Kota Bandung yang berjumlah 20 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang minat siswa dalam pembelajaran tolak peluru. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa T tabel dengan dk=18 yaitu1,734 lebih kecil dari pada T Hitung sebesar 138.26 (1.734 < 13.826). Jadi dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat bantu memberikan pengaruh yang positif terhadap minat siswa dalampembelajaran tolak peluru di Mts. Jama’aturahmah Kota Bandung. Implikasinya adalah bahwa faktor-faktor yang mempengaruhiminat harus senantiasa dikembangkan dan ditingkatkan agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Penerapan Layanan Informasi Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pengambilan Keputusan Karir Pujiastuti, Fransisca
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pemahaman pengambilan keputusan karir menggunakan layanan informasi siswa kelas XII MIPA2 dan mengetahui adanya peningkatan pemahaman pengambilan keputusan karir siswa kelas XII MIPA2 dengan menggunakan layanan informasi karir.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dengan menjelaskan hasil perhitungan nilai skor siklus I dan Siklus II. Hasil Penelitian mengemukakan bahwa penerapan layanan informasi karir dapat meningkatkan pemahaman pengambilan keputusan karir siswa kelas XII MIPA2. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis siklus I dan Siklus II, berdasarkan hasil skor siklus I persentase rata rata yang diperoleh sebesar 62,11% (74,5) termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 79,58% (95,5) termasuk dalam kategori tinggi dengan besar peningkatan 17,48%,artinya pemahaman pengambilan keputusan karir siswa telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga penelitian tindakan bimbingan konseling pada siklus II telah berhasil. Implikasi penelitian, diharapkan dapat melanjutkan kembali tindakan dengan layanan informasi karir yang telah dilakukan sebagai sarana membina siswa kelas lain.
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Tuas Budiarti, Tita Rustika
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan media seperangkat tuas,dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajarmelalui strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan media tuas. Penelitiantindakankelasinisubjeksiswakelas VIIIA denganjumlahsiswa 32 orang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus.Pada Siklus I interaksi dan diskusi antar anggota kelompok belum maksimal, tetapi dengan bimbingan guru secara bergantian pada masing–masing kelompok, pada Siklus II interaksi dan diskusi dapat berjalan lebih maksimal.Hasil dari penelitian ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa 77,41% pada Siklus I dan 87,10% pada Siklus II. Hasil belajar siswa 70,96% pada Siklus I dan 90,32% pada Siklus II. Respon siswa 77,41% pada Siklus I dan 90,32% pada Siklus II.
Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University Murti, Ridyantoro Widoyo; Prasetio, Arif Partono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sumber daya manusia merupakan sumber yang berperan penting dalam rangka mencapai tujuan suatu institusi. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan berdampak positif bagi institusi yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh tingkat kompetensi dosen terhadap prestasi akademik mahasiswa tahun angkatan 2014, 2015, dan 2016 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia dengan menggunakan 343 responden mahasiswa. Seperti diketahui bahwa salah satu tujuan proses belajar mengajar adalah adanya peningkatan pemahaman mahasiswa yang pada akhirnya akan terefleksi pada prestasi mereka. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan prestasi mahasiswa adalah kompetensi pendidik. Pendidik yang kurang memiliki kompetensi di bidangnya dapat mengganggu pencapaian sasaran tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang berisi 28 pernyataan. Data penelitian ini memenuhi Uji Asumsi Klasik yang berarti bisa digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel independen dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Temuan menunjukkan bahwa kompetensi dosen tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan nilai R2 sebesar 0,001 dan nilai Sig. 0,570.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Rahmat, Ewo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi pembangunan ekonomi melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, dengan rekan guru yang bertindak sebagai Observer dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasXIIPSSMA Mutiara 2 Bandung tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) angket sederhana, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model ProblemBased Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa. Hal ini terbukti pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73,00. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 77,75. Jumlah siswa yang mencapai batas tuntas pada siklus I sebanyak 32 siswa atau 80% sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai batas tuntas sebanyak 33 siswa dari 40 siswa atau sebesar 82,50% dan pada siklus III jumlah siswa yang mencapai batas tuntas sebanyak 37 siswa dari 40 siswa atau sebesar 92,50% (mengalami peningkatan sebesar 10%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model ProblemBased Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue